8 Cara agar Disukai Bloger Lain

Cara agar disukai bloger lain​Sumber gambar : pondokperubahan.com

Bloger tidak akan sukses dengan mengandalkan diri sendiri. Sama seperti kehidupan di dunia nyata, hidup di dunia maya, terutama yang memiliki rumah sebuah blog, masing-masing bloger butuh bersosialisasi dengan bloger lain.

Untuk mendapatkan komentar.

Untuk mendapatkan backlink.

Atau untuk membuat kehidupan ngeblog menjadi lebih bahagia.

Dan masih begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan jika berhasil membangun hubungan baik dengan bloger-bloger lain.

Tapi lihat kenyataannya. Tidak semua orang diberkahi dengan kemampuan bersosialisasi yang baik. Terkadang kita ingin agar disukai dan diterima bloger lain, tapi semua usaha selalu membentur tembok penghalang.

Tak peduli berapa banyak Anda mencoba, sepertinya bloger lain tidak memedulikan Anda.

Pertanyaannya adalah apakah ada cara yang mudah dilakukan agar bloger lain menyukai kita? Jika mereka menyukai kita, tentu kita akan lebih mudah berhubungan dengan mereka.

Dan Anda berada di halaman yang tepat. Karena cara ini merupakan panduan dari David J. Leibermen Ph.D. yang dipaparkan dalam buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda.  Ini teknik psikologi terapan populer. Dan saya rasa akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan teman dalam mengarungi dunia blogsphere.

Berikut adalah penjelasannya dan bagaimana menerapkannya :

1. Hukum Pergaulan

Penelitian menyimpulkan bahwa jika, misalnya, Anda sedang menjalani liburan, Anda akan menularkan rasa senang Anda kepada siapapun yang ada di sekitar Anda dan berikutnya Anda akan lebih menyukai mereka.

Sebaliknya, penelitian tentang masalah yang sama menunjukkan bahwa ketika Anda sakit perut, misalnya, orang-orang di sekitar Anda akan menjadi korban tak disengaja dari keadaan tersebut dan Anda akan cenderung kurang menyukai mereka.

Jadi jika Anda ingin disukai seseorang, bicaralah dengannya ketika suasana hatinya sedang baik atau ketika dia sedang senang atau gembira akan sesuatu. Perasaan-perasaan itu akan dia tambatkan atau tularkan pada Anda dan dia akan memandang Anda baik.

Bagaimana Menggunakan Hukum Pergaulan dalam Ngeblog

Jika suatu hari begitu banyak postingan dan harus memberi skala prioritas mana yang harus didahulukan, maka itu adalah postingan-postingan tentang kebahagiaan.

Berkomentar di postingan yang menunjukkan kebahagiaan akan membuat bloger lain lebih mudah menyukai Anda. Anda bisa meninggalkan komentar apapun, selama itu masih relevan, maka kesempatan Anda berhubungan dengan bloger tersebut akan semakin besar.

Sedangkan postingan-postingan yang menunjukkan kesedihan, lebih baik Anda berhati-hati. Siapapun yang memposting hal-hal buruk, akan lebih sensitif terhadap semua komentar. Satu saja kesalahan dalam berkomentar, dan ia tidak akan menyukai Anda seterusnya. Itulah mengapa jika menghadapi postingan tentang kesedihan lebih baik sekadar ucapan ikut berduka dan sekadar do’a saja. Selain itu, saya rasa cukup berbahaya.

2. Sering Menampakkan Diri

Menurut Moreland dan Zaonc (1982), keseringan menampakan diri menimbulkan apresiasi dan rasa suka yang lebih besar (asalkan reaksi awalnya tidak negatif). Hal ini berlaku untuk apa saja- orang, tempat, ataupun produk semakin sering muncul, semakin positif tanggapan terhadapnya.

Kadang-kadang, kita membuat kesalahan dengan mencoba tampil misterius, berjarak atau tak tampak di hadapan seseorang. Padahal, dengan berbuat itu, kita mengurangi jumlah interaksi kita. Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa kita akan berteman dangan dan cenderung lebih menyukai, orang-orang yang paling dekat secara fisik dengan kita, karena kedekatan meningkatkan interaksi.

