Sumber gambar : nonprofitcopywriter.com
Copywriting adalah teknik menulis iklan dengan tujuan menjual barang dan jasa.
Tapi seperti yang kita ketahui bersama, dewasa ini bloger mulai menulis postingan menggunakan teknik-teknik copywriting.
Copywriting telah berevolusi menyesuaikan perkembangan zaman.
Menurut copywriting.com, berikut adalah definisi copywriting yang sebenarnya :
Copywriting adalah seni dan sains penulisan untuk mempromosikan suatu produk, bisnis, seseorang atau ide. Dan dengan hati-hati memilih, mengedit, menenun dan menyusun kata-kata itu dengan cara tertentu sehingga mereka bisa meyakinkan pembaca untuk melakukan tindakan yang spesifik dan terukur.
Terlepas dari apapun tujuan Anda menulis di blog, sangat bijaksana jika mulai menggunakan teknik-teknik copywriting.
Untuk mendapatkan komentar. Agar pengunjung mendownload produk Anda. Untuk mendapatkan backlink. Untuk personal branding. Atau untuk mempengaruhi pembaca agar menerima ide-ide Anda.
Karena kekuatan copywriting bukan isapan jempol semata. Copywriting bekerja dengan baik dan terbukti ampuh untuk digabungkan dengan content marketing.
Sebagai catatan, 19% pemasar konten B2B menyebut “Menjadi penulis yang lebih baik” sebagai salah satu lima prioritas pertama dalam survey di tahun 2016.
Jika Anda tidak tahu apapun tentang copywriting, namun ingin mengaplikasikannya, maka berikut adalah dasar-dasar copywriting untuk membuat postingan blog :
1.Gunakan Paragraf Pendek
Kesalahan yang sering dilakukan oleh bloger adalah terlalu banyak menggunakan paragraf panjang.
Karena blog bukanlah buku, sangat penting untuk menjaga pembaca tetap bersemangat untuk menyelesaikan bacaan.
Lihatlah portal-portal berita yang ditulis penulis berpengalaman, maka Anda akan melihat paragraf-paragraf pendek jenius.
Selain memudahkan pembaca mengingat pesan penting seperti di dalam iklan, rentetan paragraf pendek cenderung tidak “terlihat” membosankan di mata pembaca.
Menurut Twelve Skip, ada 10 alasan mengapa Anda harus menggunakan paragraf pendek :
- Mayoritas pengguna internet melakukan scan, tidak benar-benar membaca.
- Perhatian pembaca hanya sesaat.
- Paragraf pendek menumbuhkan minat baca.
- Lebih sedikit infomasi untuk difilter.
- Blog memang seharusnya pendek.
- Menyampaikan setiap pesan dengan jelas.
- Menambah efek dramatisasi.
- Lebih efektif untuk menginspirasi.
- Menambah spaca putih.
- Peluang terjadinya error semakin kecil.
2. Tingkatkan Skill Menulis
Untuk menjadi copywriter yang hebat, Anda perlu menguasai dasar-dasar menulis yang baik seperti penggunaan tanda baca, pemilihan diksi, dan kata-kata baku.
Bukannya meremehkan, tapi skill berikut juga harus Anda kuasai agar konten menjadi menarik :
- Menulis paragraf pembuka
- Membuat kesimpulan
- Menyederhanakan ilmu-ilmu kompleks
- Menulis menggunakan bahasa yang ringan
- Menggunakan gaya menulis sesuai target audiens
Oleh karena itu, Anda perlu membaca 2 konten berikut :
- 12 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis – Ada tips ringan bagi penulis pemula agar menjadi penulis yang lebih baik dalam waktu singkat. Wajib baca.
- 9 Latihan Menulis Artikel yang Menarik – Ini merupakan latihan yang biasa saya lakukan untyk menghasilkan konten-konten beekualitas di Internet.
3. Fokus Membuat Judul yang Menarik
“Five times as many people read the headlines as read the body copy.”David Ovigly
Mungkin sebagian besar dari kita terlalu meremehkan peranan judul, tapi David Ovigly percaya bahwa judul yang buruk menghabiskan 90% budget pemasaran.
Agar orang lain mau membaca tulisan kita, sangat penting memastikan judul postingan sudah menarik dan mampu mendorong orang agar mau melakukan klik.
Karena judul postingan muncul di semua tempat paling strategis : di mesin pencari, Rss, email, bahkan tulisan bloger lain. Jadi, bekerjalah lebih keras ketika menciptakan judul.
Menurut penelitian, ternyata ada benarnya apa yang dikatakan Ovigly. 80% Pembaca melihat judul, tapi tidak membaca isinya.
Artinya, masih terlalu banyak judul yang payah. Jangan menjadi salah satunya.
Jesse Forrest menyarankan untuk membuat lebih dari satu judul. Jika Anda sudah terbiasa melakukannya, Anda akan tahu bagaimana membuat judul memikat dalam percobaan pertama.
4. Lakukan Riset
Orang tidak akan mempercayai apa yang Anda sampaikan, terutama bagi Anda yang baru meluncurkan website.
Tidak masuk akal jika Anda melakukan klaim sepihak di dalam konten tanpa bukti-bukti yang mendukung opini atau ide-ide Anda. Meskipun apa yang Anda katakan bukanlah sebuah kebohongan.
Kita hidup di dunia dimana semua orang mengaku ahli di bidangnya. Terlalu banyak korban berjatuhan karena informasi hoax dan informasi yang salah, jadi, kita menghadapi pembaca yang skeptis.
