Siapa Lagi yang Ingin Ngeblog dengan Bahagia?

Cara Ngeblog dengan Bahagia

Sumber gambar : duniascript.com

Peringatan : Postingan ini hanya untuk blogger amatir yang bertujuan untuk bersenang-senang dengan blognya. Bukan untuk blogger profesional atau blogger yang fokus menghasilkan uang dari blog.

Mengapa kita harus ngeblog dengan bahagia?

Apakah itu sulit dilakukan?

Itu tidak sesulit yang Anda pikirkan. Anda bisa ngeblog dengan lebih bahagia setelah membaca artikel ini. Jika kita bisa ngeblog dengan bahagia, maka biasanya produktivitas menulis kita akan meningkat dengan drastis. Juga lebih bersemangat. Dan pada akhirnya, performa blog kita pun akan semakin baik.

Masalah utamanya adalah tidak semua blogger bahagia dengan apa yang dilakukannya. Bahkan mungkin sebagian blogger mengalami stres ringan karena memikirkan blog. Hasilnya, blog tidak berkembang seperti yang diharapkan.

Tanda-tanda blogger yang tidak ngeblog dengan bahagia biasanya seperti dibawah ini:

  • Kesulitan menemukan ide-ide baru
  •  Memiliki manajemen waktu yang buruk seolah kekurangan waktu untuk ngeblog
  •  Merasa kesepian saat ngeblog (tidak punya teman)
  •  Tidak punya semangat untuk update atau berkomentar di blog lain
  • Berpikir untuk segera berhenti ngeblog
  • Iri dengan pencapaian blogger lain tanpa bisa berbuat apa-apa

Jika Anda memiliki kecenderungan diatas, maka Anda mungkin tidak bahagia dengan blog Anda. Dan saya akan membantu Anda sehingga Anda bisa ngeblog dengan bahagia. Tidak ada lagi keluhan dan rasa sakit. Semua akan berjalan dengan baik tanpa merusak rencana Anda mengembangkan blog ke level selanjutnya.

Pertanyaan Bodoh : Mengapa Anda Menulis?

Ada banyak alasan mengapa seseorang menulis. Tapi jika boleh tahu, apa tujuan Anda menulis?

Ini bukan tentang keindahan kata dalam mendeskripsikan tujuan menulis Anda. Saya juga tidak mengharapkan jawaban yang mengesankan. Tapi sebuah kejujuran bagi diri sendiri. Coba diingat kembali saat Anda memutuskan untuk menciptakan blog, apa yang ada di pikiran Anda saat itu?

Apapun tujuan Anda menulis saat itu, saya yakin Anda menikmati momen tersebut. Biasanya kegiatan tersebut disertai dengan membaca ulang tulisan-tulisan yang Anda terbitkan. Dan Anda bahagia ketika melakukannya. Walaupun tidak ada orang lain yang membaca atau komentar, Anda terus berkarya.

Setelah Anda tahu seluk beluk ngeblog, Anda mulai berubah. Anda tidak lagi menulis untuk dinikmati sendiri. Anda ingin membuat kesan yang baik kepada pembaca Anda. Anda memikirkan alexa rank, DA, dan PA seperti blogger profesional. Dan anehnya, Anda tidak lagi menikmati aktivitas ngeblog karena merasa terbebani.

Sekarang coba baca ulang tulisan-tulisan lama Anda karena ciri blogger yang tidak bahagia adalah menulis, kemudian melupakannya. Sementara blogger bahagia adalah menghargai karya-karya lamanya, membacanya dan tersenyum sendiri, dan tidak lupa untuk belajar dengan tidak mengulangi kesalahan menulis yang pernah dilakukannya.

Jadi, apa alasan Anda menulis ? Apapun alasan tersebut, Anda hanya perlu ingat satu hal berikut:

Jika Anda tidak bisa menikmati tulisan Anda sendiri, maka orang lain pun tidak akan mampu menikmati apa yang Anda sajikan

Ada Perkembangan Pada Blog

Setelah Anda ingat tujuan Anda menulis, Anda pasti punya motivasi lebih untuk terus berkarya. Tidak ada yang bisa menghentikan Anda menulis sekarang. Namun jika tidak ada perkembangan pada blog Anda, biasanya kita pun merasa tidak bahagia. Jadi, apa yang bisa kita lakukan?

Pelajari tips-tips ngeblog yang beredar di intenet sehingga blog Anda menjadl lebih terkenal  brandnya lebih baik, jumlah pengunjung meningkat, dan lebih mudah mendapatkan komentar.

Jangan cuma merasa iri saja. Blogger lain mampu memiliki banyak pencapaian luar biasa karena mereka telah bekerja keras. Mereka telah bertahun-tahun membangun blognya.

Kabar baiknya, mereka pun pernah di posisi Anda. Setiap kali saya mengunjungi blog sukses, saya selalu menjelajahi arsip ketika blog tersebut pertama kali dibangun. Ternyata jumlah pengunjungnya sedikit. Bahkan sebagian besar tidak ada komentarnya. Keadaan yang sama dengan kita yang baru memulai blog, bukan?

