Hari Sabtu dan Penurunan Trafik

Trafik blog di hari sabtuSumber gambar: websitetemplates.bz

Saya pernah berpikir hari Sabtu merupakan hari yang bagus untuk memublikasikan konten. Latar belakangnya, karena akhir pekan, sebagian orang mungkin bersantai dengan membaca situs favoritnya. Berarti ada kemungkinan trafik melonjak di hari tersebut.

Tetapi hendak untung menjadi buntung. Beberapa pekan terakhir, juga minggu-minggu di masa lalu, justru di hari Sabtu trafik blog selalu menunjukkan statistik terendah.

Kebetulan ingatan tentang statistik trafik muncul beberapa hari belakangan. Berarti memang saya tidak punya bakat menganalisis data atau jadi peramal. Dan dapat disimpulkan, hari Sabtu sepertinya bukan hari untuk mendulang pembaca. Khususnya bagi bloger wordpress.com karena dengan pengikut lebih dari 1000 orang, saya hanya dapat puluhan pembaca saja.

Jangan Publikasikan Konten Terbaik di Hari Sabtu

Mungkin hari Sabtu merupakan hari terakhir beraktivitas dan seharusnya di malam hari orang bersantai. Jika punya hobi ngeblog atau membaca blog, maka seharusnya malam minggu merupakan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Tetapi karena hal itu tidak terjadi dan justru sebaliknya, berarti banyak orang melakukan aktivitas lain dan tidak membaca blog seperti hari biasa.

Maka, memublikasikan konten terbaik di hari Sabtu merupakan strategi yang salah.

Kabar baiknya, ini mungkin hanya terjadi di blog saya. Karena masing-masing bloger memiliki pengikut yang berbeda, mungkin saja justru di malam minggu merupakan waktu terbaik untuk menerbitkan konten terbaik sesuai perkiraan awal.

Sepertinya Hari Sabtu Saya akan Libur

Tahun ini saya melakukan ODOP. Sudah sekitar 10 bulan. Melihat statistik di hari Sabtu, sepertinya saya tertarik untuk menjadikannya hari libur saja.

Tetapi ini juga belum fix. Soalnya saya baca di blog Jeff Goins, katanya mesti nulis setiap hari selama dua tahun untuk jadi penulis.

Kebetulan sekali, kan? Saya sudah hampir setahun menulis setiap hari, dan ketika membaca saran dari Jeff Goins, saya berpikir mengapa tidak sekalian saja dilanjutkan sesuai saran dari Jeff Goins. Berarti ODOP-nya lanjut lagi selama setahun ke depan.

Dibilang genap, dipagar ganjil. Soalnya akhir-akhir ini pikiran saya sering panas. Kalau harus melakukan ODOP setahun lagi, rasanya tidak mungkin sekali.

Namun jika hal tersebut terjadi, maka saya akan menulis setiap hari dengan catatan hari Sabtu merupakan waktu libur.

Hari Sabtu yang Panjang

Di malam minggu saya punya banyak waktu luang. Karena masih jomlo dan belum berkeluarga. Paling hanya sibuk untuk nonton liga Inggris. Itupun kalau MU disiarkan di hari Sabtu, bukan di hari Minggu.

Otomatis, hampir setiap malam minggu saya begadang. Dan anehnya, baru ketika menulis posting ini otak saya berpikir mengapa tidak rutin menulis saja di malam minggu?

Itu berarti di hari Sabtu saya bisa bersantai di siang hari. Tidak memikirkan ide atau menyusun kerangka karangan. Saya bisa melakukannya di malam hari saja. Dan mungkin saya bisa menyelesaikan lebih dari satu artikel.

Cuma memang… selalu murah di mulut dan mahal ditimbangan. Takutnya bukannya lebih produktif dan memanfaatkan waktu luang di siang hari sambil bekerja, nanti justru di malam hari merasa malas atau mood menjadi jelek, dan ujung-ujungnya malah tidak menulis.

Jadi, mari lihat saja ke depan apa yang akan saya lakukan. Bagaimana memanfaatkan hari Sabtu agar lebih produktif? tunggu postingan selanjutnya (itupun jika saya sukses melakukannya ha ha ha….)

