Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance

Cara menjadi penulis artikel freelance

​Salah satu profesi yang paling banyak diminati seiring dengan popularitas blog adalah penulis artikel freelance. Banyaknya permintaan artikel orisinil dari blogger yang bertujuan menghasilkan uang dari blog membuat jasa penulisan artikel kebanjiran order. Apalagi jika melihat sengitnya persaingan antar blogger, artikel berkualitas benar-benar menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh blogger yang bermimpi untuk sukses mengembangkan blog mereka.

Bagi Anda yang merasa mampu menulis artikel berkualitas dengan berbagai topik, tentu saja hal ini menjadi peluang besar untuk mulai menghasilkan uang. Sayangnya, sangat jarang artikel yang membahas tentang pengelolaan jasa penulisan artikel dalam bahasa indonesia. Oleh karena itu, saya akan mencoba menjelaskan langkah demi langkah untuk memulai jasa penulisan artikel.

Setelah Anda membaca artikel ini, saya berharap Anda memiliki paradigma baru dan pengetahuan tentang menjadi penulis artikel freelance. Tidak sulit, tapi tetap butuh perencanaan yang matang agar Anda benar-benar menghasilkan uang dari bisnis yang satu ini.   

Syarat Menjadi Penulis Artikel Freelance

Tujuan dari penulis artikel freelance adalah membantu blogger lain menghasilkan tulisan berkualitas. Itu berarti tidak semua orang bisa mendirikan jasa penulisan artikel karena menulis artikel berkualitas tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar Anda menjadi penulis artikel freelance yang profesional. Berikut adalah syarat-syaratnya :

1. Mencintai Aktivitas Menulis

Ini adalah syarat mutlak. Bagaimana pun juga, hanya orang-orang yang mencintai aktivitas menulis saja yang akan bertahan di industri ini.

Pekerjaan menulis artikel tidak semudah yang Anda bayangkan. Perlu dedikasi tinggi agar Anda mampu mencapai standart yang ditetapkan oleh blogger lain. Selain itu, tanpa kecintaan terhadap aktivitas menulis, Anda akan segera bosan. Setelah itu kejadian yang lebih buruk dan pasti terjadi adalah menurunnya kualitas tulisan yang dihasilkan.

Lalu, bagaimana agar kita mencintai aktivitas menulis?

Sayangnya saya juga tidak tahu jawaban dari pertanyaan sederhana diatas. Saya hanya tahu bahwa saya sangat menyukai aktivitas menulis lebih dari apapun juga. Tapi jika boleh sedikit berteori, setidaknya ada 3 hal yang harus Anda lakukan agar bisa lebih mencintai aktivitas menulis:

Menulislah setiap hari – Latihan pertama yang saya lakukan agar mencintai aktivitas menulis adalah menulis setiap hari. Saat saya menulis, saya merasa senang. Dan perasaan seperti itu terus menyelimuti hati saya. Ketika saya mulai mencintai aktivitas menulis, ternyata saya bisa menulis lebih banyak dari sebelumnya.

Membaca artikel-artikel tentang menulis – Banyak artikel yang membahas tentang tips-tips menulis beredar di dunia maya. Kalau Anda memiliki waktu luang, bacalah artikel-artikel tersebut. Pada akhirnya, pengetahuan Anda tentang menulis akan membuat Anda penasaran. Anda akan bertanya “ dapatkah saya menerapkan tips menulis tersebut?”. Ini langkah yang bagus untuk membuat Anda mencintai aktivitas menulis.

Tulis pengalaman menulis Anda – Mendokumentasikan pengalaman-pengalaman menulis akan membuat Anda mengetahui kekurangan tulisan yang Anda buat. Anda akan mulai memahami bahwa tidak ada tulisan yang benar-benar sempurna. Itu akan membuat Anda terus menyempurnakan gaya menulis Anda. Dan tentu saja, Anda akan lebih mencintai aktivitas menulis.

