Haruskah Saya Ngeblog untuk Uang?

ngeblog untuk uang

Sumber gambar :  bisnisukm.com

Dalam sebuah pembicaraan di suatu sore, tiba-tiba saja ibu dan adik saya menyuruh saya untuk lebih serius dalam mengelola blog. Ibu saya punya gagasan agar saya berjualan online. Sedangkan adik saya menyuruh saya agar menulis e-book, kemudian menjualnya kepada pengunjung blog saya.

Saya hanya tertawa saja. Daripada memikirkan ide-ide mereka, saya cenderung tertarik tentang pertanyaan “Darimana mereka tahu kalau blog bisa menghasilkan uang?”.

“ Mungkin mereka adalah sebagian orang yang pernah membaca artikel tentang cara menghasilkan uang lewat blog” begitulah pikiran saya.

Sesaat kemudian, saya hanya menjawab kepada ibu dan adik saya bahwa saya terlalu malas untuk mengelola blog secara serius karena tidak punya banyak waktu luang. Mereka tidak berkata apa-apa lagi. Dan berakhirlah pembicaraan ringan tentang blog sore itu.

Tapi sedikit pembicaraan tersebut berhasil merangsang pikiran saya untuk memikirkan hal tersebut lebih jauh. Kadang-kadang saya juga heran mengapa banyak sekali orang yang tertarik dengan gagasan menghasilkan uang dari blog. Padahal jika kita berpikir realistis, dibutuhkan banyak kerja keras sebagaimana pekerjaan lainnya untuk bisa menjadi blogger sukses. Itu tidak mudah. Dan kebanyakan orang hanya menghabiskan waktu sia-sia karena blog mereka tidak kunjung terkenal. Kemudian frustasi, menjadi blogger gagal, dan berhenti ngeblog begitu saja.


Mengapa Orang-Orang Begitu Antusian Untuk Menghasilkan Uang dari Blog?

Segala sesuatu pasti ada sebabnya. Begitu pula dengan pemikiran banyak orang yang tertarik membuat blog dan menjadikannya sebagai mesin uang. Apalagi kalau bukan karena banyaknya blogger yang menerbitkan artikel tentang cara mudah menghasilkan uang dari blog.

Topik  tersebut tiba-tiba saja populer. Menghipnotis pembacanya seolah ada jalan instan untuk menghasilkan jutaan rupiah hanya dengan konsisten menulis, menerbitkannya, memasang iklan, dan uang pun akan mengalir dengan sendirinya. Meskipun sangat banyak cara yang dijabarkan selain memasang iklan seperti berjualan, menulis e-book premium, atau menawarkan keanggotaan untuk bisa mengakses konten-konten premium, tapi semua itu hanya terlalu berlebihan menurut saya.

Kenyataannya tidak ada yang mudah. Bahkan jika Anda lebih teliti, akan Anda temukan banyak kebohongan dalam artikel semacam itu. Anehnya, orang-orang sudah terlanjur beranggapan bahwa mereka mampu melakukan apa yang ditulis di dalam artikel tersebut, mereka akan mulai bermimpi dan dengan penuh semangat mencari referensi lain tentang cara membuat blog dan tips-tips ngeblog yang mereka kira akan mampu membawa kesuksesan bagi mereka.

Hanya ada satu kekurangan yang membuat mereka tidak akan pernah sukses, mereka tidak tahan banting dan bermental tempe. Dari pengamatan saya, sangat jarang orang langsung sukses ketika pertama mencoba bisnis online. Pasti akan gagal dalam percobaan pertama.

Hanya sedikit sekali yang mampu terus bertahan dan bangkit dari kegagalan tersebut. Dan merekalah bibit-bibit unggul yang akan mencapai kesuksesan di masa depan. Sisanya, hanya sebentar saja ngeblog dan menyerah begitu saja. Kabar buruknya, jumlah blogger gagal lebih banyak dibanding dengan blogger sukses.


Anda Benar-Benar Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog

Saya tidak pernah mengatakan tidak mungkin bisa menghasilkan uang dari blog. Saya juga tidak sedang menakut-nakuti Anda tentang sulitnya mencapai kesuksesan di bidang pemasaran internet dengan menunjukkan kepada Anda kalimat-kalimat negatif diatas. Tapi itu adalah kenyataannya. Kalau Anda ingin sukses, maka Anda harus bersiap untuk merasakan pahitnya kegagalan.
Di sisi lain, selain melihat banyaknya blogger yang frustasi dan gagal, saya juga sering melihat banyak blogger yang benar-benar menghasilkan rupiah melalui blognya. Jadi, menghasilkan rupiah dari blog bukanlah kebohongan.

