Strategi SEO Untuk Memperbaiki Rangking Blog Anda

strategi seo yang harus dilakukan

Sumber gambar : integrateideas.com

Jika ada bagian dari kegiatan ngeblog yang paling saya sukai selain menulis artikel berkualitas, maka SEO berada di urutan terdepan. Itu dikarenakan SEO memiliki banyak manfaat, terutama dalam mendapatkan traffik  organik secara terus menerus.

Namun SEO bukanlah sesuatu yang mudah karena Google terus menerus melakukan perbaikan algoritma yang bertujuan meningkatkan kualitas konten hasil pencarian. Hasilnya, setiap kali Google melakukan update algoritma, semua praktisi SEO segera melakukan berbagai percobaan untuk mengetahui bagaimana Google merangking halaman hasil pencarian ketika mereka menggunakan algoritma-algoritma baru..

Apa yang dulu bekerja sangat baik untuk bisa membuat konten Anda berada di urutan teratas telah berubah. Dengan demikian, Anda juga perlu merumuskan strategi baru agar visibilitas blog Anda semakin baik dan mampu bertahan di halaman pertama.

Berikut adalah strategi SEO yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki rangking blog Anda :

1. Berhenti Terlalu Fokus Pada Kata Kunci

Di masa lalu, strategi SEO yang paling diperdebatkan para  praktisi SEO adalah kepadatan kata kunci. Meskipun menurut beberapa pakar SEO menyatakan kepadatan kata kunci hanyalah mitos belaka, tapi beberapa orang tetap menjejalkan kata kunci sebanyak yang mereka bisa lakukan. Dan dengan secara ajaib konten mereka bisa menempati halaman pertama Google (lihat konten saya yang duduk di halaman pertama Google menggunakan teknik blackhat keyword stuffing).

Terlalu banyak konten buruk yang berhasil menempati halaman pertama membuat Google meluncurkan algoritma Hummingbird. Tujuan dari algoritma hummingbird adalah memfilter konten-konten yang buruk sehin algoritma gga pengguna Google merasa puas dengan hasil pencarian. Jika sebelum diluncurkannya hunmmingbird Google memakai kata kunci sebagai faktor penentu peringkat, maka saat ini Google telah menjadi lebih baik lagi. G alg algoritma oritma oogle bisa mengurutkan hasil pencarian berdasarkan konteks kata kunci.

Jadi, apakah kita tidak perlu lagi menggunakan kata kunci dalam konten kita?

Tidak dalam artian luas. Google masih menggunakan kata kunci untuk menentukan relevansi konten Anda. Tapi hummingbird membuat semuanya tampak lebih baik. Konten buruk yang pendek dan tidak berisi informasi apapun akan sulit bersaing. Itu yang terbaik.

Mempublikasikan konten yang pendek dengan menempatkan kata kunci di judul dan di dalam postingan tidak akan membantu Anda bersaing. Walaupun konten tersebut didukung oleh backlink, kecil kemungkinannya bisa menempati halaman pertama Google. Masa seperti itu telah berakhir. Untuk bisa tetap bertahan dan memiliki daya saing, satu-satunya tugas Anda adalah terus menulis konten berkualitas. Tidak lebih dari itu.

2. Kualitas VS Kuantity Backlink

Semakin banyak link menuju blog Anda, semakin baik visibilitasnya, benar?

Tidak lagi.

Setelah Google  meluncurkan algoritma penguin, beberapa blog benar-benar terkena dampaknya. Mereka terkena penalti karena  backlink-backlink yang berasal dari blog berkualitas rendah.  Oleh karena itu, mulai saat ini Anda harus berhati-hati ketika membangun backlink blog Anda.

Strategi SEO yang paling cocok digunakan adalah membangun link berkualitas secara bertahap karena Anda juga bisa terkena penalti jika hal-hal berikut terjadi pada blog Anda:

Anda mendapatkan banyak backlink dalam waktu singkat – Google bisa mengidentifikasi blog Anda melakukan spamming backlink jika menganggap apa yang terjadi sebagai kegiatan yang tidak wajar (tidak natural atau tidak alami).
Backlink dari situs yang tidak relevan – Relevansi adalah segalanya. Jika blog Anda membahas tentang kesehatan, dan Anda menadapatkan backlink yang berasal dari blog-blog otomotif, bisa-bisa Google salah mengindetifikasi blog Anda. Google mungkin akan mengira blog Anda bukan tentang kesehatan, melainkan tentang otomotif.
Backlink yang berasal dari website dengan domain authority yang rendah  – Mindset yang benar untuk saat ini adalah kualitas backlink lebih utama dibandingkan dengan banyaknya  backlink. Jadi, berusahalah mendapatkan backlink sealami mungkin. Kalau Anda ahli dalam mencari backlink, pastikan jumlah link Anda tidak terlalu banyak sehingga Google tidak mencurigai Anda melakukan kecurangan untuk memanipulasi halaman hasil pencarian dengan backlink yang Anda tanam.

