Bagaimana Mengatasi Rasa Malas Menulis

Salah satu permasalahan yang umum dimiliki penulis pemula adalah rasa malas menulis. Rasa malas itu bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pikiran tanpa inspirasi hingga terlalu banyak ide menulis tapi tanpa tahu harus memulai dari mana.

Ada pepatah yang mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Begitu pun dengan rasa malas dalam menulis, lebih baik jika kita mencegah rasa malas itu hinggap pada pikiran kita. Caranya adalah dengan disiplin menulis. Tetapkan jadwal menulis, buatlah tantangan menulis sederhana, lalu menulislah sungguh-sungguh. Niscaya Anda tidak akan mengalami rasa malas untuk menulis di kemudian hari.

Lalu bagaimana jika rasa malas itu tetap datang dan menyerang Anda? Apa yang harus dilakukan? Jawabnya adalah milikilah tujuan yang jelas ketika menulis sehingga Anda termotivasi untuk tetap menulis dan memenuhi jadwal menulis Anda. Tanpa tujuan yang jelas, kemampuan menulis Anda tidak akan berkembang.

Saya sendiri memiliki tujuan menciptakan gaya menulis sendiri. Yaitu gaya menulis sederhana, efektif dan efisien. Setiap kali saya merasa malas untuk menulis, saya selalu memikirkan tujuan saya tersebut agar tetap termotivasi ketika diserang rasa malas.

Kemudian saya membaca kembali tulisan-tulisan saya, mengoreksi kata demi kata, lalu menyempurnakan kalimat-kalimatnya agar terlihat sederhana dan mudah dipahami. Lalu bagaimana cara Anda untuk mengatasi rasa malas? Silahkan beri jawaban Anda pada kotak komentar.

Iklan

5 tanggapan untuk “Bagaimana Mengatasi Rasa Malas Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s