9 Cara Membuat Blog Menjadi Lebih Terkenal Lagi

cara membuat blog terkenal

Sumber gambar : a2devlopers.wordpress.com

Setelah beberapa lama menikmati aktivitas ngeblog sendirian, ada perasaan dalam hati saya yang mengatakan “akan menyenangkan seandainya blog ini menjadi lebih terkenal lagi”. Bukannya saya tidak puas dengan hasil yang selama ini saya dapatkan, hanya saja ini perasaan yang wajar dialami oleh blogger pemula seperti saya.

Ingin terlihat seperti blogger lainnya.
Terlihat profesional, bahagia, dan lebih terkenal dari sebelumnya.

Lebih terkenal juga berarti semakin banyak pengunjung, semakin banyak teman ngeblog, semakin banyak komentar, dan mungkin mengelola blog semacam itu terasa lebih menyenangkan dari yang biasa saya lakukan. Begitulah pemikiran saya saat baru mengelola blog ini.

Beberapa bulan kemudian, setelah saya melakukan beberapa percobaan, saya merasa bahwa apa yang saya inginkan benar-benar terwujud. Blog ini lebih terkenal dari sebelumnya. Blog ini diakses oleh ribuan orang setiap bulan. itu cukup membuat saya senang. Jika saya bisa melakukannya, Anda pun bisa melakukannya juga. Saya akan menceritakan kepada Anda apa yang harus dilakukan untuk membuat blog Anda lebih terkenal dari sebelumnya pada postingan kali ini.

Catatan : Terkenal disini bukan berarti seperti situs-situs besar seperti detik, kaskus, atau kompasiana. Maksudnya hanya dikenal diantara para blogger dan mendapatkan pengunjung sebanyak 100 orang perhari saja (itu angka yang masuk akal bagi kebanyakan blogger pemula).

Semua Blog Tidaklah Sama

Beberapa blog hanya butuh waktu beberapa minggu saja untuk bisa populer. Sementara yang lainnya mungkin butuh waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang sama.

Blog Anda mungkin salah satu blog yang terakhir saya sebutkan. Tapi jangan khawatir, selalu ada cara atau usaha untuk merubah keadaan. Bahkan jika Anda tidak punya skill ngeblog apapun karena saya juga memulai semuanya dari nol. Pada kenyataannya itu sudah menjadi bagian dari masa lalu saya. Sekarang saya merasa sudah cukup terkenal. Meskipun sebenarnya saya masih memiliki ambisi untuk menjadi lebih terkenal lagi.

Anda harus memahami bahwa tidak semua blog sama.

Sebagai contoh,saat Guy Kawasaki menciptakan blognya, dia mendapat keuntungan karena sudah terkenal. Tanpa diragukan lagi, ia mendapat hampir 4000 pengunjung/hari setelah beberapa minggu diluncurkan.

Tapi masalahnya Anda bukan Guy Kawasaki. Blog Anda tidak akan mendapat banyak pengunjung tanpa melakukan apapun. Anda butuh kerja keras. Juga jangan pernah membaca artikel-artikel tentang “cara cepat” melakukan berbagai aktivitas ngeblog karena biasanya itu menyesatkan. Lakukan semuanya dengan alami. Walaupun sulit, tapi hasilnya lebih pasti dan jelas daripada Anda menerapkan tips-tips yang tidak jelas.
Karena semua blog tidak sama, Anda juga harus mencari tahu apa kelebihan blog Anda. Jika belum menemukan kelebihan blog Anda, maka Anda harus menciptakannya. Tidak ada cara lain.

Itu adalah syarat untuk membuat blog Anda terkenal.

Tanyakan kepada diri sendiri “Apa yang membuat blog saya berbeda dengan blog orang lain sehingga orang-orang mau mengunjungi blog saya?”.

