8 Kosakata Penting untuk Para Bloger

Kosakata penting untuk para bloger

Sumber gambar: idntimes.com

Menarik sekali apa yang dikatakan Eko Endarmoko, penyusun ”Tesamoko, Tesaurus Bahasa Indonesia Edisi Kedua” dalam tulisan berjudul Relik yang diterbitkan Kompas pada 9 Desember 2017:

“Kebanggaan yang bertolak melulu dari jumlah. Seakan-akan tingkat peradaban bangsa bisa dengan gampang diukur dari jumlah khazanah kata yang mereka miliki. Banyak adalah dahsyat, hebat, menakjubkan.”

“Menyedihkan adalah, ”bagian kecil”—yang pasti masih bisa kita tambahkan—itu tadi tampak bagi kita lebih menyerupai relik di museum bernama kamus bahasa Indonesia. Mereka terpajan di sana semata sebagai buah akal budi dari masa lampau.”

Menyoal bahasa, sepertinya kita kalah cepat. Sebelum para pengembang bahasa menemukan padanan kata untuk kosakata-kosakata baru, banyak kata-kata asing yang bebas berseliweran masuk dalam tulisan, kemudian menjadi terlalu populer.

Akibatnya, entah bagaimana, ketika padanan kata sudah ditemukan, kata dalam bahasa Indonesia tersebut hanya terpajan di kamus saja karena masyarakat telanjur sayang dengan kata-kata asing yang masuk.

Bukankah hilang bahasa lenyap bangsa? Artinya, jika suatu bahasa persatuan tidak terpakai lagi, maka lambat laun hilanglah bangsa itu atau hilang budi bahasa, maka hilang pula derajat diri.

Meski awalnya akan terdengar aneh dan tidak nyaman, kalau kita terus memakainya, lambat laun kita akan mulai terbiasa. Jadi, biasakan memakai kosakata bahasa Indonesia dibanding kosakata asing.

Berikut adalah kosakata penting bagi para bloger agar tidak lagi menggunakan kosakata asing dalam tulisannya:

1. Bloger

Kata yang hampir pasti muncul di kalangan pengeblog adalah bloger.

Walau kata tersebut sudah masuk KBBI, nyatanya sulit sekali mengubah kebiasaan yang sudah telanjur cinta dengan kata blogger.

Arti kata bloger sendiri adalah sebutan untuk orang yang mengeblog.

2. Pranala

Di dalam dunia blog, khususnya mereka yang membahas serba-serbi blog seperti tips dan trik meningkatkan performa blog hingga cara menjadi bloger terkenal, mulai saat ini gunakan kata pranala untuk mengganti kata link.

Padanan kata untuk “internal link” adalah pranala ke dalam, sedangkan untuk “outbound link” adalah pranala keluar.

Arti pranala sendiri adalah hipertaut.

3. Saltik

Sebagian bloger juga sering membahas dunia tulis menulis artikel, dan kata yang mungkin sering muncul selama ini adalah typo.

Tahukah Anda jika saat ini di kamus ada padanan kata untuk typo, yakni saltik.

Saltik sendiri merupakan akronim dari Salah Tik.

4. Pranala Balik

Kata pranala balik merupakan pengganti terbaik untuk kata “backlink”.

Meski hingga saat ini kata tersebut belum masuk KBBI, tetapi lebih baik memakai kosakata berbahasa Indonesia dibanding memakai kata-kata asing.

Bahkan situs web besar seperti Wikipedia.org pun menggunakan kata pranala balik yang merujuk pada kata “backlink”.

5. Daring

Berapa kali Anda memuat kata online dalam tulisan-tulisan Anda?

Mengingat ini zaman teknologi, kata tersebut pasti terlampaui sering muncul dalam karya Anda.

Nah, bahasa Indonesia sekarang punya padanan kata untuk kata tersebut, yakni daring, yang merupakan akronim dari Dalam Jaringan.

6. Surat Elektronik

Bloger hampir pasti memakai kata e-mail di laman kontak. Apalagi jika ranah Anda adalah bisnis daring, mungkin Anda akan dihadapkan pada situasi meminta alamat email kepada teman bisnis atau pengikut atau siapa pun yang ingin bekerja sama dengan Anda melalui tulisan.

Maka mulai saat ini ganti kata email dengan surat elektronik atau disingkat menjadi surel.

Walau sepele dan jarang dipakai, setidaknya Anda sudah ikut berkontribusi memopulerkan kosakata bahasa Indonesia.

7. Mengunduh

Bagi bloger yang menyediakan fail-fail untuk dibagikan secara gratis seperti perangkat lunak atau musik, mulai saat ini ganti kata “download” dengan “mengunduh”.

Mengunduh sendiri memiliki arti mengopi berkas dari layanan informasi daring atau dari komputer lain ke komputer yang digunakan.

8. Situs Web

Bloger juga cukup sering menggunakan kata website. Tahukah Anda jika padanan kata dalam bahasa Indonesia sudah tersedia?

Kata tersebut adalah situs web.

Situs web sendiri berarti program komputer yang menjalankan peladen yang menyediakan akses ke beberapa laman.

Waktunya Bekerja

Beberapa kata di atas merupakan kata penting bagi bloger. Sayangnya, beberapa orang masih belum tahu dan masih memakai kata asing.

Oleh karena itu, mulai dari diri sendiri. Agar kosakata tersebut menjadi cepat populer dan mengganti kata asing yang masih terlalu sering dipakai dalam keseharian bloger.

Terima kasih sudah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.

Iklan