5 Sumber Kebahagiaan dalam Hidup

Sumber kebahagiaan dalam hidupSumber gambar: infoyunik.com

Beberapa hari yang lalu tiba-tiba berpikir mengenai sumber kebahagiaan dalam hidup. Ternyata masing-masing orang memiliki pendapat masing-masing (klik di sini dan di sini).

Sebagai pembelajar sejati, topik ini cukup menarik. Selama ini saya hanya menjalani hidup tanpa berpikir mengenai nilai-nilai kebahagiaan. Dan tentu saja, jika saya secara sadar mengetahui sumber kebahagiaan, dan berusaha menjaga dan mendapatkannya, maka kehidupan saya akan menjadi lebih berbahagia.

Kita semua mati, tetapi kubur masing-masing. Setidaknya berikut adalah pemikiran dan keyakinan saya untuk menjalani hidup dengan lebih baik dan merupakan sumber kebahagiaan saya:

1. Uang atau Kekayaan

Kebutuhan hidup sangat banyak. Belum lagi keinginan-keinginan lain selain kebutuhan pokok seperti hiburan, makanan, atau sekadar berlibur ke tempat-tempat yang indah untuk refreshing.

Karena emas memas, karena padi menjadi. Itu juga berarti orang dengan harta yang banyak bisa lebih berbahagia guna mewujudkan kebutuhan dan segala keinginan.

Namun bukan berarti menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Biar bagaimana pun, lebih baik memangku ayam betina dibanding ayam jantan.

Juga bukan hal bijak untuk terlalu mencintai harta. Memiliki kekayaan dan memperlakukannya sebagaimana mestinya merupakan sumber ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup.

2.Keluarga

Kerbau jangan dimaling orang, ayam jangan dimusangi. Karena jika ada salah satu anggota keluarga yang bersedih atau bermasalah, kita pun ikut merasakannya.

Sebaliknya, jika mereka bahagia, maka kita pun ikut bahagia.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga hubungan baik dan saling menyayangi dengan seluruh anggota keluarga. Kalau pun ada masalah, sebaiknya diselesaikan dengan baik-baik.

Kalau tidak terkesan beretorika, bukan tidak mungkin berprinsip kuah sama dihirup, sambal sama dicolek dalam menjalankan rumah tangga dan menjaga silaturahmi.

3.Ilmu

Ilmu merupakan sumber kebahagiaan yang sering dilupakan. Selain isi dada bekal berjalan, ilmu akan membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam menghadapi setiap masalah yang muncul sehingga bisa tetap berbahagia dalam setiap situasi.

Sekalipun melarat, orang yang berilmu akan tetap dihormati orang banyak sebagaimana peribahasa hilang kepala kura-kura ditelan oleh dadanya.

Tetapi jangan lupa, sebaiknya tungku sebesar kemenyan dibakar agar tidak hilang atau terlupakan; juga dapat berfaedah bagi kehidupan orang di sekitarnya.

4. Hobi atau Renjana

Menjalani rutinitas bisa membuat hidup terasa membosankan. Saat itulah hobi atau renjana bisa memberi warna dan menjaga keseimbangan antara menjalankan kewajiban dan bersenang-senang sehingga kebahagiaan hidup tetap terjaga.

Bukankah hati yang suka peringan beban?

Jika sudah suka, maka melakukan pekerjaan yang sudah menjadi hobi atau renjana akan terasa sangat menyenangkan. Apalagi kalau mahir melakukannya, tentu itu kebahagiaan tersendiri.

Juga bukan tidak mungkin hobi dan renjana yang rutin dilakukan dengan tekun dapat mendatangkan pundi-pundi uang, berkenalan dengan orang baru, atau memberi pengalaman-pengalaman hidup yang berharga.

5. Berbuat Baik Kepada Sesama

Tidak ada manusia yang sempurna. Kita memiliki kelebihan dan kekurangan untuk melengkapi satu sama lain. Tak salah dengan peribahasa hanyut dipintasi, lulus diselami, hilang dicari.

Tidak perlu hal-hal besar seperti mendonasikan sekian milyar ke panti asuhan atau korban bencana, bisa dengan sesuatu yang sederhana seperti memberi uang kepada pengemis-pengemis tua, menyingkirkan paku dari jalan umum, menasihati anak muda yang berbuat salah, menjadi sukarelawan, mengajarkan ilmu, atau memberi pinjaman uang tanpa bunga kepada orang lain atau apapun.

Ketika kita mampu aktif saling tolong-menolong, saling menasihati, dan saling menyebarkan kebaikan, maka kita akan mampu ikut bahagia ketika melihat orang lain merasa bahagia.

Apa sumber kebagiaan Anda? Bagikan di kotak komentar.

31 tanggapan untuk “5 Sumber Kebahagiaan dalam Hidup

  1. Yap, ulasan yg sangat mengena. Sy jg, keluarga yg mnjdi semangat sy mnjlni hari2. Maksud sy, keluarga yg harmonis

    Oya, mas Shiq4, sy makin terkesan dg peribahasa2 Anda di tiap item di atas, sekalipun bbrp sy gak pham, tp keren saat dibaca

    Suka

    1. Iya keluarga yg harmonis memang idaman semua orang mas desfortin.

      He he he…. saya sedang niru tulisan luar yang pernah saya terjemahkan dengan banyak idiom. Menghabiskan lebih dari satu jam untuk memilah-milah dari ratusan peribahasa yang saya tulis ulang. Senang rasanya klo ada yang menganggap keren mua ha ha….

      Tapi ngomong2 kadang saya lupa juga arti peribahasa yang pernah saya tuliskan lho ha ha ha…. πŸ˜€

      Suka

    1. Iya…. lumayan klo bisa punya perasaan cinta. Meski gak diungkapkan, tapi tetap saja rasanya jarang terjadi pada orang lain dan enak kok. Dinikmati saja. Mumpung diberi rasa. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  2. Semuanya bisa jd sumber kebahagiaan, tp sepertinya buat ku no 5 mas, walaupun mungkin aku ga setiap saat bisa berbuat baik, tapi berbuat baik merupakan hal paling mudah untuk buat kita bahagia, ketika melihat orang yg kita bantu merasa senang ada rasa bahagia di diri kita yg muncul sehingga jadi energi posistif, dan berbuat baik terhadap org itu bisa menular hehee sehingga kebahagiaan tdk terputus di kita atau di org yg kita bantu.

    Suka

    1. Betul. Bagian terbaiknya memang perilaku yang baik bisa ditiru oleh orang lain yang melihatnya sehingga semakin banyak orang yg menyebar kebaikan di muka bumi ini. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

    1. Iya…. sebenarnya mau masukin kesehatan juga. Cuma masih ragu-ragu soalnya meski sakit parah dulu saya masih bisa bahagia kok. Justru sekarang lebih menghargai kesehatan. Cuma saya nggak kepikiran buat penjelasannya. πŸ˜€

      Suka

Komentar ditutup.