FAQ : Seberapa Sering Sebaiknya Update Postingan Blog?

Menjadi blogger pemula selalu penasaran dengan cara kerja blogger yang sudah berpengalaman. Saya ingat rasanya. Banyak bertanya, tapi tidak pernah puas dengan jawaban yang diberikan di forum-forum. Kadang-Kadang pikiran pusing sendiri. Sebanyak apapun referensi yang dibaca, blogger pemula tidak akan pernah memahaminya. Setidaknya itulah yang saya rasakan beberapa bulan belakangan selama menjadi pemula di bidang ngeblog.

Hari ini saya ingin menjawab pertanyaan yang paling dasar:

Seberapa sering sebaiknya update postingan blog?

Saya akan melihat dan memberikan penilaian dari beberapa sudut pandang sehingga Anda bisa memilih jawaban mana yang paling cocok untuk Anda aplikasikan. Kita akan mencoba berbagai kemungkinan yang ada. Semoga saja Anda bisa puas dengan jawaban yang saya tuliskan.

<h2>Beberapa Pilihan Update Postingan Blog

1. Satu Artikel Setiap Bulan

Jika Anda memiliki banyak pengalaman menjelajah internet, maka Anda pasti pernah menjumpai blog yang hanya update sekali setiap bulan.

Tipe blog seperti ini biasanya memiliki konten yang panjang, antara 3000 – 4000 kata per artikel. Anda benar. Konten sepanjang itu hanya mampu ditulis oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Kontennya berkualitas, mendalam, dan sangat lengkap.

Saya pernah membayangkan bagaimana seseorang mampu menulis dengan begitu baik menggunakan berbagai variasi kata kunci. Pasti sangat melelahkan. Terlebih jika konten yang disajikan dihubungkan dengan berbagai penelitian orang lain. Sejauh ini, blog seperti ini sangat jarang saya jumpai di indonesia.

Kalau Anda menyukai penelitian, mungkin blog seperti ini pantas untuk dicoba. Syaratnya hanya 3, yaitu:

• Banyak membaca sehingga Anda bisa menulis berdasarkan penelitian para ahli.

• Kemampuan menulis yang baik adalah suatu keharusan. Dengan ditambah sedikit kreativitas, Anda akan mampu menghasilkan konten yang berkualitas.

• Pandai menggunakan sosial media. Orang-orang terlalu sulit menemukan konten-konten yang mendetail karena mereka tidak pernah tahu bahwa ada seseorang yang membuat konten yang benar-benar berkualitas.

Apakah Anda tertarik menjadi seorang peneliti? Anda perlu mencobanya. Tapi pengalaman saya pribadi masih belum bisa membuat konten jenis ini. Terlalu sulit. Bahkan untuk orang yang memiliki hobi menulis. Siapa tahu Anda adalah blogger pertama yang terkenal dengan cara ini.

2. Satu Artikel Setiap Minggu

Sekarang kita akan membahas blog yang update postingan setiap minggu. Hampir sama dengan blog yang menerbitkan artikel setiap bulan, biasanya artikelnya panjang dan mendetail. Tapi blog tipe ini juga masih jarang ditemukan di indonesia. Saya hanya pernah beberapa kali menjumpainya. Jenis blog travelling.

Biasanya blog yang update artikel setiap minggu memiliki pembaca yang loyal. Saya kurang tahu bagaimana blog jenis ini terlihat menarik sehingga memiliki pembaca setia, satu-satunya yang saya tahu pemiliknya pasti seorang yang memiliki konsistensi yang luar biasa. Tanpa itu, blog yang update setiap minggu akan kehilangan pembacanya.

Saya pernah mencoba untuk mengaplikasikan update artikel setiap minggu dengan 2000 kata atau lebih. Tapi beberapa hari kemudian saya langsung bosan. Saya tidak pandai mengolah kata atau mengutip beberapa referensi yang beredar di internet. Artikel saya tampak seperti amatir. Tapi tidak mengapa, saya tetap menikmati proses menulisnya.

