Apa Itu Google Sandbox? Semua Tanya Jawab

Apa itu Google Sandbox?​Sumber gambar : seopractitioner.co

Webmaster dan pelaku SEO yang mencoba untuk meraih rangking bagus ingin memahami Google Sandbox. Apa itu Google Sandbox? Apakah Google Sandbox benar-benar eksis? Apakah Ada cara untuk menghindari Sandbox sepenuhnya?

Wayne Hurlberlt akan membawa Anda melihat sebagian besar yang paling ingin Anda ketahui tentang Google Sandbox, tetapi tidak tahu harus bertanya kepada siapa.

Apa Itu Google Sandbox?

Google Sandbox adalah sebuah filter yang diduga ditempatkan di situs web baru. Akibatnya adalah situs baru tidak mendapatkan rangking bagus untuk kata kunci dan frasa kata kunci yang paling penting dalam situs tersebut. Bahkan dengan konten bagus, link masuk yang banyak dan page rank Google yang bagus, sebuah situs masih tetap terpengaruh oleh efek Sandbox.

Sandbox berfungsi sebagai sebuah percobaan de facto untuk situs, mungkin untuk mencegah situs-situs spam dari bersinar dengan cepat, terkena banned, dan mengulangi prosesnya.

Bagaimana Anda mendeskripsikan Google Sandbox dalam satu kalimat?

Google Sandbox sangat mirip dengan situs web baru yang ditempatkan dalam masa percobaan. Dan rangkingnya lebih rendah dari yang seharusnya dalam penelusuran, belum dinilai secara penuh untuk link-link yang masuk dan kualitas kontennya.

Mengapa Google memberlakukan Sandbox?

Alasan Google membuat filter untuk situs baru, Sandbox, adalah menghentikan situs yang terkait dengan spam seperti membeli banyak link dan mendapatkan rangking tinggi untuk kata kunci mereka sejak hari peluncuran. Karena Google menganggap jumlah link masuk yang terlalu banyak sejak awal terlihat mencurigakan, link tersebut dianggap tidak alami. Kemungkinan lain adalah situs spam akan memakai berbagai taktik untuk berada di puncak SERP dan mendapatkan penjualan yang tinggi sebelum di-banned karena melanggar kebijakan Google, dan kemudian mengulangi prosesnya secara terus menerus. Hasilnya, situs baru dimasukkan dalam masa percobaan yang biasa disebut Google Sandbox.

Tidak semua orang percaya bahwa Google Sandbox eksis sebagai bagian filter terpisah dari filter Google lainnya yang sudah ada. Juga tidak semua orang yang terlibat SEO percaya bahwa Google menggunakan filter pada sistem perangkingan. Orang-Orang yang skeptis mengatakan bahwa fenomena tersebut hanya kalkulasi algoritma Google yang sudah ada dan efek Sandbox hanya ilusi belaka.

Kapan Google Sandbox pertama kali muncul?

Pemilik website dan pelaku SEO profesional mulai menaruh perhatian pada efek Google Sandbox, entah nyata atau hanya imajinasi, sejak Maret 2004.

Website yang diluncurkan sejak tanggal tersebut diketahui tidak mendapat peringkat yang baik selama bulan-bulan pertama di internet. Rangkingnya terlihat buruk meskipun pagerank Google bagus, total link masuknya banyak, dan praktik optimisasi yang bagus secara keseluruhan.

Jenis situs seperti apa yang dimasukkan Sandbox

Sementara semua jenis situs dapat ditempatkan di Sandbox, masalahnya lebih sering muncul untuk website baru yang ingin mendapatkan peringkat tinggi untuk frasa kata kunci dengan kompetisi tinggi. Semua situs mungkin menghabiskan waktu di Sandbox, namun website yang ingin mendapatkan peringkat tinggi dalam kompetisi tinggi mungkin berada pada Sandbox dalam durasi yang lebih lama.

Anda dapat menghindari Sandbox untuk beberapa alasan. Jika website Anda diluncurkan sebelum Maret 2004, situs Anda mungkin tidak bermasalah. Situs yang menargetkan kata kunci dan frasa yang tidak kompetitif sering tidak kena Sandbox karena tidak ada gunanya menerapkan filter.

Ingat, bagaimana pun juga, situs dengan frasa yang kurang kompetitif pun dapat terkena Sandbox, hanya saja masa terkena Sandbox yang singkat tidak terlalu diperhatikan. Jika Anda memiliki domain sebelum pemasangan filter Sandbox, situs Anda mungkin terhindar dari masa percobaan.

Berapa lama situs berada di Sandbox?

