13 Teknik untuk Mendapatkan lebih Banyak Komentar di Blog

Cara Mendapatkan Banyak Komentar Di Blog

Sumber gambar : ​blog.sribu.com

Menjadi bloger itu tampak mudah. Tinggal mencari ide yang brilian, merangkai kata yang cocok untuk menghasilkan kalimat jenius, dan diakhiri dengan mempublikasikannya agar diakses banyak orang.

    Semua berjalan dengan lancar. Trafik Anda meningkat seiring dengan banyaknya konten yang Anda terbitkan. Mungkin Anda juga sudah menghasilkan beberapa rupiah dari blog. Tapi entah mengapa tidak ada yang berkomentar di blog. Blog Anda terlihat sepi dan itu sangat buruk bagi brand yang sedang Anda bangun.

    Apakah ada sesuatu yang terlewat? Apakah saya telah melakukan kesalahan? Dan yang terpenting, apakah ada teknik khusus atau cara untuk mendapatkan lebih banyak komentar?

    Jika Anda sudah ngeblog dalam waktu yang lama dan masih belum bisa mendapatkan banyak komentar, maka saya ucapkan selamat karena Anda termasuk bloger tangguh. Mari kita lihat apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda memanen lebih banyak komentar di setiap postingan yang Anda terbitkan.

    Formula Untuk Mendapatkan Komentar

    Sebelum saya membahas teknik atau cara mendapatkan komentar, saya rasa formula ini masih relevan untuk digunakan siapa pun. Ditulis oleh jon morrow :

      Berikut adalah formulanya : trafik + engagement + Emosi = Banyak Komentar.

      Bagian pertama sangat jelas. Jumlah komentar yang Anda dapatkan akan berbanding lurus dengan trafik yang ada. Jadi, jika Anda ingin komentar, dapatkan lebih banyak pengunjung.

      Lalu bagaimana dengan engagement dan emosi? Bagaimana mereka bekerja?

      Engagement adalah tentang berapa banyak perhatian pembaca yang Anda peroleh. Jika mereka hanya melakukan skimming, tidak benar-benar membaca atau berusaha memahami apa yang Anda katakan, Anda tidak akan mendapat komentar.

      Tapi jangan khawatir. Saya telah menulis “Penyebab Tulisan Tidak Dibaca”. Anda tinggal mengeliminasi penyebabnya dan Anda akan mendapatkan pengunjung yang membaca tulisan Anda dari awal hingga akhir.

      Dan terakhir adalah bagian yang paling mengejutkan : Emosi. Mayoritas pengunjung terlalu fokus untuk bercerita atau menjelaskan poin-poin dalam artikel dan mereka melupakan faktor emosi. Dan itu merupakan kesalahan besar.

      Jika Anda memperhatikan postingan yang banyak komentar, maka Anda akan menyadari bahwa semuanya memicu emosi pembaca. Entah itu senang, sedih, atau membuat bersemangat. Intinya, buat pembaca merasakan emosi ketika membaca konten Anda.

      Tentu semua harus dilakukan secara bersamaan dan bukan secara terpisah.

      “Teori memang mudah. Tapi bagaimana mengaplikasikannya.” Apakah itu yang Anda pikirkan? Saya akan menjelaskan bagaimana teori tersebut bekerja dengan baik dan Anda tinggal mengikuti langkah demi langkahnya.

      Teknik dan Cara Mendapatkan Lebih Banyak Komentar

      Berikut adalah beberapa strategi yang saya gunakan secara konsisten untuk meningkatkan jumlah komentar di blog Shiq4. Jadi, saya yakin Anda pun mampu melakukannya jika Anda serius menjalankannya:

      1. Aktif Berkomentar di Blog Lain

      Saya tahu Anda mungkin sudah melakukannya. Tapi rencana Anda tidak berjalan sesuai rencana karena hanya sedikit saja yang mau berkomentar balik di blog Anda. Apakah benar begitu?

