34 Tips SEO Sederhana

Artikel ini merupakan artikel terjemahan dari search engine journal. Judul aslinya adalah 55 quick SEO even your mother would love. Untuk diketahui, artikrl tersebut mengalami banyak perubahan dan penambahan di sana sini agar enak dibaca. Mari kita simak tips-tips SEO nya:

1. Jika Anda harus menggunakan javascript drop down menu atau gambar yang memiliki link, pastikan untuk meletakkan text link di halaman tersebut sehingga diindex oleh spider mesin pencari.

2. Konten adalah raja. Pastikan konten Anda berkualitas, ditulis dengan baik, dan unik sehingga sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan.

3. Jika konten adalah raja, maka link adalah ratunya. Ingat, jika tidak ada alasan masuk akal mengapa sebuah link menuju halaman website Anda, Anda tidak menginginkannya.

4. Jangan terobsesi dengan pagerank. Dalam SEO modern, sebuah situs dengan PR rendah bisa mengalahkan PR tinggi. Syaratnya, artikel Anda harus berkualitas.

5. Pastikan Anda memiliki kata kunci yang unik untuk title tag pada setiap halaman. Dan jika Anda harus meletakan nama perusahaan Anda, maka letakkan di bagian belakang.

6. Konten yang segar dan baru dapat membantu meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari. Tambahkan konten baru yang bermanfaat pada blog Anda secara teratur. Konten yang segar menambahkan relevansi kata kunci yang Anda targetkan di mata mesin pencari.

7. Pastikan Anda membuat link internal dan menggunakan anchor text sesuai kata kunci. Dengan kata lain, jika Anda menargetkan kata kunci “blue widget” maka gunakan anchor text “blue widget” daripada kata klik disini.

8. Fokus pada kata kunci panjang, bukan kata kunci pendek. Dan letakkan lokasi Anda seperti “Our palm spring store” bukan “our store”.

9. Jangan desain website Anda tanpa mempertimbangkan SEO. Pastikan web desain Anda memenuhi ekspektasi Anda berkenaan dengan SEO.

10. Gunakan kata kunci dan frase kata kunci panjang dengan baik dalam anchor text, alt attribut pada gambar, dan pada domain Anda.

11. Cek untuk masalah canonicalization. Www dan tanpa www. Tentukan mana yang Anda pakai dan lakukan 301 redirect. Dengan kata lain, jika Anda menggunakan http://www.nama domain.com maka lakukan 301 redirect pada http://nama domain.com menuju http://www.nama domain.com

12. Cek link yang menuju website Anda. Pastikan linknya adalah http://nama domain.com dan jangan sampai terbagi ke http://nama domain.com/indeks.html. Untuk mengatasinya gunakam redirect.

13. Flash, ajax, dan frame merupakan masalah yang umum dihadapi, Anda tidak bisa memberi link pada halaman tersebut.

14. File ekstensi pada url bukanlah masalah penting. Anda bisa menggunakan .html, .htm, .php, dll

15. Apakah Anda ingin website baru Anda cepat terindeks? Submit website pada form yang disediakan google butuh waktu berminggu-minggu. Cara tercepat agar website Anda segera di indeks adalah melalui link yang diberikan oleh situs berkualitas.

16. Jika konten pada situs Anda tidak sering berubah, maka situs Anda membutuhkan sebuah blog karena mesin pencari suka konten terbaru.

17. Ketika membangun link, pikirkan kualitas, bukan kuantitas. Satu link yang bagus dan berkualitas dapat bekerja lebih baik untuk Anda dibanding banyak link dengan kualitas rendah, bahkan link murahan ini dapat merusak website Anda.

18. Mesin pencari suka konten dengan bahasa yang alami. Jangan coba memenuhi halaman dengan kata kunci. Itu tidak akan bekerja dengan baik. Mesin pencari melihat berapa sering kata kunci muncul pada konten Anda, dan jika itu tidak alami atau terlalu banyak, maka lebih banyak berdampak buruk bagi Anda daripada dampak positifnya.

19. Text disekitar kata kunci sebaiknya berhubungan dengan kata kunci.

20. Jika Anda menggunakan shared-server, buatlah daftar blacklist dan pastikan Anda tidak pada proxy website spammer atau website yang dibanned.

21. Berhati-hatilah jika Anda menggunakan jasa register domain yang melakukan block pada informasi kepemilikan situs. Google mungkin menandai Anda sebagai calon spammer.

22. Ketika mengoptimalkan artikel pada blog Anda, optimalkan title tag secara tersendiri agar tidak sama dengan judul artikel.

23. Yang perlu digaris bawahi dalam SEO adalah text, link, reputasi, dan popularitas.

24. Pastikan situs Anda mudah dijelajahi. Ini akan mempengaruhi kemampuan membangun link Anda dan popularitasnya.

25. Berikan link love, dan dapatkan link love. Berikan link keluar dan Anda akan mendapatkan link dari blogger lain.

26. Mesin pencari menyukai konten yang unik dan berkualitas. Pastikan konten Anda memiliki keduanya.

27. Jika Anda harus memakai flash atau gambar yang besar pada home page Anda, pastikan Anda menyertakan text link dibawahnya.

28. Beberapa link berharga Anda mungkin tidak muncul pada website lain, tapi seharusnya tetap ada di form email yang Anda gunakan.

29. Anda tidak mendapat apapun dari link berbayar.

30. Link yang berasal dari .edu domain memberi pengaruh untuk mesin pencari. Carilah website non-profit .edu yang mencari sponsor.

31. Berikan pengunjung sesuatu untuk dibicarakan. Link baiting adalah tentang konten berkualitas yang sederhana.

32. Fokus untuk memberikan satu frase kata kunci pada masing-masing halaman. Jangan optimalkan satu halaman untuk banyak kata kunci.

33. SEO bisa menjadi sesuatu yang tidak berguna jika Anda tidak segera bertindak.

34. SEO bukan satu proses instan. Semuanya butuh waktu.

3 tanggapan untuk “34 Tips SEO Sederhana

  1. Sebenarnya banyak ya Mas cara optimalisasi SEO ini… dan saya masih mesti banyak belajar karena banyak istilah yang belum saya pahami :haha, seiring waktu mungkin bisa kita mulai yak, pelan-pelan :)). Semua ini membuat saya penasaran dan makin semangat menyelaminya, terima kasih banyak ya :)).

    Suka

Komentar ditutup.