4 Kesalahan Dalam Menulis Artikel

Sebagai blogger pemula, saya sering melakukan kesalahan dalam menulis artikel. Kesalahan-kesalahan kecil itu mengakibatkan artikel tersebut tidak enak untuk dibaca. Diantara sekian banyak kesalahan tersebut, berikut adalah 4 kesalahan yang sering saya lakukan :

1. Terlalu Fokus  Pada SEO
Kesalahan terbesar saya selama menulis artikel atau sebagai blogger adalah menulis artikel SEO. Sekali pun artikel tersebut berada pada halaman pertama google, namun tanpa disadari artikel tersebut kurang enak dibaca karena terlalu banyak kata yang “dipaksakan” demi mengejar keyword. Pada akhirnya, pembaca yang melakukan klik meninggalkan artikel tersebut karena bosan dijejali keyword.

2. Artikel yang Terlalu Panjang.
Artikel yang panjang itu baik, sepanjang isi yang ditulis tidak berbelit-belit demi mengejar keyword. Artikel jenis ini adalah artikel yang tidak efektif dan efisien karena biasanya hanya dibaca pada point-pointnya saja.

3. Judul Palsu
Judul artikel yang tidak sesuai dengan isi membuat pengunjung kecewa. Usahakan tidak berlebihan dalam membuat judul agar sesuai dengan isi artikel yang ditulis.

4. Takut tidak menggunakan bahasa baku.
Pada kenyataannya pembaca tidak terlalu fokus pada bahasa yang baku. Gunakanlah bahasa sehari-hari seperti ketika Anda berbicara. Point terpenting di sini adalah pembaca mengerti dengan apa yang Anda tuliskan.

Pada akhirnya saya menyadari bahwa pembaca adalah segalanya. Pembaca lebih menyukai informasi yang wajar dan enak dibaca. Bukan menjadi korban yang dipaksa membaca artikel yang tidak jelas dengan keyword yang terlalu dipaksakan.

3 thoughts on “4 Kesalahan Dalam Menulis Artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s