8 Cara Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Blog

Sumber Gambar : getdigitalstyle.com

Apa yang biasa dilakukan blogger setelah menekan tombol publish?

Membagikan link artikel ke sosial media? Berkomentar di banyak blog agar mendapat kunjungan balik? Atau nyepam di forum-forum mempromosikan tulisan Anda?

Terlihat bagus, namun belum cukup baik. Jika itu yang Anda lakukan, maka beberapa bulan kemudian Anda akan segera bosan. Dan tentu saja energi Anda pun terbuang percuma karena tingkat keberhasilannya sangat kecil.

Jadi, kegiatan di atas cukup logis bila dilakukan blogger pemula. Namun jika Anda sudah cukup berpengalaman dalam ngeblog, mungkin Anda akan bertanya “Bagaimana cara mendapatkan tambahan pengunjung secara rutin tanpa melakukan usaha apapun?”.

Jawabannya adalah buat pengunjung menjadi loyal. Saat loyalitas pengunjung Anda sudah tinggi, Anda tidak perlu melakukan apapun. Pengunjung yang loyal akan dengan senang hati membaca semua postingan yang Anda terbitkan. Bahkan merekalah yang akan berpromosi untuk Anda. menarik, bukan?

Pentingnya Pengunjung Setia

Pengunjung setia adalah orang yang selalu mendukung Anda dan punya loyalitas tinggi terhadap blog Anda. Mereka berkomentar di setiap postingan, mereka membagikan postingan Anda di media sosial, bahkan sesekali menjadikan tulisan Anda menjadi rujukan.

Seharusnya setiap blogger memiliki pengunjung setia yang terus meningkat seiring waktu. Tapi faktanya tidak demikian. Ada blogger yang sudah ngeblog berbulan-bulan, tapi trafiknya tidak kunjung menunjukkan peningkatan.

Mengapa demikian? Karena blogger tersebut sibuk mencari pengunjung baru (first time visitor) dan tidak mau memikirkan pengunjung setia yang sudah ada. Bisa-bisa trafik akan terus menurun karena Anda tidak memperlakukan pengunjung loyal yang sudah ada dengan baik sehingga loyalitas mereka berkurang dan mereka mulai mencari blog sejenis yang menyajikan informasi seperti blog Anda.

Jadi, langkah terbaik yang saya sarankan adalah tingkatkan loyalitas pengunjung yang sudah ada dulu. Jika semua berjalan dengan baik, maka Anda akan terkejut karena jumlah pengunjung akan meningkat dengan signifikan tanpa harus berpromosi di sana-sini.

Pengunjung loyal adalah aset berharga dan pintu yang akan membawa Anda pada kesuksesan. Itulah pentingnya pengunjung loyal dan mengapa meningkatkan loyalitas pengunjung yang sudah ada adalah strategi terbaik yang bisa diusahakan.

Sebaik apapun Anda mampu mendatangkan trafik, semua akan percuma kalau Anda tidak bisa mengkonversi trafik tersebut menjadi pengunjung loyal

8 Cara Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Blog

Pengunjung shiq4 bisa mencapai ratusan orang per hari bukan karena saya agresif berpromosi di sana-sini. Rata-rata pengunjung tersebut secara sukarela mengunjungi blog ini secara rutin karena saya telah berhasil membangun loyalitas mereka.

Mereka menunggu artikel terbaru, mereka meninggalkan komentar, mereka bertanya, mereka menjadi follower dan subscriber, dan yang terpenting, mereka menikmati apa yang saya sajikan.

Jadi, bagaimana cara meningkatkan loyalitas pengunjung blog, terutama membuat first time visitor menjadi loyal? Berikut adalah rahasianya :

1. Update Blog Secara Teratur

Tidak mungkin Anda memiliki pembaca setia jika Anda tidak teratur mengupdate blog.  Setiap kali berkunjung untuk membaca konten terbaru, kemudian mereka tidak menemukannya, mereka akan kecewa. Dan itu sedikit berpengaruh terhadap loyalitas mereka.

