5 Tips agar Disiplin Menulis

Tips Disiplin Menulis
Sumber gambar : thestickkit.co

Di dunia ada sebagian orang yang terlahir dengan talenta menulis. Apapun yang mereka tuliskan menjadi karya agung. Mendapat apresiasi dari khalayak dan membuat mereka duduk di puncak segitiga sebagai penulis.

Sayangnya saya termasuk penulis tanpa bakat. Satu-Satunya jalan yang terbentang di hadapan saya adalah rangkaian menu latihan. Terus menulis sesering mungkin sehingga tulisan saya menjadi lebih tajam dan dihargai pembaca.

Dan kunci yang paling menentukan masa depan saya sebagai penulis adalah kedisiplinan. Bukan hal lainnya. Jika saya disiplin menulis, maka ada peluang menjadi penulis yang lebih baik. Dan itu alasan paling masuk akal yang mengerakkan saya untuk terus menciptakan karya tulis.

Bagi Anda yang juga bermimpi hidup dari menulis dan merasa tidak punya bakat, Anda tidak sendirian. Mari kita memperjuangkan mimpi sederhana kita menjadi penulis sederhana yang memiliki pembaca setia. Hanya jika Anda mau mendisiplinkan diri mulai dari sekarang. Bukan hanya berangan.

Impian, Kegagalan, dan Keberhasilan

Impian adalah energi yang mampu membuat orang mengeluarkan semua potensinya. Namun pada dasarnya, manusia juga punya ketakutan terhadap impian mereka. Kita takut mengalami kegagalan.

Bagaimana jika saya sudah mengorbankan banyak waktu, pikiran, dan usaha namun impian tersebut tidak terjadi?

Setiap kegagalan menimbulkan rasa sakit. Dan itu membuat semua orang berpikir realistis agar terhindar dari sakit tersebut. Kita takut memperjuangkan impian menjadi penulis. Dan Anda benar jika menebak bahwa saya juga terkadang takut dengan sakitnya sebuah kegagalan. Saya juga takut terhadap masa depan sama seperti halnya penulis pemula lainnya.

Karena masa depan memang penuh dengan ketidakpastian. Tapi mungkin quote berikut akan membuat Anda sadar mengapa kita harus berjuang untuk impian-impian kita :

”Jika kita berusaha menggapai impian, maka kemungkinannya hanya dua, yakni berhasil atau gagal. Tapi seandainya kita tidak pernah mencobanya, satu-satunya pilihan yang akan terjadi adalah kegagalan.”

Sekarang Anda tidak punya alasan untuk tidak mengejar impian menjadi penulis. Begitu pula dengan saya. Jadi, mari lakukan yang terbaik dan berharap suatu saat kita akan menjadi penulis hebat di masa depan.

Apa yang Harus Ditulis?

Anda tahu bahwa menulis adalah ketrampilan. Semakin sering kita melakukannya, semakin mahir kita menciptakan karya yang bagus. Kita sadar betapa pentingnya disiplin menulis.

Tapi ada saat di mana penulis pemula bertanya: “Apa yang harus saya tulis setiap hari ketika sedang berlatih?

Pertanyaan sulit. Bahkan saya sendiri pernah mengalami kebingungan yang sama. Namun akhirnya saya menyadari bahwa tidak penting saya menulis tentang apa, yang jelas saya harus tetap menulis. Jadi, saya menyingsingkan lengan baju dan mulai menulis apapun yang terlintas di pikiran saya.

Saya menulis pengalaman pribadi, menulis fiksi,  menulis ulang karya orang lain, menulis tutorial, dan menuliskan semua bacaan saya.

Menulis itu tentang kebebasan. Tidak ada aturan. Selama Anda bahagia ketika melakukannya, saya rasa tidak penting apakah karya kita bagus atau jelek di mata orang lain.

Dan sekarang saya merasa menjadi penulis yang lebih baik dibanding beberapa tahun yang lalu. Puluhan ribu orang mengakses tulisan saya. Dan saya merasa senang dan ingin terus menulis sesering mungkin. Anda pun seharusnya seperti saya jika punya impian menjadi penulis hebat di masa depan.

5 Tips agar Disiplin Menulis

Menjadi penulis yang disiplin itu sulit. Ditengah ketidakpastian masa depan, kita dituntut untuk terus menulis. Memang tidak ada jaminan kita akan sukses sebagai penulis. Namun itu satu-satunya jalan yang tersedia di hadapan kita.

