Bosan Ngeblog? 9 Tips yang Akan Membuat Anda Jatuh Cinta Lagi

Cara Mengatasi Rasa Bosan NgeblogSumber gambar : Pionuss.com

Ngeblog merupakan permainan yang panjang. Ini seperti pertandingan lari marathon. Kita perlu strategi untuk menghemat energi atau mengerahkan segalanya agar bisa sampai di garis finish.

Di masa awal, mungkin masalah belum menampakkan diri. Lagipula kita masih sangat antusias dan punya banyak energi untuk terus melakukannya. Anda mungkin juga berpikir bahwa Anda punya passion dalam ngeblog sehingga menikmati segalanya.

Tapi…semakin lama kita berpetualang, kesenangan perlahan hilang dan muncul tantangan silih berganti.

Salah satunya adalah rasa bosan.

Jika saat ini Anda tidak lagi bergairah karena terlalu bosan, saya punya 9 tips bagi Anda agar Anda kembali jatuh cinta dengan ngeblog dan terus memegang gelar sebagai bloger :

1. Perluas Jaringan

Mari kita bicara kejujuran. Tidak semua bloger yang Anda kenal mampu konsisten. Artinya, untuk memastikan Anda punya teman seperjuangan, Anda harus terus memperluas jaringan sesama bloger.

Maka Anda bisa punya banyak opsi untuk berhubungan dengan siapa ketika sedang merasa bosan.

Mungkin Anda menemukan bloger yang menyenangkan. Mungkin Anda menemukan bloger yang baik hati. Atau bisa saja Anda menemukan bloger yang humoris.

Memastikan punya banyak teman seperjuangan akan memberi banyak warna pada petualangan Anda. Dan tentu saja, itu merupakan obat murah untuk mencegah kebosanan.

Anda bisa mengakses “Cara Berteman dengan Bloger Lain“.

2. Ganti Baju Blog Anda

Berganti theme terlalu sering merupakan sebuah kesalahan. Tapi jika Anda sudah terlalu lama tidak berganti baju, mungkin ini saat yang tepat untuk melakukannya.

Tidak penting apakah theme gratis atau premium, yang jelas tampilan baru akan memberi suasana baru untuk mengusir rasa bosan.

Pastikan Anda mengikuti panduan memilih theme agar Anda tidak salah pilih dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

3. Turunkan Goal yang Terlalu Tinggi

Setiap orang punya sifat dan karakter yang berbeda. Anda mungkin sudah membaca tutorial yang mewajibkan diri memasang target tinggi dan benar-benar menerapkannya.

Di sisi positif, target tinggi bisa membuat seseorang mengerahkan semua kemampuan sampai batas maksimal. Tapi hanya sedikit yang seperti itu.

Di sisi tergelap, memasang target tinggi bisa membuat perasaan frustrasi karena segala usaha tak kunjung berbuah. Mereka yang dibagian ini biasanya super bosan dan mulai malas ngeblog.

Jadi, coba turunkan target ke angka realistis saja. Seandainya Anda mampu mencapai target sebelum akhir tahun, Anda bisa dengan mudah menaikannya sesuai perkembangan yang ada.

Paling tidak Anda tidak berada di bagian gelap dari efek menetapkan target.

4.Tambahkan Kategori Baru

Menulis konten dengan topik yang itu-itu saja merupakan penyebab utama rasa bosan. Terutama jika pengetahuan Anda masih dangkal dan memiliki sedikit pengalaman.

Atau…mungkin Anda merasa sudah mengcover semua hal berkaitan topik tersebut. Meskipun itu hanya pikiran Anda sendiri.

Maka membuat kategori bukanlah ide yang buruk.

Anda bisa mengisi kategori itu dengan rutin sebagai bagian menyegarkan pikiran. Saat Anda dalam kondisi terbaik, Anda bebas memikirkan dan menulis kategori yang menjadi brand blog Anda.

5.Tulis Keresahan Anda

Mengapa di masa awal ngeblog semua orang sangat bersemangat? Karena mereka tidak berekspektasi terlalu tinggi terhadap apapun. Mereka menjadi diri sendiridan menikmati segala tugas dalam mengelola blog.

Tapi ketika blog mulai berkembang dan mendapatkan banyak pembaca, beberapa bloger kehilangan jati diri. Mereka selalu berusaha tampil sempurna dihadapan Audiensnya sehingga tidak lagi merasa nyaman.

Ekspektasi mulai tinggi. Menulis Konten epic, optimasi SEO, hingga berburu backlink. Itu merupakan lingkungan penuh tekanan.

