Hari ke-31 : Tantangan Sesungguhnya Baru Dimulai

Tantangan menulis belum selesaiSumber gambar : involvio.com

Akhirnya tantangan Jeff Goins tiba di bagian akhir. Itu berarti saya telah berhasil menulis setiap hari selama 62 hari. Dan itu sangat luar biasa karena saya mampu melakukannya dengan baik.

Ada tiga pelajaran berharga setelah saya mengikuti tantangan :

  1. Menulis Itu Bebas – Di dalam tantangan ini banyak instruksi yang mudah. Ternyata penulis-penulis profesional tidak begitu peduli terhadap ide menulis. Mereka hanya mengetahui satu hal yang pasti : Tugas penulis adalah terus menulis.
  2. 500 Kata Setiap Hari – Jeff Goins merupakan penganut paham menulis setidaknya 500 kata setiap hari. Ini akan saya gunakan sebagai patokan menulis sampai tahun 2017 berakhir. Sepertinya saya begitu menyukai paham ini.
  3. Rasa Frustasi – Menulis setiap hari selama 62 hari membuat saya beberapa kali frustasi. Tapi sepertinya sekarang tidak masalah. Saya bisa meng-handle hambatan-hambatan menulis yang mungkin datang menyerang. Saya penulis yang lebih baik setelah menyelesaikan tantangan Jeff Goins.

Dan saya ingin mencari tantangan menulis lainnya untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman menulis mengenai berbagai topik. Semoga di bulan April saya menemukan tantangan menulis lain yang menarik untuk dikerjakan.

Bagian Terbaik dari Tantangan Menulis

Sebagai penulis amatiran, rasanya seperti mimpi mendapatkan beberapa petunjuk untuk menjadi penulis yang lebih baik dari para profesional. Terutama di hari ke-4 yang membahas mengenai teknik menulis bebas.

Sebenarnya saya tidak menyangka bahwa penulis profesional juga menggunakan teknik menulis bebas. Setelah mendapat instruksi untuk menulis menggunakan teknik itu, saya mencari beberapa referensi dan seperti menemukan harta karun, teknik menulis bebas bekerja dengan sangat baik bagi saya.

Bahkan saya membuat kategori di blog ini, yakni menulis bebas. Sekadar untuk mengarsipkan semua latihan yang saya lakukan untuk meningkatkan skill menulis saya. Lagipula tidak ada aturan apapun untuk menggunakan teknik menulis bebas. Yang jelas saya ingin menguasainya secepat mungkin.

Tantangan Sesungguhnya Belum Selesai

Tantangan ini sebenarnya sudah resmi berakhir ketika saya telah menulis postingan terakhir ini. Namun ada tantangan lain yang harus saya selesaikan untuk menyempurnakan apa yang dikatakan Jeff Goins : Menulis Sebuah Buku.

Hari ke-23 adalah hari di mana semuanya dimulai. Saya disuruh menulis bagian akhir sebuah buku. Dan saya melaksanakannya dengan baik. Hanya saja rasanya kurang afdal jika saya tidak benar-benar menyelesaikan apa yang saya tuliskan di hari ke-23.

Saya ingin menyusun sebuah buku berdasarkan bagian akhir yang telah saya publikasikan. Bukan buku berbayar, melainkan gratisan saja mengingat saya belum punya kompetensi untuk menyusun sebuah buku berbayar.

Buku yang akan saya tulis nanti akan saya beri judul : Panduan Idiot untuk Bloger Pemula. Karena itu merupakan topik yang mudah mengingat saya sudah membaca artikel-artikel blogging selama 2 tahun terakhir dan aktif menulis pengetahuan tersebut di Shiq4, saya berharap saya mampu menyelesaikannya dalam beberapa minggu saja.

Jangan heran, mayoritas isi buku merupakan postingan-postingan lama yang telah terkubur. Tugas saya hanya sedikit melakukan editing agar isi tulisan masih relevan dengan kondisi yang sekarang. Begitu saja dan saya optimis project menulis ini akan berjalan dengan lancar.

Buku ini saya persembahkan untuk calon-calon bloger yang bingung mengenai konsep membangun blog. Saya tahu dengan benar rasa itu. Meskipun di internet banyak informasi mengenai tips-tips ngeblog, tetapi sulit dipelajari secara otodidak karena tidak terstruktur dan tersusun rapi.

Itulah mengapa saya menyusun buku ini. Agar dapat membantu orang-orang yang tertarik ngeblog dan kemudian mengembangkan blog yang mereka kelola menjadi lebih baik lagi.

Apakah Anda juga ingin menyusun sebuah buku? Bagaimana Anda melakukannya? Bagikan di kotak komentar.

8 tanggapan untuk “Hari ke-31 : Tantangan Sesungguhnya Baru Dimulai

  1. Great job! Selamat mas Shiq4. Anda berhasil.

    Ditunggu aja ebook nya, smga bisa cpt klar. Btul skli, smnjak saya knal blog2 Anda sya merasa trbantu dg tips2 mnulis Anda, berlimpah tipsnya. Tapi saran aja sih, smga di buku Panduan Idiot bagi Bloger Pemula nantinya, bisa disusun lebih sistematis sehingga kita lbh gampang menyerap ilmunya, maksudnya mna yg mesti dibca duluan dan mna yg kemudian…

    BRAVO mas. Lnjutkan karya Anda

    Suka

    1. Iya mas desfortin. Itu saya rangkum biar sistematis. Tugas saya cuma mengedit sedikit2 saja. Terinspirasi dari ebooknya copyblogger yg mengambil dari postingan-postingan lamanya. 🙂

      Suka

  2. Selamat juga ya mas Shiq4 atas keberhasilan anda menyelesaikan tantangan Jeff Goins. Saya juga menunggu Ebook yang akan anda susun, apalagi mau dibagi secara gratis.
    Jadi tidak sabar menunggunya he..he..he..
    Sekali lagi Selamat!

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