2. Kreativitas akan Sangat Membantu

Dalam dunia kepenulisan, kreativitas akan memegang peranan besar. Jika Anda sering mencari informasi di dunia maya, Anda akan mulai menyadari bahwa informasi yang satu dengan yang lainnya tidaklah jauh berbeda. Satu-satunya hal yang bisa disimpulkan adalah para penulis artikel tersebut memakai kreativitasnya sehingga membuat tulisannya berbeda dengan penulis lain.

Sebagai penulis artikel freelance, Anda dituntut untuk kreatif dalam menyajikan informasi. Bahkan ketika pelanggan Anda menginginkan artikel dengan judul yang tidak masuk akal.

3. Mampu Bekerja Dalam Tekanan

Menulis untuk diri sendiri sangat berbeda dengan menulis untuk orang lain. Ada semacam perasaan tertekan dan kekhawatiran pada diri saya ketika pertama kali mengerjakan artikel pesanan. Saya benar-benar tertekan. Bagaimana jika artikelnya jelek? Atau apakah pelanggan akan puas dengan artikel yang saya buat? Dan banyak lagi pertanyaan yang membuat saya khawatir.

Belum lagi ditambah dengan batasan waktu yang sudah disepakati bersama. Artikel yang dipesan harus selesai dalam waktu seminggu. Itu juga memberi sedikit tekanan pada mental penulis artikel baru seperti saya.

Jadi, seandainya Anda ingin menjadi penulis artikel freelance, pastikan mental Anda siap menghadapi tekanan yang pasti akan terjadi. Tapi tenang saja. Seiring berjalannya waktu, Anda akan mulai terbiasa dengan tekanan. Bagaimana pun juga, pengalaman memang guru yang terbaik.

4. Memiliki Banyak Gaya Menulis

Saya tahu apa yang Anda pikirkan. Penulis yang baik memang sebaiknya hanya memiliki satu gaya menulis saja. Mengembangkan satu gaya menulis akan membuat kita mampu dengan cepat meningkatkan kemampuan menulis yang kita miliki.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi penulis artikel. Jika Anda ingin sukses di bisnis ini, Anda harus mengembangkan banyak gaya menulis. itu karena pesanan dari pelanggan sangat berbeda. Ada yang ingin tulisannya sederhana, ada yang ingin tulisan SEO, ada juga yang ingin artikelnya menggunakan referensi terpercaya. Akan sulit bagi Anda memenuhi keinginan pelanggan dengan mengandalkan satu gaya menulis.

Perlu saya ingatkan, Anda tidak akan pernah terkenal karena artikel yang Anda buat akan diterbitkan dengan nama orang lain. Ini adalah konsekuensi dari penulis artikel freelance. Jadi, jangan terlalu fokus mengembangkan satu gaya menulis.

5. Disiplin dan Tekad yang Kuat

Agar Anda mampu memenuhi tenggat waktu yang diberikan oleh pelanggan, Anda harus mulai mendisiplinkan diri. Manajemen waktu akan sangat membantu dalam hal ini. Mulailah mengatur ulang jadwal kehidupan Anda. Carilah waktu luang yang cocok untuk digunakan menulis. Entah itu untuk latihan menulis, atau untuk mengerjakan artikel pesanan. Semua harus teratur. 

Selain itu, Anda harus punya tekad yang kuat untuk mengembangkan bisnis penulisan artikel. Akan ada banyak hambatan yang akan Anda hadapi. Tanpa tekad yang kuat, bisnis ini tidak akan mampu berjalan dengan baik-baik saja.

Keistimewaan Penulis Artikel Freelance

Ini bagian yang paling saya suka. Menjadi penulis artikel freelance membuat seseorang memiliki banyak keistimewaan. Adapun keistimewaan-keistimewaan yang saya maksud adalah hal-hal berikut:

1. Waktu yang Fleksibel

Ketika menjadi penulis artikel freelance, Anda memiliki banyak kebebasan. Anda tidak akan terikat oleh waktu. Anda bisa mengerjakan pesanan kapan pun Anda merasa siap. Entah itu malam hari sebelum Anda tidur atau pagi hari setelah Anda bangun tidur. Terserah Anda.