Berada di Sandbox dapat bervariasi dari satu hingga enam bulan, dengan waktu normal antara 3 dan 4 bulan. Kata kunci yang kurang kompetitif akan diberi masa tinggal yang lebih singkat, sementara kata kunci yang sangat tinggi kompetisinya sering kali menghabiskan 6 bulan dalam Sandbox. Durasi tinggal paling sering adalah 3 bulan untuk mayoritas istilah-istilah pencarian.

Apakah ada variabel lain yang mempengaruhi masa tinggal di Sandbox?

Tinggal di Sandbox bisa sangat bervariasi. Semakin kompetitif kata kunci, semakin lama situs berada di dalam Sandbox. Filter akan berkurang secara bertahap dari waktu ke waktu, dan akan kehilangan efek Sandbox dalam kurun waktu 3 bulan. Tentu saja, untuk frasa pencarian paling kompetitif, filter Sandbox akan tetap berlaku penuh hingga 6 bulan.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Berada di Dalam Sandbox?

Anda bisa mencari bukti adanya aktivitas Sandbox. Apakah situs Anda punya Google page rank tinggi (sekarang gunakan DA dan TF)?, bersama dengan backlink berkualitas? Apakah situs Anda mendapatkan rangking yang bagus untuk kata kunci sekunder? Kemudian, jika situs Anda masih belum bisa ditemukan untuk kata kunci paling penting, kemungkinan situs tersebut telah ditempatkan dalam Sandbox.

Jika sebuah situs terkena penalti dari Google, situs itu tidak akan muncul di SERP, bahkan untuk kata kunci yang tidak penting.

Saya masih memiliki peringkat yang bagus untuk kata kunci yang kurang penting. Mengapa?

Salah satu karakteristik paling penting dan memang salah satu tanda berada di Google Sandbox adalah berlanjutnya mendapatkan posisi yang tinggi untuk kata kunci yang kurang penting. Dugaannya, Filter Sandbox tampaknya dirancang untuk memperhatikan kata kunci yang lebih kompetitif karena situs spam hampir pasti mengincar kata kunci seperti itu, link yang dibeli dan dianggap tidak alami oleh Google juga seperti itu, dan mungkin lebih banyak upaya yang dilakukan untuk memanipulasi kata kunci kompetitif. Itulah kemungkinan besar mengapa kata kunci tidak penting dan tidak kompetitif bisa muncul dan keluar dari efek Google Sandbox.

Jika saya bergabung program Adword atau Google Adsense, apakah itu akan mencegah ditempatkan di Sandbox?

Bergabung dengan program seperti Google Adwords dan Google Adsense tidak akan berpengaruh pada durasi situs Anda di Sandbox.

Program berbayar tersebut dapat memberikan lalu lintas yang sangat dibutuhkan sementara situs Anda tetap berada di kedalaman Sandbox. Partisipasi dalam berbagai program periklanan Google tidak akan membuat situs Anda keluar dari Sandbox, atau memperpendek masa tinggal Anda, terlepas dari beberapa mitos yang Anda percayai.

Apakah ada filter lainnya yang bekerja sebagaimana Google Sandbox?

Ini banyak dipikirkan oleh pakar SEO bahwa link masuk baru tidak diberikan kredit penuh secara langsung. Tujuan dari pemberian kredit secara bertahap yang melalui page rank dan popularitas link adalah untuk mencegah pembelian link serta berbagai skema link yang hanya dirancang untuk meningkatkan posisi situs di halaman hasil pencarian Google.

Satu-Satunya cara keluar dari Google Sandbox adalah waktu. Bergantung pada seberapa kompetitifnya kata kunci yang paling penting bagi Anda. Waktu itu bisa bervariasi dari satu sampai enam bulan, dengan tiga sampai empat bulan menjadi durasi normal. Sementara itu, terus perbaiki situs Anda, dan bersiaplah untuk upaya menaikkan rangking yang cepat setelah masa percobaan Sandbox berakhir

Apa yang harus saya lakukan sementara situs saya terkena efek Google Sandbox?

Sementara situs Anda berada di Sandbox, itu merupakan waktu ideal untuk menambakan konten-konten baru yang kaya dengan kata kunci dan backlink menuju situs Anda. menambahkan link baru juga memastikan bahwa link-link tersebut mencegah adanya filter link baru yang mungkin masih berlaku. Link-link tersebut akan berusia lebih tua dan siap memberikan nilai penuh yang melewati page rank dan popularitas link ketika situs tersebut terlepas dari efek Google Sandbox.

