Ingin Jatuh Cinta

Ingin jatuh cinta

Sumber gambar : laksani.com

Kadang-Kadang… aku ingin jatuh cinta. Seperti orang lainnya. Tapi semakin aku menginginkannya, sepertinya cinta semakin jauh dari hidupku. Aku mulai beranggapan bahwa itu termasuk kutukan.

Biasanya perasaan yang paling sering muncul adalah rasa suka. Itupun tidak berlangsung lama. Paling dua atau tiga hari, maka rasa itu akan memudar tanpa meninggalkan bekas apapun.

Padahal aku ingin sekali dalam hidupku memuja seorang gadis. Tidak penting apakah ia akan membalas rasaku, aku hanya ingin mencoba sensasinya sebagai inspirasi menulisku.

Biar bagaimana pun, aku ingin menulis mengenai percintaan. Dan tentu saja, aku tidak bisa menikmati tulisanku sendiri jika aku belum berurusan dengan cinta di dunia nyata.

Masalah lain yang juga tidak masuk akal, aku termasuk tidak punya pergaulan yang luas. Jadi, mustahil aku jatuh cinta dengan teman gadisku atau perempuan-perempuan terdekat.

Kontradiktif dengan keinginanku. Tidak ada usaha, tidak ada hasil. Itu wajar. Tapi memang aku menunggu sedikit sentuhan keberuntungan untuk mendapatkannya. Karena aku termasuk orang yang percaya dengan keberuntungan sebab beberapa kali aku mengalaminya. Semoga ada gadis cantik yang bisa membuatku merasakan cinta yang sesungguhnya.

Cinta yang Tidak Kuakui

Aku menulis kata “Cinta yang sesungguhnya” karena aku pernah tidak mengakui hadirnya sebuah cinta. Secara teknis, aku pernah benar-benar menyukai seseorang.

Kejadian sangat sederhana. Ia muncul dan aku langsung jatuh cinta. Terjadi di tempat kerja. Namun karena sesuatu hal, pikiranku menolak untuk jatuh cinta.

Di masa itu, aku sangat malas berurusan dengan cinta. Jadi, selama sekitar 2 minggu aku menikmati siksaan jatuh cinta dan tidak melakukan apapun kecuali berdiam diri saja dan membiarkan perasaan itu berlalu.

Aku hanya menulis surat dan mengajak gadis itu bermain. Permainan pertama yang kulakukan. Tapi ia tidak membalas suratku. Meskipun aku tidak yakin akan mampu melakukan apa yang kukatakan dalam surat, aku benar-benar menulisnya dari hatiku.

Yang kuinginkan sekarang adalah cukup punya perasaan suka selama beberapa minggu dan pikiranku tidak menolak kehendak hatiku.

Biar bagaimana pun, kadang-kadang untuk mengajak kerja sama pikiranku butuh kerja keras. Walaupun aku pernah mengalami beberapa kali kegagalan di masa mudaku dalam menghadapi perasaan-perasaan suka dan cinta, kurasa aku sudah sangat siap untuk merasakan perasaan itu lagi di masa sekarang.

Akhirnya, karena rasa malu terhadap diri sendiri, karena berbuat bodoh saat jatuh cinta di masa mudaku, aku menganggap kejadian tersebut tidak pernah ada di hidupku dan melupakannya dan tidak pernah membicarakannya lagi.

Apa yang Akan Kulakukan Jika Jatuh Cinta?

Aku akan mengkhayal, kemudian menuliskannya. Untuk memperindah tulisanku dan menajamkan rasa di hatiku.

Terkadang, dalam hidup dibutuhkan cinta untuk melakukan tindakan-tindakan yang baik pula.

Aku akan menikmati perasaan yang muncul. Berdiam diri saja. Merasakan rasa sakit dan nikmatnya, dan akan mengingat setiap momennya. Tidak penting aku jatuh cinta dengan siapa. Selama dia bukan istri orang atau gadis yang tidak boleh kucintai karena norma dan aturan yang berlaku.

Mungkin dengan begitu tulisanku akan menjadi semakin bagus. Karena banyak yang mengatakan bahwa kekuatan cinta itu sangat besar untuk mengerakkan seseorang melakukan tindakan luar biasa.

