Berikut 8 Cara Menghargai Tulisan Bloger yang Bermanfaat Bagi Anda

Cara menghargai tulisan blogger lainSumber gambar: beritasumut.com

Kapan terakhir kali Anda browsing di internet untuk menemukan solusi dari masalah-masalah Anda?

Pernahkah Anda berpikir bahwa dibalik konten-konten bermanfaat yang tersebar di internet dan bebas diakses oleh warganet ada pengorbanan dan perjuangan dari para bloger?

Butuh berjam-jam untuk menyelesaikan sebuah tulisan. Butuh bercangkir-cangkir kopi untuk menemani proses menemukan referensi-referensi. Dan butuh berpikir dengan keras agar tulisan mudah dipahami.

Tanpa bloger, dunia internet akan miskin informasi. Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan manfaat dari suatu tulisan dari bloger, maka usahakan untuk menghargainya dengan layak.

Karena apresiasi dari Anda dapat menjadi motivasi besar bagi bloger untuk terus berkarya dan menghasilkan tulisan bermanfaat lainnya.

Jangan sampai hujan jatuh di atas pasir. Berikut adalah 8 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghargai tulisan para bloger:

1. Baca Tulisan Lainnya

Cara mengapresiasi tulisan di internetSumber gambar: Acefitness.org

Warganet punya kebiasaan buruk. Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mereka langsung meninggalkan blog tanpa membuka laman lainnya.

Ini cukup merugikan bloger. Terutama mereka yang hanya skimming saja tanpa membaca secara lengkap. Perilaku mereka justru membuat posisi artikel di mesin telusur melorot jika terus dilakukan.

Agar orang lain juga bisa mendapatkan manfaat serupa, sekaligus menghargai bloger, Anda bisa menjelajah blog sebelum pergi.

Selain membantu bloger mendapatkan penayangan tinggi dan nilai yang bagus di mata Google, sebagai pengunjung Anda mungkin menemukan konten-konten berharga lain, yang masih relevan dengan yang telah Anda konsumsi, melalui kotak pencarian di blog, pranala-pranala dalam konten, hingga arsip blog.

2. Meninggalkan Komentar Bisa Membuat Bloger Merasa Dihargai

Lautan dapat diduga, hati manusia siapakah cakap menduganya. Bloger ingin mengetahui penilaian dari pengunjung mengenai tulisan-tulisan mereka.

Tinggalkan komentar yang bagus, baik ucapan terima kasih, saran, atau kritik yang membangun segera setelah Anda menyelesaikan bacaan.

Mungkin hal semacam itu terlihat sepele bagi Anda, tetapi bagi bloger, komentar-komentar yang masuk adalah kayu yang membakar semangat mereka untuk terus berkarya dan menciptakan sesuatu yang lebih baik lagi.

Bagi Anda yang tidak tahu cara melakukannya, Anda bisa mengakses “Cara Berkomentar yang Baik” dan “Etika Berkomentar“.

3. Sukai Postingannya

Cara paling mudah dan tidak butuh banyak waktu untuk mengerjakannya adalah dengan menekan tombol suka di bagian akhir atau di bagian awal konten.

Jika tulisan mendapatkan sejumlah suka, apalagi dalam jumlah banyak, hal semacam itu menimbulkan rasa senang bagi bloger.

Atau tindakan yang lebih bagus dalam mengapresiasi, seandainya sudah beberapa kali Anda mendapatkan manfaat berupa ilmu atau informasi yang Anda butuhkan, sangat baik untuk menekan tombol suka di fan page Facebook blog tersebut.

Jumlah fan page merupakan salah satu ukuran popularitas suatu blog. Semakin banyak yang menekan suka, artinya blog tersebut bernilai tinggi bagi warganet.

Ikut terlibat memopulerkan blog yang Anda baca merupakan apresiasi yang layak diterima oleh bloger-bloger yang sudah terbukti memberikan nilai-nilai berharga bagi warganet lainnya.

4. Bagikan Tulisan Tersebut

Cara menghargai tulisan blogger lainSumber gambar: liputan6.com

Di dunia internet, ada begitu banyak konten bermutu tinggi yang kalah bersaing di mesin telusur karena bloger yang bersangkutan tidak cukup pandai bermain SEO.

Jadi, seandainya Anda menemukan konten yang demikian melalui forum atau pranala-pranala dari situs lain, jangan ragu untuk membagikannya di sosial media yang Anda miliki.

Apabila konten tersebut memberi manfaat nyata, bukankah akan lebih banyak orang yang mendapatkan hal yang sama jika konten tersebut menjadi viral?

