Mengapa Perusahaan Anda Sebaiknya Memiliki Blog?

Ini era informasi. Orang-Orang di jaman sekarang sudah terbiasa dimanjakan oleh berbagai informasi. Ingin tahu kegiatan artis favorit? Tinggal follow akun twitternya. Ingin mencari buku-buku terbaru? Tinggal klik dan pesan secara online. Ingin melihat perspektif lain tentang suatu kejadian? Tinggal membaca blog-blog pribadi. Intinya, semua informasi telah ditata sedemikian mudah untuk diakses oleh setiap orang.

Begitu pula bagi sebuah perusahaan yang ingin berkembang, tentu saja sebaiknya mulai ikut meramaikan perang informasi. Jika Anda tidak segera memulainya, maka Anda akan tertinggal satu langkah di belakang pesaing Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk membangun blog perusahaan Anda.

Saya memiliki beberapa alasan mengapa saya merekomendasikan Anda untuk segera membangun blog bisnis. Anda bisa membacanya dibawah ini dan “mungkin” memikirkan langkah terbaik untuk mulai merencanakan dan segera bertindak:

1. Perusahaan Anda akan Terlihat Keren

Saya merupakan pengguna internet yang aktif. Setiap kali saya akan membeli sesuatu, saya selalu mencari informasi di internet terlebih dahulu tentang produk yang saya inginkan. Hal yang sama mungkin dilakukan oleh sebagian besar orang di masa informasi seperti saat ini.

Apa jadinya jika ada pelanggan yang mencari informasi tentang produk Anda di internet dan tidak menemukan halaman yang sesuai?

Mungkin mereka akan tersesat di website pesaing Anda dan mulai tertarik dengan penawaran yang sedang dipromosikan. Selain itu, perusahaan Anda akan dianggap tidak keren karena di zaman teknologi seperti saat ini belum membuat blog. Itu hal buruk bagi pencintraan perusahaan Anda.

Terlihat keren didepan pelanggan adalah keharusan jika Anda ingin mempertahankan pelanggan. Dan itu hanya terjadi jika Anda mengikuti perkembangan teknologi, seperti membuat blog dan menyajikan informasi yang berguna bagi pelanggan Anda.

2. Membangun Komunitas dan Memelihara Hubungan Baik dengan Para Pelanggan

Blog perusahaan yang dikelola dengan baik akan membentuk komunitas. Komunitas ini terdiri dari orang-orang yang menggunakan produk Anda dan orang-orang yang sekedar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Saat komunitas telah terbentuk, Anda bisa melakukan hal-hal berguna seperti dibawah ini:

1. Menjawab FAQ

Sebaik apapun produk Anda atau bagaimana pun Anda mencoba mengedukasi pengguna produk Anda untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari produk Anda, akan selalu ada pengguna yang mengeluh ini dan itu tentang produk Anda.

Daripada menjawab satu per satu pertanyaan (pasti menghabiskan banyak waktu dan terasa membosankan), Anda dapat mempublikasikan halaman yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan kepada perusahaan Anda. Anggota komunitas blog Anda akan melihat halaman FAQ ketika mereka mendapat masalah yang berhubungan dengan produk. Bahkan, jika semua berjalan sesuai rencana, orang-orang akan menyebarkan link FAQ saat teman atau keluarga menanyakan hal-hal yang ada di FAQ.

2. Melakukan Survey dengan Polling

Komunitas kecil yang terbentuk di blog perusahaan bisa dijadikan acuan tentang seberapa puas pelanggan dengan produk yang Anda tawarkan. Sesekali Anda bisa menjalankan survey dengan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kebutuhan tim pengembangkan produk.

Lebih dari itu, kenyataannya adalah data-data yang didapat dari komunitas biasanya cukup akurat untuk menentukan langkah perusahaan di masa depan. Jadi, blog perusahaan bisa dijadikan sebagai sumber pengambilan data.

Saran saya, jangan terlalu sering melakukan survey. Komunitas yang terbentuk bisa rusak jika Anda terlalu sering melakukan polling. Lakukan hal ini tiap 3 bulan atau 4 bulan sekali saja. Selain itu, pastikan Anda mengupdate blog perusahaan secara berkala agar komunitas ini tetap tumbuh dan berkembang. Orang tidak akan berkunjung untuk membaca artikel-artikel lama, apakah Anda mengerti maksud saya?

3. Berikan Hadiah untuk Pelanggan Lama

Salah satu cara untuk membuat pelanggan Anda senang adalah dengan memberi penghargaan atas loyalitas mereka menggunakan produk Anda. Buatlah event-event kecil dengan hadiah yang menarik sehingga komunitas yang terdiri dari para pelanggan merasa nyaman dan tidak menghiraukan produk saingan Anda.

Cara ini juga bisa memancing orang yang belum memakai produk Anda tertarik dengan penawaran yang Anda lakukan. Mereka mungkin akan mencoba menggunakan produk Anda dan berpartisipasi ke dalam event yang Anda selengarakan.

