Review Buku Mawar Jepang

image

Ini adalah buku kedua yang berasal dari negeri sakura. Buku pertama yang saya baca adalah the Tokyo zodiac murder, buku tentang detektif. Berbeda dengan buku jepang sebelumnya, buku ini mengisahkan patriotisme orang-orang jepang dalam perang dunia di tahun 1940-an.

Saya baru mengetahui bahwa dibalik kekalahan jepang pada perang dunia kedua tersimpan kisah istimewa. Ada pengorbanan, ada tangisan, dan ada kebanggaan. Tidak saya sangka, jepang merasa malu atas kekalahan demi kekalahannya. Di saat terdesak, pemerintah jepang menggunakan semua pemudanya untuk mengabdi kepada negaranya.

Tanpa saya sangka, banyak sekali orang jepang yang menjunjung tinggi semangat bushido para samurai. Mereka meninggalkan keluarga, kekasih, dan anak-anak mereka untuk bergabung dengan militer jepang. Bahkan, ada yang disebut dengan “angin Tuhan”. Itu adalah sebutan bagi pilot yang menjalankan misi bunuh diri dengan menerbangkan pewasat tempur dan kemudian menabrakkannya ke kapal militer musuh.

Kisah pilot kamikaze inilah yang diangkat oleh rei keimura. Semuanya menjadi lebih seru saat saya mengetahui bahwa ada seorang perempuan yang mengorbankan segalanya untuk ikut menjadi bagian dari anggota “angin Tuhan”. 

Terlepas dari kenekatannya karena menipu semua orang untuk menjadi bagian dari pilot kamikaze, sayuri miyamoto layak mendapatkan tempat yang bagus dalam sejarah jepang. Meskipun penuh kontroversi, saya sendiri merasa kagum dengan tokoh utama, sayuri miyamoto. Sikap yang benar-benar konyol sekaligus pemberani berada dalam satu karakter.

Jadi, kisah perjuangan sayuri miyamoto ini cukup bagus untuk dibaca di sela waktu luang Anda. Jangan dilewatkan dan masukkan dalam daftar belanja Anda bulan ini atau Anda akan kehilangan kisah paling mengagumkan yang terjadi di negeri jepang.

Judul : Mawar Jepang
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Pengarang : Rei Kimura
Halaman : 300 Halaman

Jalannya Cerita Mawar Jepang

Mayumi onodera adalah seorang sejarawan. Tanpa disangka, ia tertarik dengan tawaran produser program dokumenter NHK bernama sugamo aria. Berbekal dari kesaksian seseorang dan bukti-bukti yang ada, sugamo aria bersikeras bahwa ada fakta sejarah yang dihapuskan. Dan ia ingin mengetahuinya dan membongkarnya.

Akhirnya, mayumi menemukan nama rika kobayashi. Ia menghubungi rika dan untuk alasan yang tidak jelas, rika kobayashi menyetujui wawancara dengan mayumi. Cerita rahasia yang ingin disembunyikan militer pun terkuak. Rika kobayashi atau sayuri miyamoto menceritakan semua pengalaman hidupnya kepada mayumi.

Semua diawali dari sebuah desa kecil. Ada sayuri miyamoto dan reiko. Saat itu reiko telah bertunangan dengan teman masa kecilnya, yukio. Reiko sangat senang karena akan segera menggelar pernikahan dan ia menceritakan semua impiannya kepada sayuri. Namun semuanya tidak berjalan sesuai rencana. Pemerintah jepang memanggil pemuda-pemudanya untuk bergabung dengan militer. Yukio (kekasih reiko) dan hiro (adik sayuri) terpaksa mendaftar dan mengikuti wajib militer.

