11 Daftar Alasan Terbaik Untuk Terus Menulis

Sama seperti kegiatan lainnya, menulis pun membutuhkan alasan yang tepat agar kita tetap bersemangat ketika mengalami kebuntuan atau hambatan dalam menulis. Menurut saya, untuk menjadi penulis yang baik, semua penulis harus mampu mendefinisikan dengan baik alasan mengapa mereka menulis karena hal tersebut merupakan motivasi kuat yang bisa mendorong penulis untuk menghasilkan tulisan berkualitas.

Lalu, apakah kita mampu mendefinisikan alasan menulis yang membuat kita tetap bergairah untuk terus menulis dalam keadaan yang sulit?

Saya butuh beberapa jam untuk menjawab pertanyaan tersebut. Setelah mengeksplorasi pikiran saya, dengan sedikit keberuntungan akhirnya saya berhasil menyusun alasan terbaik mengapa saya harus terus menulis. Berikut daftarnya:

1. Menulis Adalah Cara Mengekspresikan Perasaan yang Mudah

Saya orang yang tidak begitu pandai dalam berbicara. Setiap kali saya memulai pembicaraan dengan orang lain, perasaan saya sering dihantui pikiran-pikiran negatif. Bagaimana kalau perkataan saya menyinggung perasaan lawan bicara? Atau apakah pembicaraan yang saya lakukan tampak membosankan? Bahkan perasaan malu atau canggung juga sering menjadi salah satu faktor yang membuat saya tidak bisa berkomunikasi dengan lancar. Itu mengapa saya tidak pernah punya banyak teman.

Pada akhir tahun 2014, saya iseng-iseng menulis beberapa artikel. Saat itu juga saya mulai sadar bahwa saya mampu berkomunikasi dengan baik jika saya menggunakan media tulisan. Dan semenjak itu, saya mulai terbiasa menyalurkan perasaan atau mengekspresikan diri melalui tulisan.

Meskipun awalnya saya terlihat payah dalam menulis karena kosakata saya yang masih sedikit, lama-kelamaan saya mulai terbiasa memilah dan memilih kata yang tepat untuk menjelaskan maksud dan tujuan saya dalam setiap tulisan. Itu membuat perasaan dan pikiran saya lebih tenang dari sebelumnya. Setiap kali saya merasa gembira, setiap kali saya merasa sedih, setiap kali saya merasa resah, dan setiap kali perasaan saya berubah, ketika saya merasa terlalu bingung harus berbuat apa, saya segera menuliskannya.

Bukan hanya membuat perasaan lega, Anda juga akan mendapat beberapa komentar yang positif dari orang lain yang mampu memberi masukan-masukan atau nasihat tentang permasalahan yang Anda hadapi. Cobalah untuk menuliskan setiap perasaan Anda ke dalam sebuah tulisan dan rasakan sensasinya.
Beberapa contoh artikel yang menggambarkan perasaan saya :

Apakah saya jatuh cinta? – Artikel ini saya tulis ketika saya menyukai seorang gadis. Walaupun pada akhirnya saya menyadari bahwa yang saya rasakan bukanlah cinta, tapi pengalaman tersebut menjadi kenangan lucu dalam hidup saya.
Hati yang resah –  Memendam perasaan yang tidak nyaman bisa mempengaruhi mood kita dalam beraktivitas. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menuliskannya. Setidaknya kita akan merasa sedikit lega karena berhasil mengekspresikannya.

2. Menjadi Terkenal

Sebenarnya saya mulai menikmati sedikit popularitas yang saya miliki. Setelah hampir setahun lebih rutin menulis di blog ini, saya menjadi sedikit terkenal di dunia maya. Saya mulai mendapat pertanyaan seputar tips ngeblog dari beberapa pembaca. Maklum saja, kebanyakan konten di blog ini adalah tips-tips ngeblog sehingga orang-orang mulai berpikir bahwa saya ahli di bidang ngeblog.

Perasaan saya senang sekaligus bingung. Senang karena ada pembaca yang “mungkin” mengira saya ahli dalam bidang ngeblog. Bingung karena saya tidak banyak tahu tentang dunia ngeblog sehingga jawaban yang saya berikan pun kadang-kadang ngelantur ha ha ha……

Tapi saya dapat mengambil kesimpulan sederhana. Jika Anda ingin menjadi terkenal dan populer, tidak perlu menjadi artis, atau penulis sukses, atau anggota dewan, cukup menulis di blog pribadi secara rutin. Dan Anda akan menikmati pengalaman menjadi terkenal di dunia maya.

