Review Film Kartun : Kuroko No Basuke

Beberapa hari yang lalu saya menjelajahi seluruh isi file yang ada di laptop. Saya baru saja membelinya. Bukan laptop baru, bekas orang, jadi sudah terinstall windows dan penuh dengan berbagai file.

Yang membuat saya beruntung adalah pengguna laptop ini mungkin menyukai film. Terbukti dengan banyaknya file-file film di laptop ini. Saya sudah memutuskannya. Saya akan mereview beberapa film yang saya anggap menarik. Bukan film-film yang sedang tayang di layar lebar karena saya tidak suka nonton di bioskop. Tapi film-film lama saja. Anda bisa mendapatkan film-film yang saya review di rental film terdekat (tahu kan hobi saya menyewa film di rental?).

Untuk review film pertama, saya memilih film kartun yang terdiri dari 75 episode, yaitu kuroko no basuke. Entah apa artinya karena saya memang tidak bisa berbahasa jepang ha ha ha…. langsung saja dibaca review film kuroko no basuke di bawah ini.

Jalannya Cerita Film Kuroko No Basuke

Semua diawali dengan catatan menggagumkan dari tim basket SMP teiko. Mereka berhasil menjadi juara turnamen selama tiga tahun berturut-turut. 5 anggota tim basket itu kemudian dikenal sebagai generasi keajaiban. Tapi ada kabar yang aneh. Meskipun tidak dikenal, tetapi kelima pemain generasi keajaiban mengakui satu pemain lagi. Pemain keenam yang dikenal sebagai bayangan, kuroko.

Setelah tamat SMP, semua pemain generasi keajaiban terpisah. Mereka menjadi pemain kunci di tim masing-masing. Hal yang tidak bisa dihindari adalah kenyataan bahwa masing-masing pemain generasi keajaiban ingin mengalahkan satu sama lain.

Kuroko tergabung di tim basket SMA Seirin. Berbeda dengan pemain-pemain generasi keajaiban yang memiliki skill basket yang luar biasa, kuroko tidak memiliki kemampuan apapun. Ia hanya ahli mengoper bola. Sebuah bayangan. Ia harus menemukan cahaya, orang yang mencintai basket dan tentu saja bisa dimanjakan dengan umpan-umpan yang tidak terduga. Beruntung ia bertemu dengan kagami taiga.

Kagami adalah pemain basket yang memiliki kemampuanj basket diatas rata-rata. Ia baru pulang dari amerika. Bersama dengan kuroko, mereka berjanji untuk menjadi yang terbaik di jepang. itu berarti mereka harus bisa mengalahkan kelima mantan generasi keajaiban. Belum lagi pemain-pemain lain yang juga memiliki skill yang luar biasa. Sebuah tantangan yang berat karena tim basket SMA seirin baru terbentuk selama satu tahun.

Kuroko menceritakan banyak hal tentang generasi keajaiban kepada kagami. Bukannya takut, kagami menjadi lebih bersemangat dan ingin membuktikan bahwa ia bisa mengalahkan semua pemain generasi keajaiban. Tentu saja dibantu oleh kuroko dan teman-teman tim basket lainnya.   

Bisakah duet kagami dan kuroko mengalahkan semua tim basket SMA dan menjadi yang nomeor satu di jepang? biar tidak penasaran, silahkan nonton ya teman-teman.

Kekurangan Film Kuroko No Basuke

Saya bukan pencinta film kartun. Tapi ya…. sebagaimana ketika saya mereview novel, saya pasti juga menceritakan beberapa kekurangan di film ini. Tujuannya jelas, biar bisa konsentrasi dan benar-benar serius ketika menonton film ha ha ha….

Lalu apa saja kekurangan film kuroko no basuke ini?

Pertama, film ini tidak jelas siapa tokoh utamanya. Itu membuat semuanya tampak berantakan. Awalnya saya kira tokoh utamanya adalah kagami atau kuroko, tapi yang saya lihat tidaklah demikian. Film ini menceritakan banyak hal tentang banyak pemain. Bahkan pemain-pemain yang tidak jelas. Dilihat secara keseluruhan, hal ini tidak bagus. Itu saja.

