Saya Mulai Belajar Copywriting

Belajar Copywriting

Sumber gambar : www.freelance-independant.com

Saya mendengar istilah copywriting sejak beberapa bulan lalu. Bahkan saya pernah mempublikasikan konten yang dibuat dengan teknik ini “ 13 Tips SEO yang mudah diaplikasikan bloger pemula”.

Tapi saya sebenarnya masih dalam tahap belajar. Saya membaca beberapa sumber dan berakhir dengan kebingungan. Copywriting terlihat mudah, namun benar-benar sulit menerapkannya dalam setiap postingan.

Mengapa bloger harus belajar copywriting? Menurut saya, tulisan dari Martyn Chamberlin ada benarnya juga:

Saat Anda ngeblog, Anda menginginkan sebuah respons dari pembaca Anda. Anda ingin mereka berkomentar, tweet sebuah link, atau “Me-like” Anda di facebook. Mungkin juga Anda ingin supaya mereka mengklik sebuah link atau membeli e-book Anda.

Dan jawaban dari semua itu adalah copywriting. Jika Anda bloger, maka Anda juga copywriter. Kecuali jika Anda ngeblog dengan kunci privasi yang dinyalakan, Anda tidak termasuk copywriter.

Apa Itu Copywriting?

Jika kita mencari definisi dari sesuatu, maka wikipedia selalu bisa diandalkan :

Copywriting adalah konten tertulis yang disampaikan melalui media online dan materi cetak. Copy adalah konten yang digunakan untuk tujuan periklanan dan pemasaran. Jenis materi tertulis ini sering digunakan untuk membujuk seseorang atau kelompok serta meningkatkan kesadaran akan merek. Tujuan utama copy adalah agar pembaca mengambil tindakan tertentu. Tujuan dari copywriter adalah menciptakan konten yang luar biasa, yang bernilai bagi pembaca sehingga mereka mau melakukan tindakan yang direkomendasikan.

Banyak orang mengatakan bahwa copywriting selalu identik dengan iklan dan pemasaran. Namun dewasa ini, beberapa bloger menggunakan copywriting dalam postingan mereka dengan tujuan agar pembaca mau menjadi subscriber, mendownload produk trial, maupun menjadi penulis tamu.

Dan masih banyak lagi potensi dari copywriting yang bisa digunakan dalam pengembangan blog.

Dimana Tempat Belajar Copywriting?

Saya ingin mulai semuanya dari halaman writtent “29 Killer Resources learn copywriting” karena kita akan diarahkan menuju blog-blog populer yang membahas copywriting. Tentu saya tidak menghabiskan waktu seharian untuk mempelajari semuanya. Dalam belajar sesuatu, saya selalu melakukannya seperti istilah “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.

Menulis Kembali adalah Cara Belajar Terbaik

Setiap kali saya mempelajari ilmu pengetahuan baru, setiap itu pula saya akan membuat kategori baru di blog ini. Ini merupakan metode belajar yang paling efektif bagi saya. Setelah saya membaca sebuah materi, kemudian biasanya saya langsung mempraktikkannya. Agar saya tidak lupa dengan pelajarannya, maka saya biasanya menulis ulang (seperti mencatat) materi-materi yang telah saya baca tersebut.

Selain menulis ulang materi, dalam belajar biasanya saya akan mencari beberapa sumber yang membahas topik sejenis, kemudian mengambil kesimpulan termudah dan menuliskannya menjadi materi baru sesuai dengan pemahaman saya.

Dengan demikian, konten blog ini akan terus bertambah seiring dengan ilmu pengetahuan yang saya peroleh berdasarkan pengalaman pribadi, namun tetap sesuai dengan teori yang ada.

Harapan Saya di Masa Depan

Saya tidak terlalu berambisi menjadi bloger hebat atau copywriter terkenal di masa depan. Saya hanya membenci diri sendiri ketika saya membaca sesuatu, namun saya tidak mengetahui apa yang dibicarakan dalam konten atau buku tersebut.

Dalam dunia blog begitu banyak ilmu pengetahuan yang saling terkait satu sama lain. Copywriting hanyalah salah satunya saja. Setiap kali ada konten yang mambahas copywriting, saya selalu saja berakhir dengan kebingungan. Sebenarnya apa yang ingin dikatakan oleh penulis?

