10 Tips Ngeblog Terbaik untuk Pemula (2)

Apa yang biasa dicari blogger pemula? Tips-tips ngeblog yang bisa membuat sukses? Banyak artikel yang membahas tentang tips-tips ngeblog bertebaran di internet. Tapi hanya sedikit yang benar-benar memberikan dampak besar bagi pembacanya.

Agar Anda tidak bingung menentukan tips ngeblog yang terbaik, saya telah berusaha menyusun tips-tips ngeblog tersebut agar Anda mudah mengaplikasikannya dan menjadi blogger sukses seperti apa yang Anda harapkan.

Berikut 10 tips ngeblog untuk pemula agar menjadi blogger sukses:

1. Menulis untuk Diri Sendiri Dulu

Apa yang saya pahami ketika menulis adalah fakta bahwa kita lebih bebas untuk bercerita jika menulis untuk diri sendiri.

Bukannya meremehkan kemampuan Anda dalam menulis, tapi kebanyakan blogger pemula yang saya temui memiliki kualitas menulis yang begitu buruk. Mereka menulis dengan tidak fokus, ngalor ngidul tanpa tujuan yang jelas.

Lebih baik jangan menulis untuk orang lain dulu. Fokuslah menulis untuk diri sendiri. Cobalah menulis dengan cara sesederhana mungkin.

Pengalaman saya pribadi, saya lebih produktif jika saya menulis untuk kepentingan diri sendiri.

Tips ngeblog: menulis untuk diri sendiri merupakan tantangan termudah selama menjadi blogger. Untuk mengetahui seberapa hebat Anda dalam menulis, cobalah untuk menulis satu artikel setiap hari selama 60 hari.

2. Belajarlah SEO

Blogger mana yang tidak kenal SEO?

“Tanpa diberitahu pun saya akan belajar SEO!” pikir Anda dalam hati.

Benarkah demikian? Terus terang, saya juga tipe blogger yang kurang suka dengan SEO. Alasanya, terkadang artikel yang bagus tanpa SEO tidak keluar di halaman pertama google sehingga saya tidak bisa mengaksesnya.

Google memang kejam. Itulah fakta yang tidak bisa kita ubah sebagai manusia.

Hal ini sedikit banyak membuat saya “terkadang” membenci SEO. Bagaimana mungkin artikel yang bagus “hanya” berada di halaman kedua atau ketiga. Bagamana jika hal serupa menimpa Anda? Anda telah bekerja sedemikian keras sehingga mampu membuat konten berkualitas. Tapi tanpa SEO yang baik, bagaimana Anda bisa bersaing untuk tampil di halaman pertama google?

Tips Ngeblog: Tidak semua halaman harus berada di halaman pertama google.

3. Tulis Tujuan Ngeblog

Sebelum Anda ngeblog lebih jauh lagi, tidak ada salahnya untuk menentukan tujuan ngeblog Anda.

Apakah Anda ingin membangun kredibilitas untuk bidang yang Anda geluti?

Apakah Anda ingin mempromosikan bisnis Anda?

Apakah Anda hanya ingin membagikan opini dan bersenang-senang?

Apapun tujuan Anda, pastikan Anda menuliskannya. Jadikan tujuan Anda sebagai motovasi utama Anda dalam ngeblog. Berpikirlah ke depan, apa yang ingin Anda capai dalam waktu 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan 3 tahun ke depan. Kemudian desain, menulis, dan promosikan blog Anda agar mencapai tujuan Anda.

Tips ngeblog: Dengan mendefinisikan target yang masuk akal, Anda akan lebih bersemangat untuk menulis dan mempromosikan blog Anda sehingga mencapai target-target Anda.

4. Pahami Pembaca Anda

Desain blog dan konten yang Anda miliki sebaiknya mencerminkan harapan pembaca Anda. Misalnya, jika target utama Anda adalah remaja, maka desain dan konten yang Anda sajikan tidak boleh seperti perusahaan profesional.

Pembaca Anda memiliki ekspektasi yang tidak lepas dari keseluruhan blog Anda. Desain yang cocok untuk remaja, cara penyampaian, dan lain-lain. Jangan buat mereka bingung, tapi penuhi segala ekspektasi pembaca blog Anda sampai mereka menjadi pembaca setia Anda.

tips menulis artikel blog yang disukai pembaca akan membantu Anda memenuhi ekspektasi pembaca Anda dan blog yang disukai pembaca akan memberikan gambaran yang jelas bagaimana mengelola blog yang baik.

Tips ngeblog: Luangkan waktu lebih untuk memahami pembaca Anda. Apa yang mereka inginkan? Navigasi yang baik? Atau konten dengan topik tertentu. Topik apa yang paling banyak mendapatkan klik?

5. Konsistenlah Menerbitkan Artikel

Blog Anda adalah sebuah brand. Sama seperti nike atau coca cola, blog Anda mewakili sebuah pesan yang spesifik dan image bagi pembaca Anda. Desain dan konten Anda harus konsisten mengkomunikasikan brand dan image blog Anda secara keseluruhan. Menjadi konsisten akan membuat Anda mengetahui apa ekspektasi pembaca Anda terhadap blog Anda. Selain itu, blog Anda akan menjadi tempat yang nyaman sehingga mereka mau berkunjung lagi.

