Cara Menjadi Menonjol Diantara Ratusan Bloger

Blog semakin populer dewasa ini. Banyak orang mulai membuat blog pribadi maupun blog bisnis untuk berbagi cerita dan pengalaman, pengetahuan, branding, dan cara melakukan sesuatu dengan benar. Jadi, jumlah bloger semakin bertambah setiap hari.

Diantara keramaian dunia informasi dan blog, secara tidak langsung kita mulai bersaing satu sama lain untuk menjadi yang terbaik. Kita berebut pengunjung. Kita ingin tampil beda. Dan jika kita mampu menonjol diantara ribuan bloger lainnya, pintu kesuksesan akan terbuka.

Jika Anda ingin populer, menghasilkan banyak trafik, dan memonitise blog Anda, maka Anda harus membaca cara menjadi menojol diantara keramaian peperangan informasi di internet berikut ini:

1. Ciptakan Konten yang Mengagumkan

Konten yang bagus dibaca. Sedangkan konten yang buruk tidak akan diakses. Itu aturan sederhana yang berlaku bagi semua bloger.

Untuk menjadi bloger yang terkenal, langkah pertama tentu saja secara konsisten menulis konten-konten mengagumkan yang tidak bisa ditemukan di blog lain. Jika Anda mampu melakukannya, pembaca akan menjadi loyal dan terus mengunjungi blog Anda.

Selain itu, perhatikan bagaimana Anda menyajikan sebuah konten. Bukan hanya perkara ide kreatif, gaya penyampaian Anda dan kata yang Anda gunakan akan sangat mempengaruhi mood pembaca. Pastika saja tulisan Anda sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan standar Google agar mudah ditemukan di halaman hasil pencarian.

2. Rampok Pengunjung Blog Lain dengan Menjadi Penulis Tamu

Penulis tamu sangat populer digunakan oleh bloger-bloger kelas dunia. Dengan menjadi penulis tamu di blog terkenal, branding Anda akan ikut terangkat. Seandainya Anda mampu menulis konten berharga untuk blog lain, maka pengunjung blog tersebut akan tertarik mengunjungi blog Anda karena hampir semua blog yang menyediakan fasilitas bloger tamu memperbolehkan Anda menaruh link menuju blog Anda di dalam konten.

Kita memang bersaing satu sama lain, tapi bukan berarti kita tidak boleh bekerja sama. Bloger sukses menyadari hal semacam itu sehingga mereka saling berbagi pembaca dengan saling menjadi penulis tamu. Dan mereka akan menjadi lebih sukses lagi.

Nama mereka dikenal, kredibelitas mereka menjadi lebih bagus, dan nama mereka ada di blog terkenal lainnya. Dengan demikian, kesempatan Anda melambungkan personal brand menjadi lebih besar. Dan Anda akan semakin menonjol dibandingkan bloger lain yang membahas topik sejenis.

3. Tulis Pengalaman Pribadi, Bukan Sekadar Teori

Beberapa bloger mampu menulis dengan baik. Sayangnya mereka hanya menulis teori saja, bukan pengalaman pribadi. Jika demikian, maka Anda akan kesulitan untuk menonjol. Lagipula emosi pembaca hanya akan tersentuh ketika mereka membaca konten berdasarkan pengalaman pribadi. Lebih bisa dipercayai kebenarannya dan tampak lebih menarik.

4. Linking ke Postingan Lainnya

Bloger profesional terbiasa menghubungkan postingannya ke tulisan-tulisan lain seperti hasil penelitian, opini para ahli, dan paradigma bloger lainnya berkaitan dengan suatu topik. Bukan hanya bertujuan untuk memberi petunjuk bagi pembaca agar mereka mendapatkan informasi yang berhubungan dengan topik yang Anda angkat, tapi juga meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap apa yang Anda sajikan karena itu juga berarti Anda telah melakukan riset sebelum menulis topik tersebut.

Juga jangan lupa untuk menghubungkan dengan postingan lama Anda. Karena sistem platform blog yang hanya menampilkan konten-konten terbaru, bukan berarti Anda boleh melupakan konten yang sudah terkubur.

Pilihlah konten terbaik Anda yang sudah terkubur dan buatlah postingan baru yang masih berhubungan dengan topik tersebut. Kemudian hubungkan dengan link, maka pembaca akan memiliki banyak opsi untuk mendapatkan infomasi berlimpah sehingga mereka mau berlama-lama di blog Anda dan menjadi loyal.

5. Pelajari SEO

SEO merupakan momok tersendiri bagi bloger. Tidak hanya rumit, namun juga membingungkan. Bahkan bisa membuat pikiran frustasi manakala bloger sudah mengoptimalkan halaman sesuai dengan petunjuk namun hasilnya belum memuaskan.

Tapi kekuatan SEO bukanlah isapan jempol semata. Bloger yang sering muncul di halaman pertama Google akan tampak lebih menonjol dari bloger lain. Tidak hanya membuktikan bahwa kulitas konten sudah sesuai dengan standar Google, tapi akan memudahkan orang lain menemukan konten yang relevan sesuai dengan kata kunci.