Agar Anda tidak bingung, saya akan memberi contohnya. Blog shiq4 sebenarnya menonjolkan gaya bahasanya. Saya mengembangkan gaya bahasa menulis sederhana selama setahun terakhir. Dan itu adalah nilai lebih dari blog ini. Ketika orang membaca informasi di blog ini, saya pastikan mereka tidak akan menemukan kosa kata yang sulit dipahami karena ketika saya menulis, saya memilih kata-kata sederhana yang umum digunakan dan mudah di mengerti. Itu akan membuat pembaca nyaman dan tulisan saya lebih enak dibaca.

Sekarang luangkan waktu Anda untuk menciptakan kelebihan blog Anda sendiri.

9 Cara Membuat Blog Menjadi Lebih Terkenal

Setelah Anda menemukan atau menciptakan kelebihan blog Anda, sekarang saatnya melakukan tindakan-tindakan pendukung untuk membuat blog Anda lebih terkenal. Berikut adalah cara-cara yang umum dilakukan blogger-blogger terkenal lainnya plus cara yang biasa saya lakukan sehari-hari:

1. Perhatikan Nama Komentar Anda

Cara mudah membuat blog menjadi terkenalSumber gambar :dynamicbussiness.com.au

Kita semua suka bersosialisasi. Hampir semua blogger pasti pernah berkomentar di blog orang lain. Tapi pernahkah Anda memperhatikan hal yang paling penting agar Anda cepat terkenal?

Saat kita berkomentar, kita diminta untuk memasukkan nama, alamat email, dan alamat webiste jika kita memilikinya. Terlihat normal dan baik-baik saja. Permasalahannya adalah nama yang Anda gunakan bisa membuat pembeda yang besar. Saya merekomendasikan untuk menggunakan nama blog Anda dibanding dengan nama asli Anda karena kita sedang berusaha untuk membangun brand blog, bukan brand nama Anda.

Itu adalah trik yang biasa saya lakukan untuk membuat blog saya terkenal. Orang-orang tidak pernah mengenal nama asli saya (muhammad liudin) karena memang saya sengaja mempopulerkan nama shiq4 sejak blog ini didirikan. Setiap kali ada orang yang melihat nama shiq4 pada bagian komentar dan tertarik dengan nama tersebut, mereka akan mengklik nama shiq4. Saat mereka tiba di blog saya, maka mereka juga akan menyadari bahwa alamat blog ini adalah shiq4.wordpress.com. Beberapa kali membaca kata shiq4 akan membuat mereka ingat nama tersebut.

Seandainya suatu hari mereka ingin membaca artikel-artikel terbaru dari saya, mereka cukup mengetikan nama shiq4 saja dan mesin pencari akan menampilkan blog ini. Atau mereka bisa menuliskan alamat blog ini langsung tanpa melalui mesin pencari.

“Nama blog pada bagian komentar seperti alamat blog (nama blog) akan membuat blogger lain mengingat nama tersebut. Ini adalah bagian branding blog paling mudah yang sering dilakukan blogger-blogger profesional” Shiq4

2. Anda Harus Ada Dimana-mana

Cara efektif membuat blog menjadi terkenalSumber gambar :imageflip.com

Adhyasahib melakukan ini dengan baik. Ia ada dimana-mana. Setiap kali saya ingin meninggalkan komentar di sebuah blog, hampir dipastikan nama adhyasahib selalu ada. Ia benar-benar bisa menarik banyak orang dengan komentar-komentarnya.

Blognya mendapat ratusan komentar setiap kali ia menertbitkan postingan baru. Namanya juga dikenal di kalangan blogger sebagai blog yang ramah karena mau berkomentar di blog-blog yang dipandang orang sebelah mata, blog yang sepi komentar yang dimiliki blogger baru.

Tapi tahukah Anda efek yang ditimbulkan adhyasahib ketika meninggalkan komentar di blog sepi milik blogger-blogger baru?