      Itu berarti komentar Anda sangat payah karena jika Anda berkomentar dengan baik, maka hampir pasti bloger lain pun akan berkomentar di blog Anda. Itu sudah menjadi tradisi yang banyak dianut bloger Indonesia. Jadi, cobalah untuk berkomentar yang relevan dan memberi nilai tambah bagi pemilik blog lain, niscaya komentar yang Anda terima akan berbanding lurus dengan usaha Anda.

      Selain itu, Anda juga harus menyadari bahwa tidak semua bloger bersifat terbuka (Meskipun mayoritas memang sangat terbuka untuk menjalin hubungan pertemanan melalui saling berkomentar). Tak peduli sebaik apapun dan sebanyak apapun Anda berkomentar di blog bloger yang tertutup, mereka tidak akan berkomentar balik di blog Anda.

      Untuk itu, cobalah menjelajahi blog yang ramai komentar. Lihat siapa saja yang sering berkomentar. Dan Anda bisa mengklik nama mereka dan kemudian meninggalkan komentar di blog mereka. Dan Anda akan mendapatkan komentar balik dari mereka.

      2. Tingkatkan Follower Blog Anda

      Banyak pembaca yang masih malu ketika mereka pertama kali berkunjung ke blog Anda. Mereka butuh memahami Anda terlebih dahulu melalui konten-konten yang Anda terbitkan. Jadi, buat pengunjung menjadi follower Anda (silakan baca “Cara Mendapatkan Pengikut di Blog WordPress“).

      Sistem follower akan membuat pengikut Anda mendapatkan notifikasi konten-konten terbaru Anda. Dan tentu saja, jika Anda menulis judul yang menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu, Anda akan mendapatkan pengunjung.

      Setelah para pengikut Anda terbiasa membaca konten yang Anda terbitkan, maka tinggal menunggu waktu untuk mendapatkan komentar dari mereka. Kenyataannya, hampir 80% komentar di blog Shiq4 merupakan komentar dari pengikut saya. 20% Sisanya berasal dari pengunjung organik.

      3. Bergabung di Komunitas Bloger

      Kegiatan ngeblog hampir mirip dengan kegiatan lainnya, membutuhkan sosialisasi dengan orang lain yang mengeluti bidang yang sama. Maka jawaban terbaik untuk menemukan orang dengan hobi sejenis adalah bergabung dengan komunitas.

      Saya sendiri tergabung di Komunitas Blogger Indonesia di facebook. Di sana ada semacam saling berkomentar satu sama lain. Terutama dilakukan oleh pemula yang baru menekuni dunia blog karena mereka kesulitan mendapatkan komentar dari pengunjung organik. Anda tinggal berkomentar di postingan yang mereka bagikan dan kemudian Anda tinggal membagikan link postingan terbaru Anda, dan Anda akan segera mendapatkan komentar.

      Lebih mudah dan efektif dibanding dengan blogwalking pada umumnya.

      4. Akhiri Postingan dengan Pertanyaan yang Mudah Dijawab

      Saya sering membaca postingan terbaru blog-blog yang saya ikuti. Ketika siang hari, saat saya mulai mendapatkan notifikasi pemberitahuan postingan terbaru, saya membaca tulisan bloger lain. Dan apa yang membuat hal tersebut menjadi istimewa? Itu adalah ketika saya mulai menyadari bahwa ada saat di mana saya ingin berkomentar namun tidak bisa melakukannya.

      Saya hanya terdiam sesaat setelah membaca. Jadi, mungkin saja pembaca blog shiq4 juga mengalaminya. Istilahnya speechless.

      Tapi itu bukan masalah lagi. Setiap kali saya menerbitkan postingan, saya kemudian selalu membiasakan diri untuk menaruh pertanyaan mudah yang bisa dijawab oleh pengunjung. Hal tersebut akan memudahkan pengunjung yang ingin berkomentar tapi mereka bingung mau berkomentar seperti apa.

      Contoh sederhana lihat di postingan “Gara-Gara Tidak Bisa Tidur”. Saya tahu itu bukan postingan menarik yang akan mendapatkan komentar karena menceritakan detail tentang penyakit skizofrenia saya dengan referensi artikel kesehatan. Jadi, saya akhiri postingan dengan pertanyaan di bawah ini :

      Apakah Anda pernah bermasalah dengan tidur? Lalu apa yang Anda lakukan agar tidur tepat waktu dan bangun di pagi hari dengan keadaan segar? Bagikan di kotak komentar yang telah disediakan.”

