Mindset Salah yang Membuat Blog Anda Tidak Berkembang

Mindset yang salah

Sumber gambar : upenn.edu

Saya punya cerita yang menyedihkan. Ada blogger baru yang begitu antusias dan serius ingin membuat blognya terkenal. Impian semua blogger baru, saya dan Anda mungkin juga demikian. Dia menghabiskan berminggu-minggu untuk mempelajari trik-trik dari blogger professional. Dan ia mengaplikasikan semua ilmu ngeblog tersebut, berharap semua akan berjalan seperti yang ditulis di tutorial.

Tapi harapannya tidak pernah terjadi. Semua tutorial sudah ia lakukan sama persis seperti yang dituliskan, tapi tidak pernah terjadi keajaiban. Blognya stagnan, tidak berkembang sama sekali. Beberapa minggu kemudian, ia berasumsi bahwa ngeblog hanya membuang waktu saja. Sekeras apapun ia berusaha, blognya tidak kunjung populer. Ia menyerah dan membiarkan blognya terbengkalai begitu saja.

Apakah Anda tidak merasa asing dengan cerita di atas?

Karena saya sangat familiar dengan cerita semacam itu. Saya pernah mengalaminya. Bedanya saya tidak menyerah dan terus melakukan evaluasi untuk memahami mengapa semua trik para blogger profesional tidak bekerja sebagaimana mestinya. Itu yang akan kita bahas dalam postingan kali ini.    

Ngeblog Bukan Tentang Keberuntungan

Jauh di lubuk hati saya yang paling dalam, saya merasa blogger-blogger tertentu memliki keberuntungan besar sehingga blognya populer tanpa usaha apapun.

Saya pernah menjumpai blog yang selalu ramai komentar walaupun artikelnya biasa saja. Saya juga pernah menjumpai blog yang mendominasi mesin pencari dengan konten-konten yang menurut saya tidak termasuk berkualitas. Dan banyak lagi blog dengan PA dan DA yang bagus sekali. Padahal jika dilihat dari segi manapun, blognya sangat jelek.

Pada awalnya hal semacam itu benar-benar mempengaruhi perasaan saya. Kecenderungannya merasa iri. “Andai saja blog saya bisa seberuntung seperti mereka.” Harapan dari seorang yang blogger baru seperti saya.

Namun setelah 16 bulan ngeblog dan membaca berbagai referensi, saya jadi ingin tertawa sendiri dengan pemikiran saya di masa lalu. Mereka yang memiliki blog bagus tidak pernah seberuntung itu. Mereka mempunyai ilmu untuk melakukan hal-hal tersebut. Jadi ngeblog bukan tentang keberuntungan, ini hanya masalah ilmu pengetahuan.

Jika Anda rajin membaca tips-tips ngeblog terbaik yang pernah dipublikasikan di internet, maka Anda akan punya ilmu pengetahuan tentang ngeblog. Masalahnya, bagaimana seandainya cerita tentang blogger baru di awal postingan ini menimpa Anda?

Anda punya ilmunya, tapi tidak pernah berhasil ketika diaplikasikan. Saya akan memberitahu Anda rahasianya. Semua tidak bekerja sebagaimana mestinya karena Anda memiliki mindset yang salah. Selama mindset Anda tetap salah, ilmu apapun tidak akan pernah membuat blog Anda berkembang seperti yang diharapkan.    
       
Jadi, mari kita hilangkan mindset salah yang membuat Anda kesulitan mengembangkan blog tanpa Anda sadari. Segera setelah Anda menghilangkannya, pasti blog Anda mengalami perubahan baik yang signifikan.

5 Mindset yang Salah

Mindset-mindset yang salah akan membuat Anda  buta. Anda tidak akan pernah menyadarinya karena semua terasa alami. Bedanya Anda tidak bisa membedakan mana tutorial yang bisa diaplikasikan di blog Anda dan mana yang tidak bisa diaplikasikan.

Anda hanya mencoba semua tutorial yang menurut Anda masuk akal. Sayangnya, sekeras apapun Anda berusaha, semua akan sia-sia jika Anda masih memiliki mindset-mindset yang salah berikut ini:

1. Anda Berpikir Bisa Menguasai Semua Ilmu Ngeblog yang Beredar di Internet Sekaligus

Kecuali Anda seorang jenius, berpikir bahwa Anda bisa mempelajari semua tutorial yang ada adalah ide paling konyol yang pernah saya dengar. Coba saja aplikasikan semuanya, baca semua referensi yang Anda butuhkan, pasti tidak akan berhasil.

Sama seperti halnya ketika mempelajari ilmu pengetahuan lainnya, Anda harus mampu memahami ilmu tersebut terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya. Artinya Anda butuh banyak waktu untuk memikirkan semua yang dituliskan dalam tutorial ngeblog tersebut. Itu juga berarti Anda tidak bisa menguasai semuanya dalam waktu singkat.

