Apa Itu Trust Flow dan Citation Flow?

Di masa lalu webmaster menggunakan metriks pagerank untuk menentukan kualitas suatu situs. Semakin tinggi pageranknya, maka semakin bagus situs tersebut.

Bahkan pagerank menjadi salah satu faktor penentu peringkat website di mesin pencari Google. Artinya, pagerank yang lebih tinggi cenderung lebih mudah terlihat di halaman hasil pencarian dibanding dengan website yang memiliki pagerank rendah.

Meskipun hingga saat ini pagerank tetap diyakini oleh sebagian webmaster masih digunakan Google dalam menentukan rangking, tetapi Google telah resmi menutup pagerank untuk publik dan tidak memublikasikannya lagi (tidak update).

Tentu itu berita buruk. Karena webmaster butuh metrik tersebut untuk menilai sejauh apa situs yang mereka kelola berkembang. Juga sangat penting guna keperluan link building.

Tanpa metrik yang dapat diukur, semua orang akan kebingungan menilai kualitas suatu situs.

Untunglah ada beberapa pihak ketiga yang mengembangkan metrik lain yang dianggap mendekati metrik pagerank milik Google. Salah satu yang paling populer adalah Trust Flow dan Citation Flow yang dikembangkan oleh Majestic.

Catatan : Untuk memudahkan penulisan, maka Trust Flow akan disingkat menjadi TF dan citation Flow akan disingkat menjadi CF.

Apa Itu Citation Flow?

Citation Flow atau CF adalah sebuah angka yang memprediksi seberapa “berpengaruhnya” sebuah URL berdasarkan jumlah situs yang terhubung dengannya.

Dalam konteks ini, yang dimaksud berpengaruh adalah kapasitas suatu blog atau situs untuk memberi dampak pada pembaca blog atau mereka yang tertarik dengan niche Anda.

Mungkin lebih tepatnya berapa banyak yang menautkan link menuju situs Anda sebagai referensi.

CF mengacu pada popularitas backlink dari suatu situs tanpa mempedulikan kualitas dari backlink-backlink tersebut. Semua backlink akan diperhitungkan dan mempengaruhi nilai CF. Termasuk backlink-backlink spam atau backlink-backlink buruk.

Jika TF meningkat, otomatis CF juga akan meningkat. Namun jika CF meningkat, belum tentu TF ikut meningkat.

Ingat, jika beberapa situs yang memiliki CF tinggi memberi link menuju situs Anda, maka Anda akan mendapati CF situs Anda ikut tinggi hanya dengan beberapa backlink.

Juga perlu diperhatikan, backlink dari situs yang memiliki CF terlalu tinggi, namun TF-nya sangat rendah, itu akan memberi efek negatif bagi situs Anda.

Apa Itu Trust Flow?

Trust Flow adalah angka yang memprediksi seberapa terpercayanya sebuah halaman didasarkan pada bagaimana situs terpercaya cenderung terhubung dengan tetangga yang dapat dipercaya.

Berbeda dengan CF, faktor penentu TF adalah hanya backlink-backlink berkualitas yang berasal dari situs-situs terpercaya atau yang memiliki TF tinggi.

Jika ada situs otoritas dan terpercaya memberi backlink menuju situs Anda, maka TF akan menjadi semakin bagus.

Biasanya nilai TF pada hampir semua situs akan lebih kecil dibanding CF. Mengapa?

Karena sebuah situs MUNGKIN memiliki segudang backlink. Namun tidak semuanya terdiri dari backlink berkualitas tinggi dan memiliki TRUST. Bahkan seandainya Anda berusaha memastikannya, pasti akan ada backlink-backlink buruk dari direktori otomatis atau situs-situs buruk yang tertarik memberi link menuju situs Anda.

Sederhananya, mustahil memastikan semua backlink merupakan backlink berkualitas tinggi dan hanya berasal dari situs-situs terpercaya.

Semakin tinggi TF, maka semakin bagus backlink profilenya. Itu juga pertanda bahwa situs terdiri dari konten-konten berkualitas dan akan mampu mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Trust Ratio

Jadi, apa gunanya mengetahui CF dan TF?

Tentu untuk mengukur perkembangan situs Anda sendiri di mata algoritma. Juga untuk membantu webmaster menemukan website-website potensial untuk menanam backlink agar rangking dan kepercayaan lebih baik dari sebelumnya.

Misalnya, menjadi penulis tamu untuk mendapatkan backlink. Ketika Anda mencari situs untuk melakukannya, tentu Anda ingin melakukannya di situs-situs yang berkualitas agar efeknya bisa langsung terlihat. Maka Anda bisa menggunakan trust ratio.