      Dan Anda tahu, komentar yang masuk pun hanyalah komentar sederhana yang menjawab pertanyaan tersebut. Jika itu bekerja untuk saya, maka Anda pun akan mendapatkan hasil yang serupa.

      5.Atur Frekuensi Update Anda

      Pengunjung blog Anda juga manusia. Mereka tidak akan berkomentar setiap saat. Bahkan jika Anda terlalu aktif mempublikasikan konten setiap hari, mereka mungkin akan mengalami kebosanan dan tidak menghiraukan Anda. Kecuali Anda sudah populer, Anda tidak perlu mengikuti saran saya.

      Dengan mengatur frekuensi postingan 2 atau 3 kali dalam seminggu, maka otomatis jumlah komentar akan naik. Karena kecenderungan manusia untuk berkomentar di postingan terbaru (posting teratas), kesempatan sebuah postingan mendapatkan komentar adalah ketika postingan tersebut berada di posisi paling atas blog Anda. itulah mengapa frekuensi postingan akan sangat berpengaruh terhadap berapa banyak jumlah komentar yang masuk.

      Semakin lama sebuah postingan berada di posisi teratas suatu blog, semakin besar postingan tersebut mendapatkan komentar.

      6. Dapatkan Link dari Bloger Populer

      Bloger populer sudah memiliki banyak fans. Setiap kali mereka mempublikasikan konten baru, secara mengejutkan postingan tersebut akan mendapatkan banyak komentar. Seandainya Anda mampu mendapatkan link dari bloger tersebut (direkomendasikan di dalam tulisan mereka), maka Anda juga akan kebanjiran komentar.

      Tentu itu bukan sesuatu yang mudah. Setidaknya Anda harus menulis konten yang luar biasa bagus sehingga ketika Anda menghubungi bloger terkenal tersebut dan meminta link, mereka akan dengan senang hati merekomendasikan tulisan Anda kepada audience-nya.

      Atau jika Anda yakin tulisan Anda lebih baik dari tulisan bloger lain, Anda bisa menjadi penulis tamu dan menyertakan link menuju tulisan-tulisan terbaik Anda. Dan Anda akan berhasil menarik lebih banyak pengunjung. Artinya, lebih banyak komentar.

      7. Hidupkan Postingan Lama

      Membuat link menuju tulisan lama tidak hanya berdampak positif bagi SEO, tapi juga membantu pembaca mendapatkan lebih banyak informasi tambahan untuk memahami konten Anda. Apalagi jika konten tersebut sudah banyak komentar, pengunjung baru juga akan tergerak untuk ikut berkomentar (social proff).

      Jadi, jangan biarkan tulisan-tulisan terbaik Anda terkubur dalam arsip begitu saja. Menghidupkan postingan tersebut melalui link di postingan terbaru akan membuat tulisan tersebut hidup lagi. Saya sudah berbulan-bulan melakukan dan menghasilkan beberapa komentar baru di postingan-postingan lama tersebut.

      8.Tulis Tentang Berita Kontroversial

      Berita kontroversial selalu mendapatkan perhatian dan komentar. Mengapa? Karena adanya pendapat individu yang pro dan kontra yang ingin menyuarakan pendapatnya dengan jelas sehingga orang lain pun ikut terpengaruh dengan alasan mereka, baik itu pro atau kontra.

      Misalnya tentang ahok dan penistaan agama, tentang awkarin dan sifatnya, tentang terpilihnya donald trump. Hampir di media sosial topik tersebut selalu menjadi kontroversi dan terjadi perdebatan.

      Tapi untuk menulis konten yang kontroversi, Anda juga harus melengkapi tulisan Anda dari para ahli sehingga argumen Anda kuat dan tidak mudah goyah. Karena jika Anda mengatakan sesuatu tanpa dasar ilmu, orang lain tidak akan menghiraukan Anda.

