Hari ke-29 : Kesabaran dalam Ngeblog

​Sumber gambar : tipsorangsukses.blogspot.com

Banyak bloger yang bermimpi meraih kesuksesan di kehidupan online. Mereka banyak belajar skill-skill untuk mengembangkan blog agar menjadi bloger profesional. Tapi jika mengamati perkembangan dunia blog di Indonesia, ternyata jumlah bloger yang konsisten hanya itu-itu saja. Dan mayoritas sudah pensiun dini tanpa menghasilkan uang sepeser pun.

Menurut saya bloger-bloger baru tidak punya kesabaran yang tinggi. Baru mulai ngeblog selama beberapa bulan, dan mereka mengharapkan kesuksesan besar. Itu sangat jarang terjadi, walaupun juga bukan keniscayaan. Tapi jangan berharap orang yang mampu melakukannya adalah Anda karena Anda hanya akan menelan kekecewaan di masa depan.

Lebih dari yang Anda bayangkan, membangun blog itu butuh banyak kesabaran. Anda perlu terus menulis meskipun jumlah pengunjung belum seberapa, terus blogwalking meskipun jarang mendapat kunjungan balik, dan terus menjaga impian menjadi bloger profesional di tengah rasa frustasi yang menyerang.

Tidak ada kesuksesan dalam semalam. Hasil yang Anda dapatkan merupakan cerminan kegigihan dan kerja keras Anda dalam mengelola blog. Jika belum memuaskan, maka Anda hanya perlu bersabar dan melakukan evaluasi agar mencapai efektivitas dan efisiensi tinggi dalam mengelola blog.

Arti Kesabaran yang Sebenarnya

Berikut pengertian kesabaran menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :

“Kesabaran adalah ketenangan hati dalam menghadapi cobaan; sifat tenang (sabar).”

Jika dalam konteks membangun blog, maka saya mengartikan sebagai kegigihan untuk terus berjuang memproduksi konten-konten berkualitas tinggi meskipun belum mendapat hasil yang maksimal.

Tidak peduli sesedikit apapun jumlah pageview Anda atau betapa besarnya rangking Alexa Anda, satu-satunya tugas bloger adalah terus berkarya. Dan tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Kecuali jika Anda tidak sungguh-sungguh mengerjakannya.

Saya bahkan merasa jumlah trafik, pageview, dan komentar akan meningkat dengan sendiri seandainya saya terus konsisten.

Tinggal bagaimana saya bersabar dan menunggu kesuksesan tiba. Dan atas keyakinan tersebutlah hingga saat ini saya masih rutin menulis dan menerbitkan konten-konten baru di Shiq4.

Cara Bersikap Sabar dalam Mengelola Blog

Kesabaran tidak datang dengan sendirinya. Tapi merupakan bentuk pemikiran panjang akan keyakinan terhadap visi-blog yang kita tetapkan. Berikut adalah cara bersabar dalam mengelola blog ala Shiq4 :

1. Miliki Visi

Visi adalah tujuan jangka panjang. Apa yang ingin Anda capai dengan blog Anda di masa mendatang? Kalau saya sendiri adalah mendapatkan 10.000 pengunjung/hari.

Saya mempercayai visi saya. Dan merasa mampu melakukannya. Setiap kali saya malas dan tidak bersemangat, saya hanya memikirkan memiliki blog dengan trafik 10.000/hari. Itu pasti akan sangat menyenangkan. Dan saya tidak main-main untuk mewujudkan visi kecil semacam itu dan menjadi bersemangat.

2. Mulai Langkah-Langkah Kecil

Visi itu ibarat desain rumah yang ingin Anda bangun. Setelah memiliki gambarannya, Anda membutuhkan bahan-bahan material dan tukang untuk mewujudkan visi Anda.