3. Tambahkan Schema.org Markup pada Situs Anda

Schema.org adalah salah satu tipe markup yang bisa Anda letakkan pada kode-kode yang menyusun website Anda. Anda bisa menggunakan schema.org untuk memberitahu Google gambar mana yang merupakan logo website Anda, mana review Anda, atau dimana letak video Anda. Juga tipe perusahaan Anda dan lokasinya, dan masih banyak lagi lainnya.

Google sudah member isyarat tentang schema.org beberapa waktu yang lalu:
Dari waktu ke waktu, saya pikir schema.org adalah sesuatu yang mungkin masuk dalam penentu ranking jugakata john muller. Dia juga menambahkan hal berikut sebagai alasan mengapa schema.org bisa akan dimasukkan dalam faktor penentu rangking di halaman hasil pencarian:

JikA kita mengetahui seseorang mencari tentang sebuah mobil, maka kita bisa berkata ok baiklah, kami mempunyai halaman tentang mobil yang ditandai dengan struktur data untuk sebuah mobil, jadi, mungkin schema.org bisa berguna dalam hal ini. Kami tidak perlu menebak apakah halaman tersebut tentang sebuah mobil”.

4. Optimalkan Blog Anda Untuk Mobile Friendly

Jumlah pengguna smartphone di Indonesia mencapai 55 juta jiwa pada tahun 2015. Diprediksi akan meningkat mencapai 65,2 juta pada 2016 dan 74,9 juta pada 2017. Itu merupakan alasan yang tepat untuk mulai mengoptimalkan blog Anda menjadi mobile friendly.

Selain itu, mobile friendly merupakan salah satu faktor penentu peringkat rangking suatu halaman. Anda tidak akan bisa mendapatkan rangking yang baik untuk blog Anda jika tidak segera mengoptimalkannya untuk pengguna smartphone.

Berikut adalah 3 tips yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan blog Anda:

Layout – Pastikan halaman Anda, menu, dan postingan telah dioptimasi untuk pengguna smartphone.
Behaviours – Landing page dan halaman penjualan mungkin membutuhkan strategi yang berbeda untuk smartphone. Tools seperti crazy egg akan membantu Anda menilai perilaku pengguna smartphone dan pengguna desktop.
Content –  Apa keinginan pengguna desktop dan pengguna smartphone? Apakah ada perbedaan? Tentukan format yang paling pas untuk keduanya.

5. Bangun Brand Blog Anda

Bagian paling mendasar dari SEO adalah membangun brand blog Anda. Ketika Anda menyebutkan nama blog Anda, apakah orang lain akan segera tahu apa yang Anda bicarakan? Jika tidak, maka Anda dalam masalah besar.

Brand memegang peran penting untuk SEO Anda. Orang-orang tidak perlu setiap saat mencari informasi melalui mesin pencari. Kadang-kadang mereka akan segera mengetik nama blog Anda karena mereka sudah tahu konten seperti apa yang Anda sajikan. Keberhasilan brand dan SEO jenis ini bisa ditandai dengan jumlah pengunjung yang mengakses halaman home blog Anda.

Ada beberapa cara sederhana untuk membangun brand blog Anda. Diantaranya sebagai berikut:

Ciptakan tagline yang bagus – Tagline memberi gambaran yang jelas te4ntang blog Anda. Setiap kali ada orang yang mengunjungi blog Anda, mereka akan melihat tagline Anda. Jika tagline Anda mencerminkan informasi yang mereka sukai, kemungkinan besar mereka akan berkunjung ke blog Anda untuk kedua, ketiga, atau ke dua puluh kali.
Pastikan konten Anda berkualitas – Jika pengunjung puas dengan apa yang publikasikan, mereka akan mulai membagikan tulisan Anda di media sosial, melike halaman fans page Anda, dan mungkin meninggalkan komentar ketika selesai membaca. Itu bagus untuk perkembangan blog Anda.
Perkenalkan diri Anda kepada blogger lain – Semuanya butuh waktu. Sebelum Anda membuat langkah-langkah besar untuk membangun brand Anda, pastikan Anda sudah mengenal blogger yang menyajikan topik sejenis dengan Anda. Itu akan member Anda gambaran artikel seperti apa yang disukai oleh orang-orang yang mencari informasi tentang topik yang Anda pilih.
Konsisten – Brand hanya bisa dibangun jika Anda konsisten menerbitkan konten-konten berkualitas. Jika tidak, maka blog Anda tidak akan pernah berkembang sesuai yang Anda rencanakan. 