Sejauh ini ada 3 artikel yang menjawab pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh blogger pemula:

Cara agar blog cepat terindeks – Sebenarnya tanpa melakukan apapun, cepat atau lambat blog Anda akan terindeks oleh mesin pencari. Tapi jika Anda tidak sabaran dan ingin cepat terindeks, maka Anda bisa membaca artikel ini.
Seberapa sering update blog – Setiap orang punya strategi tersendiri dalam mengembangkan blognya. Begitu pula ketika memutuskan seberapa sering update postingan. Anda bisa membaca berbagai pilihan dalam mengupdate artikel dan menentukan mana yang terbaik untuk Anda gunakan.
Berapa panjang artikel yang ideal – Meskipun artikel ini sudah lama saya terbitkan, tapi tetap saja mendatangkan pengunjung. Anda tahu sebabnya? Karena blogger-blogger baru terlalu bingung mencari standart panjang artikel yang baik.

3. Mendapatkan Sedikit Rupiah

Ini alasan menulis terbaik yang selalu memotivasi saya untuk terus menulis. ya… mendapatkan uang.

Sejak saya mendirikan bisnis penulisan artikel, saya mulai memperbaiki banyak aspek dalam menulis. Saya tidak lagi sekedar menulis. Tapi berpikir ekstra keras untuk membuat artikel profesional yang bisa memuaskan pelanggan.

Jika Anda ingin mulai menghasilkan uang dari aktivitas menulis, saya sudah menulis langkah awalnya pada “cara menjadi penulis artikel freelance”. Satu-satunya yang harus Anda pahami adalah terus berpromosi dengan cara yang benar dan sadar diri bahwa mencari uang melalui jalur penulis lepas tidaklah semudah yang Anda kira.

Saya baru mulai mendapat job setelah menjalankan bisnis ini selama 3 bulan. Itu pun hanya sekali saja. Bulan-bulan berikutnya email saya dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan calon pelanggan. Sayangnya, sampai sejauh itu hanya ada beberapa penawaran saja. Tidak buruk karena saya merencanakan untuk rutin menghasilkan uang dari menulis artikel setelah blog ini kaya konten dan terkenal diantara para blogger. Untuk sementara, saya sudah puas dengan hasil yang saya dapatkan.

Beberapa artikel yang bisa memberi Anda gambaran tentang jasa penulisan artikel:

Apa yang dilakukan penulis artikel ?– Jika Anda ingin sukses di bisnis penulisan artikel, maka Anda tidak bisa bersantai. Lihat apa yang saya lakukan di waktu luang sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan jika sedang tidak mengerjakan pesanan dari pelanggan.
Ciri-ciri konten berkualitas – ini adalah standart kualitas yang saya gunakan untuk menilai seberapa baik artikel yang saya hasilkan. Dalam membuat artikel, pastikan artikel Anda memiliki ciri tersebut agar pelanggan Anda merasa beruntung bekerja sama dengan Anda.

4. Menulis Untuk Bersenang-senang

Alasan yang melatarbelakangi mengapa dewasa ini banyak orang membuat blog dan menulis secara teratur adalah untuk bersenang-senang. Kegiatan menulis ini hanya dipakai untuk mengisi luang dan berbagi saja. Jadi, mereka, orang-orang yang mengelola blog pribadi, tidak pernah terganggu dengan stastitik blog. Mereka akan terus menulis sepanjang kegiatan tersebut menghadirkan perasaan senang.

Biasanya rasa senang ketika menulis bisa tercapai apabila terjadi 3 hal berikut:

1. Mendapat Banyak Komentar

Komentar dari orang lain sangatlah berarti bagi penulis pemula. Setidaknya bagi saya, komentar bisa menjadi pemicu untuk terus bersemangat dalam menulis. Semakin banyak komentar yang saya dapatkan, semakin saya bersemangat untuk menulis artikel-artikel lain. Rasanya seperti dihargai dengan pantas. Setelah bersusah payah merangkai kata, ada orang yang merespon tulisan kita dengan baik. Itu sesuatu yang berharga dan tidak ternilai bagi saya.

2. Tulisan Kita Menjadi Rujukan Orang Lain

Saya masih ingat saat pertama kali mendapatkan link dari blogger lain. Tulisan saya yang berjudul “etika berkomentar” dipakai sebagai rujukan. Rasanya campur aduk, rasa senang dan bangga bercampur jadi satu. Sejak saat itu, saya agak ketagihan dengan hal tersebut. Saya mulai lebih giat menulis dan meningkatkan kualitas artikel yang saya buat, berharap tulisan-tulisan lainnya juga dipakai oleh orang lain untuk mengembangkan ide mereka ketika menulis.