Jadi, jangan malas membaca artikel yang berkaitan dengan blog. Agar Anda mampu melihat perkembangan blog, tuliskan semua pencapaian Anda. Kemudian pilih pencapaian mana yang ingin Anda tingkatkan, apakah jumlah komentarnya, atau jumlah pengunjungnya, atau time on site-nya, dan sebagiannya.

Lakukan satu per satu dan Anda akan bahagia setiap kali Anda mampu melewati pencapaian-pencapaian blog Anda sebelumnya. Ngeblog seperti bermain game, bukan?

“Saya sudah melakukannya, tapi tidak ada perkembangan yang signifikan?”.

Itu karena Anda berpikir hanya perlu sekali saja melakukan trik ngeblog yang Anda pelajari. Padahal untuk mendapatkan hasil nyata, Anda harus melakukannya secara konsisten. Seandainya belum ada peningkatan pada blog Anda, silahkan baca “Mindset salah yang membuat blog Anda tidak berkembang”. Itu akan menjawab semua kebimbangan Anda.

Berkomentar di Blog Lain

Sebuah pemikiran yang salah adalah : “Saya berkomentar di blog lain agar blogger lain berkomentar di blog saya”. Jika Anda berpikir semacam itu, maka Anda tidak akan bahagia. Anda akan seperti robot yang berkomentar di banyak blog tanpa menikmati tulisannya.

Baca konten yang menurut Anda bagus dan tinggalkan komentar. Seandainya Anda sedang tidak mood, jangan memaksakan diri untuk berkomentar.

Jika Anda membaca dengan hati, maka akan ada perasaan aneh di hati Anda. Perasaan seolah sudah mengenal secara pribadi dengan pemilik blog-blog yang pernah Anda kunjungi. Lupakan tentang tutorial dari blogger profesional yang mengatakan komentar harus relevan dengan tulisan. Anda bebas bercanda dan bertanya apapun, sepanjang Anda sudah merasa akrab dengan tuan rumah.

Saya sudah melakukan hal tersebut selama hampir 18 bulan terakhir dan saya selalu merasa senang untuk meninggalkan komentar di blog lain. Walaupun mereka tidak berkunjung balik ke blog saya, saya tetap melakukannya karena saya suka membaca tulisan-tulisan blogger lain dan mempelajari gaya menulis mereka. Sekalian belajar memperbaiki kemampuan menulis saya.

Tapi saya mempercayai bahwa kebiasaan saya berkomentar di blog lainlah yang membuat jumlah follower blog saya meningkat hampir 100% dari tahun lalu. Mungkin follower dari blog yang saya komentari membaca komentar yang saya tinggalkan dan penasaran. Kemudian mereka mengunjungi blog saya dan memutuskan untuk menjadi follower (bagian dari salah satu cara mendapatkan pengikut blog).

Selain itu, ada segudang manfaat berkomentar di blog lain. Jadi, selain mendapatkan follower dan meningkatnya jumlah komentar yang masuk, saya juga merasa bahwa blog saya berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Tuliskan Apapun yang Ingin Anda Bagikan

Bagi orang yang paham dengan poin pertama dari artikel ini, mereka akan tahu bahwa untuk mewujudkan tujuan menulis yang mereka tetapkan, mereka akan bebas menulis apapun untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalkan saya. Tujuan menulis saya adalah mengarsipkan semua yang ada di dalam hidup saya dengan Bahasa Indonesia yang bagus . Saya menulis ulang semua bacaan saya, mereview buku, menulis buku harian, dan banyak lagi hal lainnya.

Dalam dunia blogger disebut dengan blog gado-gado. Katanya sulit berkembang. Juga sulit mendapatkan pengunjung. Tapi sejauh ini semua masih berjalan dengan baik. Saya sudah puas dengan jumlah pengunjung yang ada dan komentar-komentar yang masuk. Dan saya bahagia.

Saya tidak pernah kesulitan untuk mendapatkan ide menulis  Jadi, saya bisa menjamin bahwa blog ini akan eksis dalam waktu yang lama.

Tuliskan saja apapun yang Anda inginkan. Apa yang Anda pikirkan dan apa yang Anda lakukan. Jangan terpaku untuk menulis artikel berkualitas sehingga kreativitas Anda terkekang. Jika Anda serius, maka pelajari ilmunya. Menulis pengalaman pribadi biasa disebut story telling dan banyak digunakan oleh para profesional.

Begitu pula dengan jenis tulisan lainnya seperti listicle, how to,dan sebagiannya. Cobalah mempelajari ilmu menulisnya, maka Anda akan terus menelurkan konten-konten berkualitas sepanjang tahun. Dan Anda pun bisa bahagia karena jika tulisan Anda bagus sesuai ilmu, maka hampir bisa dipastikan jumlah pengunjung dan komentar pun akan meningkat. Trust me.