Bagaimana Mengaplikasikan Hukum Sering Menampakkan Diri

Pertama, tentu mengenai konsistensi update konten. Usahakan melakukannya secara teratur. Jika Anda rajin update setiap hari selama 7 hari dan kemudian menghilang selama 30 hari, sepertinya Anda akan kesulitan untuk disukai oleh bloger lain.

Saya tidak mengharuskan Anda update setiap hari, melainkan untuk update secara teratur, misalnya seminggu sekali dan lebih baik lagi seminggu dua kali. Dengan demikian, bloger lain akan lebih mudah mengenali Anda dan menyukai Anda. Jadi, jangan bolos ngeblog dan menghilang terlalu lama.

Kedua, rajin-rajinlah berkomentar. Biasanya bloger lain juga memperhatikan siapa saja yang berkomentar di postingan bloger lain. Jika mereka sering melihat nama Anda di postingan-postingan bloger lain, besar kemungkinan mereka akan menganggap Anda ramah dan mau berhubungan dengan Anda.

Ketiga, jika memungkinkan, tingkatkan kualitas konten Anda sehingga bloger lain akan menyebut nama Anda di postingan mereka ketika merujuk ke tulisan-tulisan Anda. Itu merupakan jaminan semakin banyak bloger yang berpotensi untuk menyukai Anda.

3. Saling Menyukai

Banyak sekali penelitian (dan juga akal sehat) yang membuktikan bahwa kita cenderung lebih menyukai orang-orang yang menyukai kita. Ketika kita mengetahui bahwa seseorang memandangi kita baik, kita secara tak sadar terdorong untuk memandang orang itu: menyenangkan, Karenanya, jika Anda benar-benar ingin disukai dan dihormati seseorang, Anda harus menunjukkan kepadanya bahwa Anda menyukai dan menghormatinya.

Penelitian juga menunjukan kepada kita bahwa disukai secara perlahan-lahan jauh lebih efektif daripada serta-merta menjadi sahabat terbaik seseorang. Jadi jangan terlalu berlebihan dan “serta-merta” menganggap dia sahabat terbaik Anda.

Bagaimana Menggunakan Hukum Saling Menyukai

Kenyataannya saya pernah merasa tidak menyukai bloger lain sejak pertama kali saya berhubungan dengannya. Dan saya hanya menyimpulkan secara sederhana, entah bagaimana, bloger tersebut juga tidak menyukai saya.

Ketika Anda juga mengalami seperti yang saya alami, pertama, tanyakan kepada diri sendiri dengan jelas mengapa Anda tidak menyukainya? Jangan berprasangka. Karena jika Anda tidak menyukainya, mustahil orang tersebut akan menyukai Anda.

Kabar baiknya, hampir semua prasangka buruk itu salah. Kecuali Anda punya bukti-bukti kuat mengapa bloger tersebut memang layak untuk tidak disukai, Anda lebih baik tidak mencoba berhubungan dengannya agar terhindar dari masalah di masa depan.

Kedua, cobalah memberi kesempatan kepada siapa pun untuk berhubungan dengan Anda. Ini hanya masalah memaklumi bloger lain. Apakah tindakannya, komentar dan tulisannya tidak bermasalah dengan nilai-nilai yang Anda miliki?

Ketika Anda mampu memaklumi apapun hal buruk pada bloger lain, maka Anda akan lebih mudah menyukainya. Tentu saja, ketika Anda menyukai seseorang, komentar Anda akan sampai di perasaannya dan ia juga akan menyukai Anda. Selama Anda tidak sedang berakting dan berpura-pura.

4. Persamaan

Sesungguhnya, persamaan dan kebersamaanlah yang menghasilkan rasa saling suka, rasa suka
mengundang rasa suka. Prinsip yang mirip dengan Hukum ini adalah “kawan seperjuangan.”

Kesadaran bahwa “dia memahami saya”lah yang membangkitkan perasaan perasaan hangat bersama orang lain yang sepengalaman. Semua itu menunjukkan bahwa kita ingin dimengerti. 

Pengalaman-pengalaman mendalam kita bisa turut membentuk kita menjadi siapa diri kita hari ini: karenanya, orang lain yang sepengalaman kita anggap dapat “mengetahui dan memahami.” kita sepenuhnya.

Cara Menggunakan Hukum Persamaan

Sebenarnya menurut hukum ini kita sudah punya modal untuk berhubungan dengan bloger lain, yakni sama-sama suka menulis. Tapi itu saja tidak cukup karena masing-masing memiliki kesukaan lain yang lebih spesifik.

