Tidak Punya Hobi? Cara Menemukan Hobi dengan 5 Langkah Mudah

Cara menemukan hobi sesuai passion​

Menjalani hidup harus perlu keseimbangan agar mampu tetap bahagia dalam kondisi apapun. Salah satu kegiatan vital yang harus masuk dalam keseharian adalah hobi. Selain bisa melepaskan stres, hobi dapat membantu kita terhubung dengan orang lain sehingga membuka kesempatan menjalin hubungan baik. Siapa tahu hubungan tersebut dapat berlanjut untuk bisnis yang kita kembangkan, benar?

Namun ada sebagian orang yang masih tidak punya hobi. Walaupun mereka ingin memilikinya, tetapi mereka tidak tahu cara menemukan hobi yang pas sesuai passion. Akibatnya, terkadang mereka mengalami sedikit stres ringan dan kewalahan menjalani hari.

Apa Itu Hobi?

Hobi merupakan kegiatan yang Anda lakukan di waktu luang untuk sekadar bersenang-senang dan bertujuan mengembalikan semangat yang menurun setelah menjalani rutinitas yang menjemukan.

Jika dilakukan dengan serius dan menjadi ahli sesuai hobi yang Anda lakukan, maka tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan rupiah di kemudian hari. Tapi jangan berangan terlalu tinggi karena jumlah uang yang dihasilkan pun tidak sebanyak para profesional.

Paling tidak Anda bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri daripada bingung mau melakukan apa di waktu luang dan menghabiskan berjam-jam di media sosial tanpa mendapatkan manfaat apapun.

Mengapa Hobi itu Penting Bagi Kita?

Menurut Reference, semua hobi menghasilkan manfaat secara psikologis. Menurut para peneliti di School of Medicine di Temple University Philadelphia, terlibat dalam sebuah hobi merangsang area otak yang disebut nucleus accumbens dan septal zone. Nucleus accumbens menghasilkan perasaan dan pikiran yang terkait pandangan hidup. Stimulasi positif dari daerah pusat, diproduksi saat melakukan hobi, memanggil perasaan positif.Menikmati aktivitas juga merangsang sel-sel di septal zone untuk menghasilkan perasaan senang, kebahagiaan, dan rasa puas.

Selain meningkatkan kreativitas dan menghasilkan suasana hati yang baik, hobi meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan fokus. Konsentrasi menghasilkan neurotransmitter yang menciptakan hormon untuk mempertahankan ketertarikan, fokus, dan memicu antusiasme.

Memiliki hobi juga bisa mengurangi stres karena mengurangi fokus terhadap masalah pribadi atau stres ketika bekerja. Terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan mampu menghasilkan rasa percaya diri dan motivasi yang terbawa pada kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional.

Cara Menemukan Hobi Sesuai Passion

Bagi Anda yang mencari hobi bermanfaat dan tidak tahu tahu bagaimana memulainya, maka berikut adalah langkah-langkah menemukan hobi :

1. Hadapi Ketakutan Anda

Perubahan selalu menimbulkan rasa takut. Begitu pula ketika hendak mulai melakukan sesuatu yang baru, kegiatan yang akan kita pilih sebagai hobi.

Akan ada ketakutan seperti pertanyaan : Apakah saya akan mampu melakukan hobi dengan baik? atau Apakah saya mampu keluar dari kebiasaan lama dan menjalankan hobi?

Bahkan mungkin Anda merasa malu karena tidak semua orang akan menyukai apa yang akan Anda lakukan. Jangan pikirkan hal-hal negatif semacam itu atau pandangan orang tentang Anda. Hobi yang kita lakukan tidak ada hubungannya dengan orang lain. Dan seharusnya kita mampu mengatasi semua ketakutan yang mungkin menghadang.

Jadi, afirmasi diri sendiri bahwa saya mampu melakukannya, akan melakukannya, dan menjadi bahagia.

2. Solo atau Sosial?

Ini berkaitan dengan kepribadian Anda. Apakah Anda introvert atau ekstrovert? Pilihan hobi terbaik adalah memilih berdasarkan kebiasaan Anda.

Jika Anda seorang introvert, mungkin hobi yang sesuai adalah kegiatan yang bisa dilakukan seorang diri meskipun di masa depan akan memungkinkan Anda melakukannya dengan orang lain. Misalnya, membaca buku, memasak, menulis, berkebun atau bermain game online.

Sedangkan jika Anda seorang ekstrovert, mungkin hobi yang sesuai adalah bermain catur, mendaki gunung, traveling, atau nongkrong di kafe-kafe terkenal.

Tentukan hobi berdasarkan kepribadian Anda agar kebahagiaan yang didapat menjadi lebih sempurna bagi diri Anda sendiri.

3. Sekarang Saatnya Menentukan Hobi

Kalau ingin tahu cara menemukan hobi terbaik bagi diri sendiri, maka yang paling mudah adalah memikirkan kegiatan yang pernah Anda sukai di masa kecil. Cobalah mengingat apa saja yang dulu Anda lakukan di masa kecil dan masih sesekali Anda lakukan sampai sekarang.

Misalnya Anda sering menganti spare part sepeda motor, tidak ada salahnya mulai serius dan memilih modifikasi motor sebagai kegiatan rutin untuk bersenang-senang. Atau jika Anda sering membaca dan menulis di waktu kecil dan tidak lagi melakukannya, mengapa tidak mulai lagi kegiatan tersebut di masa sekarang?

Cara lain yang mungkin dapat membantu adalah pergi ke toko buku atau memperhatikan apa saja konten yang sering Anda baca di internet. Itu merupakan topik yang menarik minat Anda dan tidak ada salahnya membuatnya menjadi hobi.

Jangan khawatir, tidak akan ada yang menghukum Anda jika salah memilih hobi. Jika Anda merasa bosan dan tidak antusias akan suatu kegiatan, Anda boleh berganti mencoba kegiatan lainnya. Lakukan seleksi dan setidaknya buatlah lima pilihan hobi alternatif. Kemudian jalankan satu-persatu dan Anda akan tahu mana yang paling membuat Anda bahagia.

4. Tentukan Anggaran dan Waktu yang Tepat

Setelah Anda menemukan hobi yang membuat Anda merasa bahagia dan antusias, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan anggaran dan waktu untuk melakukan hobi tersebut.

Anggaran dibutuhkan untuk menjamin Anda mendapatkan apapun yang diperlukan untuk memaksimalkan kegiatan Anda. Misalnya Anda hobi membaca buku, sudah pasti buku yang berkualitas merupakan jaminan kebahagiaan. Tentu harganya tidak murah. Atau jika Anda suka traveling, sangat perlu mengatur anggaran agar tetap sesuai koridor sehingga keuangan Anda tidak memburuk hanya karena hobi.

Satu-satunya yang harus diperhatikan adalah jangan keterlaluan menganggarkan uang untuk hobi karena bisa berpengaruh buruk bagi kehidupan finansial Anda. Kita mencari hobi untuk bersenang-senang, bukan mencari masalah baru.

Setelah itu tentukan juga waktu untuk melakukan hobi. Apakah seminggu sekali atau beberapa hari sekali dan pukul berapa Anda melakukannya. Semua harus direncakan sebaik mungkin agar hobi kita tidak sampai merusak tugas-tugas penting lainnya dalam hidup.

Setelah itu lakukan berulang-ulang hingga Anda menjadi mahir. Semakin mahir Anda melakukan hobi, maka semakin besar kebahagiaan yang Anda dapatkan. Bahkan berpotensi menghasilkan uang jika ada orang lain yang terkesan dengan sebaik apa Anda melakukan hobi Anda.

5. Bergabung dengan Komunitas untuk Mengembangkan Hobi

Komunitas merupakan kumpulan orang-orang yang tertarik pada suatu bidang tertentu. Dengan bergabung dengan komunitas, Anda akan menemukan teman-teman baru dan informasi terbaru berhubungan dengan hobi yang Anda geluti.

Di zaman modern yang dimudahkan kecanggihan internet, Anda bisa menemukan berbagai komunitas aktif di situs, sosial media, atau forum.

Anda pun bisa meminta bantuan anggota lain apabila menemukan kesulitan dalam mengembangkan hobi. Kalau Anda sangat mahir, maka Anda bisa menolong orang lain yang baru terjun atau menghadapi masalah.

Jika beruntung, Anda akan terkenal di komunitas yang Anda ikuti. Tentu saja ada kemungkinan tawaran pekerjaan atau endorsement yang mungkin tertarik dengan Anda. Tapi ingat, harus tetap rendah hati dan menolong dengan iklas anggota lainnya agar pamor Anda semakin meningkat setiap harinya.

Sekarang Anda Sudah Siap Berpetualang

Tinggal menjalankan 5 langkah di atas dan Anda akan memiliki hobi. Juga perlu digarisbawahi bahwa Anda sangat diperbolehkan memiliki lebih dari satu hobi. Asalkan Anda pandai mengatur budget dan waktu, maka tidak ada salahnya untuk melakukan lebih dari satu hobi.

Sekarang Anda sudah siap berpetualang ke dunia lain. Selamat bersenang-senang dan nikmati hobi baru Anda.

Apakah Anda pernah menghasilkan uang dari hobi? Atau pernah membantu orang lain yang mengalami kesulitan berkaitan dengan hobi Anda? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

15 tanggapan untuk “Tidak Punya Hobi? Cara Menemukan Hobi dengan 5 Langkah Mudah

  1. Hobi memang penting dalam hidup kita… Tapi banyak orang yang menyepelekan hobi, padahal jika dikembangkan, hobi itu bakal jadi passion. Gan saran saya, masukkin juga contoh-contoh orang yang memiliki hobi dan menjadi sukses seperti bill gates, atau michael jordan, atau mungkin agan sendiri kwkwkw

    Suka

  2. Saya hobi berpetualang, alhamdulillah pernah menghasilkan duit dari sana.. dan sekarang sedang merintis sebuah usaha sewa perlengkapan outdoor..

    Saya hobi menulis.. mudah2an ke depan bisa dapat duit dari sana.. 😁

    Suka

  3. Klo sya sih untuk menghasilkan uang dari hobi blum, tp klo ngebantu prnah.

    Tapi apapun itu, nurut saya hobi itu mmang pnting. Saya spkat dg mas Shiq4, aplagi klo sumpek, kan klo krja trus mkin stress, mknya perlu hobi.

    Cuma klo sya, sbgaimna definisi hobi itu, hobi gak boleh ganggu krjaan utama. Kecuali hobi kmudian jdi pkrjaan (utama) yg menghasilkan, mka itu tak soal sya kira, hee…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s