Perayaan 3 Tahun Ngeblog di WordPress.com

3 (tiga) tahun ngeblog di wordpress.com

Tahun lalu aku mendapat notifikasi ulang tahun blog pada 27 Desember 2016, sedangkan tahun ini notifikasi tersebut sudah muncul pada tanggal 24 Desember 2017.

Aku jadi bingung sendiri. Sebenarnya, pada tanggal berapa ulang tahun blog ini?

Jika merujuk pada postingan pertama berjudul “The Tokyo Zodiak Murder“, maka ulang tahun blog ini adalah tanggal 29 Desember. Oleh karena itu, mulai tahun depan, perayaan ulang tahun blog akan dipublikasikan pada tanggal 29 Desember saja.

Pada perayaan tahun lalu, aku mengisi ulang tahun dengan membagikan 11 Pelajaran Ngeblog, rangkuman pengetahuan ngeblog selama 2 tahun terakhir mengudara dengan WordPress.com. Di perayaan kali ini, terinspirasi dari perayaan Agung Rangga yang ke-7, maka aku akan bercerita perjalanan singkat petualangan ngeblogku.

Tahun 2009-2010

Sesungguhnya sejak awal kuliah di tahun 2008, aku sudah punya blog di WordPress.com. Tetapi pada masa itu aku tidak tertarik dan hanya sekadar lewat saja.

Baru di tahun 2009, aku membuat blog profesional pertamaku liudin.com.

Sebagian bloger merasa itu adalah tahun keemasan dunia blog di Indonesia. Jumlah bloger melimpah sehingga mudah sekali mendapatkan komentar dan menemukan teman seperjalanan yang asyik.

Di masa itu aku tidak tertarik dengan menulis. Jadi, aku mengisi blog sekadarnya saja.

Aku cenderung tertarik belajar desain (bahasa html dan php) dan mengutak-atik blogku sendiri. Meski begitu, blogku dapat PR 3 dan alexa 500 ribuan.

Aku bahkan terlampau optimis tentang masa depan blog. Di zaman itu, mayoritas bloger mungkin berpikir sepertiku, jika berinvestasi di masa itu, maka di masa depan blog mungkin akan menghasilkan uang. Tetapi harapan itu bagai alu pencungkil duri.

Pada akhirnya, aku melakukan kesalahan yang sangat sepele tetapi fatal. Aku tidak memperpanjang domain sehingga domain tersebut dibeli orang ketika masa berlakunya habis mengingat domain liudin.com sudah punya PR 3.

Tidak ada back up sama sekali. Dan untuk sementara, aku berhenti ngeblog dengan perasaan cukup menyesal karena kebodohanku.

Sekitar Tahun 2012

Ini masa awal penyakit skizofrenia. Waktu itu belum terdiagnosis, hanya dianggap stres saja.

Aku cuti kuliah selama dua semester. Ibuku membelikan komputer baru, membeli paket Speedy, dan memodaliku sejumlah uang untuk bermain blog.

Aku membeli domain liustudio.com yang awalnya ingin menawarkan jasa desain tema khusus wordpress.

Tetapi aku tidak fokus. Blog tersebut justru menjadi alat untuk uji coba. Aku pernah memakainya untuk membuat situs web porno, bermain perintah-perintah di .htaccess, hingga menerbitkan konten-konten berbahasa Inggris untuk mencoba peruntungan.

Namun sebelum sempat menemukan bentuk ngeblog, aku dibawa berobat dan meninggalkan dunia blog lagi.

Oh ya… aku juga sempat mencoba blogspot. Alamat blog milikku adalah colomnis.blogspot.com (masih ada dan belum kuhapus).

Akhir Tahun 2014

Setelah hampir dua tahun dirawat di tempat penitipan skizofrenia, akhirnya aku berobat jalan ke RSJ. Menur Surabaya.

Saat itu aku mulai sadar bahwa menghasilkan uang dari blog itu susah. Setidaknya setelah aku mengamati blog-blog populer yang satu per satu mulai tutup. Idealnya, kalau blog bisa menghasilkan uang yang cukup, tentu tidak akan sampai ditutup. Maka aku tidak lagi percaya blog bisa menjadi mesin uang (setidaknya hanya untuk blog berbahasa Indonesia).

Lalu lahirlah Shiq4. Aku tidak punya target apapun. Hanya ingin menulis saja mengingat waktu itu aku menganggur dan tidak punya kegiatan. Syukurlah, blog ini masih aktif hingga usianya yang ke-3!

Baru di masa inilah aku menikmati menjadi bloger. Aku suka melakukannya dan bahagia. Sesekali aku menerima tawaran menulis artikel untuk mengisi blog lain. Juga mendapatkan pekerjaan untuk sponsorpost atau memenangkan give away. Tetapi meski tidak menghasilkan uang, aku akan tetap mencintai aktivitas ngeblog. Karena aku menikmati setiap petualangan dan lumayan banyak menelan garam hidup di dunia blog.

Di blog inilah aku ingin terus menulis dan mendapatkan berbagai pencapaian.

Terima kasih telah membaca dan semoga hari Anda menyenangkan.