5 Cara Meningkatkan Pageview Blog Hingga 47,5% dalam 60 Hari

Cara meningkatkan pageviewSumber gambar : www.ppcmate.com

Pageview yang tinggi merupakan indikasi positif kesehatan blog. Artinya pengunjung menikmati konten-konten yang kita sajikan sehingga mereka membuka lebih banyak halaman.

Tapi mungkin Anda bertanya, “Bagaimana cara meningkatkan pageview blog dengan cepat?

Pengunjung blog Anda memang banyak. Tapi mereka hanya melihat satu atau dua halaman saja, kemudian pergi meninggalkan blog begitu saja. Tentu ini bukan sesuatu yang Anda harapkan.

Dalam banyak kasus, webmaster tidak tahu masalahnya sehingga tidak ada perubahan signifikan pada jumlah penayangan.

Oleh karena itu, di postingan kali saya akan memberitahu cara meningkatkan pageview blog. Anda tinggal mengikuti panduan ini dan akan melihat pageview Anda meningkat hanya dalam 60 hari.

Berikut adalah screenshot pageview saya yang meningkat dari 9.010 di bulan januari menjadi 13.291 di akhir maret 2017:

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat
Menurut analisis sederhana yang saya lakukan, berikut adalah faktor-faktor peningkatan pageview yang dialami blog Shiq4 :

1. Semua Tentang Konten Berkualitas

Cara mudah meningkatkan pageview​Sumber gambar : optimasi.net

Ini mungkin terlihat terlalu klise : Konten adalah Raja.

Tapi itu benar adanya. Korelasi antara kualitas konten dengan jumlah pageview akan berbanding lurus. Semakin baik kualitas konten yang Anda publikasikan, hampir bisa dipastikan pageview akan meningkat secara otomatis.

Skenario sederhana yang biasa terjadi seperti ini :

Jika ada pengunjung yang datang ke blog, entah itu berasal dari mesin pencari atau link yang Anda tanam di forum, atau melalui sosial media, maka mereka akan mendarat di salah satu postingan Anda. 

Disinilah takdir blog Anda ditentukan.

Pengunjung akan menilai Anda dari satu postingan saja. Kalau konten pertama yang dibaca tidak mengesankan atau terlalu buruk, pengunjung akan pergi tanpa membuka halaman lainnya. Bagian buruk lainnya, pengunjung tersebut akan mengingat nama domain Anda dan jika ia menemukan link blog Anda di mana pun (termasuk di hasil pencarian), ia tidak akan melakukan klik karena kesan pertama yang buruk.

Itulah mengapa hanya sebarkan konten-konten terbaik Anda agar kejadian di atas tidak terjadi.

Agar kita dalam persepsi yang sama, setidaknya konten berkualitas memiliki ciri berikut :

  • Artikel harus Orisinil – Orisinilitas adalah jaminan kualitas. Jika tidak orisinil, maka lebih baik mencari ide lain.
  • Artikel Tidak Bertele-tele – Konten berkualitas bukan pada panjang atau pendeknya, tetapi pada efektivitasnya menyampaikan informasi.
  • Menggunakan Kata-Kata Sederhana – Jangan terlalu banyak jargon atau kata ilmiah jika tidak benar-benar terpaksa.
  • Ditulis secara Sistematis – Selain memudahkan pembaca memahami informasi, tulisan sistematis yang terstruktur menghindarkan pembaca dari kebosanan.
  • Menggunakan Bahasa Indonesia yang Benar – Jangkauan pembaca lebih luas dibanding dengan menggunakan bahasa gaul atau bahasa daerah. Pastikan Bahasa Indonesia Anda sudah baik dan benar.
  • Artikelnya Enak Dibaca – Artinya kontennya nyaman untuk dibaca. Tidak berputar-putar alias fokus pada topik yang dibahas. (Baca Tipsnya di sini)
  • Artikel Sesuai Stardar SEO – Menulis di web harus sesuai standar SEO. Kalau tidak, maka konten Anda tidak akan mampu bersaing dengan tulisan bloger lain. (Anda bisa membaca tulisan Rohadi Right “15 Cara Menulis Artikel SEO Friendly”)

Saat Anda mampu menulis sesuai standar kualitas di atas, maka Anda tinggal menunggu dan berlanjut dengan cara- cara lain setelah poin ini untuk meningkatkan pageview blog Anda.