Kedua, pertandingan basketnya terlalu singkat. Bahkan ada beberapa pertandingan yang membuat saya kecewa. Meskipun diceritakan dengan gamblang tentang logika bagaimana semua pemain menggunakan trik-trik basketnya, itu tidak membuat perbedaan. Setiap pertandingan membosankan dan tidak bisa mencapai klimaks. Terlihat terlalu dipaksakan.

Ketiga, tidak ada cerita cintanya. Bagaimana pun juga, saya menyukai film yang disertai dengan kisah percintaan. Itu membuat semuanya tampak lebih baik. Tanpa kisah cinta, sepertinya ada sesuatu yang kurang. Dan itu menjadi kekurangan yang besar di film ini.

Kelebihan Film Kuroko No Basuke

Semua ada dua sisi. Meskipun memiliki banyak kekurangan, jika dilihat secara keseluruhan, maka bisa disimpulkan bahwa saya menyukai film ini. Ada beberapa kelebihan yang cukup menonjol. Diantaranya:

1. Karakter Tokoh-Tokoh yang Kuat

Hampir semua tokoh ditonjolkan di film ini. Tidak peduli pemain cadangan atau pemain inti, semua mendapat porsi yang sama besarnya. Anda akan melihat banyak karakter manusia. Saya sangat terkesan dengan berbagai karakter yang ada karena terlihat sangat alami.

Anda akan diajak berputar-putar ke masa lalu. Bagaimana banyak kejadian benar-benar bisa merubah karakter seseorang. Dilihat sebagai kisah kehidupan, film kuroko no basuke akan mengajarkan banyak hal. Belajar bagaimana memahami seseorang. Belajar menghargai perasaan orang lain. Dan belajar tentang arti persahabatan.

2.Karakter Orang Jepang yang Selalu Bersemangat

Ini mungkin bagian yang paling menggagumkan. Meskipun setiap orang memiliki karakter yang berbeda, tapi hampir seluruh karakter memiliki semangat juang yang tinggi. Mungkin sudah jadi karakter dan budaya di masyarakat jepang ya…. Dalam berbagai hal, orang jepang tidak mudah menyerah.

Semangat setiap karakter di film ini luar biasa. itu membuat saya ikut bersemangat juga. Saya hanya menyimpulkan satu hal, orang-orang jepang sangat menakjubkan untuk mewujudkan impian mereka. Berusaha dengan sungguh-sungguh dan menjadi lebih baik. Tidak heran mengapa jepang menjadi negara maju di jaman sekarang.

3.Selalu Ada Kekonyolan

Tanpa cerita cinta, bukan berarti film ini akan membosankan. Saya suka dengan lelucon yang ada film ini. Hubungan persahabatan, keakraban, semua ditampilkan dengan nuansa humor. Jadi, Anda akan tertawa untuk sejenak melihat kekonyolan yang ada.

Bagi saya hal tersebut merupakan kelebihan di film ini. Saya merasa senang dan mungkin membuat saya benar-benar mengkhayal memiliki kelompok kecil seperti di film ini. Pasti menyenangkan jika saya berkesempatan menemukan teman seperti di film ini ha ha ha….

Penilain Film Kuroko No Basuke

Saya memberi nilai 74 untuk film ini. Teman-Teman pasti tidak akan kecewa jika meluangkan waktu untuk menyaksikan seluruh episodenya. Banyak pelajaran hidup. Dan yang lebih penting lagi, bisa membuat kita lebih bersemangat untuk mencapai impian. Percayalah satu hal, jika berusaha dengan sungguh-sungguh suatu saat impian kita pasti akan tercapai. Tidak ada yang sia-sia di dunia ini.

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

8 tanggapan untuk “Review Film Kartun : Kuroko No Basuke

  1. Yang disuka dari film jepang itu filosofinya yang tinggi. Gak semua sih tergantung filmnya juga. Tapi sebagian besar biasanya ada pelajaran yang bisa diambil.
    Sepakbola Jepang bisa sampe masuk ke piala dunia juga katanya gara2 film Kapten Tsubasa.. :mrgreen:

    Suka

  2. Aku malah nunggu kapan komik Topeng Kaca(nggak tahu bahasa jepangnya)dibikin film. Tokoh Maya Kitajima oke bingits.

    Tapi film jepang rata2 emang selalu ada ‘isi’ di dalamnya.

    Ulasan yang keren…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s