Kebanyakan dari kita mungkin malas meninggalkan komentar di blog milik blogger baru. Mungkin karena blogger tersebut tidak tahu tentang blogwalking sehingga ia tidak akan berkomentar di blog kita. Itu yang membuat kita malas berkomentar di blog milik blogger-blogger baru.Tapi adhyasahib tetap saja berkomentar di blog milik blogger-blogger baru meskipun tidak mendapat kunjungan balik. Itu yang terjadi pada saya di awal-awal saya ngeblog.

Efeknya? Saya benar-benar menghormatinya karena saat tidak ada orang berkomentar di blog saya, ia rutin berkomentar di blog saya. Maklum dulu kan saya belum tahu blogwalking ha ha ha………….

Untuk menjadi terkenal Anda harus banyak-banyak blogwalking seperti adhyasahib di berbagai blog, tidak peduli blog milik blogger baru atau blogger lama. Itu adalah langkah awal yang mudah. Tentu saja Anda juga harus teratur melakukannya dengan sabar karena tidak semua blogger akan membalas berkomentar di blog Anda.

Oh ya…. juga jangan terlalu berlebihan, nanti Anda akan cepat bosan dan tidak punya waktu untuk menulis artikel. Selain itu, ada baiknya Anda membaca “Cara berkomentar yang baik” agar Anda tahu bagaimana menulis komentar yang bagus sehingga orang lain akan mulai memperhatikan Anda.

3. Promosikan Tulisan-Tulisan Anda

Tulisan yang bagus saja tidak cukup. Jika Anda merasa bahwa tulisan Anda sudah bagus dan menganggapnya sebagai konten berkualitas, kemudian Anda merasa puas, itu adalah kesalahan yang mungkin Anda sesali.
Konten berkualitas saja tidak cukup karena blogger lain juga menciptakan konten yang sama berkualitasnya. Kuncinya ada pada promosi konten. Percuma saja Anda menciptakan konten berkualitas jika konten tersebut sulit ditemukan. Tidak akan  ada orang yang membacanya.

Cara berpromosi pun bermacam-macam. Ada email marketing, Google ads, SEO, pemasaran facebook, pemasaran twitter, blogwalking, promosi di forum-forum, content marketing, sampai memasang iklan di blog orang lain.

Lalu cara promosi seperti apa yang paling efektif untuk membuat blog terkenal?

Seperti yang sudah saya katakan diatas, tidak semua blog sama. itu juga bisa diartikan dalam kalimat sederhana berikut: “cara berpromosi yang bisa bekerja dengan baik di blog A tidak akan bekerja sama baiknya ketika diaplikasikan di blog B”. Jadi, Anda harus mencoba berbagai cara promosi yang ada, melakukan percobaan dan melihat hasilnya.

Saat Anda sudah menemukan cara berpromosi yang paling banyak mendatangkan pengunjung, pertahankan cara tersebut dan kembangkan.  

Saya sendiri baru menggunakan SEO dan promosi di grup facebook saja. Untuk SEO, persaingan sangat rendah karena hanya sedikit blog yang membahas tips-tips ngeblog dan tips SEO. Kebanyakan postingan saya saya berkategori tips ngeblog sebagian besar menempati halaman pertama Google. Itu cukup memberi efek positif bagi blog saya.

Lalu dari facebook grup, saya bergabung di grup Blogger Indonesia dan Google Adsendse Indonesia. Dari kedua grup tersebut, saya mendapat sedikit pengunjung. Trik saya hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan blogger pemula dan menempatkan link artikel blog saya yang bisa menjawab pertanyaan mereka. Saya juga selalu mengatakan bahwa saya adalah pemilik blog shiq4.wordpress.com pada teman-teman blogger sehingga mereka penasaran dan mengunjungi blog saya.

Dengan dua cara sederhana diatas, blog saya cukup terkenal di kalangan blogger.

4. Gaya Kepenulisan Bisa Membuat Perbedaan yang Besar

Cara mudah membuat blog terkenalSumber gambar : deeppublish.com

 
Informasi boleh saja sama. Tapi semua blogger memiliki cara sendiri dalam menyampaikan pendapat, menceritakan pengalaman pribadi, atau menulis review produk yang dipakai. Itu biasa disebut gaya menulis.