Walaupun tidak ada studi kasus tentang berapa sering sebaiknya mengupdate blog, saya cenderung meyakini bahwa update sekali setiap minggu adalah batasan minimal yang harus Anda lakukan. Lebih dari itu, biasanya orang akan malas berkunjung ke blog yang Anda kelola. Mungkin mereka mulai berpikir : “Untuk apa mengunjungi blog yang tidak terupdate secara teratur?”.

Selain untuk meningkatkan loyalitas pengunjung, update blog secara teratur juga membantu blog Anda agar kaya konten sehingga first time visitor akan punya banyak pilihan konten untuk dikonsumsi. Jika mereka puas dengan berbagai konten yang sudah ada, bukan tidak mungkin mereka akan terus mengunjungi blog Anda untuk menikmati konten-konten terbaru Anda di masa depan.

2. Perhatikan Gaya Menulis Anda

Sebenarnya mayoritas blogger tidak terlalu memperhatikan bagaimana mereka menyajikan suatu informasi. Mereka hanya terus menulis dan beranggapan jika informasi mereka bermanfaat, maka orang-orang akan mulai membaca dari awal sampai akhir. Sayangnya, itu adalah jebakan terbesar bagi blogger.

Saya sering browsing di internet dan menemukan informasi yang ditulis dengan buruk. Dan saya tidak pernah berpikir dua kali untuk segera menutup browser, kemudian mencari informasi dari blog lain. Itulah kekuatan internet. Ada banyak blog yang ditulis dengan sederhana, enak dibaca, dan mudah dipahami. Lalu, apa yang membuat Anda berpikir bahwa ada orang yang mau membaca tulisan yang disajikan dengan sangat buruk?

    Tentu untuk menjadi orang yang pandai menulis tidak semudah menjentikkan jari dan secara ajaib Anda mampu menghasilkan tulisan yang bagus. Dibutuhkan latihan secara terus menerus dan banyak membaca teori-teori menulis. Itu jika Anda ingin blog Anda berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tidak ada cara lain.

    Seandainya Anda mampu menuliskan semua informasi dengan gaya bahasa yang menarik, biasanya pengunjung yang membaca konten Anda tidak akan bosan dan lelah meskipun konten Anda termasuk panjang. Bahkan mereka akan menikmatinya dan tidak terasa tiba-tiba sampai di bagian akhir. Di sinilah pengalaman membaca mereka yang akan menentukan tingkat loyalitas. 

    Semakin bagus tulisan Anda, baik dilihat dari gaya penyampaian dan kualitas informasi, loyalitas pembaca akan semakin tinggi.

    Jadi, perhatikan gaya menulis Anda. Lakukan percobaan untuk mengembangkan gaya menulis Anda sendiri sehingga pembaca terhipnotis dan menantikan tulisan-tulisan Anda selanjutnya.

    3. Pahami Pembaca Anda

    Sejujurnya saja, untuk memahami pembaca, Anda membutuhkan pengalaman ngeblog yang banyak. Jika Anda masih baru, maka lebih baik berfokus untuk terus menghasilkan konten berkualitas saja. Sedangkan jika Anda sudah berpengalaman, mungkin tips ini bisa bekerja dengan baik.

    Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menemukan topik favorit pengunjung blog Anda. Postingan bertema apa yang paling banyak diakses di blog?. Kemudian cobalah lebih sering menerbitkan konten dengan topik tersebut secara teratur. Misalnya dalam blog shiq4, topik yang paling banyak diakses adalah tentang tips menulis dan tips ngeblog sehingga saya selalu menulis kedua topik tersebut lebih sering dibandingkan dengan topik lainnya. Dengan demikian, pengunjung akan merasa senang jika selalu menemukan konten baru tentang kedua topik tersebut.

    Lalu yang kedua, tulisan seperti apa yang paling banyak mendapatkan like dan komentar? Walaupun tips ngeblog dan tips menulis merupakan topik yang paling sering diakses, namun saya merasa bahwa jumlah komentar dan like lebih banyak terjadi pada konten bertema personal. Jadi, saya pun menulis topik personal dengan lebih serius.