Tapi semua lebih mudah jika Anda rajin membaca postingan bloger lain. Tentu di dalamnya banyak cerita mengenai apa saja yang ia sukai dan sebagiannya. Kunci emasnya adalah jika Anda juga memiliki kesukaan yang sama, misalnya sama-sama suka drama korea, maka Anda punya kesempatan besar untuk disukai bloger tersebut (Dalam hal ini bisa tentang apa saja seperti pengalaman yang sama, atau posisi yang sama sebagai ibu rumah tangga dsb).

Anda bisa memberitahunya melalui komentar bahwa Anda juga sama seperti dirinya, maka ia akan lebih mudah menyukai Anda. Dan jika Anda ingin mendapatkan perhatiannya, bahas sesuatu bertema yang sama dengan target bloger Anda, kemudian berikan link menuju tulisannya agar ia menyadari bahwa Anda memiliki kesamaan dengannya.

Dan waktu akan membuat bloger lain menyukai Anda secara perlahan-lahan. Itulah mengapa bloger yang membahas topik sejenis menjadi lebih cepat akrab dibanding mereka yang berbeda topik.

5. Menarik Simpati

Bagaimana seseorang bersimpati pada Anda sangat ditentukan oleh cara Anda membuat dia nyamam. Anda bisa saja mendekatinya setiap hari agar dia menyukai Anda dan memandang Anda baik. Tetapi, bagaimana Anda bisa membuat dia bersimpati jika dia merasa tak nyaman di dekat Anda. Pernahkah Anda rasakan betapa senangnya berada di dekat orang yang penuh pengertian, tulus, baik hati dan hangat? 

Sebaliknya, pernahkah Anda rasakan betapa resahnya menghabiskan waktu lima menit bersama orang yang uring-uringan
atau suka mencela? Orang semacam itu hanya mendatangkan aura negatif dalam kehidupan Anda. Orang yang membuat orang lain merasa nyaman-lah yang paling disukai.

Cara Membuat Bloger Lain Nyaman

Sebenarnya ini berkaitan dengan postingan-postingan Anda. Sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan kata-kata negatif terlalu berlebihan atau terlalu sering mengeluhkan kejadian-kejadian buruk yang Anda alami.

Triknya sederhana, buat seolah-olah Anda tidak sedang mengeluh. Mungkin menambahkan pelajaran atau nasihat di bagian akhir agar orang lain beranggapan Anda tidak sedang mengeluh ini dan itu dan hanya ingin membagikan pengalaman berharga agar orang lain tidak mengalami hal buruk yang serupa.

Tentu masih begitu banyak trik. Kreatiflah. Yang jelas Anda harus menampakkan suatu keluhan atau masalah sebagai sesuatu yang terlihat bukan masalah besar bagi Anda.

6. Biarkan Dia Membantu Anda

Jika Anda bisa membuat dia berbuat sedikit kebaikan pada Anda, hal itu akan membangkitkan perasaan senang dan hangat dia pada Anda. 

Sering kali, ketika berupaya membuat orang lain menyukai kita, kita melakukan kesalahan dengan berbuat hal-hal menyenangkan
untuknya. Dan meskipun dia akan menghargai kebaikan Anda dan memandang Anda orang yang menyenangkan, perbuatan Anda itu tidaklah lantas membuat dia lebih menyukai Anda, sekalipun dia makin memandang Anda sebagai orang yang menyenangkan. Padahal, yang Anda inginkan adalah dia menyukai Anda, bukan sekadar percaya bahwa Anda orang baik. Kondisi ini bisa diperbaiki dengan membuat dia melakukan sesuatu untuk Anda, bukan dengan melakukan sesuatu untuk dia.

Cara Menggunakan Trik Psikologinya

Ini sangat sederhana. Jika Anda bingung memilih buku bacaan yang pas untuk Anda, maka Anda bisa meminta tolong kepada bloger yang sering membahas buku untuk memilihkan buku yang bagus. Jika Anda bermasalah dengan percintaan Anda, maka Anda bisa meminta tolong kepada bloger yang sering membahas cinta.