3. Menjadi Blog Otoritas dan Menguasai Pasar Informasi yang Berkaitan dengan Produk Anda

Sebenarnya strategi ini masih kurang populer di indonesia. Kebanyakan perusahaan mungkin masih belum mau menginvestasikan uang mereka untuk membangun brand mereka di internet. Itu berarti kesempatan Anda masih terbuka lebar untuk menguasai pasar yang berhubungan dengan produk Anda.

Update blog Anda dengan konten-konten berkualitas. Jika konten Anda cukup menarik, maka orang-orang akan mulai menyebarkannya melalui sosial media. Juga berkomentar di blog perusahaan Anda. Tujuan jangka panjangnya adalah menjadi blog otoritas sehingga blog perusahaan Anda menjadi rujukan bagi orang-orang yang mencari informasi berkaitan dengan industri yang Anda kelola.

Tapi hal ini tidak mudah. Setidaknya dibutuhkan waktu 2 tahun untuk membangun blog otoritas. Tapi jika Anda mampu membayar banyak penulis, sepertinya hal ini bisa terwujud dalam waktu kurang dari 12 bulan. Anda bisa membaca “seberapa sering sebaiknya update blog” untuk menentukan pilihan blog seperti apa yang ingin Anda kembangkan.

4.Meningkatkan SEO

Blog perusahaan yang mengupdate konten secara teratur lebih disukai Google. Itu artinya visibilitas perusahaan Anda akan semakin baik di halaman hasil pencarian. Dan itu akan membuat blog perusahaan Anda mendapat banyak traffik. Sesuatu yang bagus dalam pemasaran online.

Lebih banyak pengunjung berarti kesempatan orang untuk menggunakan produk Anda semakin besar. Jika Anda bisa meyakinkan pelanggan melalui konten Anda, mereka tidak akan ragu untuk menggunakan produk Anda.

Hanya satu hal yang perlu Anda lakukan, perbanyak konten Anda. Setiap kali Anda mempublikasikan satu postingan, bot Google akan mengunjungi blog Anda untuk mengindeks postingan tersebut. Semakin banyak konten yang terindeks, semakin besar kesempatan Anda untuk mendominasi mesin pencari.

5. Membangun Jaringan

Dunia internet tidak jauh berbeda dengan pemasaran offline. Orang yang memiliki jaringan yang luas akan lebih mudah untuk menjual produk mereka. Blog perusahaan akan membantu Anda berhubungan dengan banyak blogger sehingga jaringan Anda bisa lebih luas lagi.

Semakin banyak orang yang menulis tentang produk Anda di blog mereka, semakin besar kemungkinan orang yang membacanya untuk menjadi pelanggan Anda.

 

6.Meningkatkan Brand Produk Anda

Saya sedikit pesimis dengan yang satu ini. Saya sudah membaca banyak informasi tentang membangun brand produk di internet, tapi sampai sejauh ini hal tersebut terlalu sulit untuk dilakukan. Hanya orang-orang dengan kecerdasan tertentu yang mampu menjalankan yang satu ini.

Secara teori, brand produk bisa terbentuk jika pelanggan Anda memberikan feedback atau komentar positif tentang produk Anda. Tapi yang saya ketahui, orang-orang di internet terlalu sibuk untuk sekedar mengulas produk-produk yang mereka gunakan.

Tapi bukan berarti membangun brand produk ini tidak bisa dilakukan. Ada dua cara yang efektif :

1. Menjadi Penulis Tamu

Carilah blog-blog terkenal yang masih berhubungan dengan produk Anda atau industri yang Anda kelola. Hubungi pemilikinya dan katakan bahwa Anda tertarik menjadi penulis tamu di blog tersebut. Saat Anda telah mendapat persetujuan dari pemilik blog, Anda bisa membuat konten yang bagus dan mempublikasikannya di blog orang lain. Sertakan juga link menuju blog Anda.

Menjadi penulis tamu dan mempromosikan produk Anda adalah cara tercepat membangun brand produk. Lakukan hal ini secara berkala sehingga orang akan mulai membicarakan produk Anda.

2.Membayar Blogger Untuk Menulis Review Produk Anda

Cara ini juga cara yang paling efektif untuk membangun brand produk. Tapi saya harus mengingatkan bahwa baik ketika Anda menjadi penulis tamu atau membayar orang untuk mereview produk Anda, tidak akan terjadi peningkatan penjualan yang signifikan. Kita hanya berusaha mempopulerkan produk kita saja.

Harga review setiap blogger sangat berbeda-beda. Biasanya harga disesuaikan dengan pengunjung harian blog tersebut. Jadi, Anda harus dengan jeli menentukan harga dan menegosiasikannya dengan blogger lain.

Apakah Anda punya alasan lain ketika membangun blog untuk perusahaan Anda? jangan ragu untuk berbagi di kotak komentar yang telah disediakan.

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

8 tanggapan untuk “Mengapa Perusahaan Anda Sebaiknya Memiliki Blog?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s