Tips Menciptakan Konten Berkualitas

Tidak ada shortcut untuk menciptakan konten berkualitas. Satu-Satunya jalan yang tersedia adalah terus berlatih menulis sesering mungkin.

Jangan anggap remeh. Kemampuan menciptakan konten berkualitas lebih utama dibanding SEO. Tanpa konten berkualitas, sehebat apapun ilmu SEO, Anda akan kalah bersaing dengan bloger lain karena faktor penentu peringkat adalah User Experience, di mana konten merupakan ujung tombak untuk memuaskan pengunjung.

Jika Anda masih merasa kualitas konten Anda masih buruk, jangan khawatir. Nikmati saja prosesnya. Saya sendiri terus menulis selama lebih dari 24 bulan terakhir dan masih terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan menulis ke level yang lebih tinggi. Jadi, terus berusaha dan pantang menyerah.

2. Popular Post, Related Post, dan Latest Post

Cara meningkatkan pageview blog dengan cepat​Sumber gambar : betanews.com

Dalam mendesain blog Anda, sebaiknya Anda juga memasang popular post dan latest post di bagian sidebar atau footer. Dan memasang related post di bagian bawah setelah postingan. Ini akan membuat postingan-postingan yang muncul di popular post, related post dan latest post mendapatkan klik dari pengunjung.

Mari kita bicarakan satu per satu.

Popular Post

Widget popular post akan menampilkan artikel-artikel populer di dalam situs. Masing-masing widget popular post memiliki pengaturan masing-masing tergantung dari script yang Anda gunakan.

Saya menggunakan widget popular post yang menampilkan postingan dengan pageview tertinggi untuk hari ini sehingga daftarnya akan berubah setiap hari.

Pertama kali menyadari widget popular post mampu meningkatkan pageview beberapa bulan lalu. Ketika itu saya mencoba memasang widget popular post dan tiba-tiba jumlah pageview konten yang tampil di widget menjadi lebih tinggi dibanding sebelum saya memasang widget tersebut.

Saya juga melihat situs besar seperti Copyblogger melakukannya. Menurut analisis sederhana saya, widget popular post memiliki sinyal menarik perhatian pengunjung. 

Mungkin pengunjung penasaran dengan artikel-artikel yang paling populer di suatu blog sehingga melakukan klik.

Sangat mudah mengaplikasikan cara ini dan tidak ada risiko negatif apapun. Jadi, apa yang Anda tunggu, pasang sekarang juga.

Related Post

Di masa sekarang hampir semua blog akan memasang script atau menggunakan plugins yang mampu menampilkan related post di bawah postingan. Kalau belum, maka Anda harus segera memasangnya.

Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan pageview karena related post akan menampilkan postingan-postingan yang masih berkaitan erat dengan konten yang ditampilkan. Seperti halnya widget popular post, Anda bisa melakukan pengaturan manual agar related post hanya menampilkan postingan yang paling relevan dengan konten utama.

Latest Post

Widget latest post atau artikel terbaru akan menampilkan konten-konten terbaru dari blog. Hal ini akan memanjakan pengunjung untuk mengakses konten terbaru di blog Anda.

Sangat efektif jika dipasang di sidebar. Di masa lalu orang-orang harus mengklik tombol home untuk mengetahui konten-konten terbaru (menuju halaman utama dulu). Tapi semuanya menjadi lebih mudah di masa sekarang. Pengunjung tidak perlu lagi menekan tombol home, melainkan langsung melakukan klik di widget related post untuk langsung mengakses postingan terbaru di blog Anda.


Pesan penting
: Usahakan untuk terus mengupdate blog dengan teratur. Karena biasanya orang malas membaca informasi dari blog yang sudah tidak diupdate lagi.

Cara Mengoptimalkan Related Post, Popular Post, dan Latest Post

Meskipun Anda memasang ketiganya sekaligus dengan desain paling cantik, itu tidak serta merta membuat pengunjung melakukan klik. Jika demikian, maka tidak akan pernah ada peningkatan pageview.