Reiko sangat sedih dan memutuskan untuk mendaftar sebagai perawat di Tokyo. Sayuri pun pada akhirnya bergabung dengan reiko. Mereka berdua pergi ke Tokyo. Jika motivasi reiko adalah untuk mengetahui kabar dari yukio, maka motivasi sayuri adalah mengetahui kabar adiknya, hiro. Mereka berdua pun bekerja di rumah sakit terbesar di Tokyo.

Apa daya semuanya menjadi kisah yang menyedihkan. Sayuri melihat kematian yukio, kekasih reiko. Tak berapa lama kemudian, reiko pun ikut menjadi korban bom yang dijatuhkan musuh. Kabar terakhir pun menyebutkan kapal yang ditumpangi adiknya, hiro, di bom dan tenggelam di lautan. Sayuri pun begitu marah dan mendendam. Ia ingin membalas kematian orang-orang yang ia sayangi.

Berbekal informasi yang ia dapatkan dari anggota militer lainnya, sayuri pun pergi ke pusat perekrutan dan menyatakan ia ingin menjadi bagian dari pilot kamikaze. Namun ia ditolak karena ia seorang perempuan. Ia hanya diijinkan untuk membantu di dapur. Sayuri pun menerima tawaran tersebut dan tugasnya adalah memastikan semua anggota pilot mendapatkan makanan yang layak.

Setelah beberapa lama menjadi juru masak, pikiran sayuri memiliki ide gila, ia mungkin bisa bergabung dan membalas dendam jika ia menyamar menjadi lelaki. Dan ya, ia menjalankan rencana tersebut dengan baik. Tidak ada seorang pun yang menyadarinya.

Sampai suatu kali, instruturnya mengetahui bahwa sayuri adalah perempuan. Sayuri pun menceritakan semuanya kepada takushi. Takushi sangat kagum dengan keberanian sayuri dan ia pun merahasiakan hal tersebut.

Tanpa disadari, sayuri dan takushi terjebak dalam cinta. Mereka saling mencintai. Namun, semua sudah terlambat. Mereka tidak bisa mundur lagi. Pilot kamikaze yang mundur akan dihukum mati. Keadaan semacam itu membuat keduanya begitu menghargai waktu.

Hari yang ditunggu pun tiba. Sayuri dan takushi ditugaskan dalam sebuah misi bunuh diri sebagai pilot kamikaze. Semua pesawat dalam regu berhasil mengenai sasaran dan semua pilotnya mati secara terhormat. Kecuali pewasat sayuri yang ditembak jatuh sebelum berhasil menabrakkan diri.

Sayuri pun menjadi tahanan perang, berpindah-pindah tempat, dan akhirnya kembali ke jepang lagi. Namun ia dan pilot-pilot yang gagal menjalankan misi sebagai pilot kamikaze dihina habis-habisan di kamp shinbu. Bahkan penyamarannya sebagai perempuan pun berakhir di sini.

Sayuri akan tetap dibiarkan hidup dengan syarat tidak boleh menghubungi anggota keluarganya sepanjang sisa hidupnya. Ia juga dilarang untuk memakai nama sayuri miyamoto. Pemerintah mengumumkan sayuri miyamoto telah mati. Dan semua orang mempercayainya.

Sayuri juga harus hidup dengan nama rika kobayashi untuk selamanya. Sepanjang sisa hidupnya ia menyimpan cerita tersebut. Namun akhirnya ia tidak peduli lagi. Kejadiannya hampir terjadi 50 tahun yang lalu. Tidak ada lagi yang mengawasi gerak-geriknya. Kalaupun ia harus mati, maka ia sudah siap untuk hal tersebut.

Kelebihan Mawar Jepang

Beberapa poin yang membuat saya merasa beruntung membaca buku ini adalah banyaknya pelajaran hidup yang ada di dalamnya. Jika kita sedikit berpikir dan membaca kisah ini dengan pelan-pelang, maka Anda akan mendapati poin-poin berikut:

Semangat pantang menyerah – Walaupun pada akhirnya jepang kalah dalam perang dunia kedua, jepang menunjukkan semangat pantang menyerah. Penduduk jepang berbondong-bondong mendaftarkan diri  menjadi bagian dari militer jepang walaupun mereka tahu bahwa mereka akan menemui kematian. Perjuangan seperti itu layak dijadikan contoh dan teladan.

Novel ini menggugah rasa nasionalisme – Saat saya membaca buku ini, tiba-tiba saya merasa bersemangat dan rasa nasionalisme mulai tumbuh. Seandainya saya orang jepang, pasti saya akan mulai berpikir “ Apa yang bisa saya berikan untuk bangsa ini?”

Cerita yang sederhana –  Sebenarnya ini novel yang ditulis cukup sederhana. Berbeda dengan buku jepang sebelumnya, Tokyo zodiac murder, yang membutuhkan banyak berpikir untuk mengikuti ceritanya. Novel ini cukup baik sebagai bacaan untuk orang yang baru mulai hobi membaca.

Kekurangan Novel Mawar Jepang

Saat saya membaca mawar jepang, ada beberapa bagian yang harus digarisbawahi. Pertama, pada halaman 15, menyatakan bahwa catatan masuk militer yang digunakan tokoh utama adalah sayuri miyamoto. Padahal dalam cerita aslinya, saat itu tokoh utama sedang menggunakan nama hiro untuk menyamar.

ada juga beberapa kesalahan mendasar lainnya, namun saya lupa halamannya ha ha ha….. tapi tenang saja, kalau Anda bukan orang yang terlalu teliti, kesalahan semacam itu tidak akan menganggu sama seklali.

Kedua, sama seperti novel terjemahan lainnya, saya kadang kurang begitu memahami keadaan yang digambarkan di dalam mawar jepang. Ini adalah masalah kebudayaan. Karena saya tidak begitu memahami budaya yang berkembang di jepang, saya kurang bisa membayangkan tatami, kuil, desa di jepang pada tahun 1940-an dan sebagiannya.

Lalu ada beberapa kata-kata jepang yang tidak saya pahami. Sudah menjelajahi seluruh isi buku tapi tetap tidak menemukan arti kata-kata tersebut (catatan kaki kosong).

Dan terakhir, saya merasa novel mawar jepang hanya menceritakan semua kisah hidup sayuri miyamoto. Saya tidak pernah mengenal tokoh lain dengan baik karena sedikit sekali yang menceritakan tentang tokoh-tokoh pendukung lainnya.

Penilaian

Saya member nilai 76 untuk mawar jepang. Penilaian ini dikarenakan masih ada keganjalan dalam novel ini. Pada kenyataannya sayuri miyamoto menemukan pendamping hidup yang menggantikan posisi takushi. Namun anehnya tidak ada kisah sedikit pun yang menceritakan bagaimana sayuri hidup sebagai rika kobayashi. Jika hal tersebut ada, saya mungkin akan member 78 untuk novel ini.

Iklan

16 tanggapan untuk “Review Buku Mawar Jepang

  1. Ini based on true story?
    Iya ya..kalo baca buku dan gak tahu bayangannya kayak apa itu bikin bingung sendiri kadang..biasanya lgs browsing tp klo males ya udah..lanjut..hehe

    Suka

  2. mas ngereview buku Mawar Jepang tapi kok aku lebih tertarik sama buku yang satuan The Tokyo Zodiac Murder (aduhhh salah fokus). mungkin karena aku lebih suka buku-buku yang berbau detektif.

    Suka

    1. Tokyo zodiac murder lebih seru. Sebelum selesai membaca kita disuruh menemukan siapa pembunuhnya berdasarkan petunjuk yang ada. Sayangnya saya gagal ha haha……

      Suka

      1. Itu buku yang tokyo zodiac murder pernah diincer pas ngeliat di toko…tapi lewat aja..g jadi dibeli…sherlock holmes all series aja blm kebeli…hehe

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s