10 Rahasia Kecil untuk SEO di Wordpress.com

Rahasia SEO pada WordPress

Sumber gambar: caramembuatweb.net

Beberapa bloger beranggapan bahwa WordPress.com tidak terlalu SEO Friendly untuk bersaing di hasil penelusuran melawan blogspot atau blog-blog self host.

Dalam beberapa hal, secara teori mungkin hal tersebut benar. Tetapi dalam praktiknya, saya sendiri sebagai pengguna WordPress.com mampu memenangkan banyak pertempuran untuk muncul di hasil penelusuran.

Meski fitur-fitur di WordPress.com sangat terbatas jika berhubungan dengan SEO, namun jika kita bisa memaksimalkannya, kemenangan bisa berada di tangan kita.

Berikut adalah rahasia-rahasia SEO saya guna bertarung memperebutkan tempat terhormat di hasil penelusuran Google dan terbukti memberi hasil yang bagus:

1. Kosongkan Judul Situs

Saya pernah membaca sekilas bahwa HTML 5 mendukung penggunaan tag H1 lebih dari satu. Namun karena masih meragukan, akan lebih aman jika mengikuti petunjuk Neil Patel untuk hanya memakai satu tag H1.

Bukankah hendak belajar berenang dapatkan itik, hendak belajar memanjat dapatkan tupai?

Masalahnya, secara bawaan dalam satu laman postingan di WordPress.com memilik 2 tag H1, yakni di judul situs dan judul postingan.

Karena tidak bisa mengotak-atik kode, maka jalan satu-satunya adalah mengeliminasi judul situs agar hanya memiliki satu tag H1 saja.

Agar tampilan situs tetap terjaga dan header tidak kosong, maka saya menggunakan gambar yang memuat judul situs dan slogan seperti di bawah ini:

Cara membuat seo pada blog wordpress

2. Gunakan Hanya Satu atau Dua Kata Kunci Dalam Postingan

Di dalam SEO modern, banyaknya kata kunci dalam satu postingan bukan lagi penentu rangking yang signifikan. Anda tidak akan kemana-mana dengan menyebar kata kunci secara membabi buta di postingan.

Kendati demikian, kata kunci yang dibidik harus tetap ada di dalam postingan guna memberi indikasi kepada mesin telusur bahwa halaman tersebut relevan dengan kata kunci yang kita bidik.

Idealnya, sertakan satu atau dua frasa kata kunci lengkap dalam satu artikel. Lebih dari itu, mungkin bisa berakibat menganggu kenyamanan pembaca dalam menggali informasi.

3.Masukkan Kata Kunci dalam Tag H2

Ini tidak harus dilakukan, tetapi jika Anda menulis konten panjang yang terdiri dari beberapa sub-judul, maka gunakan kesempatan tersebut untuk setidaknya menyertakan kata kunci dalam sub-judul dan pastikan memakai tag H2.

Biasanya pemula terkadang hanya memakai bold untuk sub-judul. Untuk memakai tag H2 sebagai sub-judul, Anda bisa masuk ke mode HTML ketika mengetik, dan gunakan H2 seperti di bawah ini untuk sub-judul:

Optimasi seo pada wordpress

Seandainya Anda membuat listicle, gunakan tag H2 untuk masing-masing poinnya.

4. Maksimalkan Slug

Secara default, URL di wordpress.com akan sama persis dengan judul postingan. Namun tahukah Anda jika Google memberi nilai lebih hanya untuk URL dengan panjang 3-5 kata saja?

Oleh karena itu, setiap kali selesai menulis, sebelum Anda menekan tombol publish, pastikan Anda mengedit URL secara manual.

Anda bisa melakukannya dengan masuk ke pengaturan pos dan masukkan 3-5 kata terpenting yang mewakili kata kunci yang Anda bidik.

Cara seo onpage pada wordpress

5. Alt Tags pada Gambar

Gambar tidak hanya berfungsi untuk menarik perhatian, namun bisa juga dimanfaatkan untuk menambah kekuatan SEO suatu laman.

Tambahkan attribut alt tags. Meski mata telanjang tidak mampu melihatnya, tetapi mesin pencari mampu membacanya dan ikut memperhatikan alt tags dalam sebuah gambar sebagai bagian dari SEO.

Anda bisa memasukkan variasi kata kunci untuk masing-masing gambar dan jangan gunakan kata kunci yang sama berulang-ulang.

Untuk melakukannya, setelah Anda memasukkan gambar dalam postingan, klik gambar tersebut dan akan terlihat seperti di bawah ini:

Trik blog dapat pengunjung

Isilah kolom alt tagsnya!