    Jam dan hari postingan
    Kemudian coba lihat di statistik blog, pada hari apa dan jam berapa pengunjung mengakses blog Anda. Jika Anda menerbitkan konten pada hari yang tepat dan jam yang tepat, maka banyak pengunjung yang bahagia.
    Dan masih banyak lagi lainnya. Yang jelas, jika Anda mampu memahami pembaca dan menyenangkan mereka, maka loyalitas mereka pun akan naik dengan sendirinya. Anda hanya perlu mengamati perilaku mereka dengan seksama dan berikan apa yang mereka inginkan. Dan semua akan baik-baik.

    4. Buat Mereka Percaya Kepada Anda

    Masalah terbesar yang dihadapi semua blogger adalah mendapatkan kepercayaan pengunjung. Tanpa itu, tidak akan pernah tercipta loyalitas.

    Yang paling sulit memang bagian ini. Bagaimana pun juga, pengunjung blog Anda bukan orang idiot yang akan mempercayai semua yang Anda katakan karena banyak informasi di internet yang nilai kebenarannya masih diragukan. Ketika mereka pertama kali mengunjungi blog Anda, secara tidak sadar mereka akan menimbang informasi yang Anda sajikan. Biasanya sih pengunjung yang cerdas akan melakukan cross check ke situs-situs otoritas.

    Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menyajikan informasi. Pastikan Anda mengikutsertakan link eksternal menuju halaman otoritas untuk mendukung opini Anda agar pengunjung mempercayai apa yang Anda tuliskan.

    Dan yang paling penting adalah jangan menulis sesuatu yang belum pernah Anda alami sendiri. Misalnya Anda menulis konten “Cara mendapatkan ribuan pengunjung per hari”, sedangkan Anda tidak pernah mengalaminya. Dan masih banyak contoh lainnya di mana blogger terlalu ambisius untuk menuliskan sesuatu yang spektakuler tapi tidak bisa membuktikan kebenarannya.

    Selain itu, kepercayaan pengunjung terhadap Anda membutuhkan waktu yang lama. Saat mereka sudah menyadari bahwa Anda mempunyai kompentensi untuk membahas suatu topik, saat itulah mereka akan mulai loyal dan mengunjungi blog Anda secara teratur. Sebelum hal tersebut terjadi, Anda harus bersabar dan terus menulis konten berkualitas secara teratur.

    5. Dominasi Mesin Pencari

    Apakah Anda tahu mengapa saya menjadi loyal terhadap situs moz dan quicksprout? Karena saya selalu menemukan kedua situs tersebut di halaman pertama ketika saya membutuhkan informasi tentang ngeblog.

    Begitu pula dengan sebagian pengunjung blog shiq4. Sejak saya menerapkan SEO pada shiq4 beberapa bulan yang lalu sehingga banyak konten tentang tips ngeblog dan tips menulis yang mendominasi mesin pencari, orang-orang pun mulai rutin mengunjungi blog ini. Dan kabar baiknya, mereka menjadi loyal dan membaca konten apapun yang saya sajikan.

    Mampu tampil di halaman pertama mesin pencari tidak hanya mampu mendatangkan pengunjung baru, namun memberi citra bahwa saya merupakan orang yang tepat untuk bertanya tentang SEO dan tips ngeblog. Itu bagus untuk branding.

    Pada kenyataanya mereka menjadi loyal karena sering menemukan halaman dari shiq4 berada di halaman pertama Google dan jika hal semacam itu benar-benar terjadi kepada saya, maka Anda pun bisa melakukannya. Anda bisa mulai mempelajari SEO dengan membaca “Cara mudah belajar SEO”.

    6. Interaksi yang Baik dengan Pembaca

    Loyalitas bisa terbentuk dengan cara yang paling sederhana, yaitu pembaca merasa tertolong dengan konten Anda. Juga bisa terbentuk karena Anda merespons komentar pengunjung, menjawab pertanyaan yang ada, berkunjung balik ke blog mereka, atau memberi link menuju tulisan mereka, dan lain sebagiannya. Intinya, kita berusaha berhubungan baik dengan pembaca.
    Loyalitas pengunjung berbanding lurus dengan apa yang Anda lakukan untuk mereka. Mungkin Anda bekerja keras untuk menyajikan informasi berkualitas, Anda menjawab pertanyaan mereka dengan ramah, atau mampu mengidentifikasi masalah bagi sebagian besar pengunjung Anda Dan menyelesaikannya. Semua itu akan meningkatkan loyalitas pengunjung.