3. Bertemu Orang dengan Minat yang Sama

Saya suka membaca dan menulis hal-hal yang berhubungan dengan tema ngeblog. Dan saat saya menemukan orang dengan minat yang sama, rasanya menyenangkan.

Hubungan yang terjadi cukup aneh. Di satu sisi saya menganggapnya sebagai keberuntungan karena saya bisa melihat perspektif yang berbeda berkaitan dengan dunia ngeblog. Di sisi lain saya menganggapnya sebagai sebuah persaingan karena jika ada orang lain yang menulis dengan tema tips ngeblog, secara tidak langsung kami bersaing untuk mendapatkan pengunjung yang sama.

Silahkan lihat 2 artikel tentang tips ngeblog berikut ini:

Tips-tips ngeblog untuk pemula (1) – Berisi beberapa tips dari saya pribadi untuk mengembangkan blog menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Tips-tips ngeblog untuk pemula (2) – kelanjutan dari bagian pertama. Berisi tips ngeblog terbaik dari saya.

5. Berbagi Pengalaman Hidup

Ada saat dimana saya tidak tahu harus menulis apa. Sepertinya saya telah menulis segala pengetahuan di pikiran saya dan tidak ada lagi yang tersisa. Setelah sering mengalami hal ini, saya menemukan cara terbaik untuk menemukan ide dalam menulis. Salah satunya adalah mengingat masa lalu.

Setelah hidup selama lebih dari 20 tahun, saya memiliki banyak kenangan dalam hidup saya. Saya mencoba menggali pengalaman yang mungkin bisa berguna bagi orang lain. Jika Anda mau sedikit berpikir, maka kenangan adalah sumber terbaik untuk menghasilkan tulisan yang bisa berguna atau menginspirasi orang lain.
Lihat beberapa postingan saya tentang masa lalu:

Kasih sayang seorang ibu – Artikel ini berisi banyak kenangan tentang ibu dan saya. Beberapa kejadian memang tidak pernah bisa terlupakan dalam hidup dan menjadi anugrah tersendiri saat kita merenung dan memikirkan segala sesuatu yang pernah terjadi dalam hidup kita.
Cara Mendapatkan Ranking Satu di Kelas – Pengalaman saya saat masih remaja. Anda bisa dengan mudah menjadi juara kelas jika Anda tahu bagaimana caranya. Saya menuliskan semua yang saya ketahui dan apa yang saya lakukan saat saya masih menjadi pelajar.

6. Kebebasan Berpendapat

Jika Anda adalah pembaca setia blog ini, tentu Anda sudah menyadari bahwa beberapa artikel saya dikelompokan ke dalam kategori opini. Alasan saya menulis opini adalah melatih kreativitas saya dalam menyampaikan pendapat terkait hal-hal yang bisa di komentari.

Berbeda ketika saya menulis untuk bersenang-senang atau sekedar menulis pengalaman pribadi, menulis opini membutuhkan sedikit kerja keras. Agar opini yang kita tulis mendapat dukungan orang lain (mendapat persetujuan), tulisan opini harus disertai alasan-alasan yang masuk akal tentang bagaimana kita menilai suatu hal.

Menurut saya, melalui tulisan yang bersifat opini, kita bisa melatih otak kita agar berpikir dan mengola data yang ada menjadi tulisan yang berkualitas sehingga kita terbiasa berpikir kritis dalam menanggapi berbagai kejadian populer di sekitar kita. Kita tidak lagi sekedar menjadi pembaca saja, tapi ikut berkontribusi memberi perspektif lain sehingga orang lain bisa bijaksana memutuskan apakah setuju dengan pendapat kita atau tidak setuju dengan pendapat tersebut.

Jika ada komentar yang setuju dengan pendapat Anda, maka Anda akan mendapat kepuasan tersendiri. Seandainya ada komentar yang bertentangan dengan pendapat Anda, maka Anda harus belajar berpikir rasional dan logis, siapa tahu ada pendapat yang lebih bijaksana dari orang lain.

Beberapa artikel dalam kategori opini:

Mitos kaya dari internet – Saya masih sering membaca artikel-artikel yang terlalu berlebihan berkaitan dengan cara menghasilkan uang dari internet. Dalam pandangan saya, kaya dari internet hanya mitos yang sering diperbincangkan tanpa bukti yang mencukupi. Kalau pun ada, jumlahnya masih terlalu sedikit sekali.
Kerugian copy paste artikel blogger lain – Masih sering copy paste tulisan blogger lain? Sebaiknya Anda memikirkan lagi apa yang Anda lakukan karena dilihat dari segi manapun Anda akan tetap mengalami banyak kerugian.