Aku ingin memasukkan energi cinta itu ke dalam karyaku. Untuk kunikmati sendiri di waktu senggangku.

Rasa Sakit Karena Cinta

Banyak orang yang sakit karena tidak bersatu dengan orang yang dicintainya. Itu juga yang menyebabkan aku malas atau tidak mau merasakan cinta selama ini. Takut sakit dan tidak bisa sembuh. Kemudian hidup menjadi kacau hanya karena cinta.

Bagiku sekarang, itu tidak logis. Kalau pun aku mencintai seseorang, kemudian ia tidak menerima cintaku, maka aku akan melupakannya begitu saja. Kebetulan aku termasuk orang yang pelupa dalam urusan apapun.

Tapi aku yakin bisa menghadapi rasa sakit karena cinta. Aku sudah cukup matang. Itulah mengapa sekarang aku berusaha jatuh cinta dan tidak terlalu berharap untuk bersatu.

Aku hanya ingin merasakan perasaannya saja tanpa mengharapkan hasil akhirnya. Jadi, kurasa aku tidak akan sesakit pecinta-pecinta lainnya.

Pertanyaannya dengan Siapa?

Ini keinginan yang aneh. Ingin jatuh cinta tapi tidak tahu harus dengan siapa. Lagipula hari-hariku hanya membaca dan menulis saja, tanpa bergaul dengan siapa pun. Itu pula hambatan terbesar yang menghadangku.

Pernah berpikir untuk pergi ke kafe-kafe terdekat dan melihat-lihat para gadis di sana, tapi kuurungkan. Itu tidak akan bekerja. Begitu pula dengan usaha-usaha konyol lainnya.

Jadi sekarang aku sudah pasrah. Mungkin saja aku akan jatuh cinta dengan seseorang yang tidak pernah kukenal di pasar. Atau anak gadis teman ibuku. Atau entahlah… Aku belum memikirkan sejauh itu.

Hanya saja memang selalu bingung harus jatuh cinta dengan siapa? Kalau aku punya targetnya, mungkin akan lebih mudah membuatku jatuh cinta dengan berusaha memikirkannya dan belajar mencintai target tersebut.

Tapi tidak ada siapapun di lingkaran pergaulanku. Jadi, aku harus menunggu dalam waktu yang lama untuk merasakan cinta di dadaku dan memberi jiwa cinta di karya-karyaku.

Menurutmu, bagaimana agar merasakan cinta? Apa yang harus dilakukan? Bagikan di kotak komentar.

43 tanggapan untuk “Ingin Jatuh Cinta

  1. Kalo saya sih gak bisa ngasih saran mas,
    Nasib kita hampir sama.Saya juga sudah lama menutup hati,hingga rindu rasanya untuk jatuh cinta.Tapi ya itu,dengan siapa saya akan merasakannya.hhaaa
    Tapi kalo di blog,lagu-lagu yang saya pilih biasanya berdasar apa yang saya rasa.Walau tak semua saya alami secara langsung.hhee
    Blogger lain moga nanti bisa kasih solusi mas.Semangat

    Disukai oleh 1 orang

    1. Sebenarnya saya sudah nyaman sendirian. Saya punya banyak adik untuk mengusir kesepian. Cuma memang ada keinginan buat jatuh cinta biar bisa menulis lebih baik lagi. Cuma buat inspirasi menulis πŸ˜€

      Suka

      1. Wah..jangan sampe terlalu nyaman mas.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
        Ya..nanti pasti ada waktunya mas nemuin orang yang bisa bikin mas jatuh cinta.hhee
        Yang penting mas nya juga usaha.

        Suka

  2. Ndak usah di harapain mas ntar malah gak jadi πŸ˜‚ ntar klo waktu jatuh cinta bakal jatuh cinta dgn sndrinya, klo waktunya sakit hati ya bakal sakit walaupun udah d jagain mati matian, alami saja πŸ˜ƒ

    Disukai oleh 3 orang

    1. Iya… sepertinya menjalani hidup seperti biasa aja ya. Nanti klo tiba waktunya cinta juga bakalan bersemi sendiri. Klo pun sakit, ya… itu risiko buat para pecinta πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  3. Secara teknis, aku pernah benar-benar menyukai seseorang.