Menurut saya, blog yang frekuensi updatenya seminggu sekali hanya akan berjalan baik jika diaplikasikan oleh blogger yang memiliki kedisiplinan waktu yang tinggi sehingga mampu menulis dalam tekanan dan menghasilkan konten berkualitas. Yang paling berbahaya dari blog jenis ini adalah, jika Anda terlambat menerbitkan konten, maka bisa dipastikan Anda akan segera kehilangan pengunjung. Itu mengapa hanya orang yang disiplin menulis saja yang mampu menerapkan metode ini.

3. Dua Sampai Tiga Artikel Setiap Minggu

Ini cukup banyak diaplikan oleh sebagian blogger indonesia. Jika Anda menemukan blog seperti ini, kebanyakan pasti dikelola oleh blogger yang sudah berpengalaman. Kontennya lumayan panjang, antara 800 sampai 1000 kata lebih.

Berbeda dengan blog yang update postingan setiap bulan atau setiap minggu, konten yang disajikan oleh blog ini hanya sedikit menggunakan hasil penelitian blogger lain. Kebanyakan akan di dominasi oleh opini yang segar berkaitan dengan beberapa perubahan yang terjadi di industri tertentu.

Adapun syarat agar berhasil menggunakan metode ini, ada 4 yaitu:
• Sangat memahami industri yang menjadi bahan postingan.

• Pikiran yang mendalam untuk mengupas trend yang sedang terjadi sehingga menyajikan konten yang unik.

• Merupakan blog niche dan biasanya blog seperti ini menjadi blog otoritas.

• Mematuhi jadwal update postingan secara teratur.

4. Update Artikel Setiap Hari

Beberapa blogger pemula mungkin beranggapan bahwa blog yang bisa update postingan setiap hari adalah blog yang bagus. Tapi itu tidak sepenuhnya benar. Saya cenderung merekomendasikan blog yang di dua sampai tiga kali update setiap minggu. Selain tidak membuat pembaca setia terus dijejali konten, blog yang dua atau tiga kali update setiap minggu tidak akan pernah membosankan.

Jenis blog yang cocok untuk metode ini adalah blog gado-gado atau blog personal. Banyaknya tema yang bisa diangkat seharusnya membuat blogger jenis ini mudah untuk membuat konten. Biasanya panjang artikel yang dipublikasikan blog jenis ini adalah antara 400 hingga 800 kata.

Meskipun begitu, untuk menjalankan metode ini dibutuhkan semangat yang luar biasa. Saya pernah melakukannya selama hampir 2 bulan ketika mengelola blog ini. Rasanya cukup menyenangkan. Jika Anda memiliki blog gado-gado atau blog personal, maka ini adalah yang terbaik. Karena alasan malas saya tidak bisa mengaplikasikannya he he he….

Secara teori, blog gado-gado atau blog personal akan mendapatkan pengunjung yang tidak setia dari mesin pencari. Pengunjung hanya membaaca konten yang mereka butuhkan dan tidak akan mengingatnya. Tapi karena jumlah konten yang banyak, seharusnya jumlah pengunjung pun akan stabil setiap harinya. Ingin mencoba mengaplikasikan metode ini?

5.Lebih dari Satu Artikel Per Hari

Ini hanya cocok diaplikasikan oleh blog berita. Anda tidak boleh ketinggalan berita jika ingin menjaga pembaca yang sudah Anda miliki. Bayangkan saja, sebuah blog berita yang tidak di update selama satu hari, pasti akan langsung kehilangan pengunjung.

Hanya blogger pekerja keras yang bisa menjalankan metode ini. Ditambah dengan pengetahuan jurnalisme yang baik sehingga tidak sekedar copy paste. Kesulitannya adalah seberapa hebat Anda mengetahui berita terbaru. Juga bagaimana menuliskannya sehingga berita tampak menarik dan tidak dianggap duplikat konten oleh google.

Sangat banyak blog berita di indonesia. Mungkin Anda pernah menjumpainya. Apakah Anda juga ingin mencoba metode ini?

6. Blogger yang Tidak Serius dan Update Semaunya

Ini yang paling banyak. Blogger yang mengikuti metode seperti ini tidak akan pernah sukses karena tidak memiliki determinasi dan keinginan yang kuat mengelola blog profesional. Saya salah satunya.

