Ulasan Anime: Sword Art Online Season 1

Review sword art online season 1

Sumber gambar: FHNtoday.com

Saya menghabiskan waktu tiga hari untuk menonton Sword Art Online dari season 1 hingga season 2. Ini anime lawas yang lumayan sering direkomendasikan di situs web anime. Sayangnya, saya tidak cukup puas dengan anime ini.

Mungkin karena anime di zaman sekarang kualitasnya sudah sangat bagus dan bervariasi sehingga Sword Art Online terasa kurang greget.

Anime ini memiliki karakter utama yang overpower seperti halnya Overlord. Hanya itu yang membuat setiap episodenya terasa menarik karena karakter utama mampu dengan mudah menyelesaikan setiap permasalahan dengan kemampuan yang menakjubkan.

Berikut adalah ulasan Sword Art Online Season 1:

Type: TV
Total episode: 25
Status: Telah tayang
Tanggal: 8 July 2012 – 23 Desember 2012
Pengusaha film: Aniplex, A-1 Pictures, Genco, DAX Production, Aniplex of America, ASCII Media Works
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance
Durasi: 23 menit/episode
Rating: R+ – Mild Nudity
Score: 8.08 (Myanimelist)
Sutradara: Tomohiko Itou
Situs resmi : ソードアート・オンライン

Jalannya Cerita Sword Art Online Season 1

Semua berawal dari permainan daring Sword Art Online. Permainan ini bertipe Virtual Reality Massively Multiplayer Role-Playing online (VRMMORPG), di mana pemainnya seolah masuk ke dunia baru; memiliki tubuh baru seperti di dunia nyata dan mampu bergerak sesuai dengan pikiran pengguna.

Di hari pertama peluncuran, sebanyak 10.000 pemain terjebak di dunia virtual. Pembuat permainan ini menghilangkan tombol log out secara sepihak. Jika alat yang digunakan untuk bermain game dilepas, otomatis pemain akan meninggal dunia. Begitu pula jika di dalam permainan daring ini pemain mati, maka tubuh di dunia nyata juga ikut mati. Satu-Satunya cara untuk keluar dari permainan ini adalah sampai di lantai 100 dan mengalahkan bos terakhir.

Kirito, yang merupakan tokoh utama, pemain yang mampu mencapai level tinggi di versi beta Sword Art Online, tidak membuang waktu. Di saat semua orang panik dan tidak tahu harus berbuat apa, Kirito bertekad untuk bertahan hidup. Dan itu berarti ia harus mencapai level tinggi untuk melakukannya sekaligus mengalahkan bos terakhir.

Kirito menjadi sosok terkuat di permainan ini. Hanya saja ia selalu menyembunyikan levelnya. Ia adalah tipe penyendiri dan tidak mau bekerja sama dengan pemain lainnya untuk menyelesaikan setiap lantai.

Anime ini menceritakan lika-liku kehidupan dan petualangan Kirito di dunia Sword Art Online. Pada akhirnya, Kirito jatuh cinta pada sesosok pendekar hebat lain, Asuna. Dan mereka menikah di dalam permainan.

Mereka ingin bertahan hidup, menyelesaikan permainan, dan kembali ke dunia.

Saat yang di tunggu pun tiba. Setelah dua tahun terjebak di dalam permainan, Kirito akhirnya menyadari keganjilan pemain lain yang pernah mengalahkannya dalam duel. Saat sekelompok pemain berhasil mengalahkan bos di lantai 75, Kirito menyerang pemain tersebut secara tiba-tiba dan ternyata pemain tersebut bersifat immortal object (tidak bisa mati).

Karakter tersebut adalah karakter milik pencipta permainan Sword Art Online dan yang menjebak semua pemain di dalam permainan dengan pertaruhan nyawa.

Akhirnya terjadi kesepakatan, jika Kirito mampu mengalahkan pencipta game tersebut, setelah mengubah karakter dari mode immortal object, maka mereka bisa keluar dari game tanpa harus sampai di lantai 100.

Kirito pun bertanding dan memenangkan permainan. Akhirnya semuanya berakhir dan sisa pemain yang masih hidup berhasil kembali ke dunia nyata.

Masalah baru muncul ketika ada 300 pemain yang masih terjebak di dalam permainan. Kekasih Kirito, Asuna, termasuk di dalamnya. Ada orang yang menciptakan game baru dari hasil mengopi Sword Art Online. Mau tidak mau, Kirito kembali ke dalam dunia game, kali ini untuk menyelamatkan Asuna yang terjebak di dunia tersebut.

Pada akhirnya, setelah mampu menjadi satu-satunya pemain yang bisa menyelesaikan game baru tersebut, Kirito bertemu dengan biang keladi masalah yang menjadi dewa di game tersebut. Beruntungnya, atas bantuan pencipta game Sword Art Online, Kirito mampu mengalahkan dewa di dunia tersebut dan membawa Asuna kembali ke dunia nyata.

Kelebihan Sword Art Online

Kelebihan yang paling menonjol tentu ceritanya. Di lihat dari manapun, ceritanya masih segar dan belum banyak anime yang mengangkat dunia para gamers.

Kirito, meski memiliki kekuatan luar biasa, namun tetap mampu merahasiakannya dari pemain lain. Menjadi sosok misterius yang mampu menyelesaikan setiap masalah di dalam dunia game.

Bumbu cintanya pun terasa manis. Kehidupan Asuna dan Kirito ketika liburan, benar-benar lepas dari pertarungan dan melihat sisi lain kehidupan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Kekurangan Sword Art Online Season 1

Kekurangan yang paling menonjol tentu unsur kejutannya. Setelah keluar dari Sword Art Online, melihat Kirito masuk ke dunia game baru benar-benar membosankan karena ia tidak tahu harus berbuat apa dan bagaimana menuju tempat Asuna terjebak. Ini seperti menonton film baru dari awal.

Untunglah ada sosok pemain lain yang menjelaskan kepada Kirito tentang semua aturan main di dunia baru tersebut dan karakter Kirito yang tidak mulai dari nol mengingat karakter dari Sword Art Online menimpa datanya ketika menggunakan nama yang sama mengingat game baru ini merupakan salinan dari Sword Art Online.

Bisa dibilang keberuntungan karena Kirito langsung memiliki karakter dengan level tinggi.

Penilaian

Saya memberi nilai 76,5 untuk review Sword Art Online. Meski agak kecewa dengan anime ini secara keseluruhan, namun ada beberapa episode di mana saya sangat menikmati anime ini.

Nantikan ulasan anime lainnya di Shiq4 dengan menjadi subcriber dan pengikut. Semoga hari Anda menyenangkan.

Iklan