Jadi, pilihlah satu skill ngeblog yang ingin Anda kuasai dulu. Pelajari dan lakukan beberapa percobaan untuk membuktikan kebenaran tutorial yang ada. Jangan mencoba untuk mempelajari ilmu lainnya sebelum Anda menguasai skill yang Anda pilih di awal ketika memulai semuanya.

Contohnya, di tahun pertama ngeblog saya hanya mempelajari cara menulis yang bagus dan benar. Lalu di tahun kedua saya hanya fokus untuk menulis artikel SEO saja. Tidak lebih dari itu. Sampai saat ini saya masih tidak tahu apa-apa tentang membangun backlink, cara mendapatkan banyak komentar, internet marketing, email marketing, pemasaran via facebook, atau cara membangun brand blog agar lebih terkenal.

Mindset yang benar adalah kuasai satu per satu, jangan mempelajari semuanya sekaligus. Memang butuh waktu lama. Tapi jika Anda bisa sabar dalam mempelajari ilmu ngeblog yang Anda minati sampai tingkat menengah saja, maka suatu hari nanti blog Anda pasti berkembang dengan pesat. Tidak ada keraguan dalam hal itu.

2. Anda Berpikir Ngeblog Bisa Dilakukan Tanpa Rencana Apapun

Apakah Anda iri melihat blog orang lain punya banyak pengunjung, jumlah followernya ratusan, postingannya dipenuhi dengan komentar, jumlah sharenya menakjubkan, PA dan DA nya pun bagus bukan kepalang?

Lalu kemudian Anda mencoba membangun blog yang sama bagusnya. Hari-hari Anda dipenuhi dengan kerja keras, belajar dari satu tutorial satu ke tutorial lainnya. Anehnya, semua malah berantakan. Bukannya semakin baik, status blog Anda tidak menunjukkan perkembangan apapun.

Tidak ada yang salah dengan apa yang Anda lakukan. Kebanyakkan orang memang seperti itu. Masalahnya blogger-blogger populer melakukan semuanya dengan rencana yang jelas. Mereka membangun blognya sedikit demi sedikit dengan rencana yang matang. Tidak dengan cara instan.

Untuk mengembangkan blog, Anda pun harus mulai merencanakan semuanya dengan jelas. Tentukan target yang realitis dan fokus untuk menjalankan rencana yang Anda tetapkan.

Seberapa sering Anda menerbitkan artikel? Topik seperti apa yang bisa mendatangkan banyak pengunjung? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil? Kapan harus blogwalking? Berapa banyak artikel yang Anda terbitkan dalam seminggu? Dan pertanyaan lain semacam itu harus Anda jawab. Semakin spesifik rencana Anda, semakin besar peluang Anda untuk berhasil.

Penting : Agar target Anda tercapai, jangan sekali-kali malas untuk menjalankan rencana yang Anda buat sendiri. Percuma saja punya rencana yang bagus tapi tidak dijalankan.

3. Ngeblog Adalah Cara Mudah Mendapatkan Uang

Tidak ada yang salah jika Anda ngeblog untuk menghasilkan uang. Tapi jangan pernah berpikir bahwa semua itu mudah dilakukan karena akan berujung dengan kekecewaan. Jika Anda realistis, maka Anda harus mempercayai “Tidak pernah ada cara mudah untuk menghasilkan uang di dunia ini, termasuk ngeblog”.

Orang-orang yang punya mindset ini terlihat konyol bagi saya. Lihat saja di forum-forum, mereka sibuk mencari trik-trik mudah yang katanya bisa membuat mereka kaya dengan cepat bermodal blog abal-abal. Padahal seharusnya mereka fokus mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan untuk membangun blog yang sukses seperti copywriting, SEO, CRO, dan sebagiannya. Bukan sibuk mencari cara instan menghasilkan uang.

Agar Anda terbebas dari mindset semacam ini, tanamkan di pikiran Anda bahwa pekerjaan apapun butuh kerja keras untuk sukses. Itu adalah hukum alam yang selalu berlaku di dunia ini.

4.Ekspektasi Anda Berlebihan

Percaya diri boleh saja. Tapi menyadari keterbatasan diri sendiri adalah tindakan bijaksana.

Dalam ngeblog pun demikian. Mentang-mentang Anda sudah membaca tips-tips ngeblog dari blogger profesional kelas dunia, ekspektasi Anda terhadap diri sendiri menjadi tidak realistis.

Gejala mindset semacam ini biasanya adalah semangat yang berlebihan. Belum memahami satu tips sudah berlanjut membaca tips lainnya. Biasanya juga menjadi sering lupa waktu. Pikiran Anda begitu optimis dengan pengetahuan-pengetahuan baru yang Anda peroleh seolah Anda akan sukses dalam waktu dekat jika Anda mengaplikasikan semua ilmu baru Anda. Sayangnya, mindset semacam ini tidak diikuti dengan pikiran jernih sehingga Anda mulai lupa diri.

