7 Tanda Blog Anda Disukai Pembaca/Pengunjung

Tanda blog disukai pembaca​Sumber gambar : theodysseyonline.com

Bagian paling menyenangkan dari ngeblog adalah ketika kita mampu menulis dengan baik dan dibaca oleh pengunjung.

Tapi itu hanya permulaan saja. Akan ada masa di mana kita, sebagai bloger, ingin mendapatkan apresiasi lebih dan ingin lebih dicintai oleh pembaca.

Bloger menghabiskan banyak waktu dan pikiran untuk memuaskan pembaca.

Karena jika hal tersebut benar-benar terjadi dan kita lakukan, maka kita semakin dekat dengan popularitas dan kesuksesan.

Bingung apakah pembaca menyukai blog Anda atau tidak?

Berikut adalah tanda bahwa Anda berada di jalur yang tepat dan blog yang Anda kembangkan disukai pembaca :

1. Banyak Komentar Positif

Tanda pertama yang paling mudah dilihat adalah komentar-komentar positif yang masuk di setiap postingan.

Jika mayoritas komentar yang masuk berupa pujian dan apresiasi, atau ucapan terima kasih, maka Anda boleh berbangga hati karena sepertinya pembaca menyukai blog Anda.

Tanpa konsistensi menerbitkan konten bermanfaat, mustahil pembaca memberi banyak komentar positif. Jadi, pertahankan kinerja Anda dan jangan lupa merespons komentar-komentar yang masuk.

2. Jumlah Pengunjung

Tanda kedua adalah terjadinya peningkatan pengunjung secara terus menerus dan stabil. Artinya tidak terjadi perbedaan besar antara jumlah pengunjung bulan ini dibanding dengan bulan lalu atau dua bulan lalu.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya return visitor, pengunjung yang datang lagi setelah kunjungan pertama, sehingga otomatis jumlah pengunjung semakin banyak.

Banyak faktor yang mempengaruhi return visitor, namun secara garis besar bisa disimpulkan bahwa loyalitas pengunjung mulai terbentuk. Mereka menyukai blog Anda dan akan terus berkunjung di masa depan.

Jika Anda ingin meningkatkan loyalitas pengunjung agar statistik blog menjadi lebih baik di bulan-bulan mendatang, maka Anda bisa membaca “8 Cara Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Blog“.

3. Dapat Email dari Pembaca

Kalau belum pernah mendapatkan email dari pembaca, maka itu merupakan pertanda bahwa blog Anda tidak cukup bagus. Sebaliknya, semakin banyak email dari pembaca yang Anda terima, Anda bisa menyimpulkan bahwa banyak orang menyukai blog Anda.

Mereka percaya dengan apa yang Anda sampaikan dan mereka menganggap Anda orang yang tepat untuk bertanya.

Balas semua email masuk dengan baik, dan personal brand Anda akan semakin bersinar.

4. Jumlah Pengikut Blog

Pengikut adalah jumlah subscriber, pengikut blog, dan mereka yang mengikuti Anda di sosial media.

Orang-Orang tersebut secara terang-terangan menjadi pengikut Anda karena mereka sudah mengakui kemampuan Anda dalam menyajikan informasi. Mereka tidak ingin ketinggalan satu berita pun yang diterbitkan di blog Anda.

Semakin banyak pengikut, tandanya blog Anda semakin berkualitas dan disukai pembacanya. Jadi, Tingkatkan terus pengikut Anda.

5. Time On Site

Time on site adalah seberapa lama rata-rata pengunjung menghabiskan waktu untuk membaca konten-konten Anda. Semakin tinggi time on site, itu berarti pembaca betah berlama-lama di blog Anda.

Oleh karena itu, terus konsisten dan tingkatkan kualitas konten Anda sehingga pembaca punya banyak pilihan konten untuk dibaca dan dinikmati.

6. Direkomendasikan dan Dapat Backlink

Backlink adalah apresiasi tertinggi yang bisa didapatkan oleh bloger. Karena Orang tidak akan merekomendasikan tulisan jika kualitasnya tidak benar-benar bagus.

Apalagi jika blog Anda sering diulas oleh bloger lain, itu pertanda bahwa blog Anda sudah menjadi magnet tersendiri di mata pembaca.

Jika begitu banyak backlink dan ulasan mengenai blog Anda, selain membuat blog cepat populer, hal tersebut juga akan membuat Anda terlihat keren di mata pembaca Anda.

Mereka akan semakin loyal dan mencintai blog Anda baik di masa sekarang maupun di masa mendatang.

7. Jumlah Like dan Share

Dan tanda terakhir adalah jumlah like dan share dari pembaca.

Tombil like biasa digunakan pembaca pasif untuk memberitahu pemilik blog bahwa mereka telah membaca postingan blog. Terlepas apakah mereka berkomentar atau tidak.

Sedangkan tombol share ditekan karena pembaca merasa tulisan kita berguna dan mereka berharap teman-teman dan keluarga juga mendapatkan manfaat dari tulisan kita.