Tapi Anda perlu memastikan satu hal, yaitu tenggat waktu. Penulis artikel freelance memiliki kesepakatan dengan pelanggan berkenaan dengan pertanyaan “kapan selesainya?”. Jangan pernah telat atau Anda akan kehilangan kredibelitas yang sedang Anda bangun.

2.Tempat yang Fleksibel

Anda tidak suka terikat dengan tempat ketika bekerja? Maka menjadi penulis freelance akan membuat Anda mendapat keistimewaan itu.

Anda bebas memilih dimana tempat terbaik yang bisa menolong Anda mendapat ide menulis. Anda bisa menulis di kamar tidur, taman, perpustakaan kota, atau di kafe. Buat diri Anda nyaman. Pilih tempat menulis yang sesuai dengan karakter Anda. Pastikan saja mental Anda siap mengerjakan artikel pesanan karena bagi penulis pemula, terkadang menulis untuk orang lain memberi tekanan tersendiri.

3. Anda Adalah Bosnya

Memang benar kita memiliki tanggung jawab kepada pelanggan ketika terjadi kesepakatan. Tapi tetap saja…., Anda adalah bosnya. Begitulah aturannya.

Bagi saya, penulis artikel freelance tidak harus menerima semua tawaran pekerjaan. Saya menentukan dengan siapa saya bertransaksi atau kapan saya harus menolak tawaran karena perasaan sedang tidak ingin menulis. Memiliki sedikit kekuasaan terasa cukup menyenangkan sekali. Saya menyukai hal tersebut.

Bahkan pernah suatu kali saya menolak tawaran yang menggiurkan dari blogger yang sudah punya nama. Alasannya sih sedikit keterlaluan, karena saya takut tidak bisa memenuhi standart blogger tersebut. Tapi ya sudahlah. Meskipun Anda adalah bosnya, jika Anda ingin sukses sebagai penulis artikel freelance, maka buatlah aturan untuk diri Anda sendiri. Itu agar Anda disiplin dan memiliki kebiasaan positif yang akan membantu Anda membangun karir sebagai penulis artikel freelance.

4. Menghasilkan Uang yang Lumayan

Saya bukan penulis artikel profesional. Saya hanya iseng saja membuka jasa penulisan artikel. Pengelolaannya pun asal-asalan. Tapi saya harus mengakui bahwa penghasilan penulis artikel freelance kacangan seperti saya lumayan banyak. Paling tidak bisa membayar kuota internet selama satu bulan.

Jangan pikir dengan menjadi penulis artikel freelance Anda akan menghasilkan banyak uang tanpa kerja keras. Itu sesuatu yang mustahil. Menurut saya beberapa artikel tentang penghasilan penulis artikel freelance di internet terlalu berlebihan. Jadi, jangan berharap banyak dari pekerjaan yang satu ini. Tapi saya bisa menjamin bahwa pekerjaan ini memang benar-benar bisa menghasilkan uang. itu saja.

5. Menjadi Sedikit Terkenal

Akan ada saat dimana orang-orang mulai mengakui Anda sebagai penulis freelance yang mampu menghasilkan tulisan berkualitas. Anda akan banyak dibicarakan dan menjadi sedikit terkenal. Sesuatu yang tidak saya sangka akan terjadi dalam hidup ini ha ha ha….

Seiring dengan bertambahnya orang yang menggunakan jasa saya, semakin banyak pula blogger yang mencoba jasa saya. Mungkin ini yang disebut pemasaran melalui mulut. Orang-orang dengan cepat merekomendasikan Anda kepada teman dekat, keluarga, atau rekan bisnisnya. Dan saat itu terjadi, Anda harus bersiap-siap mendapatkan banyak pertanyaan dan penawaran.