Diantara blogger yang pernah saya kenal, febri dwi cahya adalah blogger yang paling menonjol dalam memanfaatkan gaya menulis. Ia menulis pengalaman-pengalamannya atau menyampaikan opini dengan gaya menulis yang lucu. Blognya mendapat ratusan komentar setiap minggu. itu cukup membuktikan bahwa ia benar-benar berhasil mendapat perhatian blogger lain dan bisa tampil berbeda dari blogger lain dengan gaya menulis yang ia bawakan. Sudah menjadi hal umum kalau febri dikenal sebagai blogger yang konyol diantara blogger-blogger lainnya, itu membuat dia lebih terkenal.

Tapi itu bukan berarti Anda “harus” menulis dengan gaya yang lucu pula. Memang gaya menulis lucu dewasa ini cukup banyak dipakai oleh blogger-blogger baru karena kesuksesan beberapa blogger yang menjadi terkenal dengan gaya menulis menulis lucu yang mereka bawakan. Sebagian orang berhasil, sebagian orang gagal. Tidak ada jaminan kesuksesan meskipun Anda menggunakan gaya menulis yang lucu. Jadi, kembangkan gaya menulis Anda sendiri.

Gaya menulis yang baik mencerminkan karakter penulisnya. Ada banyak gaya menulis yang saya kenal (ini menurut saya sendiri) diantaranya:

Gaya menulis ilmiah – Biasanya serius dan sering menggunakan hasil penelitian sebagai bahan rujukan ketika menulis.

Gaya menulis santai – Banyak dipakai oleh blogger yang memilih kata-kata yang lebih santai dalam menceritakan pengalaman pribadi walaupun kadang-kadang masalah yang dibahas adalah topik yang serius.

Gaya menulis sederhana – Ini gaya menulis yang saya kembangkan. Menekankan pada pemilihan kata yang sederhana dan menggunakan kalimat-kalimat pendek. Walaupun terkadang saya juga menggunakan kalimat kompleks agar terlihat bagus, tapi jumlahnya hanya sedikit sekali.

Gaya menulis bahasa gaul – sebagian orang benar-benar merasa nyaman saat mereka menggunakan bahasa sehari-hari yang biasa mereka gunakan tanpa mempedulikan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar.

Dan banyak lagi yang lainnya.

Kembangkan gaya menulis Anda sendiri. ciri keberhasilannya adalah jika ada orang yang membaca sebuah tulisan, ia akan langsung menyadari bahwa Anda adalah penulisnya.

5. Jalankan Prinsip Ngeblog Anda Sendiri

Prinsip ngeblog adalah aturan yang Anda buat dalam mengelola blog. Ini masalah paling mendasar yang harus Anda perhatikan. Bagaimana mau terkenal kalau Anda tidak memiliki prinsip ngeblog yang benar? bukankah begitu?

Cobalah untuk menjawab pertanyaan seperti berapa panjang postingan yang ideal untuk pembaca?, kategori apa yang saja yang paling banyak mendapat pengunjung?, seberapa sering mempublikasikan artikel?, atau perlukah merujuk pada tulisan orang-orang profesional ketika menyampaikan opini?

Tentukan prinsip ngeblog Anda sendiri. Aturan yang membuat Anda menjadi lebih baik dalam mengelola blog. Aturan yang membuat Anda lebih disiplin dalam menulis konten. Aturan yang membuat Anda menjadi blogger baik.

Dalam banyak kasus, orang yang mampu menciptakan prinsip ngeblog yang sesuai dengan karakternya akan memperoleh hasil yang maksimal. Bisa dikatakan juga kalau prinsip ngeblog sama dengan prinsip hidup (jika kita membicarakan kehidupan). Semakin detail aturan yang Anda buat untuk diri sendiri, Anda tidak mudah bingung untuk menetapkan kebijakan dalam pengelolaan blog Anda.