Dan itu tidak bisa dibiarkan. Lagipula saya harus belajar copywriting agar blog ini semakin berkembang di masa depan. Agar saya punya lebih banyak pilihan dalam menyajikan konten. Setidaknya saya bisa memanjakan diri dengan menikmati karya-karya saya sendiri.

Dan saya mungkin mempelajarinya (menulis tentang copywriting) sebulan sekali. Atau hanya ketika mood saya sedang bagus. Jadi, saya akan terus menerbitkan konten-konten dengan topik copywriting di masa depan.

Harapan saya hanya satu, ingin memahami copywriting dengan baik dan ikut terlibat dalam diskusi dengan bloger lainnya. Lalu, apa yang Anda lakukan untuk menjadi bloger yang lebih baik dari sekarang?

Iklan

68 tanggapan untuk “Saya Mulai Belajar Copywriting

  1. Berarti copywriting itu semacam persuasi begitu ya. Cuma dominan dipakai untuk produk-produk, betul tidak sih Mas? Sama nih, saya juga sering dengar istilah itu tapi belum banyak mendalaminya, haha.
    Buat jadi bloger yang lebih baik, ya? Hm… saya memperbanyak membaca terus memperbanyak menulis di topik-topik yang saya geluti. Terus memperbanyak bertanya kalau ketemu sesuatu yang baru, supaya mendapat pemahaman yang lengkap dan utuh. Soalnya kadang-kadang kalau tidak teliti pasti ada yang tertinggal, hehe.

    Suka

    1. Iya mas gara. Paling sering digunakan untuk mengajak menggunakan produk tertentu tapi tidak secara terang2an. Lebih bersifat persuasif.

      Klomas gara mending tetap fokus di sejarah dam sekitarnya saja deh. Soalnya saya belum pernah ngwliat blog dengan tema tersebut sehingga peluang menjadi pemimpin pasar terbuka lebar.

      Suka

  2. Lalu, apa yang Anda lakukan untuk menjadi bloger yang lebih baik dari sekarang?

    Untuk saat ini mungkin harus lebih rajin menulis artikel… 😌

    Suka

  3. Mas Shiq4, mksudnya copywriting itu kan kata2 sprti “apapun makanannya, minumnya teh botol s***o” gitu ya mas?

    Trs kl copywriting di dunia blog brrt qt mnciptakan kata2 yg unik, lain drpd yg lain yg catchy jd blog qt itu bs dikenal dan mudah diinget supaya pmbaca tmbah sng nongkrong di blog qt, gtu bukan ya mas? 😁

    Suka

  4. Bukan. Bukan seperti itu. Mungkin itu disebut tagline. Dan memang bagian dari copywriting, tapi umumnya dibahas di ilmu branding. Contoh copywriting seperti di billboard seperti khusus bulan ini diskon 50%.

    Klo didalam dunia blog kita membangkitkan keinginan pengunjung untuk melakukan tindakan yg diinginkan penulis seperti berkomentar, menjadi follower, membeli produk kita dsb.

    Contohnya kalimat sederhana “Saya akan menerbitkan seri menjadi bloger sukses di masa depan. Jika ansa tidak ingin ketinggalan, jangan ragu untuk follow blog ini sekarang juga.”

    Disukai oleh 2 orang

  5. Aku baru tau coppywritting dari sini, kirain aku copywritting itu semacam ngopi tulisan atau karya orang lain, sejenis copycat atau copy paste, taunya itu doang hahahah.. tapi over all infonya bermanfaat, yang ga tau jadi tau 😉😉

    Suka

  6. Saya juga sering denger copywriter tapi tak sepenuhnya paham. Malah menurut saya sendiri copywriter itu sejenis tulisan yang mengutip beberapa sumber atau gagasan2 lain. Eh ternyata salah. Haha
    Saya juga kepikiran kalo tiap buku yang saya baca ingin membuat semacam review atau sejenisnya, ya biar saya senatiasa mengingat apa yang saya baca. Apalagi kita hanya manusia tak luput dari lupa.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s