Biasanya orang yang menggunakan metode ini hanya orang yang hobi menulis dan ingin berbagi saja. Tidak ingin terkenal atau menghasilkan uang dari blog. Tapi meskipun begitu, blog jenis ini biasanya memiliki komentar yang banyak. Hasil dari blogwalking tentu saja.

Tulisannya tidak sesuai EYD. Kadang pendek, kadang panjang. Jarang bisa mendominasi mesin pencari karena hanya menulis hal-hal yang bersifat pribadi saja. Sejujurnya saja, jika Anda ingin bersenang-senang dengan blog Anda, maka Anda bisa mencoba metode ini.

Update sesuka hati sesuai dengan mood menulis. Tidak pernah merisaukan berapa banyak pengunjung hari ini atau nilai alexa rank dan nilai-nilai lain yang dipakai blogger profesional untuk menentukan kualitas suatu blog. Sepertinya indonesia di dominasi oleh blogger yang standart-standart saja seperti ini ha ha ha…..

Kesimpulan

Sekarang giliran Anda menentukan, seberapa sering sebaiknya update postingan blog Anda. Saran saya sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki sehingga nantinya mendapatkan hasi yang maksimal.

Berbeda dengan blogger profesional atau blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog, saya akan merekomendasikan Anda menjadi blogger yang terakhir. Seandainya Anda memilih pilihan terakhir, maka kita bisa saling berkomentar di blog dan menjalin pertemanan. Tapi ya… seperti yang sudah saya katakan, blogger terakhir menulis sesuka hati. Kadang-kadang pas mood membaca sedang tidak ada membaca tulisan blogger lain yang tidak sesuai EYD bisa membuat pusing ha ha ha….

Selanjutnya terserah Anda. Ikuti kata hati Anda dalam menentukan pilihan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga kita menjadi blogger sukses dalam artian kita masing-masing. Itu saja.

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

27 tanggapan untuk “FAQ : Seberapa Sering Sebaiknya Update Postingan Blog?

  1. Menarik analisanya Mas. Untuk tahun 2016 ini kami (saya dan suami karena ini blog bersama) mencoba tertib untuk posting tulisan dua kali satu minggu, setiap hari senin dan kamis/jumat. Kalo senin temanya travelling, kamis/jumat temanya santai. Kami menetapkan 2 hari tersebut berdasarkan hasil observasi terhadap blog kami selama 6 bulan terakhir. Tapi balik lagi, jadwal sebenarnya bertujuan untuk mendisiplinkan. Selebihnya, menulis tetap dari hati untuk berbagi, supaya nyampenya juga ke hati😊

    Disukai oleh 2 orang

    1. Kalo bisa konsisten blognya pasti bisa membuat komunitas, pembaca setia yang selalu mengunjungi kita.

      Sedikit demi sedikit lama lama ntar juga banyak pembaca setianya. Salam sukses.

      Suka

  2. Tidak elok menilai diri sendiri meski saya tahu saya termasuk yang mana. Tapi kalau menurut Mas Shiq4 saya masuk golongan mana? Sebulan ini memang sedang tidak akan meng update postingan karena lagi dikejar deadline sama editor…

    Selain itu, menurut Mas Shiq4 apa yang kurang dari blog saya?

    Disukai oleh 1 orang

    1. Sebenarnya blognya mbak rina itu blog niche, khusus postingan cerpen. Biasanya blog niche lebih mudah dapat pembaca setia. Coba cari2 blog sejenis. Saya sering liat blog yang cuma postingan cerpen juga. Ntar bisa deh komen-komenan.

      Suka

  3. Saya termasuk yang terakhir nih 😅 hahaha
    Tapi resolusi saya tahun ini adalah update blog minimal sebulan sekali. Semoga bisa benar-benar saya jalankan resolusinya.
    Salam kenal Mas! 😀

    Suka

  4. Saya blog personal yg update semaunya (gak tentu) tapi sangat peka terkait EYD loh~ (emang langka sih yg kayak gini)

    Tapi kalau masalah kasih komentat atau balas komentar, baru pakai bahasa percakapan (gak perhatikan EYD), hehe..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s