    Mungkin sesekali Anda akan kesal mendapatkan pertanyaan di mana jawabannnya sudah ada di artikel, atau saat pengunjung berkomentar yang tidak relevan, atau ada kritik yang tidak tepat yang diarahkan untuk Anda. Satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah berinteraksi dengan mereka dan memberi jawaban yang bijaksana.

    Anda boleh marah, Anda boleh kesal, tapi gunakan kata-kata yang baik sehingga citra Anda tetap terjaga. Anda harus menjadi orang baik di mata pengunjung. Jika tidak, maka mereka akan mulai meninggalkan Anda. Begitulah aturannya.

    7. Bahas Sesuatu yang Berharga

    Sebenarnya faktor terbesar yang paling menentukan loyalitas pengunjung blog adalah kemampuan blogger tersebut dalam menciptakan konten-konten yang berharga alias tidak ditemukan di blog lain. Biasanya blog yang bisa melakukannya akan menjadi situs otoritas. Setidaknya pengunjung blog akan merasa senang karena mendapatkan informasi langka dari blog Anda.

    Jangan khawatir, tidak sulit melakukannya jika Anda ngeblog dalam Bahasa Indonesia. Cobalah mencari konten yang paling sering di share, yang paling sering dibaca, dan yang paling banyak mendapatkan komentar di blog otoritas yang berbahasa Inggris sesuai topik blog Anda. Kemudian curi idenya dan lakukan sedikit riset untuk melengkapi konten yang ada dan tambahkan opini pribadi Anda. Maka Anda akan mampu menghasilkan konten-konten langka dalam jumlah yang besar.

    Tapi sebelum melakukannya, pastikan masih jarang blog Bahasa Indonesia yang membahasnya. Kalau jumlah blog yang Anda temukan masih sedikit ketika mengetikan kata kunci sesuai dengan topik yang ingin Anda tulis, maka itu adalah peluang besar. Jika sudah terlalu banyak yang membahas, maka lebih baik cari ide lainnya.

    Satu-satunya yang harus Anda perhatikan adalah ini bukan menulis ulang ataupun menerjemahkan. Anda hanya mencuri idenya saja dan menyusun dengan kata-kata Anda sendiri, dan sesuaikan dengan pengalaman pribadi. Dengan demikian, Anda akan baik-baik saja karena tidak melanggar hak cipta apapun.

    8. Jadilah Percaya Diri

    Blogger berpengalaman mengetahui cara menyajikan konten karena mereka sudah melakukannya berkali-kali. Tidak ada keraguan dalam setiap kata sehingga mereka pun mampu mempengaruhi pikiran pembaca untuk menyetujui apa yang mereka katakan. Tapi hal tersebut bisa sangat sulit dilakukan oleh blogger baru. Blogger baru takut salah, takut tulisannya jelek, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Dan itu masalah besar.

    Ketika Anda menuliskan sesuatu dan tidak meyakini apa yang Anda tuliskan (kebenarannya), pembacanya tidak akan menjadi loyal. Mengapa? Karena mereka akan meragukan tulisan Anda. Jadi, sebisa mungkin jangan terlalu rendah diri, jadilah percaya diri.

    Kepercayaan diri akan timbul dengan mudah jika Anda menulis berdasarkan pengalaman pribadi Anda. Karena Anda hanya menuliskan apa yang Anda alami, Peluang kesalahannya sangat kecil. Akan sangat berbeda jika Anda menuliskan teori saja. Jika Anda belum populer, orang-orang tidak akan percaya dengan opini atau teori Anda.

    Untuk mengatasinya sangat mudah, Anda hanya perlu mendukung opini atau teori Anda berdasarkan tulisan profesional. Dan tidak akan ada yang meragukan informasi yang Anda sajikan. Artinya lakukan lebih banyak riset sebelumAnda menerbitkan konten Anda.