Apakah sebaiknya saya terus menambah konten ke situs saya saat berada di Sandbox

Ketika situs berada di Sandbox, itu adalah waktu ideal untuk menambahkan konten relevan. Berkonsentrasilah untuk menambkan halaman yang kaya kata kunci dan jangan lupakan SEO On-page dan off page-nya. Pada halaman, pastikan tittle tag sesuai dengan kata kunci paling penting dalam halaman tersebut. Tambahkan sitemap dan pastikan semua halaman terhubung satu sama lain dengan anchor text yang berisi kata kunci untuk setiap halaman. Anchor text pada SEO Off page juga harus disetting sesuai dengan kata kunci halaman. Jangan membuang waktu ketika di Sandbox, lakukan perbaikan apapun yang mungkin dilakukan. Saat filter dicabut, situs Anda yang telah diperbaiki akan naik dengan cepat ke tempat yang tepat di bagian atas rangking pencarian.

Ketika situs saya mulai keluar dari Sandbox, peringkat pencariannya masih rendah. Apakah itu normal?

Peringkat Anda bisa tetap rendah karena lebih dari satu alasan. Sebagai Sandbox survivor, situs Anda tidak mendapat rangking untuk mayoritas kata kunci terpenting Anda. Masih ada pendakian panjang di depan Anda, dan masih banyak yang harus dilakukan untuk mendapatkan rangking tinggi di SERP. Meskipun situs Anda sudah bebas dari efek Google Sandbox, mungkin tidak ada link masuk dan anchor text yang bagus. Ini mungkin memerlukan lebih banyak konten kaya kata kunci yang relevan. Untungnya, semua ini bisa teratasi dan Anda tetap bisa naik ke puncak SERP.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaki setelah keluar dari Google Sandbox

Sulit menghitung secara tepat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan rangking yang baik karena begitu banyak variabel yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda telah menambahkan link masuk dari situs bertema relevan yang juga menggunakan anchor text yang tepat, kenaikkan Anda akan lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak menambahkan inbound link.

Konsisten menambahkan konten kaya kata kunci juga akan membantu situs Anda menjadi lebih unggul. Tentu saja, semakin kompetitif kata kunci yang Anda targetkan, semakin lama dan semakin sulit pendakian.

Bagaimana saya bisa menghindari Google Sandbox?

Sandbox bisa dihindari dengan membeli situs web atau membeli domain lama.

Diterjemahkan secara bebas dengan berbagai perubahan seperlunya dari SEO Chat.

Iklan

13 tanggapan untuk “Apa Itu Google Sandbox? Semua Tanya Jawab

  1. Mau tanya. Antara kata kunci yang dipakai situs blog pribadi gratisan dengan situs web berbayar komersil ada kaitannya dengan sandbox gak? Kan otomatis situs yang gratisan kalah di page search😅😅. Dan pengalaman backlink blog juga pegaruh kali ya.

    Suka

    1. Sandbox berlaku untuk semua situs, baik berbayar maupun gratisan. Klo masih baru, hampir pasti sulit muncul di halaman pertama Google. Mengenai SEO, memang lebih fleksibel yg pakai blog berbayar karena bisa dikustomisasi, sedangkan blog gratisan hanya mencakup standarisasi SEO saja. Klo konsep backlinknya keduanya sama saja baik itu berbayar maupun gratisan.

      Disukai oleh 1 orang

        1. Ya bagus berarti. Berarti ada banyak yg nyari informasi tersebut. Dan mungkin masih belum banyak yg menulis tentang hal tersebut sehingga menjadi laris. Tapi perlu diliihat darimana datangnya pengunjung juga. Soalnya ada tools untuk berbuat jahil yakni mengirim robot ke situs bersangkutan. Selama sumber pengunjungnya mayoritas dari google, maka bisa dipastikan situsnya sehat. 🙂

          Disukai oleh 1 orang

        2. Oo begitu. Saya cuma kaget aja. Blognya biasa-biasa tapi suatu hari kok statistiknya meroket 😅😅. Dan soal artikel blog yang tidak ada di peringkat 5 besar search engine padahal termasuk tricky di kata kunci dan terbilang pemosting pertama, mungkin karena blog gratis jadi kalah saing sama situs komersil. Terima kasih banyak Bang Shiq4 jawabannya 😃

          Disukai oleh 1 orang

    1. Lebih baik gak usah mikirin kata kunci mas desfortin. Saya juga tidak melakukannya. Tinggal nyuri kata kunci di blog-blog terkenal saja. Biarkan mereka yg mencari kata kuncinya, kita mengikuti saja.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s