Alexa Rank Kok Tidak Turun-Turun

Alexa rank tidak turun-turunSumber gambar : ruang-freelance.com

Salah satu metric yang mencerminkan popularitas suatu situs di internet adalah alexa rank.

Secara sederhana, alexa rank memberi peringkat berdasarkan jumlah pengunjung dan pageview selama 3 bulan terakhir dan relatif terhadap situs dari seluruh dunia. Semakin kecil rangking alexa, semakin bagus situs tersebut.

Awalnya saya mengira alexa tidak penting sama sekali bagi kesuksesan sebuah situs. Juga karena saya terpengaruh opini-opini yang menyatakan rangking alexa sangat tidak bisa dipercaya karena mudah dimanipulasi.

Tapi ketika saya menyadari bahwa bloger sekelas Neil Patel juga membicarakan alexa, maka seketika itu juga saya percaya bahwa alexa masih digunakan bloger profesional dalam mengembangkan situs.

Walaupun hingga detik ini saya belum mencoba fitur-fitur berbayar di alexa, setidaknya saya sudah yakin bahwa angka alexa masih bernilai di mata bloger-bloger profesional.

Alexa Rank Tidak Kunjung Turun Meski Statistik Naik

Berdasarkan laporan blog tahun 2016, alexa rank blog Shiq4 sudah berada di angka 1.292.257.

Target tahun ini alexa rank setidaknya harus berada di kisaran 800-900 ribuan. Sayangnya, hingga bulan September 2017, target tersebut belum tercapai meskipun jumlah pengunjung dan pageview telah meningkat drastis.

Kemarin mengecek alexa dan masih menunjukkan angka 966.817. Berarti masih harus diet sebanyak 66.817 lagi dalam 3 bulan ke depan agar target tercapai.

Alexa rank kok tidak turun-turun

Sepertinya Target Tidak akan Tercapai

Karena saat ini saya sudah puas dengan statistik blog, maka saya tidak lagi berusaha keras meningkatkan pageview dan pengunjung. Itu berarti besar kemungkinannya angka alexa tidak akan turun lagi.

Sebenarnya ada cara mudah untuk menurunkan alexa rank, maksud saya bukan cara alami yang harus duduk di halaman pertama Google atau menulis konten-konten epic secara terus menerus, melainkan cara curang seperti mengirim trafik dari tools-tools trafic exchange menuju situs saya. Cuma saya tidak punya banyak waktu untuk melakukannya.

Juga bisa dengan menginstall alexa toolbar dan menjelajahi blog Shiq4 secara terus menerus. Atau meminta tolong pembaca Shiq4 untuk menginstall alexa toolbar sehingga rangking alexa menjadi lebih langsing.

Tapi saya tidak melakukannya dan lebih suka rangking alami. Lagipula saya hanya berniat untuk sekadar bersenang-senang saja dan tidak terlalu serius dalam ngeblog. Kalau pun target tidak tercapai, paling tidak angkanya sudah lebih baik dibanding tahun lalu.

Masih Tetap Berharap

Ada banyak kasus janggal. Misalnya saya pernah melihat forum berbayar yang memublikasikan bahwa situs mereka hanya memiliki 200 pengunjung/hari, namun alexanya 200 ribuan. (kalau tidak salah forum milik Yaro Starak)

Juga dari pengalaman pribadi di tahun 2009-2010 di mana saya memiliki blog dengan alexa rank 500 ribuan meskipun hanya memiliki segelintir pembaca.

Oleh karena itu, meskipun kemungkinannya kecil, tapi saya tetap berharap target tahun ini tercapai.

Mungkin saja saya masih memiliki sedikit faktor-x (keberuntungan) dalam mengelola blog Shiq4.

Iklan

13 tanggapan untuk “Alexa Rank Kok Tidak Turun-Turun

  1. Ada cara gampang sih sebenarnya, yaitu nulisnya pake bahasa inggris. Btw, saya bilangnya rangking naik mas hehe kok di artikel malah bilang rangking turun hahaha jadi bingung

    Suka

  2. Blog mywapblog dulu cuman bisa tembus posisi 2 jutaan..harapannya blog sekarang bisa mencapai juga.walau harus butuh usaha lebih keras,karena baru nyampe posisi 4 jutaan.

    Tapi banyak juga ya trnyata cara curang buat cepet nurunin.Saya sih make yang alami aja.hhe

    Suka

    1. Dulu buat dapat angka 2 jutaan butuh waktu setahun saya ha ha ha….

      Iya… banyak sebenarnya cara memanipulasi alexa. Cuma saya sendiri belum pernah nyoba sama sekali 😀

      Suka

  3. Lihatnya Rank local mas, kalau seluruh dunia mah situs Indo paling 2000000. Buktinya blog saya, local 23.900, tapi rank ke-2.003.000 seluruh dunia..
    Apalagi situs berita dan hiburan yg baru muncyl cepat naiknya, jadi Rank alexa turun angkanya

    Suka

    1. Wah kurang tahu saya apa perbedaan blog lokal dan dunia. Cuma saya memakai patokan dari seluruh dunia karena pengunjung berasal dari banyak negara 😀

      Suka

    1. Iya… dulu di masa awal ngeblog untuk menurunkan alexa saya rajin posting.

      Wah kurang tahu saya mbak nella tentang perkembangan alexa, cuma masih bisa saya akses kemarin. 😀

      Suka

Komentar ditutup.