Hari Ke-2 : Ingin Menghasilkan Tulisan yang Indah

Tantangan menulis 31 Hari Jeff GoinsSumber gambar : fantasimatahari.blogspot.com

​2 Penulis hebat bagi saya adalah Jeff Goins dan Jon Morrow. Selain tulisannya padat dengan paradigma baru, tulisannya terlihat indah. Dan ketika saya membaca karya mereka, saya benar-benar merasa belum apa-apa. Saya dan mereka berada di dimensi yang berbeda.

Sudah beberapa minggu ini saya berlatih menyusun kalimat-kalimat indah seperti mereka berdua dan secara rutin menggunakannya dalam konten-konten Shiq4, tapi tidak berjalan dengan baik. Terkadang, kepala saya benar-benar pusing memilih kata, kemudian saya menyelesaikan konten tersebut tanpa menghiraukan keindahan katanya.

Menurut saya, kekurangan terbesar saya adalah minimnya kosakata. Saya hanya menggunakan kata yang sama berulang-ulang kali. Dan ya…. saya merasa tidak semangat. Walaupun sebenarnya saya menyadari bahwa saya pasti mampu menguasai penggunaan kata-kata baru jika rajin membuka kamus, tapi tetap saja merasa malas.

Saya tahu Jeff Goins pernah bercerita tentang menulis 500 kata setiap hari dalam sebuah interview, saya masih ingat dengan jelas. Namun ketika saya menemukan tantangan menulis 31 hari di blog Jeff Goins,  saya tidak ragu untuk mengikutinya.

Dan sekarang saya sedang menjalankannya dengan bersungguh-sungguh.

Tujuan Mengikuti Tantangan Jeff Goins

Jika boleh berandai-andai, maka saya ingin bisa menghasilkan tulisan-tulisan yang indah. Tujuan saya mengikuti tantangan ini adalah melupakan pengembangan blog sejenak dan fokus mengerjakan instruksi-instruksi yang saya dapat melalui e-mail.

Dengan demikian, setelah tantangan ini selesai, mungkin saya akan mencoba memadukan keindahan kata dalam konten-konten saya. Bukan hanya materi saja yang berkualitas, namun penyajiannya pun telah melalui proses editing yang rumit sehingga tercipta kalimat-kalimat indah yang memanjakan pembacanya.

Tujuan lainnya mungkin untuk beristirahat sejenak dan bersenang-senang. Sudah 24 bulan saya mengembangkan blog tanpa pernah mengambil libur. Memang bukan masalah besar, saya bahkan bisa menulis lebih dari 5 artikel dalam sehari, tapi entahlah, saya hanya ingin bersantai.

Dan semoga, setelah saya menjalankan tantangan ini dengan baik, setidaknya ada sedikit perubahan dalam penyusunan konten dan pemilihan kata. Mungkin sedikit terlihat artistik? Itu pasti menyenangkan.

Bagaimana Saya Mencapai Tujuan Tersebut?

Sejujurnya saja, saya tidak tahu. Ini mengingatkan saya tentang petunjuk mengembangkan blog dari wordpress sekitar 2 tahun lalu : Tulis 3 Target Kecil.

Saat itu saya menuliskan untuk mendapatkan 100 pengunjung dan ternyata berhasil. Dan ketika e-mail di hari kedua menyuruh saya menuliskan tujuan mengikuti tantangan ini, saya pun memiliki ekspektasi bahwa tujuan tersebut dapat terealisasi.

Untuk mencapai tujuan saya, saya akan menulis 500 kata terindah yang bisa saya pikirkan. Tapi dalam banyak kasus, saya tidak menyukai karya-karya saya karena terlalu sederhana. Dilihat dari manapun, tidak indah. Meskipun saya mengakui bahwa saya sering kagum dengan tulisan sendiri karena materinya yang bagus.

Tentu saja bagus karena saya menghabiskan banyak waktu untuk membaca berbagai referensi yang mungkin berhubungan dengan tema yang saya ambil sebelum menulis.

Kedua, saya ingin menerjemahkan beberapa kata yang bagus dari bahasa inggris. Sulit sekali mencari padanan kata-kata indah tersebut dalam bahasa indonesia. Bahkan, ketika saya menggunakan Google translete, hasilnya mengecewakan.

Dan terakhir, saya ingin memahami kosakata-kosakata baru dan langsung menggunakannya secara bertahap dalam tulisan saya. Beberapa kali saya melakukannya, hanya saja sering kesulitan karena kata yang saya ambil tidak berhubungan sama sekali dengan tema yang tulis. Dan itu menyebalkan.

Semoga, bagi semua peserta, kita berhasil mencapai tujuan kita masing-masing setelah menyelesaikan tantangan sederhana yang diciptakan Jeff Goins.

25 tanggapan untuk “Hari Ke-2 : Ingin Menghasilkan Tulisan yang Indah

  1. Terima kasih Shiq, saya ikut belajar sharing bagaimana menghasilkan tulisan yang indah melalui postingan ini. Selama ini masih menulis mengalir mengikuti kata hati saja. Selamat terus belajar dan berbagi. Salam

    Disukai oleh 1 orang

  2. Saya agak kurang mengerti dengan istilah “menulis indah” di atas. Mungkin saya perlu menjelajahi blog Jeff Goins terlebih dahulu.

    Suka

  3. Amin… semangat terus Mas atas tantangan menulisnya, semoga berhasil. Kalau diasah setiap hari pasti bisa puitis dan ada kata-kata yang indah. Memang ya, membaca postingan Mas Shiq4 ini pasti jadi semangat baru buat mengeksplorasi kemampuan menulis, hehe. Jadi terinspirasi gitu sayanya. Terima kasih, ya.

    Suka

  4. Wow… Anda merasa belum apa-apa setelah baca karya-karya Jeff Goins dan Jon Morrow? Apalagi saya, wkwk….. Menikmati tulisan Andapun saya sudah sangat senang, apalagi yang lebih indah dari itu, menikmati dimensi lain di dalam dimensi lain. I can’t imagine how that great feeling I will have.

    Saya salut juga mas, karena Anda mampu dengan mudah membuat 5 artikel per hari. Saya bisa bayangkan bagaimana pikiran Anda dipenuhi dengan ide2 tentang menulis.

    Oya, itu sebuah tantangan yang hebat: memadukan keindahan kata untuk memanjakan pembaca.

    Saya yakin usaha Anda tidak akan sia-sia mengikuti tantangan tersebut. Saya juga berharap Shiq4 benar-benar bisa menjadi penulis hebat, yang menghasilkan buku-buku yang diakui di kemudian hari. Anda tahu, gaya Anda menulis cerbung sangat saya sukai. Sayapun suatu saat ingin bisa menulis fiksi seperti itu. Tapi bilamanakah itu terwujud? Belum tahu.

    Terima kasih atas postingan Anda yang inspiratif ini

    Suka

    1. Lha kan motivasinya uang mas desfortin. Klo ada pesanan harus dikerjakan dengan cepat biar pelanggan puas. Klo buat keperluan ngeblog sendiri saya teratur nulis satu artikel saja sudah cukup tiap 2 atau 3 hari. Cuma beberapa hari ini ntah kenapa nulis terus setiap hari.

      Suka

Komentar ditutup.