7 Manfaat SEO Bagi Bloger

Manfaat SEOSumber gambar: marketingland.com

Selama hampir 3 tahun ngeblog, sering saya dengar bloger-bloger lain mengatakan bahwa SEO itu sulit.

Walaupun blog bisa tetap hidup sekalipun tanpa bantuan SEO, tapi mengimplementasikan SEO sangat perlu dilakukan untuk mempercepat perkembangan blog.

Ikhtiar menjalani, untung menyudahi. Kalau ingin cepat sukses, paling tidak harus berusaha dulu. Dan salah satunya adalah berani bersaing dengan bloger lain di mesin pencari.

Saya yakin Anda bukan itik yang sekalipun dimandikan tidak basah.

Mungkin Anda hanya ragu, apa sebenarnya manfaat SEO bagi bloger?

Sekalipun Anda sudah bahagia dengan kegiatan ngeblog Anda dan masih berpikir, apakah SEO benar-benar pelu dilakukan?, dan mungkin Anda malas karena tidak tahu apa-apa, tidak ada ruginya untuk mempelajarinya dan mencoba.

Berikut adalah manfaat SEO yang bisa Anda dapatkan jika berhasil melakukannya :

1. Terkadang SEO Menyenangkan

Apakah Anda merasa senang dengan komentar yang masuk? dengan jumlah like yang bejibun? atau lebih banyak pembaca?

Bukan hanya itu saja kesenangan yang didapat dari ngeblog.

SEO pun bisa memunculkan euforia jika berhasil tampil di halaman terdepan mesin pencari.

Tidak harus kata kunci dengan persaingan tinggi. Bahkan kata kunci tidak penting pun mampu memberi rasa yang sama, meskipun ukurannya lebih kecil.

Terakhir, saya menembak kata kunci “Ngeblog itu sia-sia” dan sukses mengalahkan dua atau tiga bloger dengan kata kunci yang sama.

Sangat cocok dilakukan secara rutin sebagai latihan dasar. Terutama bagi mereka yang awam mengenai segala tetek bengek SEO. Paling tidak bisa meningkatkan percaya diri dalam bersaing memperebutkan pembaca.

2. Investasi Gratis 100%

Berbeda dengan metode menjaring pengunjung lainnya, SEO merupakan salah satu metode terbaik yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan rupiah sepeser pun.

Selama Anda mahir melakukannya dan mengikuti standar algoritma terbaru, Anda akan mendapatkan satu slot di halaman pertama Google.

Meskipun demikian, tersedia berbagai tools premium yang bisa meningkatkan efisiensi waktu jika Anda serius membangun blog. Jadi, sedikit berinvestasi bukanlah dosa yang harus ditakuti.

Namun berdasarkan pengalaman saya bermain SEO selama ini, persaingan di blog-blog Indonesia tidak terlalu ketat sehingga masih sangat leluasa memenangkan permainan dengan menggunakan tools-tools yang tersedia secara cuma-cuma di internet.

3. Meningkatkan Trafik (Sumber Utama Trafik)

Cara kerja SEOMenurut studi yang dilakukan oleh conduktor, yang meneliti 310 juta kunjungan dalam setahun dari berbagai situs, 64% sumber trafik berasal dari mesin pencari.

Itu mengapa Anda sangat perlu mengikutsertakan SEO sebagai bagian dari strategi mendatangkan pengunjung ke situs yang Anda kelola.

Karena hasilnya akan luar biasa. Konten-Konten unggul yang posisinya sudah mapan di rangking-rangking tinggi akan secara rutin mengalirkan pengunjung seperti air dari dalam kran sepanjang tahun.

Meskipun ada risiko bahwa konten tersebut akan digeser situs pesaing, dengan sedikit tambahan optimasi kita bisa tetap mempertahankankan posisi kita dari ancaman-ancaman situs sejenis.

Note : Dari 120.054 pengunjung blog shiq4 sampai bulan ini (tahun 2017), 96.642 diantaranya berasal dari mesin pencari.

4. Meningkatkan Brand Blog

Jika ingin mendapatkan eksposur gratis secara terus menerus, maka SEO merupakan salah satu jawabannya.

Mendominasi mesin pencari untuk kata kunci sesuai brand yang Anda usung akan membuat pengunjung menyadari kekuatan yang ingin Anda tonjolkan dan mereka akan mengingatnya.

Misalnya, saya yang ingin membangun personal brand sebagai influencer di bidang ngeblog, saat ini cenderung berusaha mengcover berbagai jenis topik dan memastikan konten-konten tersebut berperingkat baik. Meski sejauh ini saya hanya berani menembak kata kunci yang tidak terlalu populer.

Tapi sudah ada beberapa bloger yang mengulas blog ini dan cenderung mengasosiasikan Shiq4 dengan blog tutorial ngeblog. Bahkan jika melihat data alexa, maka situs ini disandingkan dengan situs-situs berniche tips ngeblog.

Contoh SEO

5. Memberi Kepuasan Pengguna

Semua pelaku SEO tidak benar-benar sadar ketika mereka memperbaiki navigasi, mempercepat loading halaman, atau menambahkan Terms Of Use dan sebagiannya, mereka telah meningkatkan kepuasan pengguna.

Biasanya halaman-halaman yang berada di rangking-rangking terbaik berhasil duduk di situ karena Google menganggap situs mereka telah memenuhi standar yang ditetapkan Google.

Bukan hanya lebih mudah menumbuhkan kepercayaan, tapi biasanya pengunjung situs pun merasa puas dengan kinerja situs secara keseluruhan.

Tentu banyak aspek yang mempengaruhi SEO secara langsung. Dan semua bloger yang bermain SEO, yang selalu berusaha memperbaiki aspek-aspek tersebut, sebenarnya juga telah meningkatkan kepuasan pengunjung dengan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan selama menjelajahi situs tersebut.

6. Memaksa Anda Mengeluarkan Kemampuan Menulis Terbaik

Di dalam permainan SEO, salah satu faktor krusial adalah kualitas konten. Tidak berkualitas, jangan harap keluar sebagai pemenang.

Kalau Anda ingin memaksa diri sendiri mengeluarkan kemampuan menulis terbaik Anda, SEO bisa membantu Anda.

Karena kualitasnya relatif terhadap kualitas tulisan bloger lain. Artinya, Anda harus mampu mencapai standar yang lebih tinggi dibanding dengan bloger yang sudah bertengger di halaman pertama Google.

Setidaknya hal tersebut bisa memberi penilaian riil tentang kualitas tulisan Anda. Anggap saja sebagai menu latihan yang wajib dijalankan sebelum menerbitkan buku.

7. Memahami Pesaing dengan Lebih Baik

Bagian terbaik dari SEO, itu pasti mampu mengenal pesaing dengan lebih baik.

Siapa saja yang memublikasikan topik serupa? di mana saja saya bisa mencuri ide menulis? atau apa inovasi baru dari pesaing yang bisa ditiru?

Sebelum menulis postingan, biasanya saya menjelajah dan membaca konten-konten yang sudah tersedia. Itu mencegah saya menyajikan tulisan yang serupa. Juga memberi gambaran seberapa bagus tulisan yang harus saya ciptakan untuk mendapatkan rangking baik.

Di lain waktu, jika saya mentok dengan ide yang sama, maka saya menjelajahi situs-situs yang pernah bersaing dengan tulisan saya di mesin pencari dan meniru beberapa hal.

Dalam SEO, Anda butuh totalitas untuk terus bertahan dan memenangkan kompetisi yang ada.

Kesimpulan

Sekarang Anda setidaknya mengetahui 7 manfaat SEO secara nyata.

Tentu butuh tekad yang kuat, jatuh bangun terlebih dahulu, dan mempelajari pengetahuan-pengetahuan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja SEO.

Tapi jika Anda sudah mahir melakukannya, kehidupan ngeblog Anda akan terjamin dan semakin berbahagia.

Apakah sekarang Anda tertarik dengan SEO? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

24 tanggapan untuk “7 Manfaat SEO Bagi Bloger

    1. Kalau bounce rate, karena pengguna wordpress.com biasanya dapat dari reader, tentu saja nilainya besar. Karena pengunjung pasti hanya membuka satu halaman saja. Itu berlaku juga bagi pelaku blogwalking. 😀

      Suka

  1. iay sih mas, kalo ditekunin malah banyak manfaatnya tp saya ga tau mulai dari mana utk belajar seo ini wkwk.. thx for share mas shiq

    Suka

    1. Mulai dari belajar ngira-ngira kata kunci apa yang spontan diketik orang ketika mencari informasi. Nanti itu dipake judul. Caranya amati diri sendiri ketika mengetikan kata kunci saat browsing menggunakan Google 😀

      Disukai oleh 1 orang

  2. Tertarik sih, aplgi mas Shiq4 jg udah sering bhas SEO Blog. Cuma bg sy, SEO itu ttp sstu yg abstrak, dan sy masih blm mahir bermain SEO. Tp kdang sy jg mrasa sdang bermain SEO tanpa disadari

    Suka

    1. Sebenarnya SEO kan cuma menyusun kata kunci dan penguasaan ejaan di dalam tulisan untuk meningkatkan relevansi. Plus nulis sesuatu yang bagus, biasanya yang menang cenderung seperti karya ilmiah yang melakukan kutipan sana-sini. Juga memastikan jika ada yang penjelasan kurang jelas, seharusnya diarahkan ke konten yang sudah pernah membahasnya dengan internal link. Cuma itu. Tapi kalau persaingan ketat ya mesti dapat rekomendasi dari bloger lain sebanyak-banyaknya (backlink). 😀

      Disukai oleh 1 orang

  3. yang paling terasa emang meningkatkan traffic.. blog saya kang 1 tahun sekarang statistik nyalhamdulilah melebihi yang ditargetkan.. semangat mengSEo hehee

    Suka

Komentar ditutup.