Terserah Anda

Sekarang Anda tahu rahasia ngeblog dengan bahagia. Anda bisa mengaplikasikannya atau melupakannya. Terserah Anda.

Apakah ada yang ingin Anda tanyakan? Atau Anda punya tips lain agar bisa ngeblog dengan bahagia? Saya akan senang dengan masukkan Anda di kotak komentar.

22 thoughts on “Siapa Lagi yang Ingin Ngeblog dengan Bahagia?

  1. Hehe…komen karena pengen dikomen juga itu aku banget mas. Dulu tapinya pas awal ngeblog. Sekarang mah cuek mau dikomen balik apa enggak asal artikelnya aku suka pasti komen. Kalau nggak ya kasih like aja sebagai tinggalan jejak

    Disukai oleh 1 orang

  2. Setuju dengan poin terakhir. Tuliskan apa yang ingin kamu tuliskan. Ga usah mikir blog ini atau blog itu bagus tapi malah ga nulis apa2. Setiap blog punya keunikan masing2. Aku dan suami nulis apa yang pengen kami tulis. Syukur2 kalau berguna buat yg baca, minimal buat kami bisa menuangkan apa yang ada di pikiran.

    Suka

    1. Klo nulis sesuai dengan passion kita sendiri biasanya lebih enjoy dan bahagia. Seandainya ya baca masih sedikit, paling tidak kita bisa senyum sendiri pas baca ulang tulisan2 kita 🙂

      Suka

  3. Halo, salam kenal mas 😀
    Ini kunjungan pertama saya nih, lagi jalan-jalan ~
    Kalau menurut saya, daripada mempelajari apa yang mengundang banyak komentar atau apa yang lagi ‘ngetren’ ditulis di blog, memang lebih baik menulis apa yang kepengin dibagikan. Mungkin karena dengan begitu, ciri khas tulisan diri sendiri lebih mudah keluar. Lebih tulus. Lebih apa ya, berkarakter? Seperti itu. Soalnya saya sendiri terus terang agak males kalau baca tulisan blog yang terlalu teknis. Tapi yaa mungkin itu hanya preferensi pribadi sih…

    Jika berkenan dan ada waktu, silakan main ke blog saya juga 🙂

    Suka

    1. Waduuh oreo cheese cake, saya udah berkunjung ke blog kamu, tapi susah buat komentar. Soalnya biasanya saya komen2an pake wpreader. Jadi nggak bisa komen di blog diluar wordpress. Maaf ya…..

      Suka

  4. Menulis itu sprti memulai hari…mau apa? Mau bekerja keras, mau berderma, mau beramal, mau belajar, atau malah mau bermalas2an sja tnpa guna?
    Menulis jg mmbuat Cinta teringat dulu saat sakit mas, wktu itu merasa nyesel banget, knp mls, knp tdk meninggalkan sesuatu yg brguna? Sesuatu yg bs mmbuat org mgkn jd trsnyum atau trtawa?

    Cinta bahagia dg menulis, 4bln ngeblog tepat di 31 sept 16 nanti mmbuat Cinta jd mmiliki tmn bhkan shabat2 di seluruh pelosok negeri, dan itu menyenangkan *curcol 😁

    Tp msh ksulitan bagi waktu mas Shiq4, Cinta skr kl pulang krja diatas jam 7mlm, kecapean…ini kali kedua Cinta bca postingan tmn blog. Pdhal pengin pengin pengin bngt bca setiap hr, tp ya itu kbntur wktu dan capek 😯

    Suka

    1. Buat nulis saya biasa menghabiskan 2-3 jam. Itu tiap 3 hari atau 4 hari. Buat komen2 nan pas di pasar. Pas nunggu pembeli. Klo bisa sih Cinta nulisnya di pagi hari aja, atau nulis tiap minggu aja dulu. Pas waktu libur. Begitu juga bagus. Tapi klo frekuensi updatenya seminggu sekali, postingannya mesti panjang2 biar pengunjung suka.

      Disukai oleh 1 orang

  5. mau nanyaaaa dong, apa setiap komentar yang masuk di blog kita harus dibalas yaaa? misalnya kalau nggak sempat atau kadang ada blogger yang asal blogwalking tanpa melihat isi postingan (biasanya komentar yang ini bikin sedikit kesel hehe) apa haruss dibalas jugaaa demi bersikap ramah kepada pengunjung blog? terima kasih sharingnya 🙂

    Suka

    1. Klo saya sih pasti balas biarpun telat. Soalnya dulu ada yg nyindir saya karena nggak balas komen. Klo ada yg nggak baca tapi komen, itu sih nggak papa buat saya. Tujuannya apa saya juga nggak tahu soalnya.

      Suka

  6. kalau aku berhenti nulis kaya kehilangan jiwa, dulu2 updatenya di fb, cuma berfikir lebih berkembang agar gaya tulisannya juga berkembang, lalu mulai di wordpress sebelumnya di blogspot , menulis itu bagian dari jiwa, dan segala sesuatu yang dijiwai itu membahagiakan…
    tapi, membahayakan orang ga ya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s