Tanpa kedisiplinan, mustahil meraih kesuksesan. Jadi, bagi Anda penulis pemula yang kesulitan mendisiplinkan diri, berikut adalah 5 tips sederhana agar Anda menjadi penulis yang disiplin :

1. Mulai Sebuah Blog

Kita beruntung terlahir di dunia teknologi yang serba canggih. Agar tulisan kita bisa dibaca orang lain, kita tidak perlu menerbitkan buku atau membayar mahal di media cetak. Kita bisa mulai dengan menciptakan sebuah blog dan orang-orang akan mulai menikmati karya kita.

Pertama kali membuat blog shiq4, saya tidak pernah berpikir bahwa tulisan-tulisan saya akan diterima banyak orang. Kejadian begitu cepat. Saya tidak pernah menyadari sejak kapan, tapi saya benar-benar disiplin menulis untuk mengupdate blog ini.

Setidaknya setiap 2 atau 3 hari sekali saya menerbitkan artikel di blog ini. Dan sudah 24 bulan lebih hal ini berlangsung dan saya benar-benar disiplin.

Dan Anda pun harus mulai membuat blog agar Anda punya kedisiplinan seperti saya. Jika hal itu bekerja terhadap saya, maka Anda pun bisa melakukannya, bukankah demikian?

2. Ciptakan Waktu Luang

Ada banyak penulis pemula mengeluhkan bahwa mereka tidak punya cukup waktu luang. Mereka harus bekerja dan melakukan banyak hal dalam sehari. Dan tentu saja, tidak ada waktu untuk menulis.

Mereka menunggu agar punya waktu luang. Dan selama apapun mereka menunggu, mereka tidak akan pernah punya waktu. Pada akhirnya impian menjadi penulis pun tidak akan pernah terwujud.

Jangan mencari waktu luang, namun ciptakan waktu luang. Bisa sebelum Anda tidur atau sesudah Anda bangun di pagi hari. ayolah… apa sulitnya menginvestasikan sedikit waktu untuk impian Anda.

Cukup 1 jam perhari dan diakhir tahun Anda akan menciptakan sebuah buku yang siap terbit atau ratusan artikel di blog Anda. Itu jika Anda serius mewujudkan impian Anda menjadi penulis.

3. Tetapkan Target yang Realistis

Menetapkan target yang realistis akan mendorong kita untuk terus berkarya. Sebaliknya, target yang tidak realistis adalah pembunuh nomor satu.

Katakanlah Anda masih pemula. Saya tahu Anda ingin menulis novel, tapi alangkah baiknya jika Anda mulai produktif menghasilkan cerpen atau cerbung dulu. Atau jika Anda ingin menulis artikel dengan insight mendalam, mulai dengan menulis artikel-artikel sederhana dulu.

Dengan demikian, Anda akan mulai terbiasa dengan keberhasilan-keberhasilan kecil. Saat Anda sudah mencapainya, saya rasa Anda sudah siap untuk berjuang mewujudkan impian besar Anda menjadi penulis buku best seller atau bloger ahli yang mengupas topik tertentu.

4. Temukan Teman Seperjuangan

Dua kepala lebih baik dari satu kepala. Memiliki teman seperjuangan memungkinkan kita berdiskusi jika menemui hambatan dalam menulis. Selain itu, melakukan pekerjaan dengan orang yang memiliki minat yang sama besarnya dengan kita adalah hal yang menyenangkan.

Tentu saja, jika kita merasa senang, produktivitas kita akan meningkat. Itu rahasia yang paling sederhana untuk menjadi ahli di bidang apapun.

Jadi, bergabunglah dengan forum-forum menulis. Jadilah anggota yang aktif dan jalin persahabatan dengan sesama penulis. Akan ada saat di mana keberhasilan teman-teman Anda menerbitkan novel atau diterima di media cetak menjadi motivasi terbaik bagi Anda.

Karena sudah sifat manusia yang selalu menginginkan apa yang sudah dicapai orang lain. Jika perlu, minta nasihat kepada teman-teman Anda yang sudah berhasil agar Anda menjadi penulis yang lebih baik lagi.

5.Perbanyak Membaca

Pengetahuan adalah kekuatan dalam menulis. Semakin luas wawasan Anda, Semakin banyak ide yang Anda tangkap dan mendorong Anda untuk menciptakan karya-karya selanjutnya.