6. Menjadi Ahli di Bidang Tertentu

Membuat blog terkenal? Terapkan 9 cara iniSumber gambar : harisanusi.com

Saat pertama kali ngeblog, pertanyaan pertama yang harus dijawab oleh para blogger adalah “pilih membahas banyak topik atau satu topik?

Para profesional pasti akan memilih satu topik saja karena lebih mudah untuk memontise blog dengan satu topik. Sedangkan para amatir yang memiliki tujuan bersenang-senang pasti lebih memilih membahas banyak topik karena lebih mudah menulis kontennya. Saya dan Anda mungkin sudah terlanjur memilih banyak topik karena kita bukan blogger profesional.

Meskipun begitu, bukan berarti saya dan Anda harus terus menulis tanpa tujuan yang jelas. Setidaknya Anda harus memilih satu topik yang menjadi keahlian Anda, hobi Anda, atau topik yang Anda sukai sebagai identitas blog Anda. Tanpa hal tersebut, Anda akan kesulitan untuk membuat blog Anda menjadi terkenal.
Mbak nella adalah contoh yang paling tepat. Ia mengelola pursuingmydreams.com dengan sangat baik. Meskipun ia menulis tentang anaknya, kehidupan orang jerman, atau kegiatannya sehari-hari, ia tetap menulis identitas blognya yakni tips berkebun. Blognya dipakai sebagai referensi orang-orang yang berminat dengan topik berkebun. Blog tersebut memiliki pengunjung tidak kurang dari 2000 orang per hari. Bahkan ia mulai mengembangkan blog tersebut dengan menyediakan bibit untuk orang-orang yang berkebun. Mengagumkan bukan?

Nah….. Anda juga harus begitu. Carilah satu topik yang paling membuat Anda tertarik dan tulislah secara terus menurus. Seiring berjalannya waktu, jumlah tulisan tentang topik yang Anda minati pasti semakin bertambah banyak. Cepat-atau lambat orang-orang akan menyadari kalau Anda ahli di bidang tersebut dan mulai menjadikan tulisan Anda sebagai referensi. Kalau saya memilih tips ngeblog sebagai identitas blog ini. Bagaimana dengan Anda? Sudah memilih topik yang tepat sebagai identitas blog Anda?

7. Pastikan Anda Tidak Menyalahi Aturan Google

Banyak sekali cara instan yang bisa dilakukan oleh blogger untuk membuat bognya cepat terkenal. sebut saja blackhat SEO, menyebarkan software-software bajakan, menerjemahkan konten terkenal bahasa inggris tanpa menyebutkan sumber, atau menulis tutorial-tutorial untuk melakukan kejahatan seperti hacking kartu kredit, bug pulsa gratis, dan lain-lain.

Dengan cara-cara tersebut blog Anda akan mendapat pengunjung yang melimpah. Sayangnya hal tersebut menyalahi kebijakan Google sehingga situs Anda tidak akan bisa terkenal dengan nama yang baik. Lagipula cara-cara instan semacam itu beresiko terkena penalti dari Google. Sekali saja Anda terkena penalti, sangat sulit untuk memulihkannya. Jadi, jangan coba-coba mengaplikasikan cara-cara yang menyalahi kebijakan Google.

Saya pernah menulis “Ciri blog yang disukai Google” dan “Cara menulis artikel yang disukai Google”. Keduanya akan membantu Anda mengembangkan blog sesuai dengan kebijakan Google sehingga blog Anda akan aman dari penalti dan mampu mendominasi mesin pencari. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk membaca keduannya di waktu luang Anda. Jangan sampai untuk tidak membacanya.

