5 Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Meluncurkan Blog Baru

faktor yang harus dipertimbangkan

Sumber gambar : wpstand.com

Setelah Anda membaca “6 persiapan sebelum membuat blog”, sekarang Anda memiliki sedikit paradigma tentang merencanakan blog yang sukses.

Tapi tunggu dulu. Ada baberapa hal lagi yang harus Anda lakukan.

Beberapa blogger baru yang saya temui mungkin berpikir bisa segera meluncurkan blog baru tanpa memiliki rencana yang matang. Mereka ngeblog secara spontan. Awalnya blog mereka akan berjalan dengan lancar. Tapi beberapa waktu kemudian, mereka akan mengeluh betapa sulitnya menjadi blogger.

Itu karena mereka tergesa-gesa dan menganggap remeh kegiatan ngeblog sehingga mereka kesulitan mengembangkan blog ke level selanjutnya. Oleh karena itu, Anda perlu untuk membuat perencanaan sedetail mungkin agar bisa konsisten menulis dan menjadi blogger dalam waktu yang lama.  

Mengapa Harus Merencanakan Blog?

Rencana ibarat sebuah peta. Jika Anda memiliki tujuan ambisius untuk mengembangkan blog sukses, maka rencana yang matang akan mengurangi resiko kegagalan. Rencana adalah panduan Anda disaat menemui jalan buntu. Rencana adalah apa yang harus Anda lakukan agar sampai tujuan dengan selamat.

Meskipun pada akhirnya diperlukan beberapa penyusaian karena tidak ada rencana yang 100% sesuai dengan kondisi lapangan, memiliki rencana akan membuat kegiatan ngeblog Anda lebih efektif dan efisien.

Tidak akan ada keraguan dalam setiap langkah. Tidak ada tindakan yang sia-sia. Semua berjalan harmonis menjadi satu kesatuan yang akan mewujudkan segala ambisi Anda.

Satu-satunya yang harus Anda pastikan adalah Anda mampu menjalankan rencana yang Anda susun sendiri. Sebagus apapun rencana yang Anda buat, semua akan berjalan sia-sia jika Anda malas dan tidak melaksanakan apa yang sudah Anda rencanakan.

Jadi, buatlah rencana sesuai dengan kemampuan Anda. Semakin detail rencana yang Anda susun, semakin besar peluang Anda untuk mencapai tujuan.

5 Faktor yang Harus Anda Pertimnbangkan Sebelum Meluncurkan Blog Baru

Jangan khawatir jika Anda masih pemula dalam bidang ngeblog. Saya akan memandu Anda menyusun rencana agar “calon blog Anda” bisa berhasil dan menjadi terkenal.

Ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi kesuksesan sebuah blog, tapi menurut pengalaman saya, Anda cuma harus berfokus pada faktor-faktor penting berikut ini :

1. Domain Name

Ungkapan “apalah arti dari sebuah nama” tidak berlaku di dunia ngeblog. Nama domain yang Anda gunakan merupakan identitas penting bagi Anda. Orang-orang tidak perlu tahu siapa dibalik kesuksesan sebuah blog, tapi sangat penting bagi mereka untuk tahu nama domain blog Anda sehingga blog Anda bisa diakses kapan pun mereka membutuhkan informasi dari blog Anda.

Walaupun terkesan sepele, saya banyak menemui blog yang tidak terurus lagi karena pemiliknya tidak terlalu puas dengan nama domain yang mereka miliki dan memilih untuk membangun blog dari awal lagi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati menentukan nama domain yang akan Anda gunakan.

Dalam memilih nama domain, usahakan memiliki nama yang unik dan Anda sukai. Unik berarti belum pernah digunakan oleh brand manapun. Dan Anda sukai berarti nama yang memiliki arti bagi Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengakses “Tips memilih nama domain yang baik”. Postingan tersebut akan membantu Anda menentukan domain yang tepat untuk blog baru Anda.