Ngeblog pun demikian. Saya mulai dengan langkah kecil yakni mendapatkan 100 pengunjung per hari dulu.  Kemudian lebih banyak menerbitkan konten, mempelajari SEO, dan lain sebagiannya. Saya harus mulai mengumpulkan semua hal yang dibutuhkan untuk mewujudkan visi yang sudah saya tetapkan.

Bagian terbaiknya kesabaran akan muncul bersamaan dengan pencapaian-pencapaian kecil seolah tinggal sebentar lagi visi saya akan terwujud.

Catatan : Sekarang blog saya sudah punya pengunjung rata2 300 lebih per hari dan saya optimis di akhir tahun mencapai 500.

3. Pastikan Anda Bahagia

Tidak perlu tergesa-gesa dalam membangun blog. Ada jalan lain selain stres dengan target-target yang telah Anda tetapkan sendiri, yakni merasa bahagia ketika ngeblog.

Sejak awal saya sudah mengatakan bahwa tidak semua orang cocok untuk ngeblog. Mereka yang ngeblog dengan bahagia akan memiliki kesabaran yang luar biasa untuk mewujudkan visinya. Rasanya hampir mirip bekeja sesuai passion. Kepuasan didapat dan uang pun datang dengan sendirinya.

Karena bahagia membuat semuanya menjadi lebih mudah untuk dijalani. Bahkan jika ada rencana yang tidak berjalan dengan baik, bloger tersebut akan sabar menyelesaikan semua permasalahan dan tetap optimis mencapai visinya.

4. Catat Perkembangan Blog Anda dan Lakukan Evaluasi

Setiap kali Anda mengetahui perkembangan blog Anda yang positif seperti rangking Alexa yang mengecil atau mampu duduk di halaman pertama Google untuk kata kunci yang Anda targetkan, masukkan itu dalam catatan Anda. Lalu lakukan evaluasi mengapa hal positif tersebut dapat terjadi.

Lalu Anda bisa mengulangi lagi langkah-langkah apa saja yang Anda butuhkan untuk meningkatkan hasil yang Anda capai. Dengan begitu, target Anda akan semakin tinggi setiap harinya.

Maka Anda akan punya kesabaran lebih untuk melakukan semuanya karena merasa bahwa usaha sekecil apapun yang Anda lakukan menujukkan hasil yang positif.

Agar Anda bersemangat : Bola Salju yang Menggelinding

Kesabaran dalam ngeblog​Sumber gambar : dollarcents.org

Banyak pelajaran yang saya peroleh selama lebih dari 2 tahun ngeblog. Namun yang paling membuat saya optimis dan bersabar adalah adanya efek bola salju yang menggelinding.

Walaupun saya tidak melakukan hal-hal rumit seperti petunjuk bloger-bloger profesional, pencapian blog ini semakin hari semakin besar saja. Persis seperti bola salju kecil yang menggelinding ke bawah. Cepat atau lambat, saya percaya bahwa akan banyak pencapaian-pencapaian besar di masa depan.

Yang harus dipikirkan hanya satu, yakni terus melakukan apa yang biasa saya lakukan dan menambah satu dua task baru agar bola salju menggelinding lebih cepat.

Anda mungkin tidak mempercayainya, begitu pula saya awalnya. Namun setelah berpikir masak-masak, hal tersebut benar-benar terjadi pada blog saya. Tanpa perlu bersusah payah seperti di masa-masa awal ngeblog, hasil yang didapat semakin baik saja.

Mungkin karena saya terus melakukan aktivitas yang sama berulang-ulang sehingga tanpa saya sadari, saya menjadi semakin baik dalam melakukannya. Jadi, jangan pesimis dulu. Ngeblog saja secara konsisten dan Anda juga akan melihat efek bola salju terjadi kepada Anda.

Apakah Anda merasa cukup sabar untuk mengelola blog? Mengapa tidak dan mengapa ya? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

18 tanggapan untuk “Hari ke-29 : Kesabaran dalam Ngeblog

  1. akhir2 ini lg ga smangat mas Shiq…

    Cinta sll bersemangat menulis perihal “cinta” tp skr bnr2 mrasa blank krn tak lg memilikinya.