      Sekarang, cobalah pilih tema yang masih kontroversi (biasanya tentang mitos dan fakta) sesuai dengan topik blog Anda. Kemudian tambahkan pendapat ahli atau hasil penelitian dan Anda akan mendapatkan banyak komentar.

      9. Respons Komentar yang Masuk

      Pentingkah Merespons Komentar yang masuk? Kalau Anda ingin pengunjung merasa dihargai, Anda HARUS merespons semua komentar yang masuk.

      Itu juga akan berdampak pada emosi pengunjung di masa depan. Jika mereka ingin berdiskusi dengan Anda tentang apa yang Anda tuliskan, mereka bisa melakukannya di kotak komentar.

      Saya sering melakukannya. Beberapa pengunjung bertanya di kotak komentar dan saya menjawabnya. Kemudian ternyata mereka membalas komentar saya. Begitu seterusnya sehingga satu orang bisa berkomentar 3 atau 4 kali dalam sebuah postingan.

      Dan saya pun lebih banyak mendapatkan komentar dari mereka di postingan-postingan saya selanjutnya. Begitulah kinerjanya. Dan Anda pun bisa melakukannya segera setelah Anda mendapatkan komentar.

      10. Tunjukkan Kekurangan Anda

      Dunia blog selalu tentang pencitraan. Semua orang menunjukkan kelebihannya. Jadi, jika Anda ingin membuat suatu perbedaan, maka Anda bisa mulai menujukkan kekurangan Anda. Mengapa? Karena itu akan membuat Anda tampak manusiawi di mata pembaca.

      Teknik ini biasa dilakukan oleh bloger profesional. Mereka membagikan kisah tentang kegagalan, tentang rasa sakit, atau kesulitan yang mereka alami. Dan biasanya postingan semacam itu akan mendapat lebih banyak komentar karena mampu menyentuh hati pembaca.

      Saya pernah melakukannya pada postingan “7 Tanda Anda bukan Bloger yang Cukup Baik dalam Mengelola Blog”. Walau saya dengan konsisten menerbitkan tentang tips ngeblog, bukan berarti saya bloger yang sempurna. Saya menceritakan bahwa saya sendiri juga bukan bloger yang baik dan ternyata postingan tersebut mendapatkan banyak komentar seperti yang saya harapkan.

      11.Tearjerker

      Ingin mendapatkan banyak komentar? Ceritakan tentang kisah nyata menyedihkan yang Anda alami. Itu akan membuat pembaca berempati kepada Anda. Tidak hanya mengingatkan pembaca untuk bersyukur, postingan tearjerker juga mampu menyentuh hati sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan.

      Tapi untuk melakukannya merupakan perkara sulit. Pertama, itu harus kisah nyata. Kedua, Anda harus menjadi story teller yang baik. Dan tidak semua orang mampu melakukannya dengan baik.

      Tearjerker bukan hanya sebuah cerita, namun bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan yang terbaik di kehidupan mereka. Saya pernah berbagi kisah sebagai penderita skizofrenia dan mendapatkan banyak komentar. Walau saat itu saya kebingungan mengapa postingan tersebut mendapatkan banyak respons dari pembaca, saat ini saya sudah tahu bahwa postigan tersebut termasuk tearjerker.

      12. Jadilah Bloger yang Ramah

      Saat pertama kali ngeblog, saya tidak tahu apapun tentang bagaimana mengembangkan blog. Tapi suatu hari, saya tidak sengaja berkunjung ke pursuingmydreams.com. Pemiliknya ternyata ramah sekali. Bahkan ia selalu berkunjung balik ke blog saya setiap kali saya berkomentar di blog miliknya. Jujur saja, itu menyentuh perasaan saya.

      Saat itu, saya hanya berkomentar di banyak blog agar bloger lain juga berkomentar di blog saya. Namun melihat mbak nella yang sering sekali berkomentar di blog lain (walaupun bloger lain tidak berkunjung balik), saya jadi mengikutinya untuk berkomentar di blog lain tanpa mengharap apapun.