2. Apa Topik yang Akan Anda Angkat?

Rencana paling krusial yang menentukan perkembangan blog Anda di masa depan adalah memilih topik yang tepat. Topik yang terlalu mainstream dan populer akan menyulitkan Anda dalam persaingan duduk di halaman pertama Google. Sedangkan topik yang jarang dibahas orang lain mungkin hanya memiliki sedikit peminat. Jadi, pilihlah topik dengan bijaksana.

Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui pengetahuan Anda dalam topik tersebut. Sebelum Anda meluncurkan blog Anda, sebaiknya Anda sudah memiliki pengalaman berhubungan dengan topik yang Anda pilih. Kemudian Anda bisa menyusun kategori-kategori apa saja yang akan Anda gunakan untuk mengelompokkan setiap artikel.

Gunakan teknik Brainstorm selama 20 menit dan tuliskan dalam kertas ide apa saja yang bisa Anda tulis dalam topik yang Anda pilih. Jika ada ratusan ide, mungkin topik tersebut cocok untuk Anda. Namun jika ide yang Anda dapatkan kurang dari 100 judul, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk mengangkat topik lainnya karena itu merupakan indikator bahwa Anda belum cukup ahli pada topik tersebut.

Dua artikel yang akan membantu Anda berkaitan dengan topik ngeblog :

Cara terbaik memilih topik ngeblog – Artikel ini akan memandu Anda menemukan topik yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman Anda. Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab agar Anda tahu topik apa yang cocok untuk dikembangkan.

Pilih Mana, membahas banyak topik atau satu topik – Ada kekurangan dan kelebihan masing-masing antara blog yang membahas satu topik dengan blog yang membahas banyak topic. Tentukan pilihan Anda!

3. Apakah Anda Siap Bekerja Keras?

Apakah topik yang Anda pilih membuat Anda bergairah dan ingin terus menulis? Apakah Anda punya cukup motivasi untuk menulis dengan topik yang Anda pilih dalam jangka waktu yang lama?

Blog seperti lari marathon. Pemenangnya adalah mereka yang bisa terus konsisten mempublikasikan artikel secara teratur. Bahkan ketika tidak ada seorang pun yang membaca tulisan Anda, Anda tetap harus menulis.

Pada awalnya mungkin Anda akan bersemangat untuk melakukan semua yang dibutuhkan. Mempelajari cara mempercepat loading blog, cara mendapatkan sitelink, atau blogwalking ke blog-blog yang masih berhubungan dengan topik yang Anda angkat.

Masalahnya baru dimulai ketika blog baru Anda tidak menunjukkan perkembangan. Anda menjadi malas menulis. Kadang-kadang Anda juga merasa bosan dengan kegiatan ngeblog. Dan saat itu terjadi, Anda akan mulai ragu-ragu melangkah.

Kemudian Anda akan bertanya “Apa manfaat ngeblog yang saya dapatkan?”, “Bisakah saya bertahan dan mulai mendapatkan uang?”, “Apakah kegiatan ngeblog saya menjadi sia-sia karena sepertinya tidak ada orang yang tertarik dengan tulisan saya?”

Sebenarnya ngeblog merupakan kegiatan yang santai. Asalkan Anda rutin menulis, bisa dipastikan jumlah pengunjung akan naik seiring dengan berjalannya waktu. Namun beberapa blogger baru ingin mendapatkan hasil instan, tidak sabaran, sehingga mereka frustasi dengan harapannya sendiri.

Jadi, pertanyaan terpenting adalah “Apakah Anda siap mengeluarkan banyak energi dan kerja keras untuk blog baru Anda?”. Jika tidak, sepertinya Anda akan gagal karena ngeblog butuh banyak energi dan usaha agar menjadi sukses. Jangan bermimpi jadi blogger sukses tanpa kerja keras.

4. Mengatur Waktu Untuk Ngeblog

Blog baru sangat butuh perhatian di fase awal.  Sebisa mungkin Anda harus banyak berpromosi, menerbitkan lebih banyak artikel agar blog Anda segera kaya konten, kemudian menjalin hubungan dengan influencer di sekitar Anda. Artinya, butuh banyak waktu untuk mengelola blog.