Konsisten dalam waktu yang lama akan membuat pembaca blog Anda menjadi pembaca yang setia.

tips konsisten update akan membantu Anda menulis setiap hari sehingga Anda bisa teratur mengupdate blog Anda.

Tips ngeblog: Untuk bisa konsisten ngeblog, Anda harus banyak membaca artikel tentang motivasi ngeblog. Anda bisa menemukan banyak artikel yang sangat Anda butuhkan di problogger.net

6. Memiliki Niat yang Kuat

Blog yang ramai adalah blog yang berguna. Blog yang tidak update secara teratur akan terlihat buruk seperti web yang statis. Cara terbaik untuk memastikan pengunjung Anda melakukan kunjungan ulang adalah dengan mengupdate secara teratur. Itu akan sangat berat bagi Anda yang tidak memiliki niat yang kuat dalam ngeblog.

Anda harus menulis setidaknya 3 kali dalam seminggu. Boleh dikatakan, ini merupakan cerminan seberapa kuat niat Anda menggeluti hobi ngeblog ini.

Tips ngeblog : Untuk memiliki niat yang kuat, Anda harus bersabar untuk melakukan setiap proses ngeblog dulu sebelum Anda benar-benar berhasil dan menghasilkan uang.

7. Jadilah Pribadi yang Menarik

Setiap blogger pasti memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang bagaimana membuat dirinya agar terlihat menarik sehingga membuat pengunjung penasaran dengan sosoknya dan mau membaca artikel sampai selesai.

Menurut saya, ada saatnya Anda harus menulis tentang diri Anda, bagaimana Anda menjalani suatu hari, apa yang Anda baca, atau kegiatan apa yang sedang Anda rencanakan.

Membuat artikel personal akan membuat pengunjung mengenali Anda dengan baik. Kabar baiknya, jika mereka menyimpulkan Anda adalah orang yang menarik, mereka akan terus membaca artikel Anda.

Tips ngeblog: Anda harus jujur menceritakan semua hal tentang Anda. Apa yang Anda sukai, bacaan apa yang sering Anda baca, dan bagaimana Anda menjalani hidup.

8. Jadilah Terlihat

Kegiatan ngeblog bukan hanya sekedar membaca dan menulis. Ada banyak faktor yang membuat seseorang berhasil dengan blognya. Salah satunya adalah mulai memperlihatkan diri.

Berkomentarlah menggunakan identitas blog Anda. Biarkan orang lain tahu apa yang Anda pikirkan berkaitan dengan artikel yang Anda baca. Aktiflah di group-group facebook sesuai minat Anda. Kemudian, juga aktiflah di forum-forum di internet.

Jangan menjadi silent reader. Sudah waktunya Anda memperlihatkan kepada dunia tentang pandangan hidup Anda berkenaan dengan topik tertentu dan biarkan orang lain menilai Anda.

Tips ngeblog: Kalau orang lain mulai menyukai Anda, Hanya menunggu waktu untuk mencapai kesuksesan. Sebaliknya, jika Anda sering nyepam tidak jelas, maka hanya menunggu waktu sampai Anda benar-benar berhenti ngeblog.

9. Ambil Resiko

Blogger pemula sering takut menggunakan tools-tools baru di internet. Jangan takut dan mulailah mencoba sesuatu yang baru untuk blog Anda.

Pasanglah plugins-plugins yang Anda anggap dapat membantu Anda mengelola blog Anda dengan lebih baik lagi.

Cobalah pendekatan-pendekatan baru dalam menyajikan setiap artikel. Kemungkinan terburuknya, pembaca Anda tidak akan suka dengan artikel Anda. Tapi, jika Anda berhasil, bukan hanya jumlah pengunjung yang akan meningkat, kredibelitas Anda juga akan meningkat karena Anda satu-satunya yang berani membahas topik tersebut. Apakah Anda berani mengambil resiko?

Tips Ngeblog : Menulis sesuatu yang benar-benar baru adalah tantangan bagi semua blogger. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru karena Anda bisa tertinggal jauh dari pesaing Anda jika tidak berani mengambil resiko untuk melakukan hal-hal yang tidak Anda ketahui.

10. Minta Bantuan Kepada Blogger Lain

Sebaik apapun pengetahuan Anda tentang blog, pasti ada hal-hal yang tidak Anda ketahui.

Bertanyalah kepada blogger lain ketika Anda merasa kesulitan untuk mengelola blog Anda. Hampir semua blogger akan menjawab pertanyaan Anda dengan ramah. Anda tahu mengapa?

Karena blogger merupakan kegiatan networking. Anda butuh blogger lain. Begitu pula sebaliknya, blogger lain juga membutuhkan Anda.

Tips ngeblog : ungkapan malu bertanya sesat di jalan merupakan ungkapan yang pas untuk poin ini. Daripada Anda kebingungan memahami sesuatu, bertanya adalah hal paling efektif yang pernah ada.

Referensi:

1. Top 10 Tips for Beginner Bloggers

9 thoughts on “10 Tips Ngeblog Terbaik untuk Pemula (2)

  1. Terima kasih buat tips-tipsnya Mas, keren sekali :hehe. Sekalian memurnikan niat juga, saya blogging yang paling utama adalah untuk diri sendiri, yakni menambah teman dan juga menyalurkan hobi :)). Semoga bisa bertahan dan tetap eksis di dunia yang sangat bagus ini ya :amin.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s