Cobalah bergabung di grup facebook Google Adsense Indonesia. Selain adsense, disana juga membahas banyak cara menghasilkan uang dari blog. Hampir setiap hari akan Anda lihat blogger-blogger sukses menunjukkan screen shot penghasilannya. Itu bisa membantu Anda meningkatkan motivasi untuk berjuang di dunia perbloggeran Indonesia dan mencapai kesuksesan di masa depan.


Haruskah Saya Ngeblog Untuk Uang?

Sejujurnya saja, saya sangat bergairah ketika membaca cerita-cerita tentang menghasilkan uang dari internet. Saya selalu antusias sebagaimana Anda. Dan saya selalu bersemangat untuk menggali lebih jauh tentang internet marketing selama beberapa minggu terakhir setelah pembicaraan dengan ibu dan adik saya. Bagi saya topik tentang cara orang lain menghasilkan uang adalah topik yang paling menarik. Begitu banyak hal baru yang membingungkan. Dan saya tampak konyol ketika mulai berpikir untuk menginvestasikan sedikit uang di bisnis internet.

Selama beberapa hari saya menjajaki kemungkinan tersebut. Rasanya menyenangkan. Rasa penasaran di hati saya tidak pernah surut. Pasti orang-orang yang telah menghasilkan uang benar-benar bekerja keras untuk mencapai semua kesuksesan yang mereka raih. Benar-benar luar biasa.

Tapi saya sudah begitu nyaman dengan pekerjaan saya sebagai penjual buah di pasar tradional. Apalagi saat ini sudah musim panas, masa terbaik untuk menghasilkan uang dengan cepat. Saya terlalu sibuk. Biasanya saya baru mempunyai waktu luang setelah pukul 09:00 malam. Itupun saya habiskan dengan tiduran menonton televisi dan minum secangkir kopi. Sejauh ini saya puas dengan uang yang saya hasilkan dan saya bahagia dengan keadaan semacam ini.

Di sisi lain, memulai sebuah bisnis online mungkin adalah ide terbaik yang pernah saya pikirkan. Saya merasa bersemangat sekali seperti ketika saya masih kuliah. Banyak referensi yang harus saya baca, kemudian harus saya uji coba, dan mencoba membuat beberapa kesimpulan sederhana mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak. Semua hal baru tentang bisnis internet hampir begitu menggoda untuk dicoba.

Meskipun nanti saya gagal, paling tidak saya akan mendapat pengalaman untuk dipakai sebagai bahan tulisan di blog ini.” Pikir saya.

Haruskah saya ngeblog untuk uang seperti kebanyakan blogger lain?

Perlukah saya membuat blog baru untuk bisnis internet karena blog shiq4 ini diciptakan hanya untuk bersenang-senang?

Berapa lama kira-kira waktu yang saya perlukan untuk mulai menghasilkan uang?

Berapa banyak uang yang mampu dihasilkan dari blog yang saya kelola secara professional?

Pertanyaan semacam itu memenuhi kepala saya. Dan demi Tuhan, saya merasa sangat mampu untuk mengerjakan semuanya. Seandainya saja saya tidak sesibuk saat ini, mungkin saya akan segera mencoba membangun bisnis di dunia maya.

Tapi saya tetap manusia yang selalu realistis. Untuk kali ini pikiran saya lebih dominan dibandingkan dengan perasaan saya. Meskipun saya merasa mampu melakukannya, itu mungkin adalah perasaan yang salah. Saya mencoba membuat daftar tentang  hal-hal yang diperlukan untuk menjadi blogger professional. Setelah memikirkannya, saya rasa saya tidak mampu memenuhi syarat tersebut dalam beberapa tahun mendatang. Dan saya menertawakan kenyataan semacam itu.

Sudahlah, mungkin saya memang tidak berjodoh dengan bisnis internet. Walaupun saya tidak bisa mempraktikkannya, mungkin saya bisa menulis beberapa teori berdasarkan artikel yang ditulis oleh blogger profesional lainnya. Setidaknya menulis beberapa teori membuat perasaan saya lebih baik dibanding hanya memikirkannya. Siapa yang tahu kalau ada yang mau mencoba beberapa teori internet marketing yang saya publikasikan di blog ini.

Jadi, untuk sementara saya tidak akan ngeblog untuk uang. Jika saya memiliki banyak waktu luang di awal musim hujan tahun depan, pasti akan sangat menyenangkan untuk menginvestasikan sedikit uang dan mulai membangun bisnis internet saya sendiri. Itulah rencana terbaik yang bisa saya susun untuk saat ini. 