Triknya sederhana : Usahakan menggunakan judul yang menarik karena di popular post, related post, dan latest post hanya mampu menampilkan judul tanpa tambahan deskripsi apapun.

Sebagaimana kegiatan menulis konten berkualitas, menciptakan judul yang memikat dan mampu mendatangkan klik butuh latihan terus menerus. Anda harus terus belajar membuat judul sempurna yang mampu meningkatkan rasa ingin tahu. Jika berhasil, maka tidak ada yang bisa menghalangi Anda mendapatkan pageview yang lebih banyak.

Jika Anda masih pemula dan tidak tahu darimana mulai belajar membuat judul, Anda bisa mengakses “Template Judul yang Bekerja dengan Baik” atau tulisan Jeff Goins “5 Easy Trick to Help You Make Catchy Headlines”.

3.Fokus Menciptakan Konten Evergreen

Jangan mengikuti strategi situs-situs besar yang berlomba menciptakan konten-konten yang sedang trend. Mereka punya banyak tim sehingga mudah melakukannya. Tapi bloger yang bekerja sendirian, lebih baik mencari celah dengan berfokus menciptakan konten-konten evergreen.

Menurut Wordstream, konten evergreen adalah konten SEO yang secara terus menerus relevan dan tetap “Fresh” untuk pembaca. Maksudnya kontennya akan tetap relevan untuk waktu lama setelah dipublikasikan.

Benjamin Brandall mampu meningkatkan pageview hingga 468% menggunakan strategi konten evergreen.

Sedangkan saya sendiri, sejak pertama membangun Shiq4, saya berfokus menciptakan konten-konten evergreen. Ini merupakan resep yang tidak boleh ditinggalkan jika ingin mendapatkan pageview yang lebih tinggi. Logikanya sederhana, selama konten-konten lama tetap mendapatkan trafik, dengan asumsi Anda terus menciptakan konten berkualitas seperti di poin pertama, maka otomatis pageview akan menanjak naik dengan sendiri.

Lihatlah statistik blog saya pada maret 2017, 4 dari 6 konten paling sering dikunjungi merupakan konten evergreen :

Cara efektif meningkatkan pageview blog dengan cepat

Satu-Satunya yang harus diperhatikan adalah jangan pernah menulis konten yang sudah banyak dibahas oleh bloger lain. Tugas Anda satu-satunya adalah ciptakan konten yang lebih baik dari konten yang sudah ada

Jika Anda tidak bisa, maka lebih baik mencari topik lain yang mampu Anda tulis dengan lebih baik dibanding dengan bloger lain.

Cara Mengoptimalkan Strategi Ini

Anda tidak bisa menerbitkan konten evergreen dan berharap pageview naik dengan sendirinya secara ajaib. Konten evergreen sangat cocok diterapkan jika Anda menggunakan SEO sebagai ujung tombak menjaring pengunjung.

Percuma saja Anda menerapkan konten evergreen jika kontennya tidak mampu tampil di halaman pertama Google. itulah mengapa Wordstream menyebut sebagai konten SEO.

Menerapkan strategi konten evergreen butuh kerja keras. Dari memilih kata kunci yang paling banyak dicari, hingga menciptakan konten, dan kemudian mengoptimalkannya agar mampu bersaing.

Tapi hasil yang didapat akan sangat luar biasa jika berhasil. Satu saja konten Anda yang mampu tampil di halaman pertama, maka akan terus mendatangkan pengunjung. Tentu saja, semakin banyak pengunjung, jika konten Anda berkualitas, mereka akan terus membuka halaman di blog Anda.

Jika Anda hanya mengandalkan blogwalking dan sosial media untuk menerapkan strategi konten evergreen, Anda akan berakhir dengan kegagalan. Anda bisa mengakses “Cara Belajar SEO dengan Mudah” jika masih tidak tahu banyak tentang SEO.