Bagaimana dengan malam minggumu? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

39 tanggapan untuk “Hari Sabtu dan Penurunan Trafik

  1. Saya tidak terlalu menganalisis sih statistik di hari2 ini. Mungkin karena banyak pembaca yang sibuk apel kali. Wkwkwkk

    Bagi saya yang sama2 masih jomblo , malam minggu paling melongo mas . Browsing2, dengerin musik ,kadang bikin kerangka artikel , kayak hari biasa aja..hhhaa

    Suka

    1. Sepertinya memang banyak yang apel, atau pacaran, atau jakan-jalan ama suami atau istrinya sehingga sabtu tidak buka blog.

      Klo saya sabtu tadi malam baca komiknya shokugeki no souma. Biasanya sih klo saya justru aktif di hari sabtu malam baca-baca. Kadang juga nonton bola. Itu aja. Tapi dulu sekali di hari sabtu biasanya menemani bapak jualan di pasar. Sekarang dah nggak lagi sekenjak sakit. πŸ˜€

      Suka

  2. Hari sabtu memang trafik selalu anjlok, karena kebanyakan pembaca kan ga ngantor πŸ˜€ namun entah knapa hari minggu anik sedikit . Hari terbaik menerbitkan tulisan adalah selasa dan kamis. Senin kadang bagus juga tp jangan kaish topik yg berat krn yg ngantor baru selesai liburan sabtu minggu males baca yg berat2 hehe, kalau jumat sudah mulai hawanya libur jadi trafik biasanya mulai nurun deh πŸ˜‰ .

    Suka

    1. Iya… saya baru menyadarinya beberapa minggu terakhir mbak nella. Kok di hari sabtu berturut-turut trafiknya menjadi rendah dibanding hari-hari biasa.

      Wah itu ide bagus. Mungkin saya akan nyoba nulis topik ringan-ringan saja di hari sabtu agar banyak yg baca. Mungkin benar di hari tersebut orang pada malas baca yang berat-berat. πŸ˜€

      Suka

  3. Entah, aku masih terasa berat mengatakan bahwa “Aku bukan jomblo, aku jomlo.” Dengan pilihan kata yang baku.

    Malam Minggu, aku tidur. Karena libur kuliah hari Jumat dan Sabtu.

    Suka

    1. Iya…. klo nemu kata baku baru saya bawaannya pingin segera mencobanya ha ha ha…. maklum nggak punya editor, mesti ngoreksi sendiri.

      Ya… selamat beristirahat kalau begitu. Sukses selalu dengan kuliahnya. πŸ˜€

      Suka

  4. saya juga mengalami penurunan trafik blog setiap Sabtu dan minggu malah mas shiq4, tp msh dapatsetengah lebih dari hari lain. Dan selama ini saya mlh sering posting hr Sabtu atau Minggu berati gak tepat ya?
    Btw, mas Shiq4 akhir2 ini sering menggunakan peribahasa yang baru baru ya, yg saya blm pernah membacanya, apakah peribahasa itu mas shiq buat sendiri ya? Atau saya saja yg kurang membaca he he

    Suka

    1. Saya nggak berani mbak nur bikin peribahasa sendiri. Peribahasanya saya dapatkan dari kamus kbbi plus aplikasi2 peribahasa. Lagian jumlah peribahasa tak kurang dari 10.000. Jadi sepertinya bahasa indonesia tak kekurangan peribahasa.

      Klo menurut saya, orang bahasa sekarang condongnya menciptakan idiom atau ungkapan. Nah klo yg itu sesekali saya menggunakan ungkapan sendiri. Tidak sengaja juga sih, tiba2 jadi dan masuk dalam tulisan. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  5. Hua ha ha saya jadi langsung cuz ke statistik.

    Mungkin karena konten nya semua santai dan banyak galau sesuai dengan kids jaman now yang juga banyak pada galau, saya nggak melihat ada perubahan signifikan pada hari sabtu.

    Nggak nyelidikin ampe ke banyak sabtu sih, hanya beberapa tanggal dan yeah, kadang malah naik. Kalaupun turun, semuanya masih turun normal di angka puluhan-ratusan kecil nggak ampe ribuan separo dst.