      Saya juga hampir pasti berkunjung balik ke bloger lain yang berkomentar di Shiq4. Entah ia bloger baru atau bloger terkenal, saya pasti menyempatkan waktu untuk berkunjung balik jika ada waktu.

      Selain itu, saya pun selalu menjawab pertanyaan bloger-bloger baru yang mengalami kesulitan di blog saya (jika mereka bertanya melalui komentar). Bahkan pertanyaan-pertanyaan yang sederhana sekalipun. Jika mereka merasa terbantu dengan konten saya, maka mereka pun akan menjadi loyal dan akan selalu berkomentar di postingan-postingan saya selanjutnya.

      13. Hadiah Untuk Komentator

      Jika Anda punya dana lebih, Anda bisa meniru apa yang dilakukan pak alris. Beliau selalu memilih konentar-komentar terbaik yang mendapatkan hadiah sebuah buku. Hal semacam itu akan membuat postingan Anda selalu dibanjiri komentar.

      Saya pun mulai mengikuti apa yang dilakukan pak alris, namun dengan hadiah yang berbeda. Saya merencanakan untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang ada di kotak komentar untuk saya jadikan artikel utuh. semacam FAQ.

      Tentu saja jawabannya akan saya ambil dari pengalaman pribadi ditambah dengan pendapat para ahli di bidangnya agar kebenarannya tidak diragukan. Dan hadiahnya adalah sebuah link do follow. Saya rasa link dari Shiq4 akan sedikit membantu popularitas blog komentator dan mungkin mendapatkan kunjungan dari pembaca setia blog ini. semoga saja rencananya akan berjalan lancar.

      Terserah Anda

      Sebenarnya masih banyak cara dan teknik untuk mendapatkan komentar di postingan blog. Tapi saya belum selesai mencoba semua pendapat ahli. Jadi untuk sementara hanya 13 saja dulu. Selanjutnya, tentang cara atau teknik lain, akan saya bahas di postingan berbeda.

      Sekarang terserah Anda mau melakukannya atau tidak. Karena jika Anda sudah membaca 2000 kata lebih dan masih belum mau bertindak, Anda tidak akan mendapatkan apapun.

      Lalu, apakah Anda punya trik lain yang layak untuk saya coba? Atau Anda bisa mencoba cara di atas dan berbagi hasilnya dengan pembaca blog ini melalui kotak komentar yang disediakan.

      Iklan

      67 tanggapan untuk “13 Teknik untuk Mendapatkan lebih Banyak Komentar di Blog

      1. Nulisnya sekarang sudah bloger 🙂
        Yang balas komen, itu wajib buatku. Belajar dari Noni yang blognya selalu ramai komen tapi dia selalu balas komentar. Berasa kayak ada perhatian gitu kalo komen dibales. Trus membagikan link tulisan kita di beberapa ranah media sosial yg kita punya juga bisa menjaring komentar yg masuk. Aku sering mendapatkan komentar bukan dari bloger karena kemungkinannya aku membagikan link tulisanku di google plus dan twitter. Tapi kalau sekarang aku sudah ga ngoyo lagi tentang komentar yang masuk. Kalau ada yg komentar, senang pastinya dan dibalas. Kalau nggak ya tidak berpengaruh ke aktivitas menulis.

        Suka

        1. Beberapa minggu terakhir saya mau nyoba maksimalin jumlah komentar setelah selesai mengoptimasi blog agar dapat like. Tapi target saya pingin dapat 100 komentar dalam satu postingan kayaknya nggak realistis. Udah nyoba banyak cara dan belum mencapai target tersebut :).

          Disukai oleh 1 orang

      2. Shiq4 yg no.5 malah ada yg sehari bisa bikin lebih dari 3 postingan loh, ya mungkin ada yg dikejar si blogger tipe ini, kan niat ngeblog beda2 ya. Yg 1 judul tiap hari aja ko malah bikin saya bosan, dia lagi dia lagi yg muncul hehe.. jarang saya komenin sih. Belakangan memang sdh ga ngejar banyak komen ke blog saya lagi krn pengen bisa banyak nulis ga spt skrg 1-2 minggu baru terbit judul baru hehe.

