5 Trik Mudah untuk Membantu Anda Menulis Judul yang Menarik Perhatian Pembaca

Cara menulis judul yang menarik perhatian pembacaSumber gambar: onlinecrowd.com.au

“On the average, five times as many people read the headline as read the body copy. When you have written your headline, you have spent eighty cents out of your dollar.” — David Ogilvy

Di dunia yang penuh suara, bagaimana Anda membuat orang benar-benar membaca apa yang Anda tulis? Dibutuhkan lebih dari sekedar konten bagus atau desain yang bagus. Bagian terpenting dari penulisan artikel adalah judul.

Prinsip yang sama berlaku untuk posting blog, bab buku, dan seterusnya: Anda sebaiknya berfokus pada judul. Anda harus memulai dan mengakhiri setiap artikel dengan pertanyaan: “Apakah ini membuat saya ingin terus membaca?

Jika tidak, jangan memublikasikan sampai Anda mendapatkan judul yang menarik perhatian dan mudah diingat. Berkonsentrasi pada hal ini, dan Anda akan mendapatkan lebih banyak pembaca, lebih banyak dibicarakan, dan lebih banyak cinta.

Cara Menulis Judul yang Menarik Perhatian Pembaca

Judul sering tidak terlalu dihiraukan dalam proses menulis artikel. Orang-Orang hanya mengilapkan judul tanpa meluangkan lebih banyak waktu untuk memikirkannya. Di pikiran mereka, judul adalah cherry di bagian atas. Bukan begitu teman, tidak begitu. Judul adalah sundae.

Saya kadang mempertimbangkan secara serius selama 30-60 menit sebelum menyelesaikan sebuah judul yang bagus. Dan saya sering kembali dan mengubahnya. Hal inilah yang dibutuhkan untuk mendapatkan judul yang bagus.

Jika Anda butuh bantuan untuk meramu judul yang lebih menarik perhatian, berikut adalah beberapa trik sederhana :

Gunakan Angka

Ada alasan mengapa begitu banyak copywriter memakai nomor di judul mereka. Karena itu bekerja.

Lakukan eksperimen: pergi ke toko bahan makanan, dan scan majalah-majalah di jalur keluar. Lihat judul-judul di bagian depan majalah. Tidak penting apakah itu majalah fitnes atau sebuah tabloid; banyak dari majalah-majalah tersebut akan memulai judul dengan menggunakan angka.

Sebenarnya tidak ada aturan apapun (sejauh yang saya tahu) mengenai angka berapa yang terbaik, tapi orang biasanya akan mengingat 3 atau 5 poin. Konon, angka yang benar-benar tidak jelas seperti 19 atau 37 dapat menangkap perhatian pembaca.

Gunakan Kata Sifat yang Menarik

Berikut adalah beberapa contohnya :

  • Mudah
  • Telaten/Cermat
  • Menyenangkan
  • Gratis
  • Penting
  • Mutlak
  • Aneh
  • Luar Biasa

Gunakan Alasan Mendasar yang Unik

Jika Anda ingin membuat listicle, jadilah original. Misalnya pertimbangkan hal berikut :

  • Alasan
  • Prinsip
  • Fakta
  • Pelajaran
  • Ide-Ide
  • Cara
  • Rahasia
  • Trik

Jika memungkinkan, jangan pernah gunakal “Hal”. Tolong, demi cinta pete, jangan pernah gunakan “hal”. Anda bisa melakukan yang lebih baik dari itu.

Gunakan Apa, Mengapa, Kapan, dan Bagaimana

Ini adalah kata-kata pemicu. Saya biasa paling sering menggunakan “mengapa” dan “bagaimana”. Karena saya biasa membujuk atau membuat orang menjadi bisa. Biasanya, Anda akan menggunakan salah satunya, entah itu kata pemicu atau angka. Jarang terdengar bagus jika memakai keduanya sekaligus.

Buat Sebuah Janji yang Berani

Janjikan sesuatu yang berharga untuk pembaca. Akankah Anda mengajarkan mereka cara mempelajari skill baru? Akankah Anda membujuk mereka untuk melakukan sesuatu yang belum pernah mereka lakukan? Maukah Anda membuka misteri kuno?

Apa yang ingin Anda lakukan adalah memberi dorongan semangat kepada pembaca Anda untuk membaca artikel. Tanpa terlalu menjanjikan, jadilah berani. Jadilah mengoda (Dengan cara paling aman). Jadilah berani mengambil risiko. Dan kemudian sampaikan apa yang Anda janjikan.

Cobalah Formula Ini

Berikut adalah formula menulis judul sederhana :

Angka atau kata pemicu + Kata Sifat + Kata Kunci + Janji

Contoh : ambil subjek “Memandikan gajah”. Anda bisa menulis judul artikel “Cara Memandikan Gajah” atau “Mengapa Saya Suka Memandikan Gajah”.

Atau Anda bisa mengaplikasikan formula ini dan membuatnya jadi : “18 Cara Luar Biasa agar Anda Bisa Memandikan Gajah Indoor “.

Contoh lain (yang lebih serius): Buatlah janji berani seperti “Menjual rumah dalam sehari.”

Terapkan formula ini dan Anda mendapat : Bagaimana Anda Bisa dengan Mudah Menjual Rumah dalam Waktu Kurang dari 24 Jam”

Orang-Orang tidak ingin ditipu untuk membaca sesuatu yang membosankan. Mereka ingin ditarik ke sesuatu yang menggairahkan. Jadikan itu layak untuk sementara waktu.

Ambil waktu ekstra untuk memikirkan judul apa yang paling menyedot perhatian orang-orang, dan pastikan judul mendeskripkan konten secara jujur, namun tetap atraktif. Mereka tidak akan menyesalinya, begitu pula dengan Anda.

Diterjemahkan dari Goins Writers, 5 Easy Tricks to Help You Write Catchy Headlines by Jeff Goins

Iklan

22 tanggapan untuk “5 Trik Mudah untuk Membantu Anda Menulis Judul yang Menarik Perhatian Pembaca

  1. Ini postingan yg kbrpa ttg headline ya? Trmksh kmbli brbgi.

    Sy lihat judul2 postingan Shiq4 rata2 mmang eye catching bnget.

    Sy masih ksulitan, aplg klau topiknya cuma curhat atau hal biasa lainnya

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ini postingan pertama tentang headline. Sebelumnya biasanya ada di isi konten tapi tidak spesifik membahas judul. Ini hanya pembukaan dari sekian banyak teori membuat judul. Di masa mendatang mungkin saya akan menerjemahkan banyak konten berkaitan dengan judul karena sangat penting sekali. Sekalian buat arsip pribadi. 😀

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya… tuh istilahnya clickbait. Judulnya doang yang keren, setelah dibuka isinya bahkan nggak relevan atau terlalu umum. Klo bloger gitu nanti lama-lama ditinggal pengunjung 😀

      Disukai oleh 1 orang

  3. boleh2, bagus jg triknya sib2. 👍 btw kl blh tau, utk ebooknya kmren, sampeyan bth brp waktu bwt selesain baca sambil ngejalani rutinitas lain seharian? *sy blm finish2 jg bacanya, heee.

    Suka

    1. Wah klo dilihat dari posting dari review sebelumnya, itu berarti butuh sekitar 8 hari. Saya klo baca mesti nunggu mood soalnya. Tapi klo melihat gaya menulisnya, saya rasa masing-masing orang bisa menyelesaikannya dalam satu atau dua hari saja 😀

      Suka

Komentar ditutup.