Tapi itu bukan masalah besar jika Anda menemukan informasi pendukung dari blog-blog otoritas dan terkenal. Mengutip mereka merupakan langkah awal mendapatkan kepercayaan pembaca.
Semakin banyak referensi yang Anda gunakan, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca.
Ingat, copywriting menonjolkan klaim disertai bukti-bukti kuat sehingga pembaca benar-benar percaya apa yang Anda sampaikan dan mau melakukan apa yang Anda inginkan tanpa mereka sadari.
5.Tulis dengan Jelas
Pernah membaca konten-konten panjang yang minim informasi? Konten semacam itu mengejar SEO tetapi melupakan pembaca.
Memang benar konten panjang cenderung menempati halaman pertama Google. Dengan catatan, panjangnya konten karena padat dengan informasi dan tidak pernah bertele-tele.
Copywriting semacam itu. Menulis dengan jelas langsung pada poinnya. Itulah mengapa mereka yang mampu menulis konten panjang dengan jelas menggunakan copywriting merupakan orang-orang sukses.
Karena tulisan mereka berbobot. Dan karena hanya segelintir orang yang mau benar-benar mengaplikasikan copywriting dengan sungguh-sungguh, maka peluang keberhasilannya sangat besar bagi yang ingin mencobanya.
Jika Anda mampu menjelaskan dengan 500 kata, maka menulis sepanjang 1000 kata merupakan kesia-siaan.
Kesimpulan
Tidak ada yang mengatakan copywriting mudah dipelajari dalam waktu singkat, tapi copywriting juga bukan ilmu roket. Jadi, siapapun bisa belajar copywriting secara otodidak.
Di atas adalah hal paling dasar dan seharusnya dijadikan kebiasaan oleh bloger yang menginginkan lebih banyak pembaca.
Lakukan secara rutin dalam proses penciptaan postingan blog dan lihat bagaimana keajaiban kecil mungkin terjadi.
Apakah Anda tertarik untuk belajar copywriting? Mengapa ya dan mengapa tidak? Bagikan di komentar.
tapi ko blog terllau pendek seonya kurang shiq
SukaSuka
Ada cara untuk mengakalinya. Lain kali akan saya bahas cara main seo dengan konten2 pendek.
SukaSuka
hey kak juju rnih klo ak suka baca blogmu tentang tips2 ngeblog beginian hehehe
SukaSuka
Wah makasih apresiasinya. Biasa konten tentang blog pasti muncul maksimal seminggu sekali. Soalnya butuh lebih banyak pengalaman lagi untuk menulis tips2 ngeblog 😀
SukaSuka
Tentu saya tertarik belajar copywriting. Saya selalu kagum kepada penulis-penulis yang mampu menyelipkan konten iklan dan promosi di postingan mereka dengan mulus.
Sejauh ini sih saya baru melakukan yang nomor 1 aja, karena itu yang paling gampang hahaha.
Selanjutnya mungkin judul dan paragraf pembuka.
SukaSuka
Coba utak-atik judul mas firman. Soalnya saya juga baru mulai belajar otak-atik judul akhir-akhir ini dan kedepannya nanti.
SukaDisukai oleh 1 orang
Saya tertarik belajar copywriting, yg psti krn saya ingin agar tulisan saya bisa trlihat menarik dan berisi. Sya rasa yg saya tulis slma ini msh bgtu jauh dari sempurna, mkanya trus bljar. Krn itu, teori2 keren dari Shiq4 itu pastinya sngat membntu. Selama ini sya memang kesulitan utk membuat headlines yg menarik, pdhal saya sih udah bca2 trik membuat judul dari blog Shiq4, knp ya? Apa mungkin saya terllu bebal utk mengaplikasikannya, atau krn memang setiap blog itu unik atau alsan lainnya?
Lagian, yg sy tulis sih hal2 yg biasa saja kyaknya. Trmksih buat tips nya mas, stidaknya tambah ilmu lg
SukaSuka
Klo judul saya sendiri juga kurang bagua mas desfortin. Banyak sih templare judul yg bagus, cuma saya sendiri keaulitan membuat kontennya. Mungkin setiap blog punya karakteristik pembaca masing-masing mas desfortin. Jadi untuk menemukan yg bagus mesti sering2 melakukan percobaan dan melihat konten seperti apa dan judul seperti apa yg pling diminati pembaca blog kita.
SukaDisukai oleh 1 orang
Waaa bermanfaat sekali share nya. Makasih Bang, tercerahkan nih. Copywriting saya masih zero point. Mulai belajar stl baca postingan ini 😃
Konteks blog memang punya tata efektif sendiri, saya suka jadi totalitas. Entah SEO (seminimal-minimalnya lah 😀), entah konten bermanfaat, entah gaya penulisan yang asik (termasuk copywriting), semuanya ingin saya capai. Yahh serakah amat yak. Tapi-tapi, setiap blogger pasti ingin melakukan yang terbaik 😃.
Saya menemukan “kekuatan” di beberapa postingan Bang Shiq4 ini. Sekali lagi thanks.
SukaSuka
Ha ha ha…. Fokus saja ke satu ilmu dulu. Karena ilmu ngeblog terhubung satu sama lain. Menguasai satu berarti berpotensi menguasai semuanya 😀
SukaDisukai oleh 1 orang
Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya 😁
SukaSuka
Terima kasih atas apresiasinya 😀
SukaSuka
Sangat menarik, dan menjadikan saya tertarik untuk mencoba copywriting. Terimakasih artikelnya.
SukaSuka
Iya sama-sama 😀
SukaDisukai oleh 1 orang