7. Membangun Jaringan Bisnis

Beberapa orang benar-benar mampu menjual produk mereka melalui tulisan. Saya kurang begitu memahami bagaimana hal ini bekerja, tapi apa yang mereka lakukan cukup memebuat saya terkesan.

Cara kerjanya sederhana, Anda menulis dan mempublikasikannya di blog. Kemudian orang-orang akan berkomentar di blog Anda. Anda pun membalas komentar mereka. Bahkan sebagai imbalan atas komentar yang diberikan, Anda pun memutuskan untuk mengunjungi blog mereka, membaca artikel yang mereka tulis, dan sama seperti halnya orang lain, Anda meninggalkan komentar. Hal ini terus berlanjut selama beberapa waktu.

Lalu apa yang terjadi? Dari apa yang saya lihat, kebanyakan akan berakhir dengan pertemanan. Timbul keakrabab dengan orang lain dan itu sesuatu yang wajar. Percaya atau tidak, orang yang memiliki hubungan pertemanan akan lebih mudah tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.
Dalam bisnis internet, Anda harus mampu bersosialisasi dengan orang lain sebelum menawarkan produk Anda. itu rahasianya. Semakin banyak teman (jaringan), semakin mudah Anda mendapatkan pelanggan. Saya bahkan pernah melihat beberapa penulis mempromosikan bukunya melalui artikel singkat di blog mereka. Tanpa saya duga, di kotak komentar banyak yang pesan buku tersebut. Mengagumkan bukan?

Arry rahmawan bahkan pernah di wawancarai oleh media nasional seperti Republika, Media Indonesia, Detik, dan Warta Kota terkait dengan tulisan yang pernah ia buat. Ia benar-benar beruntung dan pasti sangat senang karena memiliki kontak (jaringan) dengan media-media terkenal. Tidak itu saja, ia juga menjadi sering di undang dalam berbagai acara komunitas tertentu karena tulisannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki jaringan yang luas, perbaiki kualitas tulisan Anda. Juga bersosialisasilah dengan orang lain. Siapa tahu apa yang dialami oleh arry rahmawan bisa terjadi kepada Anda. 

8. Membantu Orang Lain

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan setiap orang mendapat informasi dengan cepat dan akurat hanya dengan beberapa klik. Segala bentuk informasi seolah berada di gengaman tangan. Itu merupakan kabar baik bagi penulis yang ingin berbagi ilmu melalui tulisan.

Jangan pernah remehkan pengetahuan yang Anda miliki. Sekecil apapun informasi yang Anda ketahui, jika Anda mampu menyajikannya dengan bahasa yang sederhana dan membuat tulisan Anda mudah dipahami, saya bisa memastikan bahwa Anda telah membantu orang menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Lalu apa untungnya kita bersusah payah mengolah informasi dan menyajikannya ke dalam bentuk tulisan untuk membantu orang lain?

Pertama, menulis kembali pengetahuan atau ilmu yang Anda miliki akan memudahkan Anda menghapal dan memahami ilmu tersebut. Semakin sering Anda menuliskan pengetahuan Anda, lama-kelamaan ilmu tersebut akan Anda hafal diluar kepala. Itu sesuatu yang berharga bukan?

Kedua, Anda bisa menyempurnakan ilmu yang Anda pahami dari komentar-komentar orang lain. Mungkin ada tambahan informasi atau saran dan kritik tentang apa yang Anda tuliskan. Itu akan membuat Anda memiliki pengetahuan yang bijaksana, bukan sekedar tahu saja. Bahkan, dengan sedikit memikirkan apa yang dikatakan oleh orang lain, mungkin Anda bisa mengembangkan ilmu yang Anda miliki ke level advance dan menjadi ahli di bidang tersebut.

Ketiga, membantu orang lain bisa membuat perasaan Anda bahagia. Perasaan tersebut timbul manakala kita mendapat feedback yang positif dari orang lain. Misalkan sekedar ucapan terima kasih atau pujian atas betapa baiknya tulisan Anda.

Beberapa contoh artikel yang bertujuan untuk membantu orang lain:

Tips mendapatkan pelanggan ketika berdagang – Saya mulai berbagi sedikit ilmu tentang pekerjaan saya. Hampir selama 14 tahun bekerja sebagai penjual buah, rasanya ada banyak hal yang bisa membantu pedagang lain mengembangkan usaha mereka menjadi lebih baik lagi.
Tips konsisten menulis – Ada sebagian orang yang merasa kesulitan untuk konsisten menulis. Pada artikel ini saya membongkar beberapa trik agar Anda bisa konsisten menulis seperti yang Anda harapkan.
Tips bangun lebih pagi – kesulitan untuk bangun pagi secara teratur? Artikel ini akan banyak membantu Anda untuk bangun lebih pagi dari biasanya.

