Menulislah Sungguh-sungguh

Jika Anda ingin mahir menulis, Maka Anda harus berlatih sungguh-sungguh, Disiplin dan bekerja keras untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Karena tidak ada sesuatu pun yang bisa membuat Anda mahir menulis dalam satu malam. Bahkan penulis profesional pun membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menulis sesuatu yang disebut “Karya Tulis”.

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan menulis, menulislah dengan sungguh-sungguh secara teratur. Buatlah gaya menulis yang unik seolah Anda adalah seorang profesional.

Jika Anda merasa bosan, berhentilah sejenak untuk menyegarkan pikiran Anda. Bacalah sebanyak mungkin artikel bertema sama dengan artikel yang Anda tulis. Ada 5 hal yang harus Anda hindari jika mengalami kebosanan dalam menulis yaitu :

1. Minder. Jangan malu dengan tulisan anda yang apa adanya. Karena semua penulis profesional pun pernah melakukannya. Merasa tulisannya jelek sekalipun artikelnya bagus dan menarik.

2. Malas. Keinginan meluap-luap tetapi tidak pernah mau mencoba. Berusahalah dengan sungguh-sungguh karena dimana ada kemauan pasti ada jalan.

3. Tidak tahu mau menulis apa. Mulai saja dengan hal-hal yang Anda sukai. Misalnya menulis tentang komputer atau internet. Sesuatu yang benar-benar Anda ketahui.

4. Tidak memiliki visi. Anda harus memiliki target jangka panjang. Mulailah dengan memilih alasan menulis agar memiliki tujuan yang jelas.

5. Tidak memiliki media untuk karya tulis. Minimal milikilah blog atau komunitas yang bersedia menampung tulisan Anda. Misalnya blogger.com, wordpress.com atau kompasiana.

Dan terakhir teruslah menulis sekali pun tidak ada seorang pun yang membacanya. Karena semuanya butuh waktu. Anda hanya perlu sedikit sabar.

Referensi:
1. Improve Writing Skill
2. Menulis itu gampang

8 tanggapan untuk “Menulislah Sungguh-sungguh

  1. Tips menulis:
    ambil kertas, ambil pensil, tarik garis dari atas ke bawah pake pensil di atas kertas.
    Selamat, kamu udah berhasil menulis huruf “I”

    #menulisitumudah

    Suka

Komentar ditutup.