6. Memperluas Jaringan Bisnis

Ini efek dari poin nomor 5. Setelah Anda terkenal, mendapatkan banyak pekerjaan, Anda akan memiliki banyak data tentang blogger lain. Daftar pelanggan ini sangat penting untuk memasarkan jasa menulis Anda. Mungkin saat Anda mengadakan diskon harga, menguasai topik baru, atau mengadakan give away. Hubungi pelanggan Anda, kebanyakan pasti akan merespon positif dengan tawaran yang Anda berikan. Ini yang disebut dengan jaringan bisnis.

Tapi Anda harus hati-hati menggunakan kata-kata. Hubungan yang sudah terjalin dengan baik bisa rusak begitu saja jika Anda terlalu agresif berpromosi. Paling tidak carilah beberapa bacaan yang membahas tentang mengembangkan jaringan bisnis agar Anda bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan konyol. Anda tidak akan percaya bahwa kebanyakan orang terlalu percaya diri sehingga tidak memikirkan bagaimana perilaku pelanggan mereka. Itu membuat mereka gagal. Dan jika hal itu terjadi, pasti sulit untuk memperbaikinya. 

Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance

Bisnis ini sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan koneksi internet, seperangkat komputer, dan sedikit kemampuan manajemen. Selebihnya Anda hanya perlu berdo’a agar bisnis yang Anda jalankan berjalan sebagaimana mestinya.
Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Cari Banyak Informasi Tentang Penulis Artikel Freelance

Seperti bisnis internet lainnya, ada banyak tips dan trik agar kita bisa menjadi penulis artikel freelance yang sukses. Sedikit informasi akan sangat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis ini. Yang sangat disayangkan adalah berbagai informasi tentang penulis artikel freelance masih sangat jarang dibahas dalam bahasa indonesia. Jadi, Anda perlu membaca referensi dalam bahasa inggris dan melakukan berbagai penyesuaian agar bisa berjalan sesuai rencana.

Cari informasi sebanyak mungkin. Kemudian adaptasi. Rencanakan bisnis Anda dengan matang. Mulailah menjawab beberapa pertanyaan berikut:

1. Berapa harga yang Anda kenakan?
2. Berapa tinggi tingkat persaingannya?
3. Bagaimana cara melakukan pemesanan artikel?
4. Berapa banyak artikel yang bisa Anda buat dalam seminggu?
5. Topik apa yang Anda kuasai?

2.Buatlah Sebuah Blog

Ada satu hal yang selalu membuat saya merasa bosan setiap kali saya menawarkan jasa menulis artikel di beberapa forum yang saya ikuti, calon pelanggan selalu meminta contoh artikel. Itupun kadang-kadang mereka tidak jadi memesan artikel ha ha ha….

Oleh karena itu, buatlah blog. Setiap kali calon pelanggan meminta contoh artikel, saya selalu mengarahkannya ke blog ini. Adapun topik yang saya kuasai (pertanyaan dari pelanggan), saya mengatakan “carilah di blog saya. Jika Anda menemukan topik tersebut di blog saya, maka artinya saya mampu menulis topik tersebut”.

Selain itu, blog juga memiliki fungsi lain. Untuk berlatih menulis dan mempromosikan jasa penulis artikel yang saya miliki. Sejauh ini hasilnya cukup lumayan. Ada beberapa calon pelanggan yang menghubungi saya berkaitan dengan jasa yang sudah saya jalankan selama 6 bulan ini. Meskipun kebanyakan hanya bertanya dan tidak terjadi kesepakan, saya cukup puas menjalankan keisengan saya menjalankan bisnis ini he he he…

3. Anda Perlu Sedikit Pengetahuan Tentang SEO

Setelah Anda mempunyai blog, kini saatnya Anda mempelajari SEO. Dengan SEO, blog Anda akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkan jasa penulis artikel. Lagipula kebanyakan blogger lebih menyukai artikel yang SEO friendly.

