5 Hal yang Membuat Blog Anda Gagal Total

Baiklah. Kali ini saya ingin membahas hal-hal sepele yang bisa menentukan apakah blog Anda akan berhasil atau gagal di masa yang akan datang.

Dunia blog telah berkembang sedemikian pesat sehingga kita terkadang merasa kesulitan untuk mengetahui informasi terbaru berkaitan dengan blog. Jika dulu saya membeberkan 7 kebiasaan blogger sukses, maka sekarang saya akan memberitahu Anda 7 hal yang membuat blog Anda gagal total. Berikut adalah hal-hal tersebut:

1. Terlalu banyak memiliki blog. Tidak ada yang salah dengan memiliki blog sepanjang Anda mau bekerja keras untuk terus menulis guna keperluan update.

Tapi apa yang membuat Anda gagal mengelola banyak blog adalah ketidakmampuan Anda mengatur waktu. Bayangkan, untuk satu blog saja Anda harus meluangkan waktu untuk menulis, promosi, dan mengoptimalkannya dengan mencari backlink.

Kebanyakan blogger pemula yang memiliki banyak blog akan kebingungan dan tidak fokus dalam mengelola blog-blognya. Saran saya, buatlah satu blog saja dan berfokuslah untuk mengembangkan blog tersebut.

2. Copy paste artikel blogger lain. Memang Anda tidak akan terkena hukuman apapun jika Anda mengcopy paste artikel blogger lain. Ini hanyalah masalah etika.

Jika Anda sudah dicap sebagai blogger yang suka copy paste, Anda akan sulit membina hubungan dengan blogger lain. Itu dikarenakan para blogger sejati tidak bisa mentolerir perbuatan Anda. Copy paste berdampak sangat buruk bagi pencitraan Anda sebagai blogger.

Selain itu, perbuatan Anda mengcopy paste tulisan orang akan menciptakan duplikat konten yang mana akan merusak blog Anda di mata mesin pencari. Oleh karena itu, jangan membiasakan diri untuk copy paste karena kebanyakan blog copy paste akan gagal di masa yang akan datang.

3. Terlalu banyak berpikir, jarang praktik. Sebenarnya semua blogger sukses pasti pernah melakukan kesalahan. Mereka biasanya berani mencoba hal-hal baru.

Bagi Anda, blogger pemula, tidak ada gunanya Anda belajar ilmu ngeblog tanpa dipraktikan. Gunakan semua ilmu yang sudah Anda pelajari. Mungkim sekali-dua kali Anda akan menemui kegagalan. Tapi dari kegagalan itulah Anda bisa lebih memahami ilmu ngeblog yang sedang Anda pelajari.

4. Jarang update artikel. Apa jadinya jika Anda menjadi blogger namun malas untuk menulis? Blog Anda yang sedang berkembang mungkin memiliki follower yang selalu menanti artikel-artikel terbaru. Tanpa update artikel secara teratur blog Anda akan ditinggalkan pengunjung.

Lebih parah lagi google kalau google menganggap blog Anda sebagai blog yang tidak berkualitas. Sebaik apapun ilmu SEO yang Anda miliki, halaman Anda tidak akan pernah muncul di halaman pertama google. Sebuah kerugian besar bukan?

Untuk menjaga agar blog Anda dianggap blog yang berkualitas, Anda harus terus mengupdate blog tersebut. Minimal seminggu sekali. Lebih dari itu, biasanya blog Anda akan gagal.

5. Tidak menjalin hubungan baik dengan blogger lain. Anda ngeblog sendirian? Lupakan saja kesuksesan. Itu karena ngeblog adalah pekerjaan yang melibatkan orang lain. Jika Anda ingin sukses, maka Anda harus menjalin hubungan dengan blogger lain.

Mulailah dengan berkunjung ke blog lain, membaca artikelnya, dan tinggalkan komentar yang baik.

Atau Anda bisa membuat artikel yang memiliki link menuju tulisan blogger lain. Biasanya dengan cara ini, Anda akan mendapat perhatian dari blogger lain.

Iklan

2 tanggapan untuk “5 Hal yang Membuat Blog Anda Gagal Total

  1. Poin 1 bener banget. Saya cuma fokus di 2 blog saja dan menjadi kontributor di notaslimboy.com. Blogging merupakan aktivitas yang membutuhkan perhatian. 1 saja sudah memakan waktu.

    Poin 2 saya setuju. Bahkan bukan cuma copy paste dari blog orang lain saja, tetapi juga dari sumber2 lain. Ada baiknya kita mencantumkan sumber tulisan kita bila dalam content yang kita tulis ada referensi dari sumber lain. Copy paste seluruh atau bahkan sebagian tetap hendaknya mencantumkan link atau referensi sumber yang kita pergunakan.

    Poin 3 dan poin 4 lebih kepada effort pribadi kita sebagai seorang blogger.

    Poin 5 itu masalah networking dan sangat bermanfaat untuk mendukung promosi blog kita. Ya minimal ada yang ngelike tulisan kita lah.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Sejauh ini saya punya satu blog dan itu pun mengurusnya tidak mudah soalnya disambi dengan pekerjaan kantor. Betul sih, dan dinikmati saja semua prosesnya, jalan-jalan ke blog teman, isi blog sendiri, rutin update, lala lili, kalau sempat ya dilakukan, kalau tidak sempat ya lakukan hal lain yang lebih penting tralala… (semacam pesan ke diri saya sendiri juga sih :hehe).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s