4. Optimalkan Internal Link

Saya merupakan fans internal link. Internal link memiliki fungsi-fungsi positif berikut :

  • Mengarahkan Pembaca ke Informasi Terkait – Karena link yang dibuat diletakkan di dalam konten secara manual, maka bisa dipastikan relevansinya sangat tinggi. Pembaca yang melakukan klik akan diarahkan ke konten lain yang masih berhubungan sehingga puas. Dengan begitu loyalitasnya akan semakin tinggi.
  • Keperluan SEO – Internal link berpengaruh positif bagi SEO sebuah postingan yang mendapat link. Lebih dari itu, kita bisa mengatur anchor text sesuai dengan kata kunci dengan konten sehingga akan sangat baik bagi konten-konten blog kita jika dilakukan secara teratur.
  • Memaksimalkan Konten-Konten Lama – Mungkin ada saat di mana Anda telah membuat konten berkualitas namun gagal duduk di halaman pertama Google. Jika merasa konten tersebut bernilai tinggi dan dapat membantu pengunjung memahami apa yang Anda sampaikan, maka membuat internal link merupakan keharusan.

Faktor lain yang membuat internal link akan bekerja dengan baik dan mendapatkan klik adalah karena pembaca telah mempercayai Anda. 

Mereka sudah familiar dengan hasil kerja Anda sehingga tidak ragu untuk melakukan klik untuk mendapatkan informasi yang masih relevan.

Tentu saja, semakin banyak internal link yang Anda buat, kesempatan mendapatkan klik akan menjadi semakin besar. 

Pastikan saja internal link Anda tidak terlalu dibuat-buat. Tanyakan kepada diri sendiri, “Jika saya memberi link ke artikel ini, apakah pembaca akan senang dengan informasi di sana?” Kalau iya, maka buatlah internal link.


FYI
Menurut Neil Patel, link tidak akan terlalu sering mendapatkan klik (Biasanya 1-10%). Tapi semua link tersebut bermanfaat. Karena jika Anda menambahkan 10 link dalam setiap post, maka Anda akan mendapatkan ekstra pageview rata-rata antara 10-20% dari setiap pengunjung.

Itu merupakan angkan yang besar, bayangkan dari 10.000 pageview per bulan menjadi 11.000 atau 12.000, hanya dengan melakukan perubahan kecil.

5. Pahami Pembaca Anda

Salah satu yang dapat saya pahami tentang blog adalah :
Ini bukan permainan seberapa banyak pengunjung yang bisa didapat hari ini dan kemudian merosot di esok hari, melainkan tentang menjaga pembaca setia. Jika saya juga bagus dalam mendatangkan pengunjung, maka jumlahkan dengan pembaca setia, maka akan didapat angka pengunjung yang lebih besar. Dan tentu saja, lebih banyak pengunjung, lebih banyak pageview.”

Blog Anda tidak akan berkembang jika tidak bisa menjaga pembaca setia. Oleh karena itu, seharusnya pageview akan terus meningkat setiap hari jika ada pengunjung baru dari mesin pencari yang ditambah dengan pembaca setia, benar?

Jadi, bagaimana agar pembaca setia tidak pergi ke pesaing? Sederhana, berikan apa yang mereka inginkan. Pergi ke dashboard dan lihat kategori dan tags yang mendapatkan klik dari pengunjung. Berikut adalah tampilan insight blog Shiq4 di bulan maret 2017:

Cara mudah meningkatkan pageview dengan sangat cepat
Ketika saya membuat postingan, saya melihat tampilan tersebut. Tentu hasilnya akan berubah-ubah setiap bulan. Saya hanya kadang-kadang menulis berdasarkan statistik tersebut dan membuat postingan-postingan yang lebih relevan.

Karena klik tidak pernah berbohong. Pengunjung melakukan klik pada kategori atau pada tags karena mereka menginginkan konten-konten sejenis. Dan sebagai bloger, tugas saya untuk menyediakan konten-konten yang diinginkan pembaca meskipun saya tidak sering melakukannya.

Cara kedua bisa melihat dari engagement yang dihasilkan. Perhatikan berapa banyak pageview yang di dapat oleh konten-konten yang baru Anda terbitkan. Berapa banyak yang melihatnya?

Atau Anda bisa mengingat-ingat masa lalu. Konten seperti apa yang paling banyak mendapatkan komentar? Maka buat yang seperti itu.

Tentu masih sangat banyak cara untuk memahami pengunjung. Semakin baik Anda memahaminya, maka semakin besar jumlah pageview yang Anda dapatkan setiap harinya.