Anda bisa mendapatkan nilai trust ratio dengan kalkulasi sederhana :  Trust Flow/Citation Flow.

Dasar dari cara kerja trust ratio adalah karena, jika CF tinggi dan TF rendah, itu berarti situs tersebut memiliki sangat banyak link, namun lebih banyak berasal dari situs yang bukan terpercaya. Itu mengindikasikan bahwa situs tersebut mendapatkan link-link tersebut dari area “spam” di internet dan bukan dari sumber terpercaya.

Sebaliknya, Jika TF tinggi dan CF rendah, itu berarti backlink-backlink yang menuju situs tersebut berasal dari situs-situs terpercaya.

Berikut adalah contoh dari keduanya agar Anda lebih memahaminya :

Situs yang Bagus

Apa itu trust flow
Statistik situs sehat dan bagus

Gambar di atas merupakan statistik yang bagus. Seperti yang Anda lihat, situs di atas memiliki TF sebesar 68 dan CF sebesar 54.

Maka Trust rationya adalah Trust Flow/Citation Flow = 68/54= 1,259

Dengan Trust ratio sebesar 1,259, Anda tahu bahwa situs ini mendapatkan link dari situs-situs terpercaya dan merupakan situs bagus untuk menanam backlink bagi klien Anda.

Bagaimana pun juga, rata-rata situs biasanya memiliki trust ratio antara 0,5 – 0,9. Jadi, jangan khawatir jika Anda masih dalam jangkauan tersebut.

Situs yang Buruk

Apa itu citation flow
Contoh situs yang buruk

Gambar di atas merupakan statistik suatu situs yang buruk. Bagaimana pun situs tersebut tetap aktif memublikasikan konten secara teratur.

Seperti yang Anda lihat, TF terlihat sangat lebih rendah dibanding dengan CF. Menggunakan rumus yang sama untuk mendapatkan trust ratio, maka akan didapat angka berikut :

7/35=0,2

Trust rationya sangat rendah dan bisa disimpulkan bahwa backlink-backlink yang mengarah didapatkan dengan teknik-teknik spam.

7 Poin Emas untuk Meningkatkan Metrik

  1. Meningkatkan trust flow seharusnya menjadi tujuan utama. Untuk menjaga rasio yang sehat, TF harus lebih tinggi. Meningkatkan CF hampir tidak ada gunanya. Secara tidak langsung, itu berarti kualitas backlink lebih penting dibanding dengan kuantitas.
  2. 1000 backlink vs 1 backlink dari situs otoritas, backlink otoritas jelas pemenangnya.
  3. Menjadi penulis tamu merupakan cara terbaik untuk mendapatkan backlink otoritas. Bagaimana pun juga, posting tamu harus dijaga tetap minimal. Frekuensi dimana backlink tersebut dibangun sebaiknya tetap minimum, terutama jika situs atau blog Anda masih baru.
  4. Anda sebaiknya membangun backlink dari situs otoritas yang hanya dari niche Anda. Karena Majestic SEO juga memperhitungkan nilai topical trust. Anda harus mendapatkan nilai tinggi pada skor untuk niche atau topik Anda untuk mendapatkan rangking tinggi di Google.
  5. Strategi internal link yang bagus membantu meningkatkan TF dan CF. Halaman utama yang kuat dengan metrik Flow yang tinggi dapat mempengaruhi halaman tujuan link di halaman utama. Memiliki backlink menuju halaman utama dan halaman internal meningkatkan metrik Flow dengan sangat bagus.
  6. Backlink dari .Edu dan .Gov membawa lebih banyak skor Trust untuk situs atau blog Anda.
  7. Link No follow juga membawa CF sampai batas tertentu, namun tidak dengan TF.

Referensi :

1. Majestic, “Flow Metrik Will Change the Way You Look at Links

2. Majestic, “Using Majestic Citation Flow and Trust Flow to Check The Quality of Your Link Prospects

3. Go Blogging Tips, “Citation Flow and Trust Flow : Everything You Should Know

Iklan

12 tanggapan untuk “Apa Itu Trust Flow dan Citation Flow?

    1. Wah kurang tahu saya. Sejak dulu punya saya muncul terus. Sekarang TF 7 dan CF 14.

      Oh iya mbak kunu, itu per hari jika menggunakan tools secara gratis terbatas pada 1 atau 2 kali nyoba satu domain saja. Mungkin itu penyebabnya šŸ˜€

      Suka

Komentar ditutup.