Anda mulai keterlaluan dengan diri sendiri. Anda terlalu fokus mengaplikasikan ilmu baru Anda sampai batas yang tidak bisa ditolerir. Anda sering begadang, IPK menurun, dan jarang bergaul dengan teman-teman seperti dulu. Menurut saya ini adalah benih-benih kesombongan terhadap diri sendiri. Dan kesombongan terdebut akan Anda bayar mahal suatu saat nanti.

Jujur saja, sekalipun Anda membaca tulisan kelas dunia, butuh waktu bertahun-tahun untuk memahaminya. Memang tulisannya terlihat sederhana, tapi dalam pengaplikasiannya tidaklah semudah ketika Anda membacanya. Sudah jadi keahlian para professional untuk menyederhanakan sesuatu yang rumit. Jadi, jangan berpikir tulisan sederhana tersebut bisa dengan mudah diaplikasikan dan mendapatkan hasil yang diluar batas kewajaran.

Saran saya, jika Anda mulai merasakan gejala-gejala semacam ini, bersikaplah rendah hati terhadap ilmu pengetahuan baru yang Anda peroleh. Karena jika Anda mulai sombong dengan ilmu baru Anda, sedikit saja kegagalan akan langsung membuat motivasi Anda jatuh begitu saja. Itu sesuatu yang tidak pernah diharapkan siapa pun.

5. Anda Tidak Bahagia dengan Aktivitas Ngeblog yang Anda Lakukan

Tahukah Anda apa nasihat para blogger sukses kelas dunia yang di sering dipublikasikan untuk blogger-blogger baru? Ngebloglah sesuai dengan minat dan bakat. Nasihat tersebut agar Anda memiliki semangat yang cukup dan bahagia dengan apa yang Anda lakukan.

Jika Anda bahagia, maka semua pasti berjalan dengan baik.

Tapi jarang ada yang menyadarinya. Sebagian orang menganggap ngeblog sebagai beban, yang jelas mereka tidak bahagia dengan aktivitas ngeblog yang mereka jalani. Untuk beberapa waktu mereka akan membohongi diri sendiri dengan berpikir postif bahwa ngeblog membawa banyak perubahan positif pada kehidupan mereka.

Namun itu tidak lama.

Paling-paling mereka akan berhenti pada tahun pertama. Paling lama mereka bisa bertahan sampai tahun kedua. Setelah itu mereka akan berhenti ngeblog.

Sekarang tanyakan kepada diri sendiri, apakah Anda bahagia dan tidak terbebani ketika ngeblog?

Jika Anda dengan jujur menjawab dan merasa tidak bahagia, eksplorasi pikiran diri sendiri mengapa Anda tidak bahagia dengan blog Anda? Segera setelah Anda merasa baikkan dan bahagia dengan blog Anda, mungkin Anda akan melihat keajaiban-keajaiban kecil dalam aktivitas ngeblog Anda.

Kesimpulan

Hampir kebanyakan blogger baru tidak pernah tahu mengapa mereka bisa gagal. Mereka tidak menyadari bahwa mindset mereka yang salah akan membuat mereka melakukan langkah-langkah yang salah pula.

Segera setelah Anda menghilangkan semua mindset salah diatas, blog Anda akan berkembang menjadi lebih baik di tahun-tahun yang akan datang. Juga akan memperoleh hasil yang maksimal seandainya Anda juga menerapkan kebiasaan-kebiasaan para blogger sukses.

Apakah Anda punya mindset salah diatas? Bagaimana Anda mengatasinya? Saya akan senang membaca komentar Anda.  
  

Iklan

11 tanggapan untuk “Mindset Salah yang Membuat Blog Anda Tidak Berkembang

  1. Hihi…aku mah nulis aja. Yang penting hepi sekaligus mgeluarin racun2 di dalam otak dan hati ini. Soal SEO dll nggak pernah dipikirin. Biarkan saja blog itu menemukan pembacanya sendiri.

    Disukai oleh 1 orang

  2. wuih, semua dijelaskan dengan gamblang.. 😀
    dulu sy sering blogwalking atau bahkan menjadi silent reader.. mungkin masih sampe sekarang :))
    iyaa, blogwalking adl salahsatu cara bangun pondasi ngeblog.. 😀

    Suka

  3. Benar sekali, tidak ada yang instan didunia ini, bahkan mie instan sekalipun butuh waktu buat memasaknya.
    Buatku, justru menulis itu adalah salah satu terapi dan membuat bahagia. Terapi untuk menyampaikan apa yang ada dikepala dalam bentuk tulisan, terapi untuk mengontrol emosi ga berlebihan bahagia atau berlebihan sedih. Jadi menulis itu salah satu cara untuk tetap “menjejak” bumi dan setelahnya jadi gembira. Nikmati saja proses menulisnya, yang lain2 akan mengikuti.

    Suka

  4. Pernah sih ngerasa blog yang keliatannya biasa saja kok banyak pengunjung dan ramai komen ya? Tapi lama-lama daripada mikirin rumah orang, mending nikmati rumah sendiri. Yang penting nulis, apa yang ada di hati dan pikiran tersampaikan. Alhamdulilah kalo jadi tambah teman dari blog.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s