Tidak Jadi Libur Ngeblog

Tidak Jadi Ngeblog​​Sumber gambar : masekorner.com

Sebenarnya kemarin saya sudah berniat libur ngeblog dulu karena tidak mungkin menulis tanpa laptop. Namun tiba-tiba saya teringat masa awal ngeblog dulu, yakni ngeblog via smartphone saja.

Antara yakin dan tidak, rencana tersebut hampir mustahil jika ingin membuat konten bermutu, panjang, dan memenangkan persaingan di mesin pencari.

Tapi begitulah hidup. Terkadang inspirasi datang begitu saja saat kita tidak benar-benar menginginkannya.

Selama ini saya menulis dengan menggunakan role model. Saya berusaha meniru gaya menulis Neil Patel dan Jon Morrow yang panjang dan dalam. Juga Jeff Goins yang kreatif.

Tanpa laptop, sebuah keniscayaan untuk mempelajari gaya menulis mereka dan mengembangkan gaya menulis sendiri.

Namun internet begitu luas. Jika harus menulis dari smartphone, tentu saya hanya mampu menulis konten-konten singkat. Dan tidak ada model yang lebih baik dibanding dengan Seth Godin.

Inspirasi baru. Seth Godin adalah bloger hebat. Dan tidak ada salahnya mencoba menjadi Seth Godin.

Ya…. Saya akan belajar menulis dengan gaya baru untuk mengisi blog selama laptop diperbaiki. Menulis ala Seth Godin.

Bersiap untuk yang Buruk

Kalau boleh mengatakan kebenaran, sebenarnya saya sudah nyaman dengan gaya menulis yang selama ini saya gunakan. Tugas saya hanya menyempurnakannya saja dengan menambahkan beberapa detail yang dibutuhkan. Hanya saja memang ada gaya menulis singkat dan populer.

Tapi ini juga suatu kegilaan. Berganti gaya menulis tidak semudah membalik telapak tangan. Dan saya sudah bersiap untuk menghasilkan konten-konten yang buruk.

Hidup memang penuh ketidakpastian. Itulah yang membuat hidup menjadi lebih berwarna.

Saya siap untuk belajar. Bahkan jika harus mulai dari nol lagi untuk melakukannya.

Sebuah Pertanda Buruk

Rencana saya adalah membeli domain tahun depan dan ikut program Wordads. Dipikir-pikir, lumayan juga bisa dapat uang dari blog mengingat pageview blog semakin meningkat setiap bulan.

Namun kerusakan laptop merupakan pertanda buruk. Mungkin peringatan karena niat menulis saya mulai berubah dari menulis untuk “bersenang-senang saja” menjadi “mencari uang”.

Alasan mengapa saya tidak boleh menulis untuk tujuan komersial adalah karena saya sudah terlalu banyak mengkonsumsi buku bajakan. Dan hukum yang saya yakini adalah “mendapatkan ilmu gratis, maka harus menberikannya secara gratis pula

Jadi, sepertinya saya membatalkan rencana pembelian domain dan tetap menulis seperti biasanya saja. Tidak boleh berganti niat.

Karena pergeseran niat itu, mungkin saya dihukum sehingga laptop rusak dan harus kembali menjalani kehidupan seperti di masa awal ngeblog, untuk mengingatkan bahwa saya tidak boleh menulis dengan tujuan komersial sebagai akibat dari mengkonsumsi buku-buku bajakan di internet.

Mari Menulis

Percuma saja mengeluh atau bersedih karena sesuatu yang tidak bisa saya kontrol. Untuk sementara, saya harus mulai membiasakan diri menulis singkat.

Jadi, mari menulis dan bersenang-senang dengan cara berbeda. Semoga saya betah menulis seperti ini sehingga nanti, saat laptopnya sudah normal, saya punya banyak pilihan untuk mengupdate blog dengan tambahan menulis singkat via smartphone.