Tidak perlu tergesa-gesa. Anda bisa mempelajari SEO pada waktu luang yang Anda miliki. Carilah informasi tentang SEO, kemudian baca dan pelajari. Langkah selanjutnya adalah mempraktikannya. Buatlah artikel Anda muncul di halaman hasil pencarian. Itu akan meningkatkan jumlah pengunjung Anda secara signifikan. Dan itu bisa diartikan semakin banyak orang yang mengetahui bahwa Anda menjalankan bisnis penulis artikel lepas.

Saat Anda mulai terbiasa dengan SEO, Anda akan menyukainya. Begitu pula dengan pelanggan Anda. Mereka akan senang jika mengetahui bahwa artikel yang Anda buat sudah dioptimasi sedemikian rupa sehingga bisa ditemukan dengan mudah untuk kata kunci tertentu.

4. Promosikan Jasa Menulis Anda dan Temukan Lebih Banyak Pelanggan

Bisnis apapun yang berkenaan dengan internet tidak akan lepas dari yang namanya internet marketing. Selain SEO yang bagus, Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mempromosikan bisnis menulis yang Anda jalankan.

Mulai dari yang paling sederhana, hubungi teman-teman blogger Anda dan katakan bahwa Anda memliki bisnis menulis. Semakin banyak orang yang tahu, Semakin besar pula kesempatan Anda mendapatkan pelanggan. Biasanya promosi dari mulut ke mulut mendapatkan konversi terbesar dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, jangan malu untuk mengatakan pada orang-orang yang Anda kenal bahwa Anda ingin menjadi penulis artikel freelance.

Seandainya Anda punya dana lebih, Anda bisa memasang iklan. Cukup banyak iklan yang bisa Anda gunakan. Yang paling populer dan paling terjangkau adalah periklanan milik google dan FB Ads. Cari informasi dan pelajari bagaimana menggunakan iklan secara efektif.

Cara promosi lainnya yang biasa saya gunakan adalah aktif di forum-forum blogger. Target utama jasa kepenulisan adalah para blogger yang tidak punya cukup banyak waktu untuk menulis artikel berkualitas. Jadi, promosi di forum-forum bisa menjadi cara yang efektif untuk mendapatka pelanggan. Satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah aktif menjawab pertanyaan di forum yang Anda ikuti. Setelah Anda cukup terkenal, mulailah mempromosikan jasa Anda.

5. Pilih Tawaran yang Paling Mudah

Setelah Anda memiliki blog dan mempromosikannya dengan berbagai cara, Anda akan mulai menerima email penawaran dari banyak blogger. Saran saya, jangan serakah. Pilih tawaran yang paling mudah untuk dikerjakan. Topik apa yang menurut Anda paling mudah ditulis?

Anda juga harus berani menolak tawaran yang menurut Anda terlalu sulit dikerjakan oleh penulis artikel pemula. Apapun yang terjadi, satu-satunya yang harus Anda pastikan adalah kualitas artikel yang Anda buat. Kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas tertinggi. Ingat itu!

6. Negosiasi Harga

Sebenarnya ini hal sepele. Ketika Anda mulai mendapatkan tawaran yang menarik, saatnya Anda menentukan berapa harga yang akan Anda gunakan pada pelanggan. Saya terbiasa menentukan harga berdasarkan topik yang ditawarkan. Jika topiknya sulit dikerjakan, harganya akan mahal. Sebaliknya, jika topiknya mudah, saya akan memberi harga yang murah.

Seiring berjalannya waktu Anda akan mulai terbiasa melakukan negosiasi dengan para pelanggan. Jadi, jangan khawatir dan santai saja.

Kesimpulan

Menjadi penulis artikel freelance itu mudah. Tapi jangan meremehkannya. Anda harus tetap fokus dan bersungguh-sungguh agar tidak mengecewakan pelanggan. Selain itu, butuh waktu yang lama untuk membuat bisnis yang Anda jalankan mempunyai brand tertentu di mata para blogger. Jadi, tetap konsiten menulis artikel berkualitas.