Beberapa manfaat membaca bagi karier kepenulisan Anda antara lain:

  • Kaya Perspektif – Semua bacaan memiliki sudut pandang yang unik. Jika Anda banyak membaca, Anda akan tahu bagaimana menggunakan suatu sudut pandang untuk menyempurnakan karya-karya Anda.
  • Kosakata – Ketika membaca, secara tidak sadar kita menyerap kosakata yang ada dalam sebuah bacaan. Dan itu merupakan modal untuk menciptakan paragraf-paragraf jenius bagi karya Anda selanjutnya.
  • Menghargai Penulis Lainnya – Dengan membeli atau membaca karya penulis lainnya, kita ikut mendukung penulis tersebut untuk merasa dihargai sehingga mereka akan terus berkarya. Karena Anda juga penulis, suatu saat Anda pun akan mengalami rasa senang ketika ada orang lain yang mengapresiasi karya Anda.

Kesimpulan

Menjadi mahir dalam menulis bukan hal yang mudah. Namun juga bukan hal yang mustahil. Anda hanya perlu meluangkan waktu dan disiplin menulis. Dan Anda akan menjadi penulis yang lebih baik seiring bergantinya matahari dan bulan.

Percayalah bahwa kerja keras Anda tidak akan sia-sia. Selalu ada pelajaran dalam kehidupan yang Anda lalui sebagai penulis. Setidaknya Anda akan tahu bagaimana menghargai karya Anda sendiri maupun karya orang lain mengingat betapa kerasnya usaha Anda menciptakan sebuah karya tulis.

Apakah Anda masih yakin bahwa mimpi Anda menjadi penulis akan terwujud? Mengapa masih yakin dan mengapa merasa tidak yakin? Bagikan di kotak komentar agar kita bisa berdiskusi mengenai permasalahan Anda.

Iklan

36 tanggapan untuk “5 Tips agar Disiplin Menulis

  1. Saya adalah contoh penulis yang masih memupuk komitmen, hehe. Mungkin masalah saya itu kadang-kadang terlalu memaksakan diri, terus kecapekan sendiri, akhirnya berhenti. Padahal menulis kan bukan seperti lari sprint yang jaraknya pendek ya, menulis lebih mirip lari marathon yang panjang dan lama, yang penting pintar mengatur napas supaya terus bergerak, hehe. Terima kasih buat tipsnya ya. Saya jadi semangat menulis dan membaca lagi, hehe.

    Suka

    1. Santai aja mas gara. Klo merasa terbebani nggak usah maksa. Istirahat sejenak klo sudah seperti itu. Yg jelas pas nulis harus merasa senang dan bahagia biar tulisannya nyaman dan enak dibaca.

      Suka

  2. Wah artikelnya makin bagus aja mas, setiap ide & tulisannya hasil pemikiran berapa lama? Mantep nget!

    Kalau aku kayanya belum disiplin dalam menulis deh, karena masih merasa menulis untuk menyenangkan hati aja dan karena merasa butuh untuk menulis. Hihihi.

    Suka

  3. saya termasuk orang yang sulit untuk di siplin 😀 dalam hal apanya aja, saya ga pernah disiplin , pada saat nulis untuk blog juga ga pernah disiplin selalu sesukanya aja hehehe,,, thx sob untuk tipsnya saya mau coba semuanya, supaya saya bisa lebih disiplin lagi 🙂

    Suka

  4. Tips nomer 5 ane setuju banget, dulu diawal saya menjadi blogger tulisan saya sangat kacau balau bahkan jika saya membacanya lagi sekarang saya malah merasa malu. Tapi, dengan sering membaca artikel blogger lain yang udah ahli tulisan saya perlahan tapi pasti mulai membaik yah walaupun belum serapih punya blog ini.

    Suka

  5. Wah…terimakakasih banget mas tipnya.Terus terang saya termasuk kurang disiplin menulis, karena merasa sering bingung apa yang mau dituliskan, sehingga jadi malas…mudah2an dengan tips ini menjadi lebih disiplin lagi…

    Suka

    1. Awalnya dulu saya cuma nulis kegiatan sehari-hari saja. Tapi ntar otomatis nulis tips juga kok. Coba apa prestasi kita di kehidupn nyata. Misal, tips agar tidur nyenyak, atau cara mendapatkan teman ngeblog dsb. Yg sederhana aja dulu. Ntar lama kelamaan juga bakalan biasa.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s