6. Promosikan Konten Anda untuk Mendapatkan Backlink Suka Rela

Yang dimaksud dengan mendapatkan backlink suka rela adalah backlink yang diberikan oleh blogger lain secara Cuma-Cuma di dalam artikel yang mereka terbitkan. Bukan backlink yang Anda dapat dengan membayar uang atau menjadi penulis tamu.

Untuk memulai kampanye mendapatkan backlink suka rela, hal pertama yang harus Anda kerjakan adalah membuat konten berkualitas (Anda bisa membaca cirri-ciri konten berkualitas agar Anda punya standart untuk memilah mana konten berkualitas dan mana yang bukan. Setelah itu bagikan di sosial media Anda. Jika Anda sudah lama berteman dengan blogger-blogger lain, maka peluang Anda untuk mendapatkan backlink sukarela menjadi lebih besar.

Kedua, bisa melalui forum-forum yang Anda ikuti. Forum merupakan tempat yang tepat untuk mempromosikan konten baru. Tapi perlu diingat, Anda harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak dianggap spammer oleh anggota forum lainnya. Bagikan konten Anda jika ada thread yang masih berhubungan dengan blog Anda. Saat anggota forum menganggap tulisan Anda bermanfaat, mereka mungkin akan member backlink untuk Anda.

Dan terakhir, kirim email pemberitahuan kepada blogger yang sudah terkenal. Blogger jenis ini akan senang merekomendasikan tulisan Anda jika mereka terkesan dengan apa yang Anda sampaikan. Namun jika Anda merasa konten Anda belum cukup baik, jangan hubungi blogger terkenal karena mereka akan kecewa dengan Anda dan tidak akan menghiraukan Anda lagi di masa yang datang.

Kuncinya, Terulah menerbitkan konten-konten berkualitas. Itu tugas Anda sebagai seorang blogger.

7. Riset, Riset, dan Riset

Masalah terbesar yang dihadapi oleh blogger adalah ketika para pembaca mulai meragukan isi dari konten yang Anda terbitkan mengingat begitu banyak informasi salah yang beredar di internet.

Pengunjung  mungkin terkesan dengan apa yang Anda sajikan, namun apakah mereka bisa mempercayai apa yang mereka baca? Oleh karena itu, ketika Anda membuat konten, pastikan Anda menggunakan data-data dari sumber yang terpercaya. Itu akan membantu Anda mendapat kepercayaan dari pengunjung blog Anda.

Selain itu, riset kecil-kecilan juga bisa dipakai untuk mengetahui informasi seperti apa yang paling banyak dicari dalam topik blog Anda. Misalnya Anda mengelola blog kesehatan, apakah informasi tentang skizofrenia yang paling banyak dicari? Atau apakah informasi tentang demam berdarah yang sering mendapatkan pengunjung organik dari SEO?

Setelah Anda mengetahui topik yang paling banyak diakses, Anda bisa mulai untuk mempublikasikan konten-konten untuk melengkapi informasi yang menjadi populer di blog Anda. Sesederhana itu.

Dan terakhir, lakukan riset untuk mencari kata kunci yang paling banyak dicari namun persaingannya masih rendah. Percuma saja Anda menempati halaman pertama Google jika tidak ada orang yang mencari informasi tersebut. Juga percuma saja Anda mempublikasikan artikel yang banyak dicari oleh orang tapi Anda tidak bisa menempati halaman pertama.

8. Evergreen Konten akan Membuat Semuanya Tampak Sempurna

Evergreen konten adalah konten yang tidak mudah basi alias tetap relevan sepanjang waktu. Itu tujuan utama SEO. Konten yang masih relevan setelah beberapa bulan dipublikasikan akan mendatangkan pengunjung organik secara terus menerus. Jadi, jangan coba mengoptimasi konten yang bukan evergreen karena akan sia-sia saja.