8. Tidak Ada yang Lebih Baik dari Konsistensi

Cara cara sederhana membuat blog menjadi terkenalSumber gambar : ber-sarjana.blogspot.com

Arman adalah blogger senior dikalangan para blogger yang sudah hampir 8 tahun mengelola blognya. Ia tidak lagi kesulitan mendapat pengunjung. Hampir semua blogger yang mengelola blog personal pasti mengenal arman sebagai blogger yang terkenal.

Tapi hampir sebagian besar blogger yang pernah saya kenal tidak memiliki sesuatu yang disebut konsisten. Mereka tiba-tiba saja berhenti ngeblog. itu juga masalah yang akan dihadapi oleh semua blogger, termasuk saya dan Anda.

Bisakah kita konsisten ngeblog dalam waktu yang lama? Bosan, malas, tidak punya ide,sepi pengunjung, tulisan jelek, dan waktu yang sempit merupakan sebagian besar penyebab blogger tidak bisa konsisten dalam waktu yang lama. Blogger yang sudah lama ngeblog dan mampu melewati semua itu memiliki peluang terkenal yang lebih besar dibandingkan dengan blogger-blogger baru. Sayangnya, kebanyakan blogger baru tidak punya daya juang yang tinggi sehingga mereka tidak bisa konsisten dan terkenal.

Anda bisa membaca artikel “ketika teman-teman berhenti ngeblog” untuk memahami apa yang saya sampaikan pada poin ini. Ada beberapa pelajaran berharga untuk Anda yang  saya dapatkan ketika mulai merasa kehilangan teman-teman yang tidak lagi beraktivitas ngeblog. Rasa sakit yang saya rasakan menginspirasi saya untuk menulis artikel tersebut. Saya rasa Anda membutuhkan artikel tersebut untuk membuat Anda berkominten untuk konsisten ngeblog.

9. Ciptakan Produk-Produk Gratis

Orang-orang menyukai produk gratis. Dan jika Anda memiliki keahlian untuk membuatnya, kesempatan blog Anda menjadi terkenal dan dibicarakan oleh blogger lain menjadi lebih besar lagi.

Sebut saja mas sugeng, blogger ini merupakan blogger fenomenal yang berhasil membuat template untuk blog-blog berplatform blogger. Konon jumlah penggunanya mencapai ribuan orang. Ia begitu terkenal diantara para blogger dengan produk gratis berupa template. Blognya ramai dikunjungi oleh orang-orang.

Selain itu, saya juga sering melihat banyak blogger yang membicarakan templatenya, mereviewnya, dan merekomendasikannya sehingga nama mas sugeng begitu populer. Blognya terkenal karena produknya.

Anda juga bisa membuat produk lain selain template, misalnya video tutorial, ebook, aplikasi, theme, kode-kode desain, podcast, dan lain sebagiannya.

Tapi membuat produk gratis yang bisa populer merupakan tantangan yang cukup sulit dilakukan. Menurut pendapat saya, jangan melakukan trik ini jika Anda belum berpengalaman mengelola blog karena tingkat kegagalan yang tinggi bisa membuat Anda memperoleh hasil yang mengecewakan. Saran saya, Anda bisa membuat produk hanya jika Anda sudah memiliki cukup pengunjung yang stabil. Itu merupakan jaminan produk gratis Anda cepat menjadi viral dan mulai dibicarakan oleh blogger lain.   

Jangan Tergesa-gesa

Sekarang Anda punya gambaran yang jelas apa yang harus dilakukan untuk membuat blog Anda terkenal. Satu-satunya yang harus saya ingatkan adalah jangan tergesa-gesa untuk mengeksekusi semua ide yang ada karena Anda tidak akan mampu melakukannya.

Kebanyakan blogger yang antusias pasti optimis dan segera mencoba trik-trik diatas tanpa berpikir panjang. Padahal sudah saya katakan bahwa tidak semua blog sama. Dan tidak semua hal diatas bisa Anda tiru persis untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Diperlukan adaptasi, beberapa penyusuaian, dan tambahan-tambahan kecil untuk membuatnya bekerja. Saya tidak tahu apa saja hal tersebut karena Anda harus mencobanya sendiri. lakukan secara teratur satu-persatu. Mana yang perlu diperbaiki dan mana yang bisa berhasil dengan sempurna. Seandainya Anda mengalami sedikit masalah, berpikirlah kreatif untuk mengadaptasi cara diatas.