Idealnya, jumlah like dan share yang tinggi merupakan jaminan bahwa pembaca menyukai blog kita.

Apakah blog Anda termasuk disukai pembaca? Tanda apa yang belum Anda miliki? Bagikan di kotak komentar.

58 tanggapan untuk “7 Tanda Blog Anda Disukai Pembaca/Pengunjung

  1. Sejauh ini blm pernah dpt email dan backlink krn memang msh baru, kedepannya sih minimal pengen banyak kunjungan dan pengikut πŸ˜„ gan, ijin backlink dari blog Shiq4 ya utk post berikutnya πŸ™‚
    O ya, ngomong2 saya kok blm lihat update-nya lea dan kucing ya? Saya menantikan cerita ini lho, sudah dipublikasikan blm ya?

    Suka

    1. Nunggu laptop baru. Soalnya klo nulis cerita saya tuh lama mikirnya. Jadi cerita lea dan kucing ditunda dulu.

      Iya nanti saya review deh cerita stillnya biar ada backlinknya kalau udah selesai. Saya suka sama gaya menulisnya :-D.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Sebenarnya saya juga pingin mbak kunu posting curhat gitu kayak bloger lain, cuma bingung sendiri mau curhat apaan dan bagaimana menulisnya πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  2. Haha dapat email dari pembaca. Itu mesti blogger nya seleb. Barangkali dia nge fans sama bloggernya, bukan tulisannya πŸ˜›

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ha ha ha….. Banyak kok cerita2 dari bloger yang dapat email karena nanya2 soal postingan. Saya sudah pernah dapat pesan via halaman fans page dan berhubungan dengan pembaca via email.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Aku mah ga nuntut banyak dari para reader.. asal ada yang baca dan ngelike artikel ku udah lebih dari cukup.. syukur2 ada yang ngirimin duit.. πŸ˜‚πŸ˜‚

    Disukai oleh 1 orang

  4. Blog saya kayaknya belum masuk kategori ini.
    Tapi ada beberapa artikel yang cukup disukai. Soalnya jumlah pengunjung dan share-nya lumayan.
    Padahal dulu satu-satunya orang yang nge-share postingan di blog saya adalah saya sendiri. πŸ˜…

    Suka

      1. Sejujurnya hampir semua artikelnya mas Shiq4 layak dapet share banyak sih.

        Saya sendiri udah seneng banget kalau dapet banyak kunjungan dari mesin pencari, apalagi sampai di-share, walaupun cuma sedikit.

        Suka

  5. Blog saya masih ndak ada apa-apanya πŸ˜‚
    Tulisan saya kalau dilike sama dibaca apalagi dikomentarin sama kak Shiq aja udah senang pakai banget πŸ˜†

    Suka

    1. Kalau dapat like bisa nambah follower za. Saya malah pingin kayak blog yang lain yg nulis hal remeh2 gitu, cuma beberan bingubg sendiri bagaimana memulainya πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

      1. Hehe. Bener bang. Kalau aku sendiri sebenarnya nulis kebanyakan tuh buat meluapkan. Soalnya gak tahu mau ngomong ke siapa. πŸ˜‚

        Suka

        1. Gratis kok. Bisaxlangsung masukin di webnya alexa. Klo webmaster tools gak bisa digunakan dengan wordpress.com. Kecuali yang paket bisnis.

          Suka

  6. Pernah beberapa kali dapet email, tapi jarang sih. Yaa inginnya tiap hari lah dapet email yang ngajakin kerjasama atau gak komen perihal blog hahaha, ini mah email kebanyakan notifikasi tulisan baru temen2 blog wkwkwk

    Suka

    1. Klo dapat kerja sama saya belum pernah mbak fasya. Nggak tahu kenapa. Mungkin karena blog saya bertema blog, jadi sulit dapat kerja sama.

      Klo notifikasi di wordpress bisa diatur supaya gak dapat notif di emailnya.

      Suka

      1. Semoga nanti ada maaas hehehe.

        Wah aku baru tau settingan wp yang notif gak masuk email hahaha ini lagi dicoba. Senang sekali ada settingan ini. Eh, aku yang baru tau atau apa baru ada sih mas? Hahahahaha

        Suka

        1. Sudah lama ada mbak fasya. Cuma karena email yg saya gunakan untuk wordpress adalah email ytama, jadi risih kalau ada notifikasinya. Terlalu banyak. Syukurlah notifikasinya bisa diatur di pengaturan.

          Suka

        1. Itu berarti satu orang rata2 di blognya mas desfortin selama 2 menit 15 detik. Terjadi peningkatan 70% dari dibanding bulan sebelumnya :-D. Pesat mas desfortin perkembangannya.

          Suka

  7. Yg nomer 3, cuma notifikasi ttg rilis blog dan komen aja, πŸ˜‚πŸ˜‚

    Oya mas, gara2 kpncet blokir kmrin itu, kayaknya blm pulih dech, soalnya sya msti klik ikuti lg pd rilis trbru Anda dan bru muncul di wp reader sya, knp ya?

    Suka

Komentar ditutup.