Anda menghabiskan waktu untuk bisa menempati ranking 3 besar, tapi jika konten Anda bukan jenis konten evergreen, orang-orang akan segera meninggalkan blog Anda karena kontennya sudah kadaluarsa. Itu hal buruk yang tidak kita inginkan.

Contoh evergreen konten antara lain:

Tips SEO untuk wordpress.com
9 Cara membuat blog Anda menjadi lebih terkenal
5 Penyebab blog Anda gagal total
10 prinsip menulis
Cara mendapatkan sitelink dari Google

   Sekarang, luangkan waktu untuk mencari tema yang evergreen. Publikasikan dan optimalkan untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

9. Eksternal link dan Internal link

Baik internal link maupun eksternal link merupakan faktor penentu rangking Anda pada halaman hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda targetkan. Silahkan baca disini dan disini untuk penjelasan yang lebih jelas.

Untuk melakukannya, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

Pastikan ada relevansi – Jangan membuat link yang menuju halaman-halaman yang tidak relevan dengan tulisan Anda. Pembaca Anda bisa kecewa jika mereka mendapati halaman yang tidak relevan dengan apa yang mereka cari.
Jangan terlalu banyak – Untuk internal link Anda bisa membuat sebanyak yang Anda mau. Tapi untuk eksternal link, pastikan tidak lebih dari 100 atau Anda akan berurusan dengan Google dan dianggap sebagai sarang spammer.
Pastikan link Anda enak dibaca – Ada beberapa blogger yang terlihat terlalu memaksakan diri untuk membuat link menuju halaman lain sehingga tulisannya tidak enak dibaca. Jadi, buatlah link secara alami saja. Kalau konten Anda tidak membutuhkan referensi lain, maka jangan buat link apapun.

10. Buat Konten yang Panjang

Di era Google Panda, konten-konten yang kurus akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan peringkat yang baik. Jadi sebisa mungkin buatlah konten yang panjang, konten yang bisa membuat pembaca Anda berkata “Ini adalah sesuatu yang saya cari”.

Perlu diingat, konten yang panjang itu harus diartikan sebagai konten yang berisi banyak informasi. Jangan terlalu banyak berbasa-basi dalam tulisan Anda untuk membuatnya tampak panjang. Jika informasi yang Anda miliki memang hanya butuh sedikit penjelasan, maka jangan buat konten panjang.

Berapa panjang yang paling ideal untuk bersaing dengan blogger lain?

Menurut pengalaman saya 800 kata adalah yang minimal. Namun jika Anda benar-benar ingin berada di halaman pertama Google, sebaiknya Anda membuat konten yang panjangnya lebih dari 2000 kata.

Referensi:
1. SearchEngineLand.com
2. Entrepreneur.com

Kesimpulan

Menerapkan strategi SEO apapun memakan waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan hasilnya. Diperlukan beberapa percobaan sebelum Anda memahami strategi SEO mana yang paling cocok untuk blog Anda mengingat setiap blog memiliki karakteristik yang berbed-beda dalam SEO.

Namun, sekali saja Anda berhasil duduk di peringkat pertama hasil pencarian untuk kata kunci populer, Anda akan mendapatkan pengunjung organik selama beberapa bulan ke depan. Jika konten blog Anda juga bersifat evergreen, mungkin Anda akan mendapatkan ribuan pageview selama beberapa tahun mendatang.

Jadi, apakah Anda tertarik belajar SEO lebih jauh lagi? Atau Anda punya strategi lain dalam mengembangkan blog Anda selain SEO? Misalnya content marketing atau melaluii iklan? Saya akan senang berdiskusi dengan Anda melalui kotak komentar yang sudah disediakan.

Iklan

4 tanggapan untuk “Strategi SEO Untuk Memperbaiki Rangking Blog Anda

  1. Akhirnya saya menemukan teman blog wp yang aktif, yang tidak hanya membahas seputar otomotif. Salam kenal mas.

    Ngomong-ngomong kok blognya tidak ada tombol untuk mengikuti.

    Biar saya gampang tahu melalui hp saya kalo blog ini memiliki artikel terbaru. Terima kasih

    Suka

    1. Buanyak sekali mas pengguna wp yg aktif. Klo pas saya rajin blogwalking bisa sampai 60 an komentar. Sekarang malas sekali blogwalking, jadi yang komen sedikit mas.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s