7 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Punya Hobi

Alasan mengapa hobi itu penting Sumber gambar : superadventure.co.id

Harga barang-barang kebutuhan di zaman sekarang serba mahal. Tak ayal, mayoritas lifesyle yang menjangkiti setiap manusia adalah produktivitas dan selalu berakhir dengan pertanyaan “Berapa banyak uang yang bisa saya hasilkan?

Bahkan saking sibuknya hingga ada orang yang tidak punya hobi. Padahal hobi merupakan kegiatan yang sangat penting agar kita bisa bersenang-senang dan beristirahat sejenak dari rutinitas yang menjemukan.

Apa itu hobi?

Menurut KBBI hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Artinya, hobi adalah kegiatan istimewa yang bisa Anda lakukan di waktu luang dan membuat Anda merasa gembira.

Ada bermacam-macam hobi manusia seperti membaca buku, menulis, melukis, mengoleksi benda-benda tertentu, atau berkebun. Setindaknya Anda harus punya sebuah hobi agar kehidupan Anda berjalan seimbang dan lebih bahagia.

Berikut adalah alasan pentingnya punya hobi bagi saya :

1. Melepaskan Stres

Alasan mengapa harus memiliki hobi​Sumber gambar : vemale.com

Pikiran manusia mudah stres jika terus-menerus memaksakan diri melakukan must to do list setiap hari. Bukannya tidak penting, malah itu suatu keharusan karena dengan disiplin kita akan meraih semua pencapaian yang kita inginkan dalam hidup.

Masalahnya tubuh Anda punya batas. Bekerja terlalu keras bisa menyebabkan sakit dan perasaan tertekan. Oleh karena itu, saat saya merasa sudah pada batas maksimal, saya memberi hadiah kepada diri sendiri untuk dapat melakukan hobi yang saya sukai.

Hobi melepaskan stres. Untuk sesaat saya merasa waktu berlalu begitu cepat dan otak saya menjadi kembali segar sehingga mampu bekerja pada kondisi terbaik.

2. Menambah Jaringan Pertemanan

Alasan mengapa hobi sangat penting​Sumber gambar : wasonobasuki.blogspot.com

Tidak dapat dipungkiri, salah satu kunci kebahagiaan adalah memiliki hubungan sosial yang baik. Dan memiliki hobi akan memudahkan Anda untuk berhubungan dengan orang-orang baru dengan hobi yang sama.

Misalnya saya yang notabenenya hobi menulis dan rutin memublikasikan tulisan di blog. Kegiatan menulis di blog membuat saya berkenalan dengan berbagai macam manusia dari berbagai penjuru dunia.

Berawal dari saling berkomentar, saya merasa memiliki teman seperjuangan yang sama-sama suka menulis. Terkadang saya pun mendapat hadiah dari teman-teman baru. Bahkan saya pernah berkolaborasi dengan penulis lain dan menghasilkan cerbung Cinta Sejati.

Ingatlah satu hal : Bisnis apapun akan berjalan dengan baik jika punya banyak jaringan. Siapa tahu di masa depan saya memiliki project-project baru dan membutuhkan bantuan dari orang lain. Saat itu terjadi, kandidat terbaik adalah teman-teman yang sudah saya kenal dengan baik agar mampu bekerja sama dengan baik.

3. Menghasilkan Uang

Mengapa hobi sangat penting bagi hidup​Sumber gambar : inidulubaruitu.com

Walaupun bukan sebuah kesengajaan, ternyata hobi menulis yang saya tekuni membuat saya mampu menghasilkan uang. Meski hasilnya tidak seberapa, tetapi ada kepuasan tersendiri seolah orang lain mengakui tulisan-tulisan saya.

Sejak pertama kali mendapatkan uang dari hobi menulis, akhirnya saya pun dapat berbagai penawaran untuk menulis konten-konten berkualitas. Dan akhirnya saya pun menasbihkan diri sebagai penulis artikel freelance.

Apapun hobi Anda, selama Anda benar-benar melakukannya dengan cinta, saya yakin akan terbuka jalan bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari hobi yang Anda tekuni. Kalau pun tidak mendapatkannya, hati Anda pun tetap senang. Jadi, tidak ada salahnya menekuni hobi dengan serius.

4. Belajar Mengatur Waktu dengan Lebih Baik Lagi

Pentingnya memiliki hobi​Sumber gambar : bowoantonius22.blogspot.com

Orang-Orang mungkin selalu bingung dengan bagaimana saya menghabiskan waktu 24 jam. Saya pulang kerja pukul 6 sore, masih sempat menulis buku, lalu menjalankan hobi berkebun, juga masih sempat membaca buku-buku setiap hari. Juga menulis untuk blog Shiq4. Anda tahu rahasianya? Belajar memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Begitu bangun tidur, saya mandi dan langsung menulis sebuah artikel untuk blog. Kemudian saya berangkat kerja. Saya melakukan hobi membaca buku sambil berjualan di pasar, ketika sudah tidak ada lagi pembeli, saya membaca buku. Lalu setelah pulang kerja, saya menyelesaikan project menulis buku. Sedangkan berkebun, saya mampu melakukannya dengan bantuan ibu saya.