25 tanggapan untuk “Tidak Jadi Libur Ngeblog

  1. Sebenarnya menurut saya, itu bukan pertanda buruk gan, tetapi tantangan yang harus dihadapi. Saya pernah mengalami yang agan rasakan, dan saya bersyukur laptop saya udah diperbaiki, meskipun butuh tendangan RAM (laptop saya hanya 1GB RAMnya). Kira-kira kalau ganti domain jadi apa gan? kwkwkwk… beli domain atau sewa hostibg? Atau upgrade wordpress? Ditunggu jawabannya gan..

    Disukai oleh 1 orang

  2. Iya menurut saya juga itu bukan pertanda buruk mas, mungkin kebetulan saja. Saya pikir nmas shiq sudah sangat pantas untuk mengembangkan blognya mjd blog profesional.
    Hayo ..semangat mas shiq4 !

    Suka

    1. Ha ha ha…. Belum siap saya. Lagipula di indonesia iklimnya belum cukup mendukung untuk mendapatkan uang dari blog. Susah sekali. Jadi terus ngeblog gratisan saja sambil memantau situasi. Paling nanti bisa jualan ebook sekalipun pake wordpress gratisan.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Itulah rencana manusia, tp keadaan kmudian bisa mengubah bnyk hal. Bgtupun gaya nulis, krn Shiq4 punya bnyk pilihan utk update blog tiap hri.

    Dan klo nurut saya, jlani aja ap yg bisa dan tersedia saat ini, emang sih klo ngeblog pke smartphone tak seleluasa pke laptop, tp ttp bisa kok.

    Kayaknya boleh juga nikmati tulisan singkat ala Shiq4, biar bcanya juga lbih cpat, hee…

    Suka

    1. Iya mas desfortin. Ngeblog pake hape juga nggak masalah kok.

      Belum siap buat ganti gaya menulis. Masih harus sering baca. Biarpun singkat itu seth godin bacaannya buanyak.

      Disukai oleh 1 orang

  4. Semaaangat 💪 klo aku biasanya mas nyiapin draft bnyak jga-jga klo lptop knpa npa, atau gk ada pketan, ntr tinggal post lwat hp, lgian klo di hp ngeditny susah bner 😱

    Suka

    1. Terpaksa tidak pake diedit mbak kunu. Begitu selesai langsung publish. Cuma jadinya malas nulis konten panjang. Padahal awalnya saya niatkan semakin panjang tulisan saya setiap harinya.

      Disukai oleh 1 orang

  5. Sy sdh dua bulan ini ngeblog pake smartphone, krna agak padatnya kesibukan sehingga berkurang waktu utk buka laptop. Memang relatif sulit untuk editing krna terbatasnya fitur. Akhirnya tulisannya sekali jadi tanpa editing. Minimal meneruskan mengadah hobi menulis harian/mingguan.

    Suka

  6. Saya setuju dengan komentar lain, bukan pertanda buruk, mungkin sekedar cobaan.
    Ini sekedar pendapat saya, andaikata kalau saya jadi mas maka saya sendiri tidak merubah blog pribadi menjadi bisnis karena itu aset pribadi, dan adword/iklan saya rasa kurang menguntungkan daripada memasarkan produk premium, seperti buku.
    Anyway, terus semangat menulisnya.. kontennya hebat-hebat 🙂

    Suka

    1. Wah terima kasih mas wildan atas apresiasinya. Rencana tinggal rencana. Coba liat kedepannya saja. Mungkin cuma ganti domain saja untuk mendukung SEO blog. Untuk monetisasi sebaiknya dilupakan dulu untuk sementara.

      Disukai oleh 1 orang

  7. Oh krn laptopnya rusak. Kirain karena ancaman virus cryware kmrn. Semoga cepat bae laptopnya. Menulis bagusnya utamakan manfaatnya yg besar bagi diri sendiri dulu sih ya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