6.Gunakan LSI

Secara sederhana LSI adalah kata-kata yang memiliki relevansi tinggi dengan kata kunci yang Anda bidik. (baca laman iniuntuk penjelasan detailnya)

Nah… sebisa mungkin, ketika menulis, Anda harus menyertakan kata-kata LSI sesuai dengan kata kunci Anda guna memberitahu mesin telusur bahwa laman Anda memiliki tingkat relevansi tinggi.

Atau jika Anda merasa kesulitan menyertakan kata atau frasa LSI dalam postingan, atau takut merusak readability konten, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan banyak gambar.

Untuk masing-masing gambar, Anda bisa memasukkan satu frasa LSI dalam kolom alt tags-nya sehingga tulisan Anda tetap bagus dan enak dibaca.

7. Pranala Keluar dan ke Dalam

Setiap kali menulis postingan, saya selalu berusaha untuk membuat pranala ke dalam dan pranala keluar di dalam tulisan.

Kendati pengaruhnya kecil, namun keduanya berperan penting guna menambah kekuatan SEO suatu laman.

Anda bisa membaca teorinya di laman ini (untuk pranala keluar) dan laman ini (untuk pranala ke dalam).

Walaupun sedikit merepotkan, tetapi bloger harus berlatih melakukannya. Dan pastikan terlihat alami; tidak merusak readability tulisan.

8. Dapatkan Lebih Banyak Komentar

Panjang konten sangat berpengaruh terhadap posisi laman dalam hasil penelusuran. Setidaknya, jika Anda bersungguh-sungguh, buat konten sepanjang 2000 kata.

Namun ada trik yang bisa memudahkan Anda mendapatkan konten lebih dari 2000 kata tanpa benar-benar menulisnya, yakni dapatkan lebih banyak komentar.

Mungkin Anda hanya butuh konten sepanjang 1000-1500 kata saja, kemudian dengan komentar yang banyak, konten Anda bisa memiliki lebih dari 2000 kata.

Karena Google juga mengikutsertakan komentar-komentar yang masuk. Tak jarang pula, menurut beberapa bloger, ada komentar yang memuat variasi kata kunci yang terkadang mendatangkan trafik pula.

Anda bisa membaca laman ini untuk mendapatkan beberapa tips memanen lebih banyak komentar.

9. Dapatkan Pranala Balik

Anda bisa mendapatkan poin tambahan jika mampu mendapatkan rekomendasi dari bloger di tulisannya. Namun untuk mendapatkan secara alami sangatlah sulit, kecuali konten Anda benar-benar luar biasa dan menarik perhatian bloger lainnya.

Saya sendiri biasa menjadi penulis tamu di blog lain untuk mendapatkan pranala balik yang saya butuhkan sehingga laman saya muncul di tempat terhormat di SERP.

10. Kata Kunci Harus Ada di Judul Postingan

Karena H1 ada pada judul, maka sebisa mungkin kata kunci harus ada pada judul.

Selain itu, judul postingan harus semenarik mungkin agar mendapatkan klik dari netizen ketika mereka menggunakan mesin telusur.

Pikirkan bagaimana caranya agar judul Anda terlihat menarik dan relevan dibanding 9 pesaing Anda di laman pertama Google.

Juga perlu diketahui, semakin awal (semakin ke kiri) penempatan kata kunci pada judul, hasilnya akan semakin baik.

Misalnya kita menargetkan kata kunci “belanja daring”. Berikut adalah beberapa judul yang mungkin digunakan:

  • Cara Mendapatkan Diskon Besar Saat Belanja Daring (kata kunci di akhir kalimat: Jelek)
  • Pengalaman Menyenangkan Belanja Daring Saat Harbolnas (kata kunci di tengah kalimat: Lumayan)
  • Belanja Daring: 10 Tips Mendapatkan Harga Termurah di Internet (kata kunci di awal kalimat: Bagus)

Kesimpulan

Walaupun situs web di wordpress.com secara teori tidak akan mampu bersaing dengan situs lain yang memiliki kebebasan SEO, entah karena dukungan plugin dan kode-kode), tetapi jika kita melakukan optimalisasi di atas, kesempatan kita menang akan terbuka.

Lagipula tidak semua bloger self host atau blogspot mampu mengeluarkan potensi SEO terbaik sekalipun mereka memiliki kebebasan.

Dengan 10 rahasia kecil di atas, saya cukup sering merasakan kemenangan, meski rasa sakit kekalahan pun kadang-kadang tetap dirasakan.

Oleh karena itu, lakukan yang terbaik agar tidak ada lagi penyesalan. Selamat mencoba.

Terima kasih sudah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.

Iklan