19 thoughts on “Haruskah Saya Ngeblog untuk Uang?

  1. Paling susah memang memanajemen diri. Orang-orang yang memotivasi orang lain untuk hal itu memang tidak salah. Karena itu memang layak dilakukan, membagi informasi. Yang mestinya berpikir kembali adalah pembaca, karena tidak semua bisa kita lakukan. Passion akan sangat berperan di situ. 🙂

    Suka

  2. Ya, sy pernah melakukan itu, mksudnya jualan online. Sy pernah jd agen pulsa online, distributor MLM n pernah ngotak ngatik pk adsense jg.
    Kl MLM sh sy pernh mmbngun jaringan d situ lewat blog2 yg sy punya. Tp sy justru ga nyaman dgn uang2 yg dihasilkn dr situ. Kita duduk santei memanaj member2 kita, n kita dpt bonus dr setiap transaksi yg mrk lakukan. Jujur, sy kuatir dgn kehalalan dr bisnis spt itu.
    Akhirnya sy skrg lbh senang mengelola blog d wordpress, n tujuannya bkn utk mndptkn uang.
    Tujuan sy ngeblog: “improving my English, finding new friendships, n spreading the messages of Islam.”
    BTW, mksh bnyk atas posnya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Wah udah banyak pengalaman. Saya sih masih ragu2 apa bisa ya menjalankan bisnis online dengan baik. Soalnya pasti butuh banyak kerja keras untuk mencapai kesuksesan, sementara kemampuan masih minim sekali.

      Disukai oleh 1 orang

      1. Bnyk sh ga. Cuma pernh menekuni itu, sblm kmbali mengajar. Kl kt mau bisnis online, mmng hrs siap dgn waktunya. Ada plus minusnya jg sh. Kl kt g punya brng, ya kt mau jd reseller produk apa? Kl mau jd penulis lepas, kmmpuan mnulis yg hrs diasah. Bicara ttg bisnis online, Maret kmrn sy punya pengalamn jelek. Ceritanya sy bli produk d toko online, toko tsb sngt aktif dlm briklan. Sy pkir mungkin produk2x bgus, ternyata ktk sy mnrima produkx, sy kecewa krn ada cacat di kemasan. Sy sbg konsumen akhirx kapok utk beli barang online. Kepuasan konsumen hrs diutmkn jika mmng ingin terjun d bisnis online. Oh ya skill ttg SEO jg perlu. Moga sukses ya!!

        Suka

      2. Trima kasih mbak fatmawati, sekarang cuma baca2 dulu, mungkin baru tahun depan saya benar2 menjalankan bisnis online. Klo sudah merasa mampu dan percaya diri. Untuk sementara harus bisa tenang dan sabar merencanakan semuanya.

        Disukai oleh 1 orang

  3. Kalo saya, merasakan senang saat ngeblog adalah poin utamanya, apalagi bila ada orang senang membaca blog kita. Bonus lain barangkali juga berupa teman baru, ilmu baru, hingga pundi2 uang… dengan begitu, ngeblogpun terasa nikmat.

    Suka

  4. Bisnis onlinenya bisa dimulai dari Yang paling sederhana lho. Dari lapak buah sendiri. Sekaligus langkah awal gedein usaha buahnya. Semisal melayani pesan antar buah yang Diorder via BBM, Line, WA atau yang lain. Tiap buah datang yang baru pajang photo dan update status. Bisa juga melayani parcel buah dan diorder via yang tadi itu BBM or lainnya. Mungkin adiknya bisa bantuin buat merangkai buahnya. Lumayan kan? Ntar kalau sudah gede bisa merambah bisnis lainnya dan dibuatkan situs sendiri.

    Temenku mulai usaha olshop Awalnya juga cuma modal smartphone. Emang harus rajin promo sih… Tapi kalau satu pelanggan cocok pelanggan lain akan datang sendiri…

    Suka

    1. Parcel buah cuma pas hari-hari besar saja mbak dyah soalnya target pemasaran kami kelas menengah ke bawah, jadi sulit terjual di hari2 biasa. Sebenarnta salah satu adik saya sudah mengeluti bisnis online dg dropshipping via facebook, hasilnya lumayanlah buat jajan, tapi saya sendiri lebih tertarik menulis e-book seperti ide adik saya, sekarang baru menyusun kerangkanya, mungkin klo nggak malas bisa selesai dalam 9 bulan.

      Suka

Tinggalkan Balasan