Kesimpulan

Meningkatkan pageview bukan ilmu roket. Dengan mengaplikasikan lima cara sederhana di atas saya mampu meningkatkan pageview hingga 47,5% dalam waktu 60 hari. Dan saya tetap optimis bahwa pageview akan terus mengalami beberapa peningkatan beberapa bulan ke depan.

Lakukan 5 cara di atas secara teratur dan Anda mungkin mendapatkan persentase pageview yang lebih besar mengingat saya hanya menggunakan blog gratisan. Dengan domain TLD, tentu hasil yang didapat akan menjadi lebih baik dari sekadar 47,5% saja.

Apakah Anda punya pengalaman menarik untuk meningkatkan pageview? Saya akan senang mendengar cerita Anda di kotak komentar.

Iklan

30 tanggapan untuk “5 Cara Meningkatkan Pageview Blog Hingga 47,5% dalam 60 Hari

  1. Keren…beneran mas Shiq4. Tips yg Anda bagikan ini sangat logis, walau terdengar sulit. Dari beberapa di antaranya sudah saya aplikasikan, dan itu benar adanya. It worked.

    Anda sangat bnat ketika menfatakan bahwa tidak ada shortcut untuk menciptakan konten berkualitas. Satu-Satunya jalan yang tersedia adalah terus berlatih menulis sesering mungkin. Dan tentu memperhatikan tips cara nis konten berkualitas itu.

    Oya, ttg widget latest post dan related post udah sya pasang, tp yang populer rasanya belum. Gimna cara masang popular post itu, masalahnya skrg sya ngeblog pke smartphone, krn laptop lg brmslah?

    Tks mas Shiq4.

    Suka

    1. Klo nggal salah masuk di pengaturan theme. Terus pilih widget popular post. Mudah kok. Tinggal nyari di pengaturan soalnya dari hp saya nggak bisa mengakses dashboard wordpress.com. agak lupa. Maaf.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Maaf, di postingan Anda ini di bagian awal kyaknya ada typo angka, sblum screenshot prtma, mungkin bs dicek lg biar trlihat lbih perfect. Sama sih sprti komen sya di atas, ada jg yg typo, syang sya gak bisa edit, jd dimaklumi aja. Thanks

    Suka

  3. Beberapa sudah saya terapkan seperti related post, postingan terakhir, dan most popular post. Semuanya ada di widget, disediakan langsung oleh wordpress, alhamdulillah 😄
    Tapi sayangnya tema saya nggak enak dipandang mata kalau widget dan tetekbengeknya ditaruh di sidebar, jadi saya taruh di bawah saja kak, dan itu jadi tidak terlihat 😂

    Suka

  4. Tulisan dg tema ini sepertinya sudah saya baca sebelumnya. Mas shiq4 emang piawai banget menulis sesuatu yg tampak baru, padahal sebelumnya sdh ditulis. Salut bgt dah, harus rajin² berkunjung kemari, biar bisa belajar lebih banyak lagi 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  5. iya, benar yang mas mhilal katakan, sebagian isinya saya sepertinya pernah baca di tips ngeblog dari mas shiq4 sebelumnya, tapi tetap saja saya melanjutkan membaca karena disamping menarik untuk dibaca, saya juga belum paham semua,misalnyai.SEO sampai sekarang aku belum paham2 wk wk.wk
    Tapi saya setuju semua tipsnya, terutama Konten adalah Raja, dan masalahnya gak gampang menciptakan konten yang berkualitas….jadi sekarng yang bisa kulakukan ya nulis saja sebisa mungkin secara kontinyu biarpun tidak setiap hari bisa memposting

    Suka

  6. Yang konten evergreen memang menarik…. jadi begitu sistemnya… pantesan postingan 5 th lalu masih ttp dicari orang… tapi biasanya sih kalo aku surfing artikel…mesti lihat tgl artikel nya… kalo isi nya menarik sih bakal terus… kalo kebanyakan pop up tinggal deh

    Suka

    1. Tergantung skill menulis. Ketika saya tanya ryan biddulph agar bisa bersaing standar kualitas bloger top, saya di suruh menulis 1000 kata tiap hari yang belum saya kerjakan atau coba hingga saat ini. 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s