Sesederhana itu. Mengingat Anda sudah ngeblog selama beberapa bulan, Anda pasti menyadari kelebihan masing-masing bloger. Untuk membuat mereka senang, caranya sederhana, bertanyalah kepada ahlinya tentang masalah-masalah Anda.

Kenyataannya saya sangat senang ketika ada pertanyaan-pertanyaan tentang blog. Dan tentu saja, bloger lain juga senang ketika Anda meminta bantuan mereka dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana.

7. Saya Hanyalah Manusia Biasa

Melihat orang yang Anda kagumi melakukan tindakan bodoh atau konyol akan membuat Anda lebih menyukainya (Aronson, Winerman dan Floyd, 1966). Berlawanan dengan pandangan kebanyakan orang, tampil sempurna atau penuh percaya diri tidak selalu mendatangkan hasil yang diinginkan-artinya, penampilan semacam itu jarang membuat Anda lebih disukai dan dipandang baik.

Dengan berusaha tampil “dingin” dan “penting,” orang lain akan memandang kita terlalu menjaga penampilan dan kepercayaan-diri semu semacam ini banyak dibenci orang.

Aspek sifat manusia ini membingungkan banyak orang, karena kenyataannya kita menyukai orang yang percaya diri; kita tertarik dan suka pada orang yang memiliki kepercayaan diri. Tetapi, kita tahu
bahwa orang yang percaya diri tidaklah perlu memamerkan kepada dunia betapa hebat dia, tetapi membiarkan dunia tahu dengan sendirinya.

Cara Menggunakan Rahasia Ini

Banyak bloger yang terjebak untuk membangun personal brandnya. Menciptakan image yang bukan merupakan diri sendiri. Dan itu merupakan awal mengapa bloger lain tidak menyukai Anda.

Sebenarnya mudah saja, selama Anda menjadi diri sendiri, Anda akan disukai bloger lain. Mungkin sesekali menulis postingan tentang sikap konyol Anda atau kesalahan Anda membuat Anda tampak manusiawi di mata bloger lain.

Ingat, jangan berasumsi terlalu tinggi dengan memublikasikan hal-hal positif terlalu berlebihan. Karena Anda akan dianggap sombong. Buat orang lain percaya bahwa Anda manusia biasa yang juga memiliki masalah dan kesalahan. Dan Anda punya modal bagus untuk disukai bloger lain.

8. Sikap Positif

Seperti yang telah kita bicarakan sebelumnya. kita menyukai orang yang memiliki kesamaan dengan kita. Tetapi, ada satu: pengecualian dalam kaidah ini, Tak seorang pun ingin berada di sekitar orang yang pemurung serta mudah depresi dan pesimis. Kita semua mancari, menyukai dan mengagumi orang yang barpandangan dan benyawasan positif tentang kehidupan. Mengapa? Karena kita semua
ingin menjadi sosok semacam itu. Dan melihat semangat yang diidamkan ini ada pada seseorang akan membuat kita lebih manyukai dia.

Cara Menggunakan Sikap Positif

Ini hanya masalah kebiasaan memilih kata yang paling-paling sesuai dalam postingan dan komentar-komentar yang Anda tulis. Ingat saja aturannya, bersikaplah positif. Jangan berprasangkan buruk atau mengatakan hal-hal negatif. Jika Anda menemukan tulisan bloger lain yang bernada negatif, maka nasihati dia, ungkapkan komentar positif Anda.

Begitu pula ketika Anda beropini atau menulis suatu ulasan, pastikan Anda menyertakan sesuatu yang positif sekalipun terlalu banyak sisi negatifnya. Itu akan membuat Anda tampak manusiawi dan bijak. Dan tentu saja, bloger lain menyukai bloger semacam itu.

Kesimpulan

Berikut adalah yang harus bagian-bagian penting yang harus Anda Ingat (Ringkasan Strategi) :