    Secara teknis tulisan kali menyiratkan bahwa anda seorang pecinta yang tangguh. Juga sederet kemungkinan yang telah anda siapkan.

    Suka

    1. Saya sih bukan pecinta. Paling malas berurusan dengan cewek2. Cuma memang lelaki butuh perempuan gan. Klo nggak butuh buat melanjutkan keturunan mungkin saya nggak bakalan nyari cewek πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  4. Jatuh cinta nggak perlu direncanakan mas.. Kalo direncanakan dia males dateng.. Pas nggak dicari2 tiba2 dia datang dan bikin gregetan 😁

    Yang penting saat mulai ada percikan2 rasa suka, jangan menutup diri kalo emang mas mau ngerasain sensasinya..

    Suka

    1. He he he… rasanya ditunggu-tunggu kok cinta nggak datang-datang. Tapi memang berharap sih.

      Wah klo percikan-percikan datang saya masih sering mikir-mikir. Orangnya tertutup saya memang πŸ˜€

      Suka

  5. Kata orang cinta itu bisa bermula (jatuh) dari pandangan pertama. Ada juga cinta karena biasa, artinya kita mesti punya teman wanita di mana ada frekwensi hubungan dan pergaulan yang nantinya punya potensi membangkitkan rasa cinta.

    Jadi menurutku cinta itu adalah fitrah bertemunya ketertarikan antara pria dan wanita. Untuk itu perlu adanya kontak, hubungan, perjumapaan dan mungkin harus dengan pertemanan lebih dahulu.

    Barangkali begitu mas. Smg lekas menemukan rasa cinta itu. πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

  6. Sekarang sih banyak lho pasangan muda-mudi jatuh cinta setelah menikah lho mas, dan banyak bukti jatuh cinta setelah menikah ternyata bisa membara dan kokoh rumah tangganya. Tentu saja melalui proses taaruf dulu sebelum menikah. Taaruf bisa langsung antara dua orang yg ingin menikah dan juga bisa melalui perantara.
    ini sekedar info saja lho mas. Mungkin mas shiq sdh tahu ttg hal ini

    Suka

    1. Kalau buat menikah saya masih belum tertarik mbak nur. Tapi memang menikah nggak semata masalah cinta saja. Masih begitu banyak variabel yang menentukan kebahagiaan suatu pasangan. Entahlah… biar waktu yg menjawabnya karena saya sendiri belum memikirkan masa depan dan pernikahan ha ha ha…. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  7. cinta itu gak ada yang tau kapan datangnya,yang pasti akan datang cinta mas.mungkin belum sekarang saatnya mas menemukan yang tepat siapa tau besok atau nanti yang penting semuanya sudah diatur sama yang maha kuasa.

    kalau ngomongin jatuh cinta pandangan pertama itu belum tentu enak,mungkin…dianya belum PEKA atau pura2 gak tau,berjuang aja.

    sakit karena jatuh cintah itu emang gak enak,tapi ambil hikmahnya aja.kita jadi belajar artinya rasa sakit hingga nantinya disaat kita menemukan yang tepat kita suadah mengenal artinya rasa sakit.toh nanti kita juga akan mencapai puncaknya yaitu disaat kita menemukan yang terakhir.

    Suka

  8. saya engga bisa memberikan sara karena pada dasarnya saya juga masih mencoba mencari rasa itu sendiri, mungkin untuk sementara waktu memang sendiri adalah salah satu hal yang saya pilih.. Namun sepertinya rasa cinta itu tidak bisa dipaksakan untuk terjadi atau benar-benar ada. Karena jika memang sudah waktunya rasa itu akan datang dengan sendirinya dengan cara yang tidak disangka sangka πŸ™‚
    Semangat terus kak shiqa! πŸ˜€

    Suka

  9. Memang seperti itu rasa tidaklah mudah untuk dicari, didapat, dan dibalas. Adabanyak hal yang membuat rasa menjadi mudah didapat juga ada banyak hal yang sebabkan rasa kian menjauh. Itu semua tergantung dari masing masing pribadi😊

    Suka

Komentar ditutup.