FAQ: Apa Itu Google Dance?

Apa itu google dance?

Sumber gambar: vinaora.com

Beberapa hari yang lalu kita telah mempelajari salah satu istilah SEO: Periode Google Honeymoon.

Jangan ke langit tak sampai, ke bumi tak nyata.

Oleh karena itu, di kesempatan kali ini, saya ingin Anda memahami apa itu Google Dance.

Menurut Webopedia, Google Dance adalah istilah slang di masa lalu yang mendeskripsikan periode waktu di mana Google menyusun ulang rangking, sebagai hasil dari proses penyusunan ulang rangking tersebut, rangking situs web di hasil penelusuran Google dapat berfluktuasi dalam kondisi tersebut selama beberapa hari. “Google Dance” akan terjadi di mana pun hingga 36 kali per tahun, namun di tahun 2003 Google mulai memperbarui semua indeksnya setiap minggu, yang mana meniadakan Google Dance.

Menilik dari aspek teknikal, mengutip dari Quora, sebenarnya Google bekerja dengan lebih dari 10.000 server di mana data-data disimpan. Karena memiliki banyak server, Google tidak mampu memperbarui semua halaman yang telah diindeks dalam sekali waktu, atau menghentikan proses tersebut bahkan untuk satu menit. Oleh karena itu, Google memperbarui indeksnya di setiap server satu per satu, yang menyebabkan fluktuasi dalam rangking. Setelah semua indeks diperbarui, maka semuanya akan normal.

Menurut Danny Sullivan, istilah Google Dance sudah muncul di Webmaster World pada Maret 2002.

Namun dewasa ini istilah Google Dance sudah jarang digunakan karena Google memperbarui algoritmenya beberapa kali dalam sebulan, bahkan hampir setiap hari.

Jadi, mengapa kita belajar Google Dance yang sudah tidak ada lagi?

Karena di tahun 2012, istilah Google Dance muncul di Marketing Land dan berevolusi menjadi “Panda Dance” dan “Penguin Dance”.

Berikut dua video tentang Google Dance dari Matt Cutts:

1. Pada 2009

2. Pada 2012

Karena Google banyak membuat perubahan kecil, “Tariannya” membuat kurang terlihat.

Tentang Panda Dance

Google Panda menargetkan situs web dengan kualitas rendah. Di tahun 2012, Google Panda memfilter konten-konten berkualitas rendah dan mengeliminasi situs web dengan konten seperti itu di hasil penelusuran.

Saat itu Panda menjadi filter terpisah dan terus dilakukan setiap bulan yang menandai munculnya kembali Google Dance.

Namun saat ini, menurut Search Engine Journal, Panda telah menjadi sinyal rangking utama (sudah dikonfirmasi Google):

“Panda adalah algoritme yang diterapkan ke situs secara keseluruhan dan telah menjadi salah satu sinyal utama kami. Panda mengukur kualitas suatu situs web, yang mana bisa Anda baca di panduan kami. Panda memungkinkan Google untuk mempertimbangkan kualitas dan menyesuaikan peringkat yang sesuai.”

Jadi, Google Dance mungkin lebih sering terjadi, tergantung dari kualitas situs web Anda secara keseluruhan. Bukan pertaruhan yang buruk seandainya Anda mulai menghapus konten-konten berkualitas rendah yang mungkin bisa tertangkap Google Panda.

Tentang Penguin Dance

Filter Penguin menangkap situs web yang terlibat spamming. Tetapi update Penguin lebih jarang dibanding Panda.

Jadi, sebaiknya Anda mulai membersihkan pranala balik yang buruk sebelum tertangkap oleh Google Penguin.

Seperti halnya Google Panda, Penguin juga menjadi inti dari algoritme Google sejak 2016. Berikut kutipan dari blog Google:

  • Penguin sekarang real-time. Secara historis, daftar situs web yang terpengaruh oleh Google Penguin disegarkan secara berkala disaat bersamaan. Begitu seorang webmaster memperbaiki situs web mereka dan kehadirannya di internet, banyak algoritme Google akan mempertimbangkannya dengan sangat cepat, namun yang lain, seperti Penguin, perlu disegarkan. Dengan perubahan ini, data Penguin disegarkan secara real time, jadi perubahan akan terlihat sangat cepat, biasanya akan terjadi setelah kami merayapi ulang dan mengindeks ulang sebuah halaman. Itu berarti kami tidak akan berkomentar lagi mengenai penyegaran di masa depan.
  • Penguin sekarang lebih granular. Penguin saat ini mendevaluasi spam dengan menyesuaikan rangking sesuai sinyal spam dibanding mempengaruhi situs web secara keseluruhan.

Google Dance Setiap Hari

Algoritme Panda dan Penguin hanya permulaan kembalinya Google Dance. Dengan dua algoritme besar tersebut, Anda bisa dengan mudah melihat fluktuasi rangking di hasil penelusuran setiap hari mengingat keduanya telah real time, terutama untuk kata kunci dengan persaingan sengit.

Tidak menutup kemungkinan algoritme-algoritme Google terbaru di masa depan juga akan berpengaruh besar dalam proses terjadinya Google Dance.

Sekarang Anda tahu apa itu Google Dance. Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.