  • Muncullah sesering mungkin, karena keakraban menumbuhkan rasa sayang, bukan rasa benci!
  • Jika hendak berkomentar, lakukanlah ketika suasana hatinya sedang baik, sehingga hukum pergaulan bisa berlaku. Bicarakanlah minat atau pengalaman yang sama-sama pernah kalian alami dan cobalah untuk lebih banyak mendengar, jangan terlalu banyak bicara
  • Terapkan hukum saling menyukai jika Anda menghormati dia atau mengagumi sesuatu yang ada pada dirinya, pastikan dia mengetahui hal ini
  •  Buatlah dia melakukan sedikit kebaikan pada Anda, tetapi pastikan bahwa hal itu tidak mengandung kesan perintah. Hal ini menciptakan motivasi tak sadar dia untuk lebih menyukai Anda.
  • Kita tertarik pada orang-orang yang percaya diri, tunjukkan kepercayaan diri Anda dengan mampu tertawa pada diri Anda sendiri dan tidak terlalu menjaga penampilan.
  • Buatlah dia merasa nyaman. Jadilah orang yang perlu pengertian, baik hati, tulus dan hangat.
  • Milikilah sikap mental yang positif. Kita tertarik pada orang yang antusias, bergairah, periang dan aktif.

Sekarang Anda memiliki apa yang dibutuhkan untuk disukai bloger lain. Apakah Anda punya cara lain agar disukai bloger lain? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

50 tanggapan untuk “8 Cara agar Disukai Bloger Lain

  1. Menarik. Banyak hal yang di atas yang belum saya lakukan, kecuali rutin posting, itupun belum lama.

    Masalah utama saya adalah saya suka menulis dan membaca tapi kadang malas berkomentar dan dikomentari, hehehe

    Suka

    1. Ya nggak papa mas firman. Komentar klo mau komentar saja. Yg paling penting itu kita harua menikmati aktivitas ngeblog dulu, nanti yg lainnya bisa dipikirkan belakangan.

      Suka

  2. Saya lumayan suka komentar di blog lain (komitmen sy utk blog yg sy ikuti agar sllu komen, mski ga msti bgtu jg sih), walau ini berpotensi bisa slh komen, tapi sy sllu berusaha positif dan nampaknya smpe skrg ckup brjln dg baik.

    Terimaksih tips kerennya.

    Suka

  3. Jadi inget Alm. Oom Cumi Lebay, yang rajin blogwalking dan membalas setiap komentar yang hadir di blognya beliau. Pluus di dunia offline orangnya ramah. 🙂

    Suka

    1. Iya….. Om cumi lebay sering blogwalking. Blognya aja sampai ratusan komen dalam satu postingan. Layak dicontoh tuh kebiasaan berkomentar untuk menjalin hubungan baik dengan bloger lain.

      Disukai oleh 1 orang

  4. Sepertinya saya belum pernah membaca tulisan yang agak konyol dari kak Shiq, entah pengalaman konyol dan sejenisnya, sepertinya kalau tidak salah ingat ya kak. Kalau memang belum, coba sekali-kali ditulis kak, saya penasaran juga soalnya 😂

    Suka

  5. selalu komentar dan isi komentar selalu pas dengan isi tulisan tentunya akan membuat bloger lain senang karena dengan begitu dapat disimpulkan kita membaca semua tulisan dia, tidak sekedar komen.

    Suka

    1. Emang ada mas yg komen tanpa baca? Hebat dong klo bisa nyambung he he he…. Ya komentar kan emang haknya mereka yg sudah baca. Pasti nyambung deh rata2.

      Suka

  6. Harus jujur dan hati2 dlm menyampaikan sesuatu. Saya merasa sudah berteman dg banyak blogger tp blm ketemu sama yg bener2 punya hobi sama, masih nyari2. Pasti asyik deh kalo ketemu sm org yg bener2 seselera 🙂

    Suka

  7. Bersosialisasi di sosial media ini memang agak ngeri2 sedap.. sebab kita tidak tahu ekspresi atau mimik sebenarnya dari yang menulis itu seperti apa.. jadi terkadang tulisan itu pun bisa berubah makna.. tergantung orang yang membacanya..

    Disitulah letak susahnya menjalin hubungan baik dengan seseorang via dunia maya jika kita belum pernah saling bertatap muka..

    Suka

  8. Tips nya sangat bermanfaat. Tapi kadang masih takut buat berkomentar. Takut kalau komentarku kurang jelas atau kelihatan terlalu kaku yang ujung ujungnya malah bikin sakit hati. Soalnya baru belajar ngeblog. Hehe..Ngomong ngomong salam kenal!

    Suka

  9. Poin pertama benar sekali. Makanya sgt berhati-hati dengan postingan curhat. Apalagi dari wanita. Karena kalau apes salah tulis saja bisa panjang. Lebih aman skip saja. Kecuali sdh paham karakternya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s