Dengan demikian, semakin banyak orang yang membaca tulisan tersebut sehingga bloger tersebut bisa merasa bangga karena karyanya dapat diterima dengan baik oleh khalayak ramai.

5. Jadilah Pembaca Setia

Semakin banyak jumlah pengunjung yang mengakses suatu blog, semakin bersemangat pemilik blog untuk menelurkan karya-karya lainnya.

Bagi Anda yang merasa cocok dengan suatu situs dan merasa kontennya bagus dan layak dijadikan bacaan harian, bukanlah suatu dosa untuk menjadi pembaca setia.

Kunjungi situs tersebut secara berkala dan nikmati konten-konten terbaru. Maka, Anda sudah berkontribusi meningkatkan pengunjung blog sebagai bentuk penghargaan kepada bloger bersangkutan.

6. Berikan Tautan Cinta

Jika Anda juga memiliki hobi ngeblog, kemudian Anda menemukan konten-konten terbaik, maka cara terbaik menghargai sesama bloger adalah dengan memberi tautan-tautan cinta menuju konten tersebut.

Bloger akan sangat bahagia menyadari ada bloger lain yang memberi pranala menuju karyanya.

Selain itu, tautan cinta Anda sangat membantu tulisan tersebut untuk muncul di hasil penelusuran sesuai dengan kata kunci yang paling relevan dengan isi konten tersebut.

Bagian yang tidak boleh dilupakan, terkadang ketika Anda memberi tautan cinta untuk bloger lain, bloger tersebut akan membalas Anda dengan memberi tautan cinta juga.

7. Promosikan Blog Tersebut

Kalau Anda memiliki banyak teman atau anggota keluarga, tidak ada salahnya membicarakan blog favorit Anda dan mempromosikannya.

Biasanya promosi dari mulut ke mulut bisa berdampak besar bagi popularitas suatu blog.

Orang-Orang yang penasaran atau mereka yang memiliki masalah yang sama, di mana blog tersebut menerbitkan berbagai solusi praktis, akan dengan senang hati dan suka rela mengunjungi blog tersebut.

Meski tindakan Anda tidak terlihat oleh bloger bersangkutan, tindakan Anda merupakan bentuk menghargai yang patut diacungi jempol.

8. Beli Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Membeli produk dalam negeriSumber gambar: sindownews.com

Anda mungkin bisa membeli produk apapun di situs-situs besar seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Tetapi tahukah Anda, jika Anda membeli melalui pranala atau rujukan bloger menuju situs-situs belanja, bloger bersangkutan akan mendapatkan komisi melalui link afiliasi.

Jangan khawatir, harganya akan tetap sama persis sebagaimana harga yang tertera. Komisi yang diberikan ke bloger dibayar oleh perusahaan penjual produk.

Atau… kalau bloger tersebut membuka jasa, saat Anda membutuhkannya atau menemui orang yang sekiranya membutuhkan jasa bloger tersebut, Anda bisa memberikan rekomendasi.

Dengan demikian, bloger tersebut akan mendapatkan uang yang layak dan bisa bertahan atau terus menerbitkan konten-konten yang bisa diakses kapan pun oleh warganet.

Kesimpulan

Jumlah bloger di Indonesia tidak cukup banyak. Karena warganet kurang bisa mengapresiasi sehingga bloger sulit berkembang dan membuat sebagian lainnya berhenti ngeblog.

Jika semua orang mulai bisa menghargai karya-karya bloger, kemudian blog tersebut memiliki penghasilan, maka akan semakin banyak konten berkualitas gratis yang bisa diakses siapa pun.

Mulailah dari diri sendiri. Biarkan orang lain melihat tindakan Anda dan biarkan budaya mengapresiasi bloger menyebar seperti virus.

Jadi, sudahkah Anda mengapresiasi bloger dengan layak? Bagikan di kotak komentar.

39 tanggapan untuk “Berikut 8 Cara Menghargai Tulisan Bloger yang Bermanfaat Bagi Anda

  1. Biasanya pembaca internet adalah orang yg tergesa-gesa, jadi setelah ketemu yg dicari biasanya langsung pergi. Utk menyiasatinya sebaiknya si pemilik blog membuat tautan tulisan lainnya dibagian tulisannya, misal setelah palagraf 1 atau 2 . Kalau saya lagi baca2 blog tutorial bisa lamaa banget karena banyak tautannya. Setelah selesai baca dan puas, sebagai bentuk terima kasihku biasanya ku klik lah 1 iklannya πŸ˜‰ .

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya…. saya juga kadang-kadang buka blog langsung pergi. Tapi kadang juga ngikutin link-link di dalam konten juga.