    Semangat lah!^^

    Suka

    1. Wah mungkin demografi pembacanya kita beda val. Klo blog tentang tips blog dkk seperti saya biasanya dapat 700 pengunjung per hari, tapi sabtu bisa turun jadi 500-an sampai 600-an. Nggak banyak sih, cuma kok baru sadar bahwa di hari sabtu pasti menjadi trafik terendah sepanjang minggu. πŸ˜€

      Suka

      1. Iya bang fixed beda. Tar saya juga mau ikutan post tentang ini. Anehnya saya tiap hari minggu malah naik berapa ratus dari biasanya. Best view ever juga pasti hari minggu. (Barusan saya cek lebih detil. He he)

        Dan masuk akal sih bang. Sapa juga yang mau belajar (sekalipun itu belajar ngeblog) pas weekend?

        Yang ada pada pengen jalan. Dan kalau yang jomblo atau yang bermasalah sama pacarnya, malah nongki di blog-blog kayak yang saya. Ha ha ha ha

        Suka

  6. Aku nggak terlalu perhatikan statistik. Nulis pun sesukanya, kalo ada ide ya ditulis. Kalo nggak ya libur aja. Hari sabtu/minggu traffic nya turun mungkin krn orang2 lebih suka pergi jalan2/santai sama keluarga drpd baca blog.
    Kalo Shiq4 libur nulis di hari Sabtu, ntar jadinya nggak ODOP lagi dong.

    Suka

    1. Yaitu mbak Grant masalahnya. Kan mestinya nulis tiap hari seperti saat ini. Tapi bisa kok diakali yakni di hari sebelumnya nulis 2 artikel sehingga bisa update tiap hari. Cuma masak iya ngakalin diri sendiri? Sarannya kan klo mo jadi penulis mesti nulis tiap hari selama dua tahun. Nah biar paham kata-kata dan maksudnya mesti dijalankan dengan sebaik-baiknya. Ca entahlah… masih bingung… tadi malam aja nulis postingan ini jadi nggak fokus dan banyak salahnya. πŸ˜€

      Suka

  7. Wahh bener banget, setiap menjelang weekend (Jumat – Sabtu) traffic saya selalu turun. Mungkin ini tergantung sama isi konten blog kita. Blog saya yg merupakan niche pendidikan ramainya pas hari sekolah aja, itupun malam hari. Bisa diliat dari sini anak Indonesia suka SKS hehe πŸ˜‰

    Suka

    1. Wah iya. Mungkin faktor niche blog juga ikut berpengaruh. Cuma untuk blog gado-gado yang banyak memuat tentang blog, kecenderungannya turun terus di hari sabtu. Klo blog pendidikan sepertinya hal itu wajar ya…. πŸ˜€

      Suka

  8. Kalo menurutku sih tergantung tema blognya aja. Kalo tentang referensi pendidikan biasanya klo hari libur trapiknya akan ancur. Tapi kalo bokep jangan tanya… wkwkwk

    Suka

  9. Biasanya traffic bakal turun pas weekend sama long holiday. Kalau mau stabil mesti bikin tulisan yang kira-kira dijelajahi orang pada waktu-waktu tersebut. Mungkin kalau tulisan tentang tempat wisata, kuliner, dan pengalaman menghabiskan waktu sebagai blogger di weekend dan long holiday bisa bikin traffic stabil 😁

    Suka

    1. Itu yang tidak mungkin saya tuliskan. Pengalaman weekends baik berlibur atau berwisata atau kuliner saya tidak banyak memilikinya. Lagian saya sendiri kalau sabtu malam minggu biasanya bersantai dan jarang belajar bikin blog. πŸ˜€

      Suka

  10. Heran saya, knp justru Sabtu penurunan traffic bg Anda, aplg cuma puluhan pengunjung. Bukankah blog Anda sllu ramai pengunjung.

    Saya sendiri gak punya hr khusus kpn hrus mosting dan kpn jngan mosting konten, hampir gak mikir, klau dah jd, ya kpn pun. 3 bln terakhir, sekalipun sy gak posting, kok pmbaca sllu di atas 150 ya, pdhal sy gak ngapa-ngpain.

    Untuk mlm minggu sy? Sy hanya stay di rumah with my family, nonton tv dan bersantai ria…

    Suka

Komentar ditutup.