Paling tidak saya membutuhkan waktu satu tahun penuh untuk membuat blog saya dikunjungi 100 orang perhari. Saya juga masih memiliki beberapa trik lain, tapi akan saya sampaikan pada kesempatan yang mendatang. Jadi, jangan berharap blog Anda bisa terkenal dalam waktu beberapa minggu saja, itu tidak mungkin kecuali Anda seperti Guy Kawasaki.

Kesimpulan

Tidak ada yang sulit untuk membuat blog Anda terkenal. Saya telah banyak membaca banyak tutorial dan belajar dari pengalaman untuk membuat panduan ini. Tingkat keberhasilannya sangat tinggi. Saya yakin orang yang benar-benar mengaplikasikan trik-trik diatas akan mendapatkan hasil yang memuaskan (tentu saja harus ada sedikit modifikasi) agar membuat blog Anda berbeda dari blog lain.

Tinggal menjawab pertanyaan sederhana, apakah Anda sudah siap secara mental untuk menjadi terkenal?

Menjadi terkenal juga berarti tingkah laku Anda menjadi perhatian blogger lain. Sebisa mungkin jangan bertingkah laku yang salah karena orang menaruh ekspektasi tinggi pada Anda. Sekali saja Anda salah, orang akan mulai membenci Anda.

Juga biasakan dengan haters. Pasti akan Anda temui orang yang tidak menyukai kesuksesan Anda meskipun Anda sudah berkelakuan sopan dan baik hati. Itu bagian yang paling sulit dijelaskan. Entah mengapa haters harus eksis. Jadi, siapkan diri Anda untuk memiliki blog yang terkenal.

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

37 tanggapan untuk “9 Cara Membuat Blog Menjadi Lebih Terkenal Lagi

  1. Nice info. Tapi fokus saya sekarang adalah membangun mood dan passion yang lagi terjun bebas nyungsep ke dasar palung laut terdalam#halah
    Lagi susah banget mau nulis… Tapi setidaknya nggak males baca…

    Suka

    1. Kalau saya malas nulis biasanya tidur terus mbak ha ha ha……. Saya juga mood-moodan masalah nulis. Pas lagi bagus bisa nulis panjang, pas lagi nggak ada mood nulis dibawah 1000 kata. Ya tidur aja, saya aja tadi seharian tidur sebelum nulis ini.

      Suka

    1. Coba nulis sederhana dulu pak sesuai keahlian pak saifan misalnya cara sholat khusuk, cara hidup bersabar, dan sejenisnya. Ntar baru dipromosiin. Nulis kan semudah berbicara, asal jelas dan tidak tergesa-gesa.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Jangan tergesa karena tidak ada yang instan didunia ini. Bahkan mie instan saja butuh waktu untuk masak 😁 sekali lagi, tulisannya bagus! Aku sekarang rasanya kalo seminggu ga nulis blog rasanya kangen. Liburan kadang disempetin blogwalking juga.

    Suka

  3. Terimakasih kak shiq4 atas tulisannya. Kemarin sempet vakum buat nulis nih didi. Abis kadang binggung bagi waktunya mau nuliskah, mau baca bukukah harus pilih salah satu nggak bisa keduanya. Tapi didi mau coba buat lebih fokus arah nulisnya kemana. 😊 jadi dapet pencerahan.

    Suka

  4. Tulisan yang disertai dengan pengalaman akan lebih berkarakter dan mungkin akan selalu diingat oleh pembacanya. Nwy, saya pribadi sangat suka dengan tulisan2 dari mas Muhammad Liudin. Beberapa saya baca dari blog2 yang penulis tamunya adalah mas Muh. L.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s