9. Suka Berimajinasi

Saya mengaku. Saya suka mengkhayal tentang banyak hal. Sebenarnya kebiasaan saya mengkhayal dan berimajinasi dipicu oleh kenyataan pahit yang saya alami. Ketika saya tidak mampu menghadapi hal-hal buruk yang terjadi pada kehidupan saya, solusi terbaik adalah mengkhayal.

Kabar baiknya, imajinasi saya tentang banyak hal mungkin bisa bermanfaat bagi orang lain. Siapa yang mengira bahwa khayalan saya bisa menjadi cerita yang layak untuk dibaca dan mungkin memberi sedikit hiburan bagi yang membaca.

Berikut adalah cerita pendek hasil berimajinasi:

Pak polisi yang bijaksana – Cerpen pertama saya. Cukup berantakan. Tapi saya sudah cukup puas dengan apa yang saya tulis.
Apakah kau mencintaiku? – Banyak orang yang menyukai cerpen ini. Katanya endingnya mengejutkan ha ha ha…….

10. Memahami Diri Sendiri

Sebelum saya mulai aktif menulis, ada banyak hal yang tidak pernah saya sadari dalam hidup saya. Saya tidak pernah tahu tujuan hidup saya, bagaimana sifat saya, apa kekurangan saya, atau kehidupan seperti apa yang saya inginkan.

Dengan menulis, saya mulai mengerti banyak hal tentang diri saya sendiri. Saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan banyak hal. Dan rasanya menyenangkan untuk mengeksplorasi diri sendiri dan menceritakannya kepada orang lain.

Semakin Anda memahami diri sendiri, Anda akan lebih merasa bahagia. Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk menyerah, Anda akan tahu bagaimana menyelesaikan permasalahan hidup Anda, bahkan mungkin, melalui tulisan Anda mampu merencanakan banyak hal yang ingin Anda capai dalam kehidupan ini.

Ingin tahu tentang saya? Saya sudah menulis beberapa artikel berikut:

Prinsip hidup saya – Memliki prinsip hidup sederhana membuat hidup Anda menjadi lebih terarah.  Anda tidak akan bertindak berdasarkan ucapan orang lain atau ikut-ikutan. Semua tindakan Anda berdasarkan prinsip hidup yang Anda pegang sehingga kejadian apapun tidak akan merubah sifat-sifat baik yang Anda miliki.
Wanita idaman saya – Apakah Anda tahu wanita seperti apa yang benar-benar Anda inginkan untuk menjadi pasangan Anda? Saya bertanya kepada diri sendiri dan berpikir, kemudian mendapat jawaban yang tidak pernah saya duga sebelumnya.

11. Jalan hidup untuk menulis

Alasan terbaik mengapa seseorang mampu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menulis adalah karena ia menganggap menulis sebagai jalan hidupnya. Ia begitu mencintai aktivitas menulis sehingga tidak bisa menghabiskan waktu sehari pun untuk tidak menulis. Biasanya orang yang demikian bekerja sebagai penulis profesional.

Bagi orang yang menganggap menulis sebagai jalan hidupnya, mereka akan menyibukkan diri untuk terus berlatih menulis dan meningkatkan kualitas tulisan mereka. Otak mereka dipenuhi hal-hal yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis dan cenderung tidak mau tahu urusan lainnya. Tidak heran jika mereka mampu menghasilkan karya-karya yang populer. Biasanya orang-orang tipe ini akan menjadi penulis besar.

Apakah shiq4 termasuk tipe ini? Sayangnya tidak. Saya menulis hanya untuk mengisi waktu luang saja. Kalau sedang sibuk, saya bahkan tidak akan menulis sampai segala urusan selesai. Memikirkannya saja saya tidak berani. Saya kan tipe pemalas ha ha ha…….
Tapi bagi Anda yang ingin menjadikan kegiatan menulis sebagai jalan hidup dan ingin menjadi penulis besar, Anda bisa mulai berlatih untuk menulis 2000 kata setiap hari

Ditulis dengan wordpress untuk android

Iklan

9 tanggapan untuk “11 Daftar Alasan Terbaik Untuk Terus Menulis

  1. Setuju mas !
    meskipun pada awalnya saya hanya ingin mengabadikan kejadian kejadian dan tempat tempat yang pernah saya alami dan kunjungi. Lama lama manfaat lain juga terasa kebawa lho

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s