        No.12 jadi tersanjung namaku disebut 🙂 . Sebisa mungkin klo ada yg komen di blogku saya komen balik dg kondisi klo yg komen di satu judul pas lagi ga banyak banget, targetku 50% dari yg komen diblog saya sebisa mungkin saya komen balik. Makanya ada saat pengen ngejar target komen balik jadi judul baru saya tunda2 tayang 🙂 .

        Suka

        1. Klo yg sering update 3 kali sehari biasanya ngejar SEO. Biar blognya kaya konten dulu.

          Klo sekarang saya sedang nyoba untuk mendapatkan lebih banyak komentar. Jadi nyoba banyak tips dari bloger profesional.

          Iya mbak nella, sebenarnya saya niru mbak nella dalam hal komen-komenan. Soalnya dulu pas blog saya sepi mbak nella mau meluangkan waktu untuk sekadar berkomentar di blog saya.

          Suka

          1. Hai Shiq4 dulu saya juga rajin baca2 tips2 ngeblog bgm spy dapat banyak komen. Bbrp tahun pertama rajin BW spy dapat pembaca setia, mereka inilah yg akan rajin komen lagi dan lagi dan jd follower tetap blog kita. Sejak ada anak saya kurang waktu buat BW hehe.

            Suka

      3. nice banged loh ini buat blogger2 yang masih baru.
        kadang kalau blogwalking & komen di blog orang lain, kadang nggak ada respon.
        tapi sebetulnya nggak masalah kok, niatnya dari awal sih ingin liat tulisannya saja & nggak terlalu berharap di komen balik

        Disukai oleh 2 orang

      4. ngomong2 ikut komunitas di FB, kmrin Cinta jg baru masuk komunitas Kelas Blogger namanya. Alhamdulillah, it works, lgsg ada yg komen di blog Cinta yg satunya, yg msh sepi heee

        Suka

      5. Klo aku sih krn jarang nulis, jd komentar pasti numpuk di postingan terbaru, klo yg sering nulis (sehari bbrp postingan) biasanya komennya dikit, krn postingan dia yg sbelumnya ketimpa sm postingan baru.

        Trua aku jg agak males komentarin yg posting puisi di blog, apalagi klo puisinya terlalu berat&sulit dicerna.

        Suka

        1. Wkwk… Iya itu kenapa frekuensi ngeblog sangat berpengaruh dengan banyaknya komentar. Dulu saya coba posting setiap hari selama 3 hari dan masing2 dapat 17 komentar. Tapi ketika saya posting 3 hari sekali masing-masing mendapatkan 50 komentar lebih.

          Suka

      6. kalau aku sih tidak terlalu mengharap komentar tp kalau di komen akan dibalas kalau ada waktu yah ninggalin komentar, dlu lebih rajin sih kalau sekarang karena waktu. tapi kalau rajin komentar ke blog orang ntar ujung-ujungnya banyak kok yang komen shiq

        Suka

      7. yang penting buat artikel yang “menarik, berkualitas, dan yang sedang booming/viral” di dunia maya… otomatis nanti banyak yg komentar mas…

        Misalnya Konspirasi Bumi Datar… 😀

        Suka

      8. Menarik… Selama ini saya hanya mengandalkan komentar dari komunitas blogger energy. Tapi emang fokusnya gak ke komentar yang banyak sih. Pengem berbagi aja melalui tulisan. Tapi belakangan mukai sadar pentingnya komentar untuk mengukur kualitas post kita. Tipsnya menarik. Patut dicoba. 🙂

        Suka

        1. Sebenarnya fungsi terbaik komentar adalah ngoreksi kevalidan tulisan kita. Soalnya kadang apa yg kita tuliskan ada yg salah. Nah komentatorlah yg biasanya membenarkan kesalahan tersebut sehingga kita bisa belajar untuk beropini dengan baik.

          Disukai oleh 1 orang

      9. cara paling bagus menurut saya, ajak teman” berduskusi dan berdebat tentang apa yang di tulis.
        biasa nya banyak yang saling mengutarakan pendapat masing”. dan topik nya juga harus menarik, biar makin rame yang berkomentar.