Dengan segala rutinitas tersebut, saya bahkan masih cukup banyak waktu untuk bermain game atau menonton TV di malam hari. Saya bahkan meyakini bahwa saya masih dapat mengefisiensikan waktu 24 jam yang saya miliki untuk melakukan lebih banyak kegiatan.

Memiliki hobi akan membuat Anda menjadi lebih efisien dalam mengatur waktu. Meski di masa awal Anda akan mengalami beberapa kendala untuk melakukannya. Namun jika sudah terbiasa, Anda akan menjadi manusia yang lebih produktif lagi.

5. Membuat Pikiran Lebih Kreatif

Pentingnya semua orang memiliki hobi​Sumber gambar : portalflix.com

Sejujurnya saja, saya sangat serius untuk menjadi penulis dan pembaca yang lebih baik. Dan itu mendorong saya untuk membaca tutorial dari orang lain agar saya mampu melakukan dengan lebih baik lagi. Tak jarang juga saya melakukan eksperimen sendiri untuk mendapatkan hasil seperti yang saya inginkan.

Hal-hal semacam itu membuat pikiran saya menjadi lebih kreatif dalam menjalankan hobi untuk menemukan satu-satunya cara terbaik. Dan tentu saja, jika saya terus berpikir kreatif setiap hari, maka kreatifitas dan kecerdasan otak saya menjadi lebih baik lagi.

6. Membuat Saya Menjadi Pribadi yang Lebih Menarik

Manfaat-Manfaan mdmpunyai hobi​Sumber gambar : santaitour.com

Hobi juga bisa menjadi identitas saya atau menjadi personal branding ketika berhubungan dengan orang lain. Di dunia online saya lebih terkenal dengan nama Shiq4, penulis artikel freelance. Dan saya mulai terkenal diantara beberapa bloger.

Lebih jauh lagi, saya pun mengembangkan hobi menulis saya dengan menuliskan review mengenai buku-buku yang telah saya baca.

Dua hobi tersebut merupakan identitas yang ingin saya bangun. Jika orang ingin tahu buku apa yang bagus, maka mereka akan ingat saya. Jika mereka ingin belajar menulis, maka mereka minta saran dari saya.

 Saya menjadi pribadi yang menarik karena dua hobi tersebut. Dan saya senang dengan penghargaan oleh orang-orang yang berkunjung di blog Shiq4 maupun orang-orang yang mengakui kemampuan menulis dan membaca saya. Saya merasa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

7. Hobi Menyehatkan Tubuh

Contoh hobi yang menyenangkan​Sumber gambar : vemale.com

Menurut Positively Present, penelitian menemukan bahwa terlibat dalam kegiatan menyenangkan dikaitkan dengan tekanan darah, jumlah kortisol, lingkar pinggang, dan indeks massa yang lebih rendah. Juga tingkat depresi yang lebih rendah.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memiliki hobi. Bagi Anda yang belum punya hobi, sebaiknya mulai berpikir tentang kegiatan apa yang paling membuat Anda bersemangat ketika melakukannya dan kemudian menjadikannya sebuah hobi.

Dengan begitu Anda pun akan mendapatkan semua manfaat yang telah berpengaruh positif bagi saya di atas.

Apakah Anda punya hobi dan bagus dalam melakukannya? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

27 tanggapan untuk “7 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Punya Hobi

  1. Hobi jadi penghilang stress.. setuju banget Mas. Hobi jadi pelarian saya kalau lagi stress banget dengan kerjaan.

    Di sela2 waktu luang pas jualan terus penjual baca buku …itu keren. Selama ini saya belum pernah nemu penjual yang baca buku kalau pas mereka senggang di pasar.

    Suka

  2. Yg pasti jngan pkerjaan utama mengganggu hobi. Bgtu jg sbliknya.

    Lkukan hobi, krn punya hobi itu baik skli. Yg djlskan Shiq4 du atas sngat beralasan dan itu adalah sharing dari pnglmannya.

    Suka

      1. Bagi sbgian org mungkin sepintas hidup mas Shiq4 itu sprti no life in real, tp stlh dpt pnjlsan di atas, sya pikir ckup bisa menjelaskan, lgian mas Shiq4 sendiri yg tahu…

        Disukai oleh 1 orang

  3. Aku paling seneng kalo ada hobi yg bisa ngasilin uang, excited bgt rasanya.. ibarat passion yg membuahkan hasil, selain emang seneng dg hobinya rasanya ada rasa puas tersendiri gitu bisa ngasilin uang dari hobi

    Suka

  4. mas Shiq…maaf untuk cerbungnya, Cinta belum ada ide untuk postingan selanjutnya, heee 😁

    hobby Cinta ya nulis, kdg mendengarkan musik, kadang nyanyi, kadang disscuss sastra khusus puisi sm tmn yg pinter, kdg nonton bioskop, download film horor trs teriak2 depan lopi brg keluarga, kdg sepedaan, kdg jogging, kdg bca buku,…smua itu hobby mas Shiq. *Duuuh maruk bngt, ini beneran hobby atau kebiasaan saja? 😅

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s