Beberapa blogger baru yang tidak bisa mengatur waktu biasanya akan terkena dampak buruk ngeblog. Mereka begadang, lupa makan, atau mungkin menjadi pertapa di kamar.
Jika tidak hati-hati, bisa saja Anda stres karena ngeblog. Oleh karena itu, sejak Anda mulai merencanakan blog baru, Anda perlu mengatur jadwal ngeblog Anda.

Tentukan kapan Anda menulis konten, berapa lama Anda blogwalking, bagaimana Anda berpromosi di media social, dan kapan harus beristirahat. Yang paling penting, pastikan kegiatan di dunia nyata Anda tidak terbengkalai hanya karena blog.

Jangan berpikir bahwa jika blog Anda sukses, Anda bisa dengan mudah menghasilkan uang sehingga Anda mengorbankan banyak hal dalam hidup Anda. Blogger baru selalu berpikir seperti itu. Ketika mereka gagal, mereka akan frustasi karena sudah mengorbankan banyak hal hanya untuk sesuatu yang tidak pernah terjadi.

5. Bagaimana Anda Menghasilkan Konten Berkualitas?

Dunia internet sudah dipenuhi beragam informasi. Jika Anda hanya mengulangi apa yang sudah ada, maka Anda akan mengalami kesulitan.
Saat merencanakan blog baru, cobalah untuk menjelajahi internet berkaitan dengan topik yang Anda pilih.

Apakah Anda bisa menulis sesuatu yang lebih baik dari yang sudah ada?, Informasi apa saja yang sudah diterbitkan oleh pemimpin pasar dengan topik sejenis? Bisakah Anda menulis perkembangan terbaru tentang topik Anda?

Dengan menjawab pertanyaan diatas, Anda akan mempunyai daftar ide yang bisa membantu blog Anda berkembang. Tapi jika Anda meragukan kemampuan menulis Anda saat ini, jangan buat blog baru dulu.

Untuk menguji kemampuan menulis Anda, cobalah membuat artikel panjang dengan judul yang sama dengan pemimpin pasar topik Anda. Gali lebih dalam. Lakukan riset. Dan bumbui dengan opini pribadi Anda.

Tunjukkan pada orang yang tertarik dengan topik yang Anda pilih. Mintalah penilaiannya. Jika ia mengatakan bagus, maka Anda bisa menulis beberapa artikel lagi dengan langkah yang sama. Dan jika Anda merasa bisa menghasilkan konten-konten berkualitas, maka Anda sudah siap untuk berbagi informasi sebagai blogger.

Tetap Semangat dan Percaya Diri

Anda sudah punya rencana. Anda sudah mempertimbangkan faktor-faktor penting sebelum meluncurkan blog baru. Sekarang Anda hanya butuh semangat dan kepercayaan diri.
Semangat dibutuhkan untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan rencana. Kalaupun ada yang tidak sesuai, Anda harus siap mencari informasi yang bisa membantu Anda keluar dari masalah yang ada.

Sedangkan percaya diri berarti kesiapan untuk terbuka dan berteman dengan blogger lain. Jangan ragukan pengetahuan yang Anda miliki tentang topik yang Anda pilih. Seiring berjalannya waktu, orang-orang akan mengenal Anda sebagai ahli sesuai dengan topik yang Anda angkat. Jangan kecewakan pengujung blog Anda.

So, selamat bersenang-senang dengan blog baru Anda.

7 thoughts on “5 Faktor yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Meluncurkan Blog Baru

  1. Artikel yg tjakep!! klo aku pribadi sih ngeblog bukan pengen dapet follower yang banyak apalagi cari uang, tapi kadang kalo lagi sedih atau galau jadi suka terhibur sendiri sama apa yang pernah kita tulis dan ga nyangka kita pernah nulis itu. Kalo kita ga pernah nulis, lama kelamaan juga kita pasti lupa apa yg pernah terjadi sama kita.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s