    Waktunya Untuk Mencoba

    Sekarang giliran Anda untuk mengaplikasikan semua tips di atas dan lihat hasilnya. Tapi hasilnya baru bisa Anda dapatkan jika Anda konsisten melakukan semuanya satu per satu.

    Tanda yang paling mencolok jika Anda sudah berhasil meningkatkan loyalitas pengunjung blog adalah semakin banyak yang mengakses blog Anda dan stabil, bahkan ketika Anda tidak melakukan apapun seperti blogwalking maupun promosi di forum-forum.

    Apakah Anda punya pengalaman tentang meningkatkan loyalitas pengunjung? Saya menantikan pemikiran Anda di kotak komentar yang disediakan.

    Iklan

    22 tanggapan untuk “8 Cara Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Blog

    1. Membagikan link postingan terbaru di Group2 blogger sangat membantu meningkatkan jumlah pengunjung. Sekarang blogwalking + meninggalkan komen saja rasanya kurang signifikan mendatangkan pengunjung, padahal bw + komen itu menghabiskan waktu. Sedangkan SEO sampai skr saya belum paham.

      Suka

      1. Klo SEO sebenarnya saya bwruntung aja kok. Entah kenapa banyak yg muncul di halaman 1. Tapi nurut saya faktor terbesarnya ada pada judul. Klo judulnya bagus dan buat penasaran ntar banyak yg ngeklik.

        Suka

    2. Kalau pengunjungnya sudah loyal, sampai ditunggu2 lho hari dimana kita biasa publish tulisan. Aku menerima beberapa email yang mengatakan kalau mereka menunggu2 aku akan menuliskan apa setiap hari senin dan kamis (dulu ada jadwal senin dan kamis, beberapa waktu ini, jadwal berubah). Trus kalau ga nulis lama, suka ada yg nanya apakah aku baik2 saja, kok lama ga nulis. Dulu bikin blog karena ingin berbagi cerita dan informasi, kalau sampai ada pembaca yg loyal, rasanya terharu juga.

      Suka

      1. Iya mbak denald. Klo udah punya pembaca itu rasanya senang aja. Mungkin khawatir klo nggak akan update lagi. Soalnya sekarang kan lagi musim banyak blogger yang tiba2 berhenti ngeblog begitu aja.

        Suka

    3. Kalau saya saat ini masih berusaha melakukan banyak riset terus kalau bisa tetap jujur dalam menulis suatu topik, hehe. Di samping itu saya masih mencoba (mencoba, haha) buat bisa menulis dengan teratur. Soal SEO masih saya pending karena belum paham. Yah, seiring berjalannya waktu deh, blog ini juga bisa dibilang mulai dari awal setelah vakum beberapa bulan kemarin. Santai saja dan nikmati prosesnya, usaha tidak pernah membohongi hasil yang didapat, hehe.

      Suka

      1. Wah mas gara sudah aktif lagi. Saya jadi penasatannya mas bagaimana menyelesaikan masalah yang komentar muncul di feedsnya. Soalnya saya juga nemu blog yg mengalami masalah serupa.

        Selamat datang kembali mas Gara.

        Suka

    4. betul shiq, kalau aku sih nggak sanggup cari teman baru terus, tiap bulan kubatasi sampai merasa cukup kenal dulu dengan blognya
      alhamdulillah sih masih banyak teman yang kukenal sejak awal ngeblog yang masi terus setia saling berkunjung,

      Suka

    5. Loyalitas pengunjung memang harus sangat diperhatikan ya mbak, kalo saya sekarang berusaha buat nulis di blog setiap hari, dan juga pembagian waktu apa yang harus dilakukan agar blog terlihat menarik untuk dilihat dan dikunjungi..
      Makasih banyak mbak infonya..
      Salam kenal..

      Suka

    6. Tips yang mantap, tinggal kita mau jeli apa enggak untuk menerapkan semuanya. Saya nih masih susah memilih jam mau diposting jam berapa, jadinya malah seselesei nulis, edit trus langsung posting, kebiasaan yang perlu diperbaiki. Ya gak mas?

      Suka

    7. Ping-balik: Tanda Disukai Pembaca

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s