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

13 tanggapan untuk “Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance

  1. Sebelumnya sy ucapkan terima kasih atas dimuatnya tulisan tersebut di atas perihal “cara menjadi penulis freelance”, bagaimana bisa? yah saya jadi tertarik untuk jadi salah satu penulis freelance seperti Anda, koq gitu!? yak..begini lebih jelasnya diceritakan dulu pengalaman sy, setelah itu mohon bantuannya apakah pengalaman tersebut bisa kriteria menulis artikel sesuai keinginan pelanggan :
    1. Sebelumnya sy adalah mantan karyawan di beberapa perusahaan besar perkebunan kelapa sawit di Riau.
    2. Jabatan atau tugas sy tidak tinggi, akan tetapi sy selalu bekerja dibawah tekanan, salah satunya adalah membuat konsep surat menyurat untuk internal dan eksternal perusahaan dalam waktu tidak lebih 1 minggu (tergantung perihal suratnya), apabila surat yang dibuat ke instansi pemerintah biasa tidak panjang tetapi singkat padat dan jelas artinya serta tata bahasanya, dan surat yg dibuat untuk internal perusahaan ada bermacam seperti : surat edaran tentang ketentuan cara kerja atau pedoman teknis pekerjaan, atau surat tentang ketentuan rumus/dasar/basis sebagai ketetapan menghitung sesuatu yg dimaksud dlm isi surat, dan menyusun suatu laporan bulanan (progress report) yg terdiri dr bermacam lampiran tabel maupun gambar/peta.
    3. Dan juga pernah ditugaskan sebagai notulen pada saat rapat kerja,
    dan masih banyak lagi tugas yg sudah dibuat, dan semua hasil kerja tetapi harus di verifikasi terlebih dahulu oleh atasan atau sy apabila surat yg datang dr lokasi.
    4. Saya belum paham memanfaatkan fungsi blog di blogger dan wordpress, serta SEO juga google adwords, google adsense, masih pemula sih.

    Demikian penjelasan sy tersebut di atas yg tidak singkat, memang betul apabila ingin menjadi seorang penulis di antaranya harus memiliki wawasan yg luas dengan cara banyak membaca, cari info dr internet, dan rajin menulis serta belajar.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Suka

    1. Untuk menjadi penulis freelance memang lebih baik punya keahlian. Coba menulis tentang pengalaman ketika menjadi karyawan (berhubungan dengan apa) itu topik yg harus Anda kuasai. Kemudian buat blog tentang hal tersebut dan ikuti langkah-langkahnya.

      Disukai oleh 1 orang

      1. Terima kasih sebelumnya atas balasannya :

        Sebelum sy membaca tulisan Anda, memang sy berencana untuk menulis dlm blog tentang sistim administrasi perkebunan kelapa sawit, tugas dan tanggung jawab, pedoman teknis, contoh formulir, dan itu semua dlm bentuk ringkasan (versi saya) serta dpt diperpanjang apabila diperlukan penjelasan lebih lanjut, sehubungan dengan hal tersebut dlm hal ini tidak ada tulisan yg dibuat tanpa sumber dan literaturnya, krn namanya kerja tentu dlm membuat kebijakan tertentu harus mengambil sumber atau literatur terpercaya yg sdh umum dipakai, contohnya pedoman dr dinas terkait atau buku tentang tanaman sawit, dan tentunya lain Perusahaan lain juga peraturannya, jadi dlm hal ini tidak jauh berbeda seperti sebuah hitungan : 1+2=3 atau 2+1=3, kan sama hanya bedanya cara penyampaian dan bentuk format surat agar enak dilihat atau dibaca serta memahami maksud dan tujuan suratnya.

        Karena bingung mau dimulai dari mana, pakai blog apa, yg intinya tulisan sy ada yg baca dan bisa menghasilkan uang..? Yah kayak Anda gitu.. ha ha ha.

        Tapi sy pinginnya ga nulis seperti gitu gitu aja, yah kalo bisa tentang hal lain, jd waktu cari info lain….ada tulisan Anda tuh..ya kebaca deh….disimpan tuk dibaca offline.

        Sekali lg terima kasih dah mau membalasnya.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s