        Suka

        1. Iya klo sering blogwalking otomatis punya teman banyak mas. Dan biasanya topik apapun ya enak saja dibuat diskusi. Itu jika kita sudah terlibat emosi dgn teman ngeblog.

          Suka

      10. Kadang aku suka lupa balas komentar..padahal ga maksud apa2. Emang krna sibuk sama dunia nyata. Nah pas dibaca2 ulang ternyata banyak komen kelewatan…mau dibalas tapi takut terlamapu basi. Hihihi maapkeunnn maapkeeunn…

        Suka

        1. Sebenarnya saya masih nyimpen beberapa teknik lagi. Cuman ya masih dirahasiakan soalnya belum pernaj nyoba. Masih sekadar teori dari bloger-bloger profesional.

          Suka

      11. Kalau yang ‘rame’ biasanya komennya banyak atau tulisan yang topik benar2 dicari atau gaya nulisnya menarik. Tapi memang sih, rata2 yg banyak komen memang rajin BW atau solidaritas dr komunitas yg diikuti.

        Saya termasuk yg terbatas BWnya, gabung komunitas, malah ga dikenal *iyalah, orang hanya pengamat jarang2 pula* , bukan tipe pembaca cepat, baru BW beberapa, udah harus kembali kedunia nyata. Kalo ada yg komen sebisa mungkin dikunjungi balik.

        Tapi, ada juga bloger yg hanya mengharapkan trafik, bukan komentar.
        Tetap berpikir positif , ga bisa juga dinilai bahwa tulisan yg minim komentar itu orangnya sombong atau tulisannya ga bagus, semua kembali ke tujuan ngeblog.

        Suka

        1. Iya sih pokoknya banyak blogwalking ntar pasti komentarnya nambah banyak. Saya akhir2 ini sering bw klo siang hari dan tiba-tiba jumlah komentar lebih banyak.

          Klo di komunitas sih saya aktif sekali. Soalnya sesekali juga mebawarkan jasa menulis artikel. Jadi klo ada yg butuh bisa kerja sama.

          Yg saya maksud bukan sombong sih mbak, tapi orangnya tertutup. Cauma sekadar menulis dan publish dan tidak terlalu peduli dgn komentar atau berhubungan dgn bloger lain. Bloger seperti itu gak asyik. Bahkan komentar pun tidak di balas. Jadi malas ha ha ha……..

          Disukai oleh 1 orang

      12. Waaaah, akupun berusaha selalu balas komentar. Walaupun kalo gak sempet langsung bales (ya kan hidup gak cm ngeblog yah, masih banyak yg harus diurusin hehe) bisa 2 hari sesudah, bahkan pernah seminggu baru sempet bales2in komentar. Kalo aku sendiri, komentar dari bloger lain memang bikin semanga Shiqa.. tp nggak terlalu significant banget sih. Karena tujuan awal (sedari dulu) ngeblog memang buat me time 😊.

        Suka

        1. Klo saya sih tujuan ngeblog buat portofolio. Menggunakan banyak gaya menulis. Soalnya klo ada yg pesen artikel dan minta contoh tulisan tinggal nyuruh njelajahin blog shiq4 dan milih sendiri tulisan seperti apa yang diinginkan.

          Disukai oleh 1 orang

      13. Tulisan menarik mas Shiq4. Soal poin bisa kemudian berbalas kembali dalam komentar berulang2 mungkin cuma ada di WP ya krn fitur notif..kalau blogspot umumnya cuma sekali…makasih sharenya.

        Suka

      14. Saya setuju dengan penjelasan mas Shiq4 yang menyebutkan aktif di komentar blog lain tapi hasilnya bisa dibilang nihil. Yang demikian itu karena cuma meninggalkan komentar basa-basa dan nitip link atau pesan kunbal yang kadang menyebalkan.
        Point 4, bahasa komunikatif yang memancing pembaca berkomentar ya mas. Keren tips-tipsnya, salam kenal.

        Suka

      Komentar ditutup.