Pada akhirnya, pikiran ingin meledak dan semua pekerjaan terasa sangat membosankan.

Cara termudah untuk keluar adalah beranikan diri Anda tampil sebagai manusia biasa. Tulis keresahan atau masalah Anda sehingga Anda mengakui kekurangan Anda di hadapan pembaca Anda. Maka Anda akan mendapatkan kekuatan baru karena tidak akan bertindak bodoh dengan berusaha SELALU tampil sempurna.

Dan ya…Anda akan seolah terlahir kembali dengan semangat dan sikap seperti saat Anda memulai semuanya.

6. Pelajari Teknik-Teknik Ngeblog Terbaru

Kebosanan Anda mungkin berasal dari tugas-tugas yang sudah Anda hafal diluar kepala dan terus Anda lakukan berulang-ulang. Jadi, saran saya adalah pelajari teknik-teknik ngeblog lainnya.

Selain memberi warna baru, Anda punya tugas-tugas baru yang menantang. Bukan hanya Anda akan merasa penasaran dengan ilmu baru Anda sehingga Anda kembali antusias, tapi bisa Anda gunakan untuk mengembangkan blog ke level selanjutnya.

Dua blog yang sering saya akses adalah Problogger dan Copyblogger. Anda harus mencobanya.

7.Menulis dengan Gaya Menulis Baru

Tahukah Anda bahwa Anda bisa bersenang-senang ketika menulis konten untuk keperluan update blog?

Mayoritas bloger mungkin tidak pernah memikirkannya dan sudah puas dengan cara mereka menyajikan informasi. Tapi mempelajari beberapa gaya menulis bisa sangat berguna bagi Anda.

Anda akan punya permainan sendiri tentang bagaimana Anda meramu konten. Mungkin menambahkan humor, atau mengubah diksi, atau meniru gaya menulis penulis favorit Anda.

Lagipula hal ini juga memberi audiens Anda suasana yang baru. Mereka mungkin menikmati gaya menulis Anda dan tidak merasa bosan karena informasi dikemas dengan berbagai cara unik yang menarik.

8.Ambil Waktu Istirahat

Jika keadaan sudah benar-benar memjemukan dan Anda seolah tidak lagi bergairah, maka Anda bisa mengambil libur sampai Anda kembali dalam kondisi terbaik.

Anda bisa menyewa penulis artikel untuk memastikan blog Anda tetap berjalan.

Selanjutnya tugas Anda hanya menekan tombol publish saja.

Atau jika Anda ingin beristirahat total, Anda bisa memesan artikel sekaligus plus layanan update blog. Jadi Anda bisa rehat total dan blog tetap aktif.

Salah satu jasa tersebut adalah Kontenesia. Anda bisa menjelajahinya dan menemukan paket yang cocok untuk Anda.

9. Bermain SEO

SEO merupakan permainan yang menyenangkan. Triknya sederhana, sesekali cobalah bermain-main dan melakukan percobaan dengan SEO.

Anda bisa mengubah susunan konten, URL, atau membidik banyak kata kunci untuk satu konten, atau apapun yang berhubungan dengan SEO.

Gunakan untuk kata kunci yang tidak penting agar Anda tidak terbebani dan mampu mengetahui seluk beluk SEO dengan lebih baik lagi.

Saya tahu tidak semua bloger memahami SEO, tapi anggap saja seperti permainan dan wajibkan tulisan Anda muncul di halaman pertama mesin pencari.

Walaupun target Anda adalah kata kunci dengan tingkat persaingan rendah, rasanya tetap menyenangkan dan bisa mengusir rasa bosan jika dilakukan dengan benar.

Bagaimana dengan Anda?

Kalau Anda sudah lama ngeblog, mungkin Anda ingin berbagi rahasia dengan audiens Shiq4. Apa yang Anda lakukan ketika bosan menyerang? Bagikan di Komentar.

Iklan

14 tanggapan untuk “Bosan Ngeblog? 9 Tips yang Akan Membuat Anda Jatuh Cinta Lagi

  1. Sy yg no 2 dan 4 mungkin akan baru berganti klau udah gnap 1 thn ngeblog. Klau yg nomer 8 pernah terpikir, tp klau mesti nyewa jasa pnulis lain kdang sy ngerasa blm siap aja, maunya ttp original tulisan sendiri. Kecuali nanti mungkin klau sy tak memungkinkan lg mnulis sendiri.

    Tp intinya, klau bosan total sih sy blm ya…hanya sja kdang kesal klau sinyal lg gak mendukung.

    Trmksh mas buat share Anda yg sllu vitamin buat bloger kyak sy

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s