Seandainya Anda sering memenangkan persaingan di mesin pencari, lambat laun nama Anda akan meroket. Dan tentu saja, jumlah pengunjung organik pun akan terus meningkat. Kemudian buat mereka menjadi pengunjung loyal dan Anda akan melihat statistik yang stabil sepanjang tahun.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang SEO sebelumnya, maka Anda bisa mengakses halaman ini untuk mendapatkan panduan dalam belajar SEO.

6. Selesaikan Permasalahan Pembaca

Bloger yang baik mampu menetapkan target pembaca dengan baik. Kira-kira topik apa saja yang diminati pembaca dan permasalahan seperti apa yang dihadapi oleh mayoritas pembaca. Ketika Anda mampu menjawab semua permasalahan yang umum dihadapi oleh pembaca Anda, maka itu adalah momen terbaik Anda untuk lebih menonjol dibandingkan bloger lain yang membangun blog dengan topik sejenis dengan Anda.

Untuk mengetahui permasalahan seperti apa yang sering muncul, Anda bisa melihat pertanyaan-pertanyaan populer di quora. Atau melihat masa lalu dan menemukan masalah apa yang sering Anda hadapi berkenaan dengan topik tersebut. Atau Anda bisa mengakses forum-forum karena biasanya para pemula dipenuhi dengan berbagai pertanyaan yang bisa Anda gunakan sebagai dasar menciptakan konten.

Catatan : Konten yang memecahkan masalah biasanya berjudul “Cara” dan “Tips”. Kedua konten tersebut merupakan konten yang sudah pasti populer dan bersifat evergreen sehingga Anda akan tetap mendapatkan pengunjung dalam waktu yang lama.

7. Gunakan Sosial Media

Sosial media merupakan sumber trafik terbesar kedua setelah SEO. Anda bisa bergabung di grup-grup facebook sesuai dengan topik blog Anda dan melakukan promosi di sana. Anda juga boleh membuat fans page agar orang-orang dengan mudah mendapatkan pemberitaan terbaru di blog Anda.

Gunakan juga twitter untuk berpromosi. Dapatkan follower yang tertarik dengan konten-konten blog Anda sehingga mereka mau melakukan klik pada link di tweet Anda maupun membagikan postingan Anda di sosial media mereka sendiri.

Ada cukup banyak sosial media selain twitter dan facebook. Gunakan sebanyak yang Anda bisa. Kalau Anda tidak punya banyak waktu, lebih baik hanya berfokus di facebook dan twitter saja.

Kesimpulan

Untuk menjadi menonjol diantara ribuan bloger bukan sesuatu yang mustahil, namun semuanya sebanding dengan usaha yang Anda lakukan. Jika Anda bekerja lebih keras dan disiplin menulis konten-konten berkualitas, maka peluang Anda untuk sukses akan semakin besar.

Dan yang lebih penting, semua butuh proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama. Berharap bisa menonjol dalam waktu singkat adalah ketidakmungkinan, kecuali Anda terlahir sebagai jenius.

Jadi, bagaimana cara Anda untuk menjadi menonjol diantara bloger-bloger lain? Bagikan tips dan pengalaman Anda di kotak komentar yang telah disediakan. 

Iklan

59 tanggapan untuk “Cara Menjadi Menonjol Diantara Ratusan Bloger

  1. Pernah jadi penulis tamu dua kali untuk topik jalan2. Kemudian ada permintaan dari beberapa blogger untuk jadi penulis tamu di blog mereka, tapi belum dikerjakan PR nya haha nunggu wangsit datang 😅 kalo aku bukan cari menonjolnya tujuan jadi penulis tamu. Mengasah kePDan dan kemampuan menulis. Menonjol itu bonus.

    Suka

  2. Persaingan memang sgat ketat sis..
    saya sangat memperhatikan kualitas konten blog saya..
    kadang bahkan ada artikel yg gk jadi saya terbitkan hanya karna menurut saya kurang berkualitas dan penyampampaian yg kurang pas..
    Padahal udah capek2 nulis..

    Suka

    1. Nggak usah terlalu fokus nulis konten berkualitas kalau belum 500 pengunjung/ day. Simpan yg terbaik ketika sudah banyak pengunjung. Untuk menarik pengunjung cukup konten kelas 2 dulu.

      Suka

  3. Persaingan memang sngat ketat gan..
    saya sangat memperhatikan kualitas konten blog saya..
    Kadang bahkan ada artikel yg gk jadi saya terbitkan hanya karna menurut saya kurang berkualitas dan penyampaian yg kurang pas..

    Suka

  4. Hambatan bagi diri saya untuk menonjol lebih karena kurang konsisten posting. Niatnya sehari sekali, yang berjalan sebulan sekali. Gimana ya? biar bisa lebih konsisten untuk posting blog?
    btw thanks postingnya sangat bermanfaat bagi saya yang sedang membangun blog 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s