      Wah mbak nella berarti bloger yang baik mau klik iklan. Klo saya ngeklik iklan banyakan gak sengajanya wkwkw…. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

      1. Sebagai rasa terima kasihku sih krn aku sdh puas dapat banyak informasi dr blog yg kubaca, apalgi saat aku ada masalah mengenai blog atau laptop eh nemu solusinya ya senneg banget dong. Soalnya klo dr tempatku kan nilai kliknya lebih besar, klo di tanah air 0,01 usd nilai kliknya amit2 dah haha. Biasanya memang iklannya menarik dan pernah kuliat seblumnya, misal aku habis browsing2 olshop tanaman, nah klo aku BW tuh pada muncul iklanya πŸ˜‰ .

        Disukai oleh 1 orang

  2. Shiqa, untuk point no.1 tergantung gimana tulisannya. Kalau tulisannya gw rasa membosankan, jangan harap deh gw mo buka tulisannya yang lain. Apalagi kalau tulisannya copy paste! fiiiuuuuhhh.. Hahahahha. Tapi kalau tulisannya gw rasa berfaedah, gw bakalan stalk tulisan2nya yg lainnya bahkan ketika dia baru pertama kali ngeblog,xixixixixi :D.

    Karena gw ngalamin mencari literatur itu dan mengolahnya dengan baik dalam tulisan kita sungguh kita butuh doppingan dan hidayah. Salah2 ujung2nya copy paste.

    Olehnya, walau gw spikles mau komen apa, tapi gw senantiasa mengiklaskan jemari lentik gw untuk LIKE tulisan blogger lainnya. Terkadang pula komen2 geje, hahahaha. Yang penting happy dalam bersilaturahmi di dumay.

    *komennya panjang yaaaa?*
    *sambil srupuuuut kopi*

    Suka

    1. Wah yg berbahaya itu memang tulisan kopas. Klo dah nemu yg kayak gitu jadi malas. Soalnya dah mengklaim tulisan yg bukan karyanya.

      Ya memang. Buat nulis yg bagus mesti nyari referensi sana sini ato ingat-ingat pengalaman pribadi.

      Klo saya ngelike cuma sebatas sebagai tanda klo saya dah baca saja. Kadang komentar- kadang nggak ha ha ha…. πŸ˜€

      Suka

  3. Kalo sesama blogger di wordpress saya usahain ngasih kasih komentar dan bintang, walau masih milih-milih. Hhhee

    Kalo nemu blog dari mesin pencari sih, biasanya saya stalk halaman awalnya, sama buka konten yang menurut saya menarik.

    Suka

    1. Klo di wordpress.com saya juga sering ngasih like dan komentar. Cuma tiga hari belakang malas blogwalking ha ha ha…

      Klo dari mesin pencari biasanya cuma nyari referensi aja sama mbandingin tulisan. Kadang saya beri link ke tulisan bloger lain πŸ˜€

      Suka

    1. Tautan cinta itu mUngkin maksudnya memberi link secara cuma2 ke tulisan bloger lain. Hal tersebut turut membantu tulisan tersebut agar bisa bertengger di halaman pertama Google. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

        1. Betul. Kita membuat tulisan dimana ada eksternal link menuju tulisan bloger lain.

          Bisa kok mbak nur klo mau sedikit kreatif. Cuma ya nggak perlu dipaksakan juga. Saya sebenarnya ingin membiasakan diri selalu merekomendasikan tulisan bloger lain, cuma kadang-kadang sumber informasi di indonesia itu sedikit sekali. Jadi saya juga agak malas dan kesulitan membuat eksternal link. πŸ˜€

          Disukai oleh 1 orang

  4. Iya betul, saya setuju mas. Setidaknya hanya untuk berkomentar dan like tulisan (jika memang menarik) akan sangat membantu si blogger. Saya aja dapat like 1 rasanya senang bgt. hahahahaha.

    Suka

  5. lagi lagi saya baru sempet mampir mas Siqa.. bukan gak setia hahahaha
    tapi memang seprti itulah mas, pembaca itu kadang kalo sudah dpt yg mereka inginkan langsung cabut aja
    bro2 ninggalin komentar, baca sampai habis aja udah syukur

    Suka

  6. Pokoknya yg namanya penghargaan terhadap bloger itu pastinya mnjdi pendorong bg bloger utk trus berkarya.

    Oya, aturan cinta itu yg love itu ya, sprti yg di fb?

    Suka

    1. Tautan cinta itu saya terjemahkan dari istilah inggris. Biasanya merujuk pada link menuju ke tulisan bloger lain di konten yg kita publikasikan secara sukarela πŸ˜€

      Suka

Komentar ditutup.