    Rasanya ada yg hilang. Cinta bingung mau nulis apa…😑

    Suka

  2. Iya shiqa… kadang kala saya juga bercermin ke belakang…. masa2 sma dulu pernah bermimpi blog bisa menghasilkan duit… dan sekarang udah bisa meski blm cair…. yang satu lagi…kebanggaan itu saat blog kita dishare atau dijadikan sumber blog lain (bukan copas loh)…. kepuasan tingkat tinggi

    Suka

  3. Smpai saat ini sya masih memiliki ksbran yg cukup buat ngmbangin blog saya. Memang kdang waktu ckup brpngruh, aplgi klo lg dlm tugas dinas sprti skrg. Tapi setidaknya, krn target sy rilis konten trbaru paling lma seminggu skli mka sy musti taat, dan smpe saat ini blum sy langgar.

    Pageview dan visitor meningkat sy liat di desfortin menulis, meski komen berkurang..

    Saya klo urusan visi misi emang blum tersusun, tp yg psti pngen ttp ngeblog aja dulu utk aktualisasi diri.

    Tp tq buat blog2 Anda yg sllu menggugah…good job

    Suka

    1. Klo udah rutin seminggu sekali udah bagus kok pak. Yg penting rutin dan jangan sampai putus. Soalnya biasanya sulit memulai kebiasaannya lagi.

      Klo pageview sama visitor sih lama2 naik sendiri meski gak ngapa-ngapain. Asalkan updatenya teratur.

      Disukai oleh 1 orang

  4. Pada awalnya saya ngeblog karena pengin tulisanku ada di internet dan bisa dibaca banyak orang (seperti di koran/media cetak). Itu karena menurutku orang yang dapat menulis di media atau internet itu keren dan membanggakan. Tapi ada yg bilang katanya blog amatir itu jarang ada pembacanya, shg lama tidak kutengok blogku. Setelah tahu ternyata ada yang melihat tulisanku aku mulai aktif lagi.
    Dan berkat tulisan2 mas shiq4 aku sedikit tahu seluk beluk ngeblog, dan setelah aku berusaha menerapkan tip2 mas shiq alhamdulillah mulai bertambah pengunjung dan follower.Sejak itu aku mulai merasa gelisah kalau beberapa hari tdk posting, tapi sampai saat ini aku belum punya visi dan belum mencatat perkembangan blogku, padahal aku sdh mulai merasakan spt bola salju yang mengelinding, meskipun masih amat pelan menggelindingnya, he..he..Tp sdh aku syukuri

    Suka

    1. Ngeblog itu cuma masalah konsistensi saja kok mbak nurut saya. Sebenarnya tulisan saya mayoritas di dominasi tulisan2 hasil belajar. Awalnya saya dulu mengarsipkan tips2 ngeblog dan pengalaman ngeblog buat diri sendiri dan nggak terlalu mikirin pengunjung. Eh lama-kelamaan naik sendiri kok pengunjungnya. Meskipun saya cuma blogwalking doang promosinya. Klo pun nggak ada pengunjung saya udah merasa puas kok, lagian niatnya blog ini cuma buat catatan pribadi saja.

      Disukai oleh 1 orang

  5. Dari dulu ngeblog karena suka nulis dan emang mau menyampaikan cerita yang ada di kepala. Jadi gak pernah menganggap blog ini adalah beban. Kalau soal kesabaran, bener banget sih, karena untuk nulis blog aja butuh waktu yang tidak sebentar. Apalagi kalau sudah menyangkut cerita, foto, beserta video. Butuh kesabaran banget. :))))

    Suka

    1. Iya…. Ngeblog itu klo sabar nanti berkembang sendiri. Padahal nggak melakukan banyak hal rumit seperti yg banyak diteorikan cuma mesti hati-hati biar gak lupa waktu.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s