Tips Menulis : Menentukan Jadwal Menulis

Kegiatan utama seorang blogger adalah menulis. Mau tidak mau, jika Anda menginginkan blog Anda cepat berkembang dan mendapatkan banyak pengunjung, maka satu-satunya cara adalah rajin mengupdate blog tersebut dengan konten-konten yang bermanfaat.

Tugas Anda kali ini adalah menentukan jadwal menulis yang harus Anda patuhi. Tidak perlu setiap hari, cukup dua kali dalam seminggu. Luangkan dua jam untuk menulis pada hari yang Anda pilih untuk menulis.

Mengapa harus menentukan jadwal menulis:

* Karena bisa memaksa Anda untuk terus menulis. Menulis merupakan sebuah ketrampilan yang membutuhkan ketekunan. Semakin sering Anda menulis, semakin baik tulisan yang Anda ciptakan.

* Karena waktu luang hanya ada jika Anda menyempatkan diri untuk membuat waktu luang. Percayalah…, Anda tidak akan pernah menemukan waktu luang dari rutinitas Anda sehari-hari. Waktu luang hanya ada jika Anda benar-benar meluangkan waktu untuk menulis.

* Karena pemilihan waktu yang tepat bisa membuat Anda lebih produktif. Carilah waktu dimana Anda merasa nyaman untuk menulis. Dan patuhi jadwal menulis Anda. Niscaya Anda akan menghasilkan banyak tulisan yang berguna.

Setelah Anda menentukan jadwal menulis patuhi jadwal tersebut. Lalu mulailah menulis.

Pertama, carilah tema yang mudah dulu untuk ditulis. Kegiatan sehari-hari yang Anda lakukan. Misalnya dalam hal blogging, apa visi dan misi Anda? Dengan menuliskan visi dan misi Anda akan lebih fokus untuk bisa mencapainya.

Atau jika Anda merasa kesulitan, tidak ada salahnya menulis sesuatu tentang diri Anda. Misalkan opini tentang kejadian yang pernah Anda alami. Jangan merasa terbebani. Anggaplah menulis adalah kegiatan yang menyenangkan.

Kedua, sebelum Anda menulis pastikan Anda telah membaca dahulu berbagai topik sesuai tema. Hal ini bertujuan untuk menambah kosa-kata menulis Anda. Semakin banyak kosa-kata yang Anda kuasai, semakin leluasa Anda menyampaikan suatu informasi.

Dan terakhir, baca ulang tulisan Anda. Apakah ada kalimat yang tidak berguna? Apakah semua kalimat sudah benar? Periksalah tulisan Anda dan pastikan semua sesuai dengan EYD.

Masalah yang Mungkin Anda Hadapi

Anda sudah menentukan jadwal menulis tetapi karena suatu hal Anda tidak bisa menulis. Beberapa masalah yang mungkin Anda hadapi:

1. Malas menulis. Jika sudah tiba waktunya menulis dan Anda merasa malas menulis, apa yang harus dilakukan?

Anda harus memaksa diri untuk terus menulis. Cobalah untuk mengingat setiap kejadian menyenangkan yang pernah Anda alami dan menulislah sesuai kemampuan Anda.

Anda bisa membaca : Tips Mengatasi Malas Menulis.

2. Tidak ada ide. Anda bukan satu-satunya. Semua orang pernah mengalami apa yang Anda alami. Cobalah menarik nafas dalam-dalam, pejamkan mata sebentar, dan tuliskan apapun yang Anda pikirkan.

Setelah Anda berhasil menuliskan judulnya, cobalah mengetik judul tersebut di google, dan kemudian bacalah artikel-artikelnya.

Lalu terakhir, tuliskan kembali apa yang sudah Anda baca dengan gaya bahasa Anda sendiri.

Atau Anda bisa membaca “Cara mendapatkan Ide Brillian

3. Sibuk dengan pekerjaan lain. Anda sudah berusaha membuat jadwal menulis tapi ketika hendak melaksanakan jadwal tersebut Anda memiliki pekerjaan lain yang harus segera diselesaikan. Itu berarti Anda salah menentukan jadwal menulis.

Cobalah untuk menentukan jadwal menulis yang sekiranya Anda benar-benar bebas. Misalnya ketika hendak tidur atau setelah bangun tidur.

Kemampuan Anda dalam manajeman waktu akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan menulis Anda. Pastikan saja Anda disiplin mematuhi setiap jadwal yang sudah Anda susun.

Masih kesulitan untuk menentukan jadwal menulis? Cobalah ceritakan masalah Anda di kotak komentar dan saya akan berusaha membantu Anda.

Iklan

6 tanggapan untuk “Tips Menulis : Menentukan Jadwal Menulis

  1. Bagaimanapun, seorang penulis memang mesti rajin menulis ya Mas. Penting banget penjadwalan ini guna pembiasaan diri, dan seiring berjalannya waktu, kemampuan menulis pun akan meningkat banget kalau menulisnya sudah terbiasa :hehe. Sip, ini tips yang bagus dan akan berusaha saya laksanakan, terima kasih yak :hehe.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s