8 Kebiasaan Bloger yang Sangat Efektif Menuju Level Selanjutnya

Kebiasaan blogger yang efektifSumber gambar : Herusantosa.com

Ngeblog itu berat. Apalagi di topik-topik populer. Sepertinya sudah tidak ada ruang kosong untuk bloger baru karena semua perspektif telah diulas secara mendalam, bahkan profesional.

Meskipun paragraf di atas terdengar berlalu angan, tapi harapan selalu ada. Hanya untuk mereka yang siap membayar harganya.

Anda mungkin telah membaca puluhan, bahkan ratusan, saran dan tips untuk mengembangkan blog dari bloger-bloger sukses.

Hanya saja, ada saat di mana Anda ragu atau bingung mana yang harus dijalankan terlebih dahulu. Atau Anda menemukan kekontradiktifan antara nasihat satu dengan lainnya?

Tidak peduli Anda memiliki blog personal atau blog bisnis, jika Anda tidak punya kebiasaan yang efektif dalam mengelola blog, Anda akan stagnan dan tidak kemana-mana sekalipun mengikuti tutorial dari profesional.

Berikut adalah 8 kebiasaan bloger yang memberikan hasil nyata dan HARUS ada untuk memastikan semua berjalan lancar agar menuju ke level selanjutnya :

1. Jadilah Prolific

Konten adalah nyawa blog. Semakin banyak, semakin bagus. Jadi, tugas utama bloger adalah menciptakan konten-konten berkelas sebanyak mungkin.

Harus terus berjuang. Habis kapak berganti beliung. Luangkan lebih banyak waktu untuk meriset, mengedit, menemukan perspektif, atau ide-ide segar, dan jadilah prolific.

Karena pembaca datang untuk mengkonsumsi konten. Semakin beragam konten, semakin betah mereka menghabiskan waktu di blog Anda.

Untuk membantu Anda menjadi bloger yang prolific, postingan ini mungkin bisa sangat membantu :

2. Update Pengetahuan SEO Anda

Anda tidak ngeblog sendirian. Walau tidak setiap bloger punya dana untuk beriklan, masih ada cara gratis untuk mendapatkan pembaca.

Ya…. Anda benar, itu adalah SEO.

Tapi persaingan SEO juga keras. Untuk memenangkannya, Anda harus terus mengupdate pengetahuan SEO Anda. Tidak ada cara lain yang lebih baik.

Tiga resource terbaik untuk mendapat pengetahuan itu adalah Search Engine Land, Search Engine Journal, dan Search Engine Watch.

Dan pastikan Anda membaca “Cara Mudah Belajar SEO” untuk menerapkan semua pengetahuan yang Anda dapatkan.

3. Bijaksana Menetapkan Skala Prioritas

Menjadi bloger sukses merupakan perjalanan panjang. Tidak ada tongkat ajaib. Tidak ada mantra sihir. Tidak ada kebetulan.

Setiap keputusan, apapun itu, sebaiknya pikirkan matang-matang dan belajarlah bijak.

Anda mungkin butuh istirahat setelah sekian lama. Anda mungkin perlu menambah plugins. Anda mungkin perlu berinvestasi membeli tools-tools baru. Atau apapun yang sekiranya dapat membantu mewujudkan visi Anda.

Buat skala prioritas, mana yang paling mendesak untuk segera diwujudkan.

Hanya mengingatkan, jangan sampai gajah lalu dibeli, rusa tidak terbeli. Dan pastikan, apapun keputusan Anda, sebaiknya Anda siap dengan segala konsekuensi di dalamnya.

4. Konsisten

Pembaca Anda punya ekspektasi. Mereka ingin hal-hal baru setiap kali mampir. Penuhi keinginan mereka.

Jangan berat ekor. Tidak ada gunanya update setiap hari selama 30 hari dan menghilang 30 kemudian. Bloger sangat perlu konsisten untuk menjaga audiens yang mereka miliki.

Lagipula nasib blog Anda ada di tangan audiens. Menghilang dan mengecewakan mereka, ada risiko mereka pergi untuk selamanya. Kapok dan tidak lagi berharap.

Tentukan jadwal posting, jadilah rajin dan jangan melarikan diri jika waktu posting sudah tiba, dan blog akan bergulir seperti efek bola salju.

Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, maka Anda bisa mengakses “Mau Konsisten Ngeblog? Baca Artikel Ini

5. Jadilah Pembelajar Sejati

Memang tidak ada gading yang tak retak. Tapi tugas bloger adalah terus mencari kesempurnaan mengenai topik yang telah dipilih, mempelajarinya, dan berbagi pengetahuan untuk audiens.

Bloger harus siap menjadi pembelajar sejati. Membaca banyak tulisan, berpikir, melakukan eksperimen, mendapatkan pengalaman, dan kemudian menyajikan semuanya menjadi tulisan sederhana yang mudah dipahami.

Bookmark situs-situs otoritas sesuai industri Anda, bergabung di forum, berteman dengan bloger lain (Terutama influencer), dan buka pikiran untuk mendapatkan wawasan-wawasan baru.

Dan mungkin Anda bisa menonjol diantara ratusan bloger yang membahas topik di industri yang sama.

6. Bloger Punya Suara Otentik

Kebiasaan bloger yang patut dibiasakan adalah menyampaikan suara-suara yang otentik, pesan-pesan yang asli dan berbeda dari bloger lain.

Mungkin berisiko terjadi pro dan kontra, tapi itu sesuatu yang wajar. Membagikan nilai-nilai baru lebih berpotensi viral dan menarik pengunjung dibanding dengan mengikuti suara bloger lainnya.

Tentu untuk memiliki suara otentik dibutuhkan pengetahuan mendalam dan segudang pengalaman. Manakala bloger sudah mampu menjaga konsistensi, secara otomatis ia akan punya suara sendiri.

Terkadang butuh waktu untuk didengarkan. Jadi, gigihlah berjuang dan Anda akan mendapatkan bayaran sesuai usaha yang Anda keluarkan. Tidak ada keraguan dalam hal tersebut.

7. Rutin Mengevaluasi

Bloger sebaiknya membiasakan diri melakukan evaluasi, mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak, bagian mana yang bisa ditingkatkan lagi, dan investasi mana yang mampu mendokrak performa blog.

Tujuannya tentu mencapai efektivitas dan efisiensi. Artinya lebih sedikit waktu dan usaha, tapi mendapatkan hasil yang lebih tinggi.

Lakukan evaluasi setiap tahun untuk membuat rencana tahunan. Buat target sebagai ukuran keberhasilan dan langkah seperti apa yang harus ditempuh.

Dan Anda punya data untuk mengambil keputusan yang lebih bijaksana di tahun mendatang.

8. Jangan Lupa Bersenang-senang

Jika dilakukan dengan salah, ngeblog terkadang bisa membuat stres. Tak peduli Anda bloger baru atau bloger berpengalaman.

Terkadang kita harus bersabar untuk mendapatkan hasil segala jerih payah. Sampai saat itu tiba, nikmati prosesnya dan bersenang-senanglah.

Itu juga peringatan untuk memastikan bahwa Anda memilih topik sesuai passion, menulis sesuatu yang sudah Anda pahami, atau berbagi pengalaman-pengalaman pribadi yang menginspirasi pembaca.

Dan semoga elok arak di hari panas bagi kita semua di setiap akhir tahun. Setidaknya tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu. Itu saja.

Apakah ada kebiasaan bloger lain yang efektif untuk menuju level selanjutnya? Bagikan di kotak komentar.

16 tanggapan untuk “8 Kebiasaan Bloger yang Sangat Efektif Menuju Level Selanjutnya

  1. Hallo,

    Terimakasih atas artikelnya. Saya ngeblog 2008. Kok sepi ya pengunjungnya, setelah dicek baru2 ini rupanya target saya private, sehingga gak bisa dilihat publik. Gubraks hahaha.. ya sudah, sekarang karena hobi apa saya jadikan tulisan.

    Salam,
    Anna

    Suka

    1. Wah sayang dong klo di private, soalnya emang gak mungkin ditemukan via mesin pencari. Semoga setelah dibikin publik pengunjungnya semakin banyak πŸ˜€

      Suka

    1. Domain itu seperti “kapanlagi.com”, “indonesia.net”, “rumahkita.org” dan lain sebagiannya. Alamat situs yang kita ketik untuk mengakses halaman disebut domain. Itu pengertian mudahnya. πŸ˜€

      Suka

  2. Saya telah mandek sekian minggu, tdk ada posting baru apapun. Nampaknya pasang surut itu nyata, ditambah lg klau ada hal lain yg menggangu. Akhirnya, sepertinya bloger yg dikorbankan (istilah shiq4).

    Jd, saat ini sy msh mrasa gagal, tak mungkin berbicara utk mnjdi k level slnjutnya, πŸ˜­πŸ˜„

    Suka

    1. Ha ha ha…. sebenarnya akhir-akhir ini memang banyak bloger yang nggak update. Saya sendiri sebenarnya kadang-kadang sibuk. Cuma buat nulis nyempet-nyempetin. Tapi kalau dirasa nggak bisa ya saya nggak menulis. Cuma bulan ini masih bisa kok nulis meskipun tulisan-tulisan pendek